ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sunday, 16 June 2013

Artikel Kewirausahaan BY MARIA ULFA

Artikel Kewirausahaan
Artikel 1
KEWIRAUSAHAAN
1. Hakikat dan Konsep Dasar Kewirusahaan
Kewirausahaan pertama kali muncul pada abad 18 diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal, dll. Tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama.
Secara sederhana arti wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. (Kasmir, 2007 : 18).
Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuan dengan titik berat perhatian atau penekanan yang berbeda-beda, diantaranya adalah penciptaan organisasi baru (Gartner, 1988), menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru (Schumpeter, 1934), ekplorasi berbagai peluang (Kirzner, 1973), menghadapi ketidakpastian (Knight, 1921), dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi (Say, 1803).
Beberapa definisi tentang kewirausahaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø Richard Cantillon (1775)
Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian
Ø Jean Baptista Say (1816)
Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.
Ø Frank Knight (1921)
Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan
Ø Joseph Schumpeter (1934)
Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahanperubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru.
Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk
(1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
(2) memperkenalkan metoda produksi baru,
(3) membuka pasar yang baru (new market),
(4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau
(5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.
Ø Penrose (1963)
Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam system ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.
Ø Harvey Leibenstein (1968, 1979)
Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
Ø Israel Kirzner (1979)
Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasila akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian.
Ø Peter F. Drucker
Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa seorang wirausahan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
Ø Zimmerer
Kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha).
Salah satu kesimpulan yang bisa ditarik dari berbagai pengertian tersebut adalah bahwa kewirausahaan dipandang sebagai fungsi yang mencakup eksploitasi peluangpeluang yang muncul di pasar. Eksploitasi tersebut sebagian besar berhubungan dengan pengarahan dan atau kombinasi input yang produktif. Seorang wirausahawan selalu diharuskan menghadapi resiko atau peluang yang muncul, serta sering dikaitkan dengan tindakan yang kreatif dan innovatif. Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru. Selain itu, seorang wirausahawan menjalankan peranan manajerial dalam kegiatannya, tetapi manajemen rutin pada operasi yang sedang berjalan tidak digolongkan sebagai kewirausahaan. Seorang individu mungkin menunjukkan fungsi kewirausahaan ketika membentuk sebuah organisasi, tetapi selanjutnya menjalankan fungsi manajerial tanpa menjalankan fungsi kewirausahaannya. Jadi kewirausahaan bias bersifat sementara atau kondisional.
Kesimpulan lain dari kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.
Istilah wirausaha muncul kemudian setelah dan sebagai padanan wiraswasta yang sejak awal sebagian orang masih kurang sreg dengan kata swasta. Persepsi tentang wirausaha sama dengan wiraswasta sebagai padanan entrepreneur. Perbedaannya adalah pada penekanan pada kemandirian (swasta) pada wiraswasta dan pada usaha (bisnis) pada wirausaha. Istilah wirausaha kini makin banyak digunakan orang terutama karena memang penekanan pada segi bisnisnya. Walaupun demikian mengingat tantangan yang dihadapi oleh generasi muda pada saat ini banyak pada bidang lapangan kerja, maka pendidikan wiraswasta mengarah untuk survival dan kemandirian seharusnya lebih ditonjolkan.
Sedikit perbedaan persepsi wirausaha dan wiraswasta harus dipahami, terutama oleh para pengajar agar arah dan tujuan pendidikan yang diberikan tidak salah. Jika yang diharapkan dari pendidikan yang diberikan adalah sosok atau individu yang lebih bermental baja atau dengan kata lain lebih memiliki kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasarn advirsity (AQ) yang berperan untuk hidup (menghadapi tantangan hidup dan kehidupan) maka pendidikan wiraswasta yang lebih tepat. Sebaliknya jika arah dan tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan sosok individu yang lebih lihai dalam bisnis atau uang, atau agar lebih memiliki kecerdasan finansial (FQ) maka yang lebih tepat adalah pendidikan wirausaha. Karena kedua aspek itu sama pentingnya, maka pendidikan yang diberikan sekarang lebih cenderung kedua aspek itu dengan menggunakan kata wirausaha. Persepsi wirausaha kini mencakup baik aspek financial maupun personal, sosial, dan profesional (Soesarsono, 2002 : 48)
2. Ciri dan Watak Wirausaha
Ø Ciri-ciri dan watak kewirausahaan
1. Percaya diri Keyakinan, ketidaktergantungan, individualistis, dan optimisme
2. Berorientasi pada tugas dan hasil Kebutuhan untuk berprestasi, berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energetik dan inisiatif
3. Pengambilan resiko Kemampuan untuk mengambil resiko yang wajar dan suka tantangan
4. Kepemimpinan Perilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain, menanggapi saran-saran dan kritik
5. Keorisinilan Inovatif dan kreatif serta fleksibel
6. Berorientasi ke masa depan Pandanga ke depan, perspektif Dalam konteks bisnis, seorang entrepreneur membuka usaha baru (new ventures) yang menyebabkan munculnya produk baru arau ide tentang penyelenggaraan jasa-jasa.
Ø Karakteristik tipikal entrepreneur (Schermerhorn Jr, 1999) :
1. Lokus pengendalian internal
2. Tingkat energi tinggi
3. Kebutuhan tinggi akan prestasi
4. Toleransi terhadap ambiguitas
5. Kepercayaan diri
6. Berorientasi pada action
Ø Karakteristik Wirausahawan (Masykur W)
1. Keinginan untuk berprestasi
2. Keinginan untuk bertanggung jawab
3. Preferensi kepada resiko menengah
4. Persepsi kepada kemungkian berhasil
5. Rangsangan untuk umpan balik
6. Aktivitas Energik
7. Orientasi ke masa depan
8. Ketrampilan dalam pengorganisasian
9. Sikap terhadap uang
Ø Wirausahawan yang berhasil mempunyai standar prestasi (n Ach) tinggi. Potensi kewirausahaan tersebut dapat dilihat sebagai berikut : (Masykur, Winardi)
1. Kemampuan inovatif
2. Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
3. Keinginan untuk berprestasi
4. Kemampuan perencanaan realistis
5. Kepemimpinan berorientasi pada tujuan
6. Obyektivitas
7. Tanggung jawab pribadi
8. Kemampuan beradaptasi (Flexibility)
9. Kemampuan sebagai pengorganisator dan administrator
10. Tingkat komitmen tinggi (survival)
Ø Jenis Kewirausahaan (Williamson, 1961)
1. Innovating Entrepreneurship
Bereksperimentasi secara agresif, trampil mempraktekkan transformasi-transformasi atraktif
2 Imitative Entrepreneurship
Meniru inovasi yang berhasil dari para Innovating Entrepreneur
3. Fabian Entrepreneurship
Sikap yang teramat berhati-hati dan sikap skeptikal tetapi yang segera melaksanakan peniruan-peniruan menjadi jelas sekali, apabila mereka tidak melakukan hal tersebut, mereka akan kehilangan posisi relatif pada industri yang bersangkutan.
4. Drone Entrepreneurship
Drone = malas. Penolakan untuk memanfaatkan peluang-peluang untuk melaksanakan perubahan-perubahan dalam rumus produksi sekalipun hal tersbut akan mengakibatkan mereka merugi diandingkan dengan produsen lain. Di banyak negara berkembang masih terdapat jenis entrepreneurship yang lain yang disebut sebagai Parasitic Entrepreneurship, dalam konteks ilmu ekonomi disebut sebagai Rent-seekers (pemburu rente). (Winardi, 1977)
3. Proses Kewirausahaan
Tahap-tahap Kewirausahaan Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha :
a) Tahap memulai, tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan franchising. Juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri / manufaktur / produksi atau jasa.
b) Tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap "jalan", tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.
c) Mempertahankan usaha, tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi
d) Mengembangkan usaha, tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave (1996 : 3), proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk locus of control, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausaha yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang mempengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembangan menajdi kewirausahaan melalui proses yang dipengrauhi lingkungan,
organisasi dan keluarga (Suryana, 2001 : 34).
Secara ringkas, model proses kewirausahaan mencakup tahap-tahap berikut (Alma, 2007
: 10 – 12) :
1. proses inovasi
2. proses pemicu
3. proses pelaksanaan
4. proses pertumbuhan
Berdasarkan analisis pustaka terkait kewirausahaan, diketahui bahwa aspek-aspek yang
perlu diperhatikan dalam melakukan wirausaha adalah :
a. mencari peluang usaha baru : lama usaha dilakukan, dan jenis usaha yang pernah dilakukan
b. pembiayaan : pendanaan – jumlah dan sumber-sumber dana
c. SDM : tenaga kerja yang dipergunakan
d. kepemilikan : peran-peran dalam pelaksanaan usaha
e. organisasi : pembagian kerja diantara tenaga kerja yang dimiliki
f. kepemimpinan : kejujuran, agama, tujuan jangka panjang, proses manajerial (POAC)
g. Pemasaran : lokasi dan tempat usaha
4. Faktor-faktor Motivasi Berwirausaha
Ciri-ciri wirausaha yang berhasil (Kasmir, 27 – 28)
a. Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut
b. Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
c. Berorientasi pada prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik disbanding sebelumnya.
d. Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
e. Kerja keras. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ dia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerjas merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
f. Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
g. Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dana direalisasikan.
h. Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dlijalankan, antara lain kepada : para pelanggan, pemerintah, pemasok, serta masyarakat luas.
Dari analisis pengalaman di lapangan, ciri-ciri wirausaha yang pokok untuk dapat berhasil dapat dirangkum dalam tiga sikap, yaitu :
a. jujur, dalam arti berani untuk mengemukakan kondisi sebenarnya dari usaha yang dijalankan, dan mau melaksanakan kegiatan usahanya sesuai dengan kemampuannya. Hal ini diperlukan karena dengan sikap tersebut cenderung akan membuat pembeli mempunyai kepercayaan yang tinggi kepada pengusaha sehingga mau dengan rela untuk menjadi pelanggan dalam jangka waktu panjang ke depan
b. mempunyai tujuan jangka panjang, dalam arti mempunyai gambaran yang jelas mengenai perkembangan akhir dari usaha yang dilaksanakan. Hal ini untuk dapat memberikan motivasi yang besar kepada pelaku wirausaha untuk dapat melakukan kerja walaupun pada saat yang bersamaan hasil yang diharapkan masih juga belum dapat diperoleh.
c. selalu taat berdoa, yang merupakan penyerahan diri kepada Tuhan untuk meminta apa yang diinginkan dan menerima apapun hasil yang diperoleh. Dalam bahasa lain, dapat dikemukakan bahwa ”manusia yang berusaha, tetapi Tuhan-lah yang menentukan !” dengan demikian berdoa merupakan salah satu terapi bagi pemeliharaan usaha untuk mencapai cita-cita.
Kompetensi perlu dimiliki oleh wirausahawan seperti halnya profesi lain dalam kehidupan, kompetensi ini mendukungnya ke arah kesuksesan. Dan & Bradstreet business Credit Service (1993 : 1) mengemukakan 10 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu :
1. knowing your business, yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, seorang wirausahawan harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan.
2. knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengenalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan, dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis berarti memahami kiat, cara, proses dan pengelolaan semua sumberdaya perusahaan secara efektif dan efisien.
3. having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Dia harus bersikap seperti pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang sunggung-sungguh dan tidak setengah hati.
4. having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya bentuk materi tetapi juga rohani. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu, harus cukup waktu, cukup uang, cukup tenaga, tempat dan mental.
5. managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan / mengelola keuangan, secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannnya secara tepat, dan mengendalikannya secara akurat.
6. managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
7. managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan / memotivasi, dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
8. statisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
9. knowing Hozu to Compete, yaitu mengetahui strategi / cara bersaing. Wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weaks), peluang (opportunity), dan ancaman (threat), dirinya dan pesaing. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaing.
10. copying with regulation and paper work, yaitu membuat aturan / pedoman yang jelas tersurat, tidak tersirat. (Triton, 2007 :137 – 139)
Delapan anak tangga menuju puncak karir berwirausaha (Alma, 106 – 109), terdiri atas:
1. mau kerja keras (capacity for hard work)
2. bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people)
3. penampilan yang baik (good appearance)
4. yakin (self confidence)
5. pandai membuat keputusan (making sound decision)
6. mau menambah ilmu pengetahuan (college education)
7. ambisi untuk maju (ambition drive)
8. pandai berkomunikasi (ability to communicate)

