This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Thursday, 17 October 2013
Kepentingan Etika Dalam Bisnis BY NURHADI
INFO KERJA KE 15 BLN 10 TH 2013
Topics in this digest:
1. Lowongan: Ecosystem Restoration Development Officer
From: Recruit
2. Lowongan: Community Development and Social Engagement Specialist
From: Recruit
3a. Lowongan Accounting Manager
From: febri140281
4. 22 Vacant Positions for mining company
From: Job Migas
5. Twitter Keluarga, 9 September 2013
From: vintratia ct
6. Required 26 Positions for Drilling & oil and gas Company ( Office st
From: Job Migas
7. LOWKER KAPSTER SALON
From: New Beauty
8. Opportunities in Ametis Villa Bali
From: ade satria
9. Lowongan Sales Manager
From: febri140281
Messages
________________________________________________________________________
1. Lowongan: Ecosystem Restoration Development Officer
Posted by: "Recruit" recruit@burung.org
Date: Sun Oct 13, 2013 5:40 pm ((PDT))
Description: Description: Description: cid:image001.jpg@01CD4265.223FA960
Lowongan - Burung Indonesia
Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli
2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung dan habitatnya di
Indonesia, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan
yang lestari.
Burung Indonesia saat ini sedang melaksanakan program Danida Support to
Harapan Rainforest (DSHRF) terletak di Propinsi Jambi dan Sumatera Selatan.
Salah satu target utama DSHRF adalah mengembangkan pusat pengetahuan untuk
restorasi ekosistem, termasuk pengembangan dan pengelolaan Ecosystem
Restoration Resource Center (ERRC) di HRF. Lingkupnya termasuk mencakup
aspek manajemen konsesi dan juga mempromosikan Restorasi Ekosistem (RE)
sebagai pilihan cara mengelola hutan alam produksi di kalangan masyarakat
kehutanan Indonesia, pengembangan bisnis RE dan kemitraan, termasuk dengan
pengalaman manajemen konsesi di Hutan Harapan.
Dalam mencapai target tersebut Burung Indonesia membutuhkan tenaga
profesional muda yang kreatif, dinamis dan enerjik untuk dapat melaksanakan
program-program yang tengah dibangun dan untuk itu Burung Indonesia membuka
kesempatan seluas-luasnya pada posisi:
Ecosystem Restoration Development Officer
Gambaran umum pekerjaan
Mengembangkan konsep dan penguatan kebijakan Restorasi Ekosistem (RE)
bersama parapihak terutama dengan kalangan akademis dan pemerintah,
membantu/mengasistensi praktek manajemen konsesi dan mendokumentasikan best
practice kegaitan RE termasuk pengembangan standar PHPL pada IUPHHK-RE yang
adaptif. Melakukan mainstreaming RE kepada para pihak sebagai pilihan utama
dalam pengelolaan hutan alam produksi di Indonesia.
Kualifikasi
. Latar belakang pendidikan minimum S1 Bidang Kehutanan, Biologi
atau yang relevan;
. Telah bekerja minimal 5 tahun dalam bidang Kehutanan dan
pengelolaan SDA;
. Menguasai pemahaman tentang manajemen konsesi, teknik restorasi,
dan system silvikultur dan aspek-aspek politik ekologi/kehutanan;
. Mampu melakukan lobby dan engagement serta berkomunikasi baik
dengan para pihak termasuk pengambil kebijakan;
. Menguasi komuter applikasi MS office (Word, power point, excel),
memiliki pemahaman aplikasi data base mendapat prioritas;
. Menguasai Bahasa Inggeris lisan dan tulisan;
. Dapat bekerja secara tim maupun mandiri;
. Perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengisi posisi
ini.
Surat lamaran dan CV dikirim ke alamat email:
recruit@burung.org atau alamat surat: PO. Box.310/BOO, Bogor 16003,
INDONESIA dan harus sudah diterima sebelum tanggal 18 Oktober 2013. Hanya
pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk wawancara.
Recruitment
Burung Indonesia
Jl. Dadali No. 32,
BOGOR 16161
Telp. +62 251 8357 222
Fax. +62 251 8357 961
Website: www.burung.org
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2. Lowongan: Community Development and Social Engagement Specialist
Posted by: "Recruit" recruit@burung.org
Date: Sun Oct 13, 2013 5:40 pm ((PDT))
Description: Description: Description: cid:image001.jpg@01CD4265.223FA960
Lowongan - Burung Indonesia
Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli
2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung dan habitatnya di
Indonesia, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan
yang lestari.
