Bagaimana Membuat Blog Anda Besar dan Terkenal “The Boing Boing Way”
Oleh StartupBisnis | Startupbisnis.com – Sel, 28 Mei 2013
Editor’s note : Konten adalah salah satu hal terpenting yang membuat orang datang ke website Anda, bahkan jika web Anda adalah
ecommerce /
toko online,
pengetahuan membuat konten blog yang baik juga sangat penting karena
content based commerce menyimpan peluang yang sangat besar. Tentang
content based commerce akan kita bahas lain waktu di
Startupbisnis.com.
Dari artikel ini kita akan belajar bagaimana membuat konten Anda
menjadi terkenal dari Boingboing.net yang dilaunch pada 1988 (zine),
1995 (website) dan 2000 (blog).
Mark Frauenfelder, founder Boingboing.net mewarisi keingintahuan yang
besar tentang hal tekhnikal dari ayahnya, seorang electric enginger.
Mereka berdua sering menghabiskan waktu untuk membuat radio, electric
eyes, dan assorted gadgetry. Frauenfelder muda bahkan membuat bom asap
di dapur rumah. Enginering Mekanik mungkin adalah karir yang tepat
untuk Frauenfelder, tetapi entah mengapa ia kehilangan sesuatu, seperti
kehilangan passion dalam merakit hal-hal gila. Sampai ia bertemu dengan
zines, sebuah publikasi amatir yang didedikasikan untuk obsesi personal.
Dalam zines, Frauenfelder melihat banyak kesamaan dirinya dengan orang
lain. Di tahun 1988, Frauenfelder dan istrinya, Carla Sinclair, memulai
mempublikasikan zines mereka, boing boing untuk mengeksplorasi hal-hal
keren dan gila yang bisa mereka temukan. Pada saat awal-awal blogging di
internet, Frauenfelder membuat versi online dari boing boing dan
membuatnya menjadi salah satu blog besar hingga saat ini dengan 2,5 juta
unique visitor setiap bulannya.

Sekarang Frauenfelder memiliki 5 orang editor yang membantunya, yaitu
Cory Doctorow, David Pescovitz, Xemo Jardin. Setelah 12 tahun membangun
boing boing, Frauenfelder tidak kehilangan antusisme nya. Menurutnya,
resep dalam membangun blog yang keren adalah dengan membangun obsesi yang dalam terhadap blog yang dibuat.
Bahkan jika boing boing tidak menghasilkan uang lagi, saya akan tetap membutuhkan blog ini, katanya.

Berikut 10 hal yang bisa Anda pelajari dari Frauenfelder :
1. Tap into ZeitGeist : Gelombang baru yang mempengaruhi culture masyarakat luas
Jika Anda bisa menangkap suatu culture dari suatu moment dengan
tepat, maka Anda akan memiliki banyak fans. Jann Wenner, pembuat majalah
rolling stone, tidak menargetkan suatu grup untuk melihat apakah ada
audience atau tidak, dia hanya membuatnya begitu saja. Majalah tersebut
kemudian menjadi memiliki banyak fans yang memiliki view point yang
sama. Begitu juga dengan Hugh Hefner. Dia memiliki visi ke mana orang
amerika berpikir pada masa post-war : pills dan sexuality. Maka dia pun
membuat majalah playboy. Hal ini juga berlaku untuk boing boing. Boing
boing lahir pada masa dimana komputer sudah bisa dibeli dengan murah
oleh perseorangan. Frauenfelder penasaran apa yang terjadi jika komputer
berada di orang yang creative dan berimajinasi bisa menjadi apa di masa
depan oleh orang yang mengerti teknologi. Itu terjadi dan untungnya
banyak yang menyukainya. Anda memang tidak bisa memperhitungkannya,
mungkin saja Anda bisa menjadi pembawa pesan untuk pergeseran culture
yang terjadi di masa depan.
2. Be Original.
Jika Anda ingin membuat blog, janganlah jadi blog second-rate dari
blog yang sudah ada, untuk apa ? Cobalah untuk membuat sesuatu yang
benar-benar original, buatlah blog yang belum ada yang ingin Anda baca.
Misalnya Anda menyukai vintage guitar. Jika Anda membuatnya dan mengisi
konten dengan hal-hal unik dan keren tentang vintage gitar, maka
pastinya banyak penggemar vintage gitar yang membaca blog Anda. Memang
membuat blog tidak menghasilkan uang yang banyak, tetapi itu adalah cara
asyik menikmati hidup.