Sukses Jadi Konsultan Perkawinan Setelah Tiduri 1.000 Lelaki

Rebecca Dakin: Sukses Jadi Konsultan Perkawinan Setelah Tiduri 1.000 Lelaki


Siapa yang mengira jika konselor perkawinan yang telah menerbitkan sebuah buku berjudul The Girlfriend Experience adalah mantan seorang perempuan penghibur? Rebecca Dakin, perempuan berusia 37 tahun ini bekerja sebagai perempuan penghibur selama 9 tahun hingga akhirnya ia berhenti dan memulai karir sebagai Relationship and Sex & Intimacy Expert sekitar 3 tahun lalu.
Rebecca mengaku selama 9 tahun bekerja sebagai perempuan penghibur, ia telah tidur bersama hampir 1.000 orang laki-laki. Rebecca mulai bekerja sebagai perempuan penghibur ketika ia berusia 25 tahun. Gagal menyelesaikan kuliah, putus asa bekerja dengan bayaran kecil, dan Rebecca pun berpikir bahwa menjual diri adalah jalan satu-satunya yang bisa ia tempuh untuk mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat. Rebecca pun mengatakan semuanya pada orangtuanya. Bahkan, orangtuanya mengantar Rebecca saat ia akan menemui klien pertamanya.
“Saya mengatakan apa yang ingin saya lakukan orangtua saya. Mereka kecewa dan putus asa menghadapi saya namun mereka tidak bisa melakukan apa-apa karena menganggap saya telah dewasa,” ujar Rebecca pada sebuah media.
Dari sekian banyak pengalamannya tidur dengan laki-laki, Rebecca mengaku bahwa klien yang paling ia sukai adalah seorang lelaki berusia 70 tahun. “Ia adalah seorang pengusaha London yang bisa menghabiskan ribuan poundsterling untuk membelikan perhiasan dan baju untuk saya. Sebenarnya saya dan lelaki itu jarang berhubungan intim, dia hanya perlu teman karena istrinya menolak tidur seranjang dengannya dengan alasan ia selalu mendengkur setiap tidur,” Rebecca bercerita.
Akhirnya, setelah 9 tahun berpetualang dari satu lelaki ke lelaki lain, Rebecca bertekad untuk berhenti dan ia yakin ada pekerjaan lain yang bisa menghasilkan uang selain menjual diri. Rebecca pun menjadikan pengalamannya sebagai perempuan penghibur sebagai modal utama untuk memulai karir sebagai penasihat pernikahan. Karena, menurut Rebecca sekitar 60% kliennya adalah lelaki yang telah berkeluarga atau memiliki pasangan dengan alasan tidak mendapatkan kepuasan seksual di rumah.
“Saya hanya ingin membantu orang mempertahankan hubungan mereka. Pengetahuan yang saya miliki datang dari pengalaman saya. Sekitar 60% klien saya sudah berumah tangga dan ini tentunya memberikan saya pengalaman dan sudut pandang berbeda tentang ‘cara kerja dan apa yang diinginkan oleh laki-laki’. Bertahun-tahun saya mendengarkan para lelaki itu bercerita tentang penyebab kegagalan hubungan mereka dan mengapa mereka akhirnya tidur dengan perempuan lain. Memang ada berbagai alasan seorang laki-laki selingkuh dengan perempuan lain, tapi tentu ada satu alasan yang menjadi alasan paling umum,” Rebecca menjelaskan.
Kini, Rebecca telah menjalani profesi sebagai konsultan perkawinan sekitar 3 tahun. Kamu harus merogoh kocek sekitar Rp2.000.000,-/ jam atau Rp11.200.000,-/ sesi jika ingin melakukan konsultasi dengan penulis buku Why Husbands Stray. Rebecca mengatakan kehidupan seksual adalah faktor umum yang membuat lelaki mencari perempuan lain.
“Berbeda dengan perempuan yang bisa memisahkan cinta dan seks, laki-laki adalah makhluk seksual. Kebanyakan laki-laki yang tidur dengan saya mengatakan bahwa mereka masih mencintai kekasih dan istri mereka, mereka mencari perempuan lain hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa mereka dapatkan dari pasangan mereka. Mayoritas dari mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak saat pasangan mereka menolak untuk berhubungan seksual. Jadi, ketika pasanganmu tidak mengeluh saat kalian sudah tidak berhubungan seksual dalam waktu cukup lama, itu artinya kamu harus berhati-hati,” perempuan yang mengaku terinspirasi oleh tokoh Vivian dalam Pretty Woman menjelaskan.
Sembilan tahun tidur dengan berbagai macam lelaki pun mengajari Rebecca untuk berpikir sebagai lelaki. Karena itulah Rebecca tidak sepenuhnya menyalahkan para lelaki yang berselingkuh dengan perempuan lain. Rebecca mengatakan bahwa umumnya para lelaki mengatakan rasa ketidakpuasan mereka pada pasangan, namun sayang pasangan mereka tidak memberikan respon positif. Dan inilah yang menjadi pemicu terjadinya perselingkuhan.
“Apa yang membuat saya mencintai pekerjaan saya saat ini? Karena saya bisa menyelamatkan banyak hubungan dari perselingkuhan. Bahkan, saya bisa mencegah terjadinya perselingkuhan,” ujar mantan karyawan travel agent ini. Bagaimana pendapatmu tentang teori perselingkuhan dalam pernikahan yang diutarakan oleh Rebecca, Fimelova?