Burung Indonesia saat ini sedang melaksanakan program Danida Support to
Harapan Rainforest (DSHRF) terletak di Propinsi Jambi dan Sumatera Selatan.
Salah satu target utama DSHRF adalah mengembangkan pusat pengetahuan untuk
restorasi ekosistem, termasuk pengembangan dan pengelolaan Ecosystem
Restoration Resource Center (ERRC) di HRF. Lingkupnya termasuk mencakup
aspek manajemen konsesi dan juga mempromosikan Restorasi Ekosistem (RE)
sebagai pilihan cara mengelola hutan alam produksi di kalangan masyarakat
kehutanan Indonesia, pengembangan bisnis RE dan kemitraan, termasuk dengan
pengalaman manajemen konsesi di Hutan Harapan.
Dalam mencapai target tersebut Burung Indonesia membutuhkan tenaga
profesional muda yang kreatif, dinamis dan enerjik untuk dapat melaksanakan
program-program yang tengah dibangun dan untuk itu Burung Indonesia membuka
kesempatan seluas-luasnya pada posisi:
Community Development and Social Engagement Specialist
Gambaran umum pekerjaan
Mengembangkan konsep pengelolaan sumberdaya alam pada kawasan RE bersama
masyarakat secara partisipatif, memberikan asistensi dan konsep manajemen
social konsesi RE, meningkatkan kesejahteraan dan mengembangkan kemitraan
ekonomi secara partisipatif bersama masyarakat. Merumuskan dan memfasilitasi
resolusi konflik di Hutan produksi termasuki konsesi RE secara partisipatif
dan permanen.
Kualifikasi
. Pendidikan minimal S1 Bidang social (antropologi, sociologi,
ekonomi, komunikasi, hukum atau relevan);
. Minimal bekerja 5 tahun dalam isu-isu social ekonomi sumberdaya
alam, Kehutanan dan lingkungan;
. Menguasai berbagai perangkat analisis social-ekonomi seperti social
impact assessment, Participatory Rural Rapid Apraisal, Participatory Poverty
Alleviation, dan sejenisnya;
. Menguasai pengembangan ekonomi dan peningkatan kapasitas masyarakat
berdasarkan konteks budaya dan social mereka;
. Memiliki kemampuan dalam resolusi konflik sumberdaya alam;
. Menguasi komputer applikasi MS office (Word, power point, excel),
memiliki pemahaman aplikasi data base mendapat prioritas;
. Menguasai Bahasa Inggeris lisan dan tulisan;
. Bersedia di tempatkan di kantor ERRC di Hutan Harapan (Jambi) dan
desa-desa;
. Perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengisi posisi ini.
Surat lamaran dan CV dikirim ke alamat email:
recruit@burung.org atau alamat surat: PO. Box.310/BOO, Bogor 16003,
INDONESIA dan harus sudah diterima sebelum tanggal 18 Oktober 2013. Hanya
pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk wawancara.
Recruitment
Burung Indonesia
Jl. Dadali No. 32,
BOGOR 16161
Telp. +62 251 8357 222
Fax. +62 251 8357 961
Website: www.burung.org
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
3a. Lowongan Accounting Manager
Posted by: ebina99@gmail.com febri140281
Date: Sun Oct 13, 2013 5:41 pm ((PDT))
Axindo Infotama adalah perusahaan yang bergerak dalam distribusi:
1. Aksesoris handphone (Handsfree Bluetooth, Flip Case, Battery, Power Bank)
2. Dealership XL
3. Dealership Smartfren
4. Dealership BTel (Bakrie Telecomunication)
Membutuhkan staff untuk posisi sbb:
ACCOUNTING MANAGER
Responsiblilities:
Menyusun dan menganalisa setiap informasi keuangan perusahaan. Menganalisa setiap pendapatan dan biaya secara tepat dan akurat. Menangani area Accounting, baik dalam general ledger, fixed asset management, inventory management, budget dan cost control. Melakukan koordinasi segala hal yang berhubungan dengan Pajak. Melakukan koordinasi dengan tim Akuntan dan Keunangan dalam membuat semua laporan keuangan manajemen perusahaan sesuai target. Mampu menyelesaikan perbedaan dan penyimpangan yang muncul dalam masalah pembukuan perusahaan. Memelihara berbagai macam database keuangan perusahaan (accurate dan bluesky system). Mempunyai kemampuan teamwork, analisa, decision making, manage people dan coaching subordinate. Requirements:
Wanita, usia 27 - 35 tahun Pendidikan S1 Accounting
Menguasai Pajak Brevet A & B Mengerti proses import barang menjadi nilai tambah Pengalaman kerja dalam bidang accounting dan atau internal audit. Mampu mengkoordinasikan tim dan berkomunikasi secara efektif Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin menjadi nilai tambah Pekerja keras dan dapat bekerja di bawah tekanan. Mempunyai pengalaman kerja dalam bidang konsultan audit lebih disukai. Diutamakan yang dapat bergabung secepatnya. Salary: IDR 8.000.000 - 10.000.000
Bagi yang berminat silahkan kirim CV ke:
PT. AXINDO INFOTAMA