3. Bangunlah koneksi.
Jika di dunia hanya ada satu alat telepon, maka pasti tidak berguna,
tetapi jika di dunia ada 1000 telepon, mungkin Anda berpikir perlu
membelinya, jika ada 100 juta telepon di dunia yang saling terkoneksi,
maka Anda HARUS memilikinya itulah yang kita sebut “network effect” dan
itu sama saja dengan komputer dan internet. Kita hidup di zaman yang
hebat di mana kita bisa saling terhubung dengan internet. Banyak
komunitas bisa diciptakan lewat internet. Jika Anda masih terus berpikir
cara me-marketingkan blog digital, maka anda akan kehilangan rasa
senang dari membuat blog, yaitu membagi informasi dengan orang yang
like-minded.
practical joke : diet coke + ice cube + mentos
practical joke : diet coke + ice cube + mentos
4. Get an Attitude.
Tanpa point of view blog bukanlah blog. Apakah itu blog yang menyukai
atau membenci sesuatu buatlah sesuatu perspektif yang
unik. Frauenfelder kecil banyak dipengaruhi oleh mad magazine yang
sedikit menyindir tentang institusi dan kebijakan yang konvensional. Di
Boing boing, Frauenfelder memberikan subversif attitude, kami
menyindir institusi- bank, pemerintahan, dan company yang besar- boing
boing mencoba untuk membuat joke tentang itu semua, tentang bagaimana
kita menjadi korban dari kebijakan-kebijakan mereka. Untungnya banyak
yang menyukainya. Kadang Frauenfelder membuat post tentang sesuatu yang
agak tabu, kontroversial dan membuat orang khawatir, tetapi Frauenfelder
tahu bahwa dengan cara ini bisa memancing diskusi panjang yang
menyenangkan.
5. Jangan membuang-buang waktu orang lain.
Frauenfelder dan kawan-kawannya di boing boing tahu bahwa pembaca
mereka adalah orang yang sibuk, dan tidak ingin membuang-buang waktu
orang lain. Oleh karena itu boing boing menghindari konten yang hanya
berisi link dan tulisan “ini keren klik disini untuk melihatnya”.
Frauenfelder mencoba untuk memberi alasan mengapa hal ini keren,
mengapa Anda harus melihatnya sehingga tidak menghabiskan waktu orang
lain untuk melihat sesuatu yang tidak membuat visitor tertarik.
Kemudian, cobalah untuk membuat headline judul yang menarik dan
memberikan gambaran konten ini tentang apa sehingga membuat orang
memiliki trust kepada blog Anda. Intinya adalah jangan menjebak pembaca
Anda.
6. Mix it up.
Buatlah konten yang beragam. Frauenfelder di boing boing mencoba
untuk membuat konten berita, shopping news, barang-barang konyol, art
design, dan banyak lainnya. Hal-hal seperti ini memang bagus sekali
untuk menaikkan visitor Anda, tetapi jika Anda melakukan ini terus blog
Anda lama-lama akan hancur. Cobalah untuk melakukan balancing konten
sehingga orang tidak bosan. Kadang konten serius kadang konyol. Kadang
fun art design, kadang politik.
7. Cobalah membuat blog seperti membuat novel.
Jika konten yang buat itu itu saja tanpa memperhitungkan aspek tidak
terduga, sepertinya layaknya novel, Anda akan kehilangan pembaca.
Cobalah untuk membuat hal-hal tidak terduga sehingga pembaca tidak
kehilangan antusiasmenya.
8. Terimalah Feedback dari pembaca.
Pernah Frauenfelder membuat posting tentang kontes wanita yang baru
keluar penjara – a hot or not kontes. Banyak pembaca yang komplain
dengan hal ini karena wanita yang baru keluar penjara memiliki banyak
masalah seperti situasi domestik yang buruk, sakit mental, dan
pecandu. Frauenfelder menyadari, memang buruk membuat posting seperti
ini, dan karenanya boing boing terus berkembang dan berubah karena
feedback dari pembaca.
9. Pikirkanlah teman.
Blogging bisa sangat membingungkan jika Anda ingin menyenangkan
milyaran orang di dunia. Jika Anda berpikir, “mungkin ada orang yang
tidak suka dengan ini” atau “mungkin banyak orang tidak mengerti tentang
hal yang kutulis” maka Anda hanya akan menghabiskan banyak waktu hanya
untuk menulis. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah mendengar
pendapat teman Anda yang memiliki selera yang agak berbeda. Jika dia
berpikir “ini bagus”, maka cobalah untuk mempostingnya di blog.
10. Keep it Real.
Blogging memang membutuhkan banyak sumber dari online, tetapi
material terbaik tetap ada di kehidupan nyata. Editor dari boing boing
sering pergi travel dan memotret banyak kehidupan dengan kamera. Mereka
sering melihat bagaimana kehidupan berjalan, melihat beragam manusia
dari berbagai suku budaya. Kadang mereka mencari sesuatu yang
mengejutkan tentang alam dan humanity. Boing boing juga mendapat banyak
cerita dari para reader mereka dan membuat artikel tentang itu. Intinya
adalah walaupun blog Anda di online cobalah untuk membuat sebuah cerita
tentang kehidupan sehari-hari atau pergi bermain layangan dan melukis
dengan anak Anda.