Tuesday, 11 June 2013

Bayi Prematur Lima Kali Berpeluang Derita Autisme

Bayi Prematur Lima Kali Berpeluang Derita Autisme

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Bayi yang lahir lebih cepat dari waktu yang ditentukan dan bertubuh kecil memiliki peluang untuk menderita autisme lima kali lebih besar daripada bayi normal, demikian sebuah penelitian Amerika Serikat selama dua dasawarsa ini.
Bayi-bayi prematur telah lama dikenal memiliki sejumlah risiko masalah kesehatan dan penundaan kognitif, tetapi penelitian dalam jurnal Pediatrics itu adalah yang pertama kali mengaitkan hubungan antara berat badan di bayi di saat dilahirkan dengan autisme.
Peneliti AS mengamati 862 anak sejak lahir sampai usia dewasa muda. Mereka yang ada dalam penelitian itu lahir antara 1984 dan 1987 di tiga kawasan di New Jersey. Bayi-bayi itu memiliki berat antara 500 dan 2.000 gram (1,1-4,4 pon) pada saat lahir. Seiring waktu, lima persen dari bayi yang lahir dengan berat badan rendah didiagnosis menderita autisme, dibandingkan dengan prevalensi satu persen pada populasi umum.
"Pada saat kemampuan bertahan bayi-bayi dengan berat badan rendah membaik, gangguan terhadap mereka yang selamat memberikan tantangan baru di bidang kesehatan masyarakat," kata penulis utama Jennifer Pinto-Martin, direktur Pusat Autisme, Cacat Tubuh dan Epidemiologi di Sekolah Ilmu Keperawatan University of Pennsylvania.
"Masalah kognitif pada anak-anak autisme boleh jadi menutupi penyakit autisme," katanya. Ia mendesak orang tua untuk membawa anak mereka ke rumah sakit guna mendapatkan tes autisme apabila dicurigai mengalami gangguan spektrum autisme. "Intervensi dini meningkatkan hasil jangka panjang dan dapat membantu anak-anak baik di sekolah maupun di rumah."
Autisme adalah istilah untuk berbagai kondisi mulai dari miskinnya interaksi sosial hingga ke perilaku repetitif dan sikap diam yang berlebihan. Kondisi itu langka, terutama menjangkiti anak-anak laki-laki, dan penyebabnya masih sengit diperdebatkan.

Sembuhkan Berbagai Penyakit Dengan Suara

Sembuhkan Berbagai Penyakit Dengan Suara

Dalam rentang frekuensi tertentu, suara ternyata memiliki efek menyembuhkan. Kini, terapi suara telah menjadi salah satu pengobatan alternatif yang bisa dipilih. Metode ini telah menjamur di masyarakat di luar negeri.

Diddi Agephe adalah seorang terapis suara di Indonesia. Ia telah menekuni bidang musik sejak tahun 1987, namun baru memperkenalkan suara sebagai terapi di indonesia empat tahun yang lalu.

Diddi, demikian sapaan akrabnya, memang dekat dengan dunia musik. Selain sebagai terapis, ia juga berprofesi sebagai komposer. Indra Lesmana dan Titi DJ adalah beberapa musisi yang juga pernah bekerja sama dengannya.

Namun Diddi ingin talenta musiknya juga berguna bagi orang lain, terutama untuk menyembuhkan. Ia pun mulai meramu musik-musik yang bersifat meditasi.

"Sejak kelahiran anak pertama, saya merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Tapi saya melihat, masih banyak orang lain yang tidak seberuntung saya. Saat itulah inspirasi saya membuat musik yang sifatnya meditasi muncul," ujar Diddi saat diwawancara Yahoo! Indonesia.

Setelah itu, Diddi mulai menekuni ilmu terapi suara. Dalam frekuensi yang sesuai, suara dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama yang bersumber dari perasaan dan pikiran. Tak hanya itu, menurut penelitian, berbagai virus penyakit juga mati jika diberi suara dengan frekuensi khusus.

Metode yang paling sering digunakan Diddi adalah mencari satu nada yang tepat untuk menyembuhkan pasiennya. Nada itu dapat ditentukan oleh berbagai hal, tergantung kasus yang dialami. Kemudian Diddi akan meramu suara dan musik meditasi untuk pasiennya tersebut.

Diddi sadar, metode pengobatan alternatif ini masih terbilang baru di tanah air. Tak mudah juga membuat orang langsung percaya dengan metode pengobatan yang dipakainya.

"Mengingat metode ini sudah dilaksanakan di banyak negara, saya biasanya menampilkan video-video yang bisa dicari di Internet mengenai pengobatan ini ke pasien saya untuk meyakinkannya,"

Yang paling menarik dari terapi suara, para pasien tak akan tergantung pada terapisnya. Setelah mereka menemukan frekuensi dan nada yang tepat untuk menyembuhkan penyakitnya, maka mereka bebas mempraktikkannya sendiri tanpa bantuan terapis.

"Jadi mereka bisa menyembuhkan dirinya sendiri," ujar Diddi lagi.

Ingin tahu mengenai terapi suara lebih lanjut, silakan datang ke festival Namaste pada tanggal 2,3,4 Desember 2011. Diddi Agephe akan menjadi salah satu healer di festival tersebut.