Kompleks Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok K-29
Jl. Letjend Suprapto, Cempaka Putih
Jakarta Pusat - 10640
email: hrd@axindo.co.id
Messages in this topic (2)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
4. 22 Vacant Positions for mining company
Posted by: "Job Migas" migasjob@yahoo.com migasjob
Date: Sun Oct 13, 2013 5:41 pm ((PDT))
Read More in www.nautic-resources.com ,
Working Location: Balikpapan
Offshore Site
1. Senior Engineer
Requirements
• Min 10 Years’ Experience
2. Middle Engineer
Requirements
• Min 7 Years’ Experience
3. Designer
Requirements
• Min 5 Years’ Experience
4. Structural Engineer
Requirements
• Familiar With SACS
5. Piping And Layout Engineer
Requirements
• Familiar With CAESAR
6. Instrumentation And Controls Engineer
Requirements
• Familiar With INTOOLS
7. Electrical Engineer
Requirements
• Familiar With IEEE
8. Senior Electrical Engineer
Job Function:
The Senior Electrical Engineer assists the Electrical Engineer Specialist in all aspects of electrical systems engineering and follow-on engineering support for EPC1 with particular focus on the stick-built substations. The position ensures that the Project’s requirements, as detailed in the Technical Specifications, for all electrical engineering are carried out in an accurate and timely fashion. The position stewards electrical engineering aspects of the Project with other discipline leads on the Project Team and the site execution team, as necessary. The position interfaces among the PT and the EPC contractor’s organization with respect to electrical engineering, design, and constrcution execution to ensure quality and minimize change orders.
Key requirements of this position are:
• Thorough knowledge and expertise in electrical equipment and hardware selection
• Ability to assist and mentor other PT members with less experience
• Willingness to work from Cepu Site on a rotation and ability to travel to FATs
Required Knowledge, Qualifications, Skills, and Experiences:
• Thorough and extensive knowledge of industry with ExxonMobil experience an advantage:
- Electrical engineering principles, theories, and concepts
- Applicable codes, standards, and trade practices
• Thorough knowledge and expert judgment in the selection and application of electrical equipment and hardware
• Bachelor of Science degree in Engineering or Engineering Technology
• 7+ years of closely related professional engineering experience, 2+ years of which should be at the Senior Electrical Engineer level
• Proficient in Microsoft Office suite of software programs, etc.
• Read, write, and speak fluent English, especially as it applies to technical and business communications
9. Construction Completion Coordinator
Job Function:
Responsible to the SCL for interacting with Company and Contractor construction teams to ensure that all systems are mechanically complete prior to Hand Over to the SC Team. Has lead responsibility for (MC) planning, preparation, verification, and documentation of “A” Check Sheets, Punch Lists, as-builts, etc.
Required Knowledge, Qualifications, Skills, And Experiences:
• An engineering degree with 5 – 10 years direct “hands on” experience in construction and / or systems completion in oil and gas processing is required.
• Exposure to drilling and downhole operations would be beneficial.
• High safety awareness is mandatory. A good knowledge of simultaneous operations (SIMOPS) is essential.
• WinPCS or similar Systems Completion electronic database management system experience.
• Requires an outstanding ability to interact with customers with diverse backgrounds. Must be an excellent facilitator and must exhibit mature judgement in conjunction with sound and analytical reasoning.
• Requires ability to perform well during periods of adversity.
• Exhibit strong verbal and written communication skills. Requires the ability to build consensus in areas of contention while enhancing working relationships.
• Plant/system mechanical completion and commissioning experience is mandatory.
10. Construction Project Engineer
Function:
Responsible for Coordinating day to day activities related to various petroleum construction projects, working with various internal departments and external contractors / service providers for execution of project plan. Ensure project plan are carried out in timely and satisfactory completion per plans and specifications. Provides back up coverage for on-site Project Manager.