Benarkah Anak Autis Bisa Disembuhkan?

Benarkah Anak Autis Bisa Disembuhkan?

Ghiboo.com - Para peneliti mengungkapkan bahwa banyak anak yang menderita autis saat usia masih kecil, tak lagi menunjukkan gejala autisnya saat mereka tumbuh dewasa.
Dalam survei yang dipimpin oleh Dr Andrew Zimmerman dari Massachussetts General Hospital for Children, menunjukkan sepertiga anak yang dulunya pernah didiagnosis mengalami gangguan spektrum autism dilaporkan tidak lagi memiliki diagnosa tersebut saat mereka beranjak dewasa, dan mereka dianggap tidak lagi menderita autis.
Temuan yang dipublikasikan dalam journal Pediatrics ini sebelumnya mempelajari data dari survei telepon terhadap 92.000 orangtua yang anaknya berusia 17 tahun atau lebih muda antara rentan waktu 2007-2008 di Amerika Serikat.
Sebanyak 1.366 orangtua mengatakan bahwa anaknya menderita gangguan spektrum autis pada masa lalu hingga saat ini. Sekitar 453 dari kasus tersebut, anak yang didiagnosa dokter mengalami gangguan tetapi orangtuanya mengatakan anaknya kini tak menderita autis lagi.
Para peneliti menemukan anak-anak dengan ketidakmampuan belajar atau terlambat berkembangnya lebih mungkin untuk mengalami autis. Hal ini juga berlaku bagi anak yang lebih tua yang menderita epilepsi dan kecemasan. Namun, anak-anak atau remaja dengan masalah pendengaran di awalnya kurang mungkin dianggap autis di kemudian hari.
Tim mencatat bahwa autisme cenderung berkembang seiring dengan berbagai gangguan mental dan perilaku lainnya. Mereka berspekulasi ini bisa mempersulit diagnosis, atau memperlambat perkembangan pada anak-anak yang didiagnosa dan diobati sejak dini.
Namun meskipun begini, masih banyak ahli yang kurang sependapat dengan hasil penelitian ini. Mereka berpendapat, meskipun gejala autis pada anak terlihat semakin membaik, anak dengan autis harus tetap mendapatkan perawatan dan berusaha mempertahankan kemajuan tersebut.
"Autisme adalah sebuah kondisi serius, melumpuhkan dan diidap seumur hidup. Anak yang menderita autis di masa kecil akan tumbuh menjadi dewasa dengan autis. Meskipun tidak ada obat untuk autis, memberikan dukungan, membuat strategi untuk mengelola perilaku dan menciptakan lingkungan baik, dapat membantu anak mengelola kecemasannya dan kesulitan sensoriknya yang berhubungan dengan kondisi autisme," ungkap Dr Georgina Gomez-de-la-Cuestan, selaku pimpinan penelitian aksi dari The National Autistic Society, seperti dilansir melalui dailymail, Kamis (26/1).

Punya Anak Agresif? Mungkin ini Penyebabnya!

Punya Anak Agresif? Mungkin ini Penyebabnya!

Tubuh manusia merupakan mekanisme kompleks yang dapat memberikan sinyal saat mengalami kejadian tertentu. Salah satunya adalah keringat.
Punya-Anak-Agresif-Mungkin-ini-Penyebabnya
Jika Anda mengamati lebih jeli, keringat tidak hanya muncul saat seseorang berolahraga, tetapi juga pada kondisi lain seperti cemas, stres, dan ketakutan, kondisi yang juga dialami bayi berumur kurang dari 3 tahun.
Studi terbaru mengungkap bahwa bayi yang sedikit berkeringat saat merasa ketakutan akan menunjukkan agresifitas fisik dan verbal yang lebih tinggi saat menginjak tahun ketiga.
Untuk memastikan hal ini, tim peneliti dari School of Psychology, Cardiff University, Inggris, memasang elektroda perekam pada kaki beberapa bayi berusia satu tahun sekaligus mengukur skin conductance activity (SCA), untuk mengetahui berapa banyak keringat yang dihasilkan bayi-bayi tersebut saat ketakutan.
Hasilnya, bayi dengan SCA yang rendah saat tidur dan ketakutan, cenderung lebih agresif baik secara fisik dan verbal saat mereka menginjak usia 3 tahun. Hasil ini didapat dari para ibu yang diminta untuk mencatat perkembangan anak-anak mereka hingga tahun ketiga pasca penelitian.
Salah satu peneliti bernama Stephanie van Goozen mengatakan bahwa temuan ini membuka peluang untuk mengidentifikasi anak-anak yang berisiko memiliki perilaku agresif seiring pertumbuhan mereka.
Sekaligus membuka peluang untuk membuat program pencegahan agar sifat agresif tersebut tidak menjadi perilaku antisosial di masa mendatang, seperti dilansir Health24.
Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science. (dan)

Mengenali Gejala Autisme Pada Anak

Mengenali Gejala Autisme Pada Anak

Oleh | Yahoo! SHE – Jum, 17 Mei 2013 11:22 WIB
Autisme adalah gangguan perkembangan yang timbul sebelum usia anak 3 tahun. Gangguan tersebut meliputi beberapa hal berikut:

Gangguan interaksi sosial
Penyandang autisme sering tidak bisa melakukan kontak mata atau hanya bisa sekelebat, tidak bisa bersosialisasi dengan baik seakan tidak peduli dengan sekitarnya, dan tidak bisa ‘bermain pura-pura’ (contoh: bermain masak-masakan).

Gangguan komunikasi
- Tidak dapat berkomunikasi 2 arah
- Tidak ada komunikasi nonverbal (gerakan tubuh), seperti mengangguk untuk mengatakan ‘ya’
- Sebagian penyandang autisme tidak bisa berbicara. Kalau pun bisa, biasanya isi pembicaraannya tidak jelas, berulang-ulang, dan tidak memperhatikan lawan bicaranya.
- Sudah berusia 16 bulan tapi belum bisa mengucapkan 1 kata pun.
- Tidak bisa melihat benda yang ditunjuk dari jauh.
- Terjadi penurunan kemampuan perkembangan (dalam bidang apa pun), misalnya, tadinya anak sudah bisa berbicara tapi tiba-tiba terjadi regresi.

Minat khusus atau gerakan berulang
Penyandang autisme biasanya hanya menyukai satu benda dan akan fokus dengan benda itu terus, umumnya benda yang berputar, seperti roda mobil-mobilan. Mereka juga biasanya melakukan suatu gerakan tertentu secara terus menerus dan tanpa ada tujuan, atau disebut juga dengan gerakan stereotipik. Contoh gerakan lainnya yaitu mengepak-ngepakkan tangan atau melompat-lompat.


Sampai sekarang, belum bisa dipastikan apa penyebab autisme. Diduga penyebabnya mengacu pada faktor genetik, karena sebagian penyandang autisme rata-rata bersaudara atau ada link genetik pada keluarga besarnya. Misalnya, ada anggota keluarga yang menderita ADHD atau keterbelakangan mental.

Pemicu lainnya adalah janin terpapar penyakit dari ibu dan kekurangan oksigen di dalam kandungan, sehingga otak tidak berkembang. Proses kelahiran yang lama juga bisa membuat bayi kekurangan oksigen, sedangkan polusi bisa memperburuk kondisi.

Sebaiknya, terapi sudah diberikan sebelum anak berusia 3 tahun, agar hasil lebih optimal. Ragam terapi yang diberikan yaitu terapi wicara, sensori-integrasi, juga okupasi.

“Bila perlu, obat akan diberikan untuk mengendalikan emosi dan perilaku anak, sehingga bisa menjalankan terapi dengan baik, bukan untuk menyembuhkan atau membuat anak tidur”, ujar dr. Ika Widyawati, SpKJ(K).

Dalam memilih tempat terapi, perhatikan kemampuan tenaga terapisnya. Sebaiknya yang memiliki kemampuan sesuai, juga yang menyediakan dokter atau psikiater. Mengenai terapi alternatif yang bisa menyembuhkan autisme, belum ada penelitian yang baku.

dr. Ika Widyawati, SpKJ(K)Autisme tidak terkait dengan imunisasi MMR. Anggapan tersebut muncul bermula dengan waktu pemberian imunisasi MMR (usia 15 bulan) yang bersamaan dengan waktu terjadinya regresi (penurunan kemampuan), yang biasanya muncul saat anak dibawah usia 2 tahun. Jika anak tidak diberi imunisasi, efeknya akan lebih berbahaya bahkan mematikan, karena penyakit tersebut bisa mengganggu kesehatan organ penting lainnya.

Oleh Stephanie F.
Direview oleh dr. Ika Widyawati, SpKJ(K) yang berpraktik di RS Pondok Indah.
Sumber: www.MeetDoctor.com

Mengolah Daging Bebek Agar Emp

Mengolah Daging Bebek Agar Empuk


Ghiboo.com - Bebek goreng yang empuk pasti sulit dilewatkan.

Namun, terkadang saat ingin mencoba membuat sendiri di rumah, seringkali daging bebek menjadi liat dan kurang sedap.

Cara mengolah daging bebek agar menjadi daging empuk, gurih dan renyah sebetulnya sederhana saja dan tidak ada rahasia khusus.

Daging bebek yang sudah dipotong-potong, dimasak, lalu dibumbui dengan bumbu dapur biasa seperti juga bumbu ungkep ayam.

Hanya saja perlu waktu lebih lama memasak daging bebek yaitu sekitar 5 jam agar dagingnya menjadi empuk dan bumbu bisa meresap ke dalam daging.

Anda juga harus rajin membalik tumpukan daging bebek yang dimasak setiap 1 jam sehingga panas dan adonan bumbu bisa tersebar merata.

Anda juga bisa memakai cara tradisional untuk melunakkan daging dengan menggunakan daun pepaya untuk membungkus dan merebus daging, atau nanas muda untuk memasak daging. Harap diberikan takaran secukupnya agar daging bebek tidak menjadi pahit atau asam saat dikonsumsi.

Ketika mengolah daging bebek dengan cara pan fried (didengan minyak sedikit), ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak canola untuk mematangkan daging di atas wajan anti lengket.

Untuk menjaga agar daging bebek tidak mudah hancur, matangkan dulu daging di salah satu sisinya terlebih dahulu. Setelah matang dan berubah kecoklatan, daging bisa dibalik dan dimatangkan pada sisi lainnya.

Semoga bermanfaat.

9 Tip Memasak Makanan Lebih Sehat Lagi

9 Tip Memasak Makanan Lebih Sehat Lagi

Memasak makanan diet tidak perlu serumit yang Anda bayangkan. Dengan trik sederhana yang bisa dilakukan siapa saja, Anda sudah mendapatkan sajian diet yang lebih sehat.
9-Tip-Memasak-Makanan-Lebih-Sehat-LagiBerikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan masakan diet yang rendah lemak, garam, dan gula namun bernutrisi tinggi:

Gorengan Tiruan

Jika Anda tergoda makan gorengan, tiru saja rasanya. Celupkan bahan masakan yang ingin dimakan ke dalam campuran tepung, bumbu, telur, dan cornflake. Lalu panggang dalam oven toaster atau microwave. Anda akan mendapatkan rasa renyah dan gurih yang bebas lemak.

Gunakan Lebih Sedikit Keju Bercita Rasa Kuat

Keju jenis blue cheese, Parmigiano-Reggiano, atau smoked gouda memiliki rasa yang lebih kuat dari keju jenis lain. Karena itu Anda bisa menggunakannya dalam jumlah yang lebih sedikit hingga separuhnya saja.

Tiriskan Makanan Kalengan

Makanan kalengan memang praktis, tetapi kandungan sodiumnya sangat tinggi sehingga tidak sehat untuk tekanan darah Anda. Rendam dan tiriskan makanan kalengan Anda dengan air untuk mengurangi kandungan sodiumnya. Ganti bumbunya dengan bumbu dapur yang segar dan alami.

Campuran Minyak Canola dan Cuka

Ingin makan salad tapi dressing atau mayonaise Anda terlalu berlemak dan bersodium? Gunakan campuran minyak canola dan cuka anggur merahsebagai dressing agar bebas dari sodium tetapi kaya asam lemak sehat.

Gunakan Wajan Teflon Anti Lengket

Meski harganya lebih mahal, namun wajan teflon atau anti wajan anti lengket memungkinkan Anda bisa memasak dengan hanya sedikit atau tanpa minyak dan mentega sama sekali.

Mengukus Lebih Baik daripada Merebus

Kukuslah sayur-sayuran favorit Anda daripada merebusnya untuk menjaga agar kandungan gizi dan rasa tetap utuh. Proses merebus dapat menghancurkan kandungan gizi dan merusak rasanya.

Potong Kecil-kecil Makanan Kurang Sehat

Jika Anda terpaksa harus memakai bahan makanan kurang sehat misalnya untuk taburan, gunakanlah lebih sedikit dari seharusnya dan potonglah kecil-kecil bahan makanan tersebut agar lebih merata dalam masakan. Prinsipnya, lebih sedikit tetapi merata dan tetap terasa enak.

Masak dengan Aluminium Foil

Saat memanggang masakan Anda, bungkuslah dengan aluminium foil daripada melumasinya dengan mentega atau kecap manis. Selain lebih sehat, panggangan Anda juga bebas dari kotoran sisa memanggang.

Gunakan Tepung Gandum Utuh

Jika Anda sudah rutin makan roti gandum utuh, maka memasak roti atau kue pun sebaiknya menggunakan tepung gandum utuh. Selain kaya protein kandungan seratnya akan menurunkan kolesterol dan membuat Anda kenyang lebih lama.
Selamat memasak dan menikmati makanan sehat Anda! (aan)

Cara Membuat Analisa SWOT Untuk Online Shop

Cara Membuat Analisa SWOT Untuk Online Shop

Cara melakukan analisis SWOT - Strengths, weaknesses, opportunities, threats adalah sesuatu yang banyak dipelajari terutama oleh mahasiswa S2. Sayangnya, Bisnis sering memperlakukan analisis SWOT seperti geometri –  Anda harus pelajari, tetapi tidak akan pernah menggunakannya lagi. Namun, analisis SWOT memberikan hal yang kongkret, mengingatkan terhadap kondisi yang sebenarnya (real-world audit) dan memberikan hal relatif yang ada di dalam industri.
Strengths and weaknesses bersifat internal, Mereka Diukur pada patokan komparatif.  Opportunities and threats berasal dari hal external - hubungannya Anda dengan industri di luar perusahaan Anda. Demikian juga, threats yang datang dari kompetisi. Oleh karena itu memantau pesaing Anda secara berkelanjutan adalah sebuah kebutuhan.
Dasar-dasar
Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk membangun Kekuatan Anda dan meminimalkan kelemahan. Anda harus cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk mengurangi ancaman dari luar. Di dalam dunia ecomerce, di mana perubahan berlangsung sangat cepat, Anda harus sering melakukannya, setidaknya setahun sekali.
Sebuah analisis SWOT membutuhkan banyak waktu. Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri, sering lebih baik untuk membawa konsultan dari luar yang memiliki perspektif yang lebih obyektif. Pelanggan Anda dapat menjadi sumber informasi yang baik. Cobalah untuk mendapatkan feedback dari mereka.
Pengusaha e-commerce online shop harus dapat membandingkan hasil kerja mereka dengan penjual online lainnya dan juga dengan retailer offline.
Situasi pasar sangat mudah untuk berubah yang 5 tahun lalu dianggap sebagai “opportunity” sekarang mungkin sudah bukan lagi. Misalnya, sepuluh tahun yang lalu salah satu keuntungan dari situs e-commerce adalah bisa berbelanja 24/7 sementara toko offline tidak. Sekarang hampir semua retailer offline tradisional di US memiliki website yang bersaing dengan seller yang hanya menjual di online selama 24 jam sehari.
Kekuatan
Apa yang Anda telah lakukan untuk menjadi lebih baik dibanding yang lain dalam industri Anda? Untuk e-commerce biasanya adalah pilihan produk yang lebih besar, atau lebih cepat dan lebih murah dalam hal pengiriman dibanding e-commerce lainnya. Apakah Anda membuat perbandingan harga dengan lebih mudah dan cepat? Apakah Anda menyarankan pilihan produk lain (product discovery) untuk pelanggan Anda? Ini adalah keunggulan kompetitif.
Apa yang membuat bisnis anda unik? Apakah Anda menawarkan produk niche yang tidak tersedia di tempat lain? Apakah barang Anda homemade atau tidak ? Apakah posisi keyword yang Anda target di Google sudah berada di posisi yang bagus dan menjadi kekuatan Anda ?
Kelemahan Khas E-commerce / online shop
Karena proses shipping yang memakan waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam e-commerce / online shop. Barang berat, besar dan tidak tahan lama adalah barang yang mahal untuk dikirim. Biaya kirim selalu menimbulkan kesulitan.
Keamanan dan penipuan membuat banyak orang khawatir dan enggan untuk menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online.
Peluang
Anda Harus menanyakan “teknologi baru apa yang dapat membantu saya mengembangkan bisnis saya dan untuk mencapai keuntungan lebih dari pesaing saya?” dan “Di mana kelemahan pesaing saya ?”
E-commerce berubah setiap hari. Teknologi baru dan fitur telah membuat  banyak lokasi playground baru dibandingkan seller offline tradisional. Misalnya, perbaikan software shopping cart telah membuat pengalaman belanja pelanggan lebih cepat dan ramah .
Live chat telah meningkatkan layanan pelanggan e-commerce (Baca artikel tentang live chat provider di Startupbisnis) Menggunakan analisis Big Data bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan e-commerce untuk lebih memahami preferensi pelanggan.
Situs media sosial Memberikan promosi gratis atau murah apalagi jika dikombinasikan dengan viral marketing.
Munculnya bisnis model “content based commerce” membuka peluang baru untuk online shop untuk membangun brand value dengan lebih baik dan menghindari komoditisasi di internet (di mana online shop satu dan yang lain dianggap sama)
Tapi itu terserah kepada Anda, sebagai merchant online, untuk tertinggal atau mengadopsi fitur baru.
Ancaman
Anda harus selalu mencari pergeseran industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. Ini termasuk perubahan hukum dan peraturan. Misalnya, undang-undang yang dibuat kongres USA terkait internet sales tax dan aturan domain .id untuk penyelenggara ecommerce di Indonesia.
Entry barrier yang rendah dalam membuat e-commerce juga merupakan ancaman. Sangat mudah untuk membuat e-commerce untuk bisnis, bahkan di garasi. Orang bisa menjual barang melalui Facebook atau eBay tanpa memiliki website.
Ecommerce besar seperti Amazon selalu bisa lebih unggul dibanding penjual kecil pada sisi harga. Baca : Cara bersaing dengan ecommerce besar.

Kesimpulan
Menggunakan analisis SWOT secara teratur, mungkin sekali atau dua kali setahun, akan memberikan gambaran yang luas tentang tren industri e-commerce, menunjukkan di mana Anda berdiri dalam kaitannya dengan pesaing Anda, dan Memberikan wawasan untuk mengurangi kelemahan Anda dan membangun Kekuatan Anda.

25 Tips Cara Menggunakan Twitter Untuk usaha kecil

25 Tips Cara Menggunakan Twitter Untuk usaha kecil



Banyak pemilik toko online / e-commerce menggunakan media sosial seperti Twitter untuk berhubungan dengan pelanggan, membangun hubungan personal, melakukan penjualan, membangun personal brand dan untuk mencapai suatu tujuan bisnis.
Merchant / toko online bisa belajar apa yang pelanggan katakan tentang merek dan produk mereka, memberikan layanan pelanggan dengan proaktif, dan menciptakan campaign promosi yang mendorong penjualan.
Keberhasilan penggunaan Twitter mengharuskan Anda untuk mengerti bagaimana memanfaatkan platform ini untuk membuat respon yang diinginkan. Berikut  ini 25 tips cara menggunakan Twitter untuk bisnis kecil.
1. Pilih Nama yang Tepat
Username Anda (@ username) adalah URL Twitter Anda. Jika akun Anda akan terkait dengan perusahaan Anda, coba gunakan nama bisnis Anda atau variasinya. Twitter memungkinkan maksimum 15 karakter untuk username. Salah satu tips adalah menggunakan nama yang brandable (sesuai dengan brand Anda) atau menggunakan nama yang mudah diingat (misalnya : TipsFashion).
2. Buat Profil yang Relevan dengan Merek
Profil Anda terdiri dari bio, avatar, dan background. Ini semua harus mendeskripsikan merek Anda dalam sekejap, pilih elemen-elemen visual yang paling mewakili.
Tulis jelas, bio – deskripsi perusahaan Anda dalam 160 karakter atau kurang – yang menggambarkan merek Anda, produk, dan jasa, termasuk link yang bisa di-track ke situs Web atau landing page tertentu. Logo bisnis Anda dapat berfungsi sebagai avatar. Pilih warna dan gambar yang konsisten dengan situs web Anda dan branding.
Berikut adalah dua profil yang sesuai dengan pedoman ini: Etsy.com (online marketplace di US) dan Bass Pro Shops (retailer peralatan outdoor).
etsy_twitter_lightbox
bass_twitter_lightbox
3. Menjadi Pendengar yang baik
Listen first and tweet later adalah motto yang baik untuk menggunakan Twitter dalam konteks e-commerce. Gunakan Twitter advanced search atau tools seperti HootSuite dan Sprout social untuk mencari tweet yang mencakup nama perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, serta tweet tentang pesaing Anda dalam kategori bisnis Anda. Kemudian, responlah dengan  tepat. Ikuti dan amati mercant lain dalam industri Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan. Kontributor kami, Stephanie Wiriahardja berbagi tentang bagaimana cara ia melakukan “listening” sebelum datang ke event di artikel : #Vanstartup experience part 1 : Preparation to  networking.
4. Gunakan Style Anda
Jangan terlalu formal dalam posting Anda dan Tweet Anda haruslah mencerminkan kepribadian bisnis Anda. Penggunaan humor adalah praktek umum, menyuntikkan anekdot lucu dari waktu ke waktu juga bagus jika audiens Anda cocok.
Meskipun tone suara Anda tidak harus berubah, tone yang Anda gunakan haruslah dapat beradaptasi dengan situasi tertentu. Misalnya, jika seseorang mengeluh tentang layanan pelanggan Anda, tone Anda harus lebih meyakinkan dan hormat. Jika seseorang memuji produk yang Anda tawarkan balas dengan semangat dan rasa terima kasih.
5. Berinteraksi dan Menjawab
Anda harus membalas tweet tentang bisnis Anda, apakah itu tentang hal positif atau negatif. Anda harus membalas pesan positif tweet, berterima kasih kepada mereka yang memuji Anda dan tetap menjaga manner jika ada yang men tweet hal negatif tentang perusahaan Anda.
6. Cari Influencer
Gunakan tools pengukuran seperti Klout untuk mencari follower Anda yang sering terlibat, dan berikanlah apresiasi untuknya.
7. Gunakan Twitter dengan strategi
Meskipun banyak interaksi Anda yang mungkin terjadi dalam waktu dekat secara real-time – tanggapilah pertanyaan pelanggan, misalnya, karena ini merupakan salah satu cara menggunakan Twitter dengan strategi.
Buat kalender konten dan jadwal beberapa tweet yang konsisten selama beberapa hari atau minggu. Sisihkan hari-hari tertentu untuk tweet tertentu . Misalnya, Senin bisa untuk promosi, Selasa untuk foto di belakang layar, Rabu how-to tips, Kamis bisa fokus pada trending topics, dan Jumat untuk menyoroti orang-orang di perusahaan Anda.
8. Pikirkan Tentang Apa yang Pelanggan Anda Ingin Lihat
Orang-orang menghargai informasi yang memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan mereka. Mereka juga menanggapi tweet yang menginspirasi dan menghibur, sehingga cakupkanlah kedua jenis konten tersebut pada rencana Anda. Buatlah tweet Anda dengan tujuan untuk menjaga kepentingan bisnis Anda dan kebutuhan follower Anda.
9. Berbagi Media Buzz
Jika bisnis Anda akan diulas di media, share link itu di Twitter.
10. Buatlah Konten Unik
Share konten di Twitter yang follower Anda tidak akan menemukannya tempat lain. Hal ini dapat mencakup penawaran eksklusif, foto di belakang layar, profil karyawan, atau rilis produk baru.
11. Gunakan Hashtags
Hashtag adalah cara untuk mengatur Tweet Anda di sekitar kata kunci atau topik tertentu.
12. Bagikan Deals
Menurut Compete.com, 94 persen dari orang yang yang memfollow brand di twitter memiliki alasan utama untuk mengetahui diskon dan promo. Berikan follower Anda diskon dan penawaran yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain.
13. Masukkan Berbagai Jenis Media
Twitter menyatakan bahwa posting dengan link, gambar, dan video mendapatkan retweeted lebih dari akun twitter yang hanya berisi teks, dan tweets dengan foto mendapatkan dua kali respon dari mereka yang tidak mengandung foto.
Mengenai penggunaan video, Twitter baru-baru ini mengakuisisi Vine, sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda shoot video dengan durasi 6 detik. Beberapa retailer mulai bereksperimen dengan itu, Anda mungkin bisa juga menggunakannya untuk bisnis Anda.
14. Tweet dengan frekuensi yang sering
Tidak ada angka ajaib berapa banyak tweet yang harus Anda tweet . Sekali per hari adalah jumlah yang baik ketika Anda belajar untuk memulai, dan kemudian Anda dapat menguji frekuensi postingan yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk bisnis Anda dalam hal respon.
15. Retweet dan berikan mention
Passing tweet orang lain ke follower Anda adalah cara yang baik untuk membangun sosial capital dan meningkatkan kredibilitas. Hal ini sering dapat membuat orang lain ingin retweet konten Anda. Cobalah juga untuk me-mention orang lain dalam tweet Anda dengan memasukkan username @ mereka. Tweet positif yang relevan, dan materi yang bersifat pribadi dapat membangun goodwill.
16. Gunakan Direct Messages
Sebuah pesan langsung – DM – adalah cara pengguna Twitter untuk dapat berkomunikasi secara pribadi dengan yang lain. Anda mungkin ingin menggunakan Direct Message dalam kasus-kasus di mana pertanyaan atau masalah follower Anda terlalu spesifik. Mintalah follower Anda untuk mengirimkan pesan langsung dengan informasi kontak agar Anda dapat merespon melalui email atau telepon. Perhatikan juga bahwa Anda dapat mengirim dan menerima DM hanya dari follower Anda, dan sebaliknya.
17. Favorit Tweet Positif
Gunakan pilihan ”Favorite tweet” untuk menyoroti tweet dari pengguna yang memuji merek atau produk Anda.
18. Mengintegrasikan Twitter ke Situs Web Anda
Integrasikanlah akun Twitter Anda ke situs web e-commerce atau blog. Twitter menawarkan empat cara untuk melakukan ini :
19. Gunakan yang Tweet Pendek
Meskipun Twitter memiliki batasan 140 karakter, penelitian menunjukkan pada tahun 2012 bahwa tweet pendek kurang dari 100 karakter mendapatkan tingkat engagement 17 persen lebih tinggi. Kemudian cobalah untuk memberikan beberapa karakter – 20 karakter misalnya  - bagi orang lain yang ingin me-retweet posting Anda dan menambahkan konten.
20. Ikuti Minat Anda
Followlah banyak akun untuk menemukan konten yang relevan dan menginspirasi Anda untuk ide-ide tweets berikutnya.
21. Fokus pada Passion orang banyak
Twitter menyediakan fitur untuk Anda yang ingin berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Daripada berfokus hanya pada produk dan jasa Anda, cobalah untuk membuat konten yang pas untuk passion audience Anda.
22. Gunakan Iklan Twitter
Twitter memiliki dua pilihan iklan yang cocok untuk anggaran usaha kecil :  Promoted Accounts and Promoted Tweets. Fitur ini bisa digunakan untuk menempatkan posting Anda di tempat yang bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Di Indonesia fitur ini nampaknya belum dilaunch secara massive, ikutilah perkembangan berita tentang launch fitur ini.
23. Ajukan Pertanyaan
Tanyakan kepada pelanggan Anda jika mereka mengikuti Anda di Twitter dan apa yang mereka pikirkan tentang tweets Anda. Cari tahu apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk meningkatkan pengalaman mereka atau membuat value yang lebih.
24. Tentukan Metrik
Sangat penting untuk mengukur keterlibatan Twitter Anda dalam hal efektifitas pada tujuan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa metrik untuk dipertimbangkan:
  • Pertumbuhan Follower. Berapa banyak Follower baru Anda setiap hari, minggu atau bulan;
  • Keterlibatan Follower. Berapa banyak Follower berinteraksi dengan tweet Anda;
  • Jangkauan. Berapa banyak pengguna yang favorit atau me retweet posting Anda;
  • Traffic. Berapa banyak orang mengunjungi situs Anda dari Twitter;
  • Konversi. Berapa banyak pengguna mendaftar untuk layanan Anda atau membeli produk Anda.
25. Siap-siap untuk hal-hal yang terjadi secara Real-time
Twitter selalu ON 24 jam 7 hari seminggu sehingga memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam setiap percakapan yang terjadi. Sosial media memiliki banyak kejutan, banyak peluang penjualan mungkin bisa timbul. Cobalah untuk tetap bersiap ketika hal itu datang.
Kesimpulan
Dengan menggunakan 25 tips diatas, Anda bisa meningkatkan kualitas keterlibatan Twitter Anda dengan cara yang mendukung tujuan pemasaran bisnis Anda dan tujuannya. Untuk informasi lebih lanjut, Twitter menawarkan dua sumber daya untuk usaha kecil yaitu :  @twittersmallbiz. untuk small business team dan  Twitter for smaller businesses. Situs informasi untuk pengguna small business.

Kemenkop Persilakan UU Perkoperasian Diuji Materi

Kemenkop Persilakan UU Perkoperasian Diuji Materi

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM mempersilakan semua pihak yang ingin mengajukan judicial review atau uji materi atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian kepada Mahkamah Konstitusi (MK).
"Kami persilakan pihak manapun untuk mengajukan permohonan uji materi kepada MK atas UU Perkoperasian yang baru, itu hak warga negara," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram di Jakarta, Jumat.
Menurut dia uji materi terhadap UU tersebut justru akan berdampak baik karena semakin diuji suatu UU maka semakin baik pasal-pasal di dalamnya.
Ia berpendapat pada dasarnya UU Perkoperasian sudah merupakan kebutuhan paling mendasar dari koperasi dan masyarakat yang telah disesuaikan dengan kondisi saat ini hingga masa yang akan datang.
"Kami sendiri sangat yakin UU ini sudah berada pada jalur yang benar dan sama sekali tidak bertentangan dengan UUD 1945," katanya.
Pihaknya memantau sampai saat ini ada sejumlah pihak yang pernah dan sedang mengajukan gugatan uji materi kepada MK atas UU Perkoperasian.
Mereka di antaranya yang telah mendaftarkan nomor perkaranya dengan nomor register. 28/PUU-XI/2013 tanggal 1 Maret 2013 yakni Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKPRI) Provinsi Jawa Timur; Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) Jawa Timur; Pusat Koperasi Wanita Jawa Timur (Puskowanjati; Pusat Koperasi An-nisa Jawa Timur; Pusat Koperasi BUEKA Assakinah Jawa Timur; Gabungan Koperasi Susu Indonesia; Agung Haryono; dan Mulyono.
Pihaknya lain yang juga mengajukan uji materi dengan nomor register 47/PUU-XI/2013 tanggal 22 April 2013 yakni Perkumpulan Pancur Kasih; Koperasi Credit Union Sumber Kasih; Koperasi Kredit Canaga Antutn; dan Koperasi Kredit Gemalaq Kemisiq.
Pemohon uji materi UU Perkoperasian dengan nomor register 60/PUU-XI/2013 tanggal 27 Mei 2013 yakni Yayasan Bina Desa Sadajiwa, Koperasi Karya Insani, Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga, Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK), Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Koperasi (LePPek),Wigatiningsih, Sri Agustin Trisnantari, Sabiq Mubarok, Maya Saphira, S.E., Chaerul Umam.
"Kesemuanya menggugat pasal-pasal yang hampir sama, hanya untuk koperasi di Kalbar menambahkan tidak setuju dengan adanya Dekopin,"
katanya.
Dalam perkembangannya, permohonan uji materi nomor 47/PUU-XI/2013 perihal pengujian UU Perkoperasian tentang Perkoperasian yang salah satunya diajukan oleh credit union (koperasi kredit) Provinsi Kalbar yang sidang awal dilaksanakan pada 22 Mei 2013 ternyata kini telah dinyatakan dicabut.
"Ternyata permohonan uji materi dimaksud telah dinyatakan dicabut oleh pemohon, kami berterima kasih kepada Credit Union di Kalbar yang telah membatalkan permohonan untuk uji materi UU ini, ini bukti bahwa UU ini tidak bertentangan dengan UUD 1945," katanya.
Namun, meski telah ada pihak yang mencabut permohonan uji materi itu, tapi untuk dua pihak yang lain tetap masih diproses di MK.
"Pada 4 Juni 2013 rencananya akan ada sidang kembali. Tapi kami semakin yakin dengan pencabutan oleh salah satu pemohon ini bisa menjadi bahan pertimbangan bahwa UU ini sudah pada jalur yang benar," katanya.
Sejumlah pasal yang diajukan untuk diuji materi di antaranya pasal tentang definisi koperasi, pasal tentang pengurus yang diperbolehkan berasal dari non-anggota koperasi, sertifikat modal koperasi, peran pengawas, hingga jenis usaha koperasi.(tp)

12 Trik Membeli Motor Bekas

12 Trik Membeli Motor Bekas Ala Polisi

Oleh Yahoo! News | Yahoo! News – 5 jam yang lalu
Siapa yang tidak tertarik memiliki motor baru? Namun, gara-gara keterbatasan dana, sebagian orang berpaling ke membeli motor bekas.

Jika Anda termasuk salah satunya, berhati-hatilah. Saat ini banyak kondisi motor bekas tidak sesuai harapan. Ada-ada saja kerusakan yang ditimbulkan. Walhasil para pembeli motor bekas jadi kesal karena sering keluar uang buat perbaikan dan membeli suku cadang.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia punya tip dan trik menarik dalam membeli motor bekas. Apa itu? Yuk kita simak.

1. Cek harga pasar
Sebelum mencari motor bekas, sebaiknya cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau internet, misalnya http://roda-dua.com.

2. Cek nomor rangka dan mesin motor
Periksalah nomor rangka dan mesin motor. Sesuaikan dengan STNK dan BPKB.

Pastikan tidak ada bekas ketokan di nomor rangka dan mesin. Jika ada, besar kemungkinan itu motor curian. Penadah biasa mengubah nomor rangka (agar sesuai STNK/BPKB) dengan cara mengetoknya.

Cara lain untuk yakin, cek nomor polisi melalui SMS. Caranya, ketik Metro[spasi]nomor polisi

Contoh: Metro B8118HJ — kirim ke 1717 (Jakarta).
Atau: JATIM L4444LY — kirim ke 1717 (Jawa Timur).

Catatan: Ketika kami coba, kami mendapat balasan bahwa sistem sedang ada gangguan sehingga kami disarankan cek ke SAMSAT terdekat.

3. Cek kondisi fisikPeriksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak atau pecah? Akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah suku cadang asli.

4. Cek kondisi oliBuka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

5. Cek speedometerPastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa kilometer yang telah ditempuh. Jika di atas 20.000, maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti. Tentunya dengan anggaran yang tidak sedikit.

6. Hidupkan mesinCoba hidupkan mesin motor, apakah bisa stasioner atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

7. Cek perpindahan gigiJalankan kendaraan, dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

8. Cek rangka atau sasisPerhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak bengkok. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

9. Cek kebocoranUsahakan Anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter, perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.

10. Cek kelistrikanPeriksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau starter elektrik motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada masalah.

11. Cek kondisi rodaLakukan pengecekan terhadap roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa sasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.

12. Kalau bisa cobalah test-driveMintalah kepada si penjual agar Anda bisa menjajal mengendarai motor tersebut lebih lama. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan. Apakah setangnya lurus, apakah akselerasinya bagus, dll.

Kini setelah Anda tahu persis kondisi motor yang Anda beli, Anda tinggal memikirkan harga yang ditawarkan. Apakah cocok?

Atasi Pegal Melalui Makanan

Atasi Pegal Melalui Makanan

Ghiboo.com - Tubuh kerap mengalami linu dan kaku ketika sehabis bekerja atau olahraga?

Konsumsi beberapa makanan berikut untuk memperbaiki otot-otot tubuh Anda, seperti dilansir dari Body and Soul (10/6).
Semangka

Nutrisi: vitamin B, C, E, K, kalsium, zat besi, kalium dan seng.
Manfaat: makanan yang kaya air membantu merehidrasi tubuh akibat olahraga. Vitamin B mengembalikan tingkat energi dan vitamin C menenangkan otot-otot yang bekerja terlalu keras. Antioksidan likopen juga membantu mengurangi kerusakan sel dan jaringan setelah olahraga.
Kacang mete

Nutrisi: lemak tak jenuh tunggal, tembaga, magnesium dan fosfor.
Manfaat: magnesium menjaga tulang kuat dan melawan kelelahan otot. Tembaga membantu meningkatkan energi dan melindungi sendi, sedangkan lemak tak jenuh tunggal mengurangi peradangan.
Ceri

Nutrisi: antioksidan, khususnya anthocyanidins, vitamin C, kalium, kalsium
Manfaat: Anthocyanidin membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan dan membantu pemulihan otot. Ceri juga menurunkan risiko tendonitis, bursitis, arhritis dan goout, serta mengisi elektrolit dan kalisum untuk membantu pemulihan.


HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)



APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4