STANDARDS COMPLIANCE:
Ensure compliance of codes, standards, regulation and practices applicable to the design and construction (e.g API, ASME, ANSI, AGA, ISA, etc) including HSE and environmental compliance
Requirements:
Experience:
• Minimum of 5 years of proven and progressive project management experience (within an EPC environment is an asset
• A degree in Engineering from a recognized institution – mechanical engineering degree is preferred
• Experience in contract management, and EPC contracting
• Experience in storage tanks and piping erection works
• Cost estimation experience
• Experience in using Auto Cad
• Experience in preparing report/documents in English
• Minimum 3 years’ experience in petroleum terminal Projects
• Experience in Bitumen Projects will be considered as an advantage
• Experience in following up electrical & instrumentation works will be considered as an advantage
• Project management to manage and execute projects on time and within budget
• Successful track record in achieving tasks and managing and influencing people
Skills:
• Fluent English, Bahasa Indonesia
• Advanced knowledge of Microsoft Office applications, excellent in Power Point and Excel. (Photoshop, Flash, and knowledge of other presentation techniques may be required but not a must)
Competencies:
• Getting things done
• Motivator
• Strong interpersonal skills
• Project Management Skills
• Team player
• Business acumen
• Value for money approach
• Flexible and pragmatic
Mine Operation Superintendent – Meulaboh
Responsibilities:
• Develop, propose, direct and evaluate Mine Operation unit monthly to ensure that the work plan is in accordance with the work plan of the company.
• Monitor the achievement of the mine plan, operating plan and production plan for any identified irregularities and take corrective measures to ensure the achievement of the mine plan and production targets.
• Monitor surveillance operations at the mine and all related activities to ensure that mining activities and their supporters are in accordance with the plan and its implementation is in accordance with standard procedure and regulation of the company.
• Monitor and ensure the implementation of mine operation, hauling and land clearing implemented are in accordance with applicable policy and standards.
• Maintain performance of subordinates to ensure achievement of target set by company.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 40 years old
• Bachelor Degree in Mining / Geology with at least 5 – 7 years of experience in the same field and the same industry or Diploma in Mining / Geology with a minimum of 7 years of experience in the same field and the same industry.
• Familiar with heavy equipment.
• Have min POM certification and other related work licenses.
• Able to operate supporting system.
• Understand related rules and regulations.
• Able to supervise the mining operation process (land clearing, coal mining, overburden removal, dumping, spreading, stock piling).
• Willing to be placed on site in Meulaboh.
Port Captain Superintendent – Meulaboh
Responsibilities:
• Understand and implement all of port operational regulation, K3L program to ensure that all activities is in accordance with applicable policy and standards.
• Prepare, socialize, audit and ensure all of K3L system and program is understood and carried out for all port subordinates, contractors and sub-contractors.
• Prepare annual Opex and Capex based on yearly company production target and to maximize optimization of port asset productivity to reach annual shipment targets.
• Control and evaluate monthly port operational budget activity to achieve the target and cost of shipping process.
• Make monthly shipping plans in coordination with other related departments to minimize changes In shipping schedules and anticipate the risk of loss to the possibility of spontanious combustion.
• Supervise every movement of shipping to ensure all ships operational activity can still be carried out safely and under control.
• Evaluate “weekly shipment performance” and “weekly key performance indicator” to ensure the target is reached, identify problems and decisive action is taken to achieve the target.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability
Requirements:
• Male, max 40 years old
• Min education from Nautical Grade ANT 2 or Nautical Grade ANT 1.
• Min 8 year experience as chief mate including 3 years as ship’s master.
• Preferably with experience managing the operational activities of the port, and the unloading of coal to barges or ship.
• Have a POP certification
• Able to operate Microsoft Office and fluent to speak English
• Able to managerial and leader team
• Understand related rules and regulations
Environment Superintendent – Meulaboh
Responsibilities:
• Develop, propose, direct and evaluate environmental activities daily to ensure that the work plan is in accordance with the work plan of the company.
• Monitor and supervise maintenance and protection of the environment regarding potentialland and water pollution within the mine area, in accordance with applicable policy and standards.
• Analyze all environmental aspects within the mine area using application regulations so that reclamation activities can progress and all environmental aspects can be maintained according to procedure.
• Analyze possible corrective measure towards each environmental accident and or other environmental maintenance issues in the mine area.
• Maintain performance of subordinates to ensure achievement of target set by company.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 40 years old
• Bachelor Degree in Agriculture / Forestry / Environmental Engineering with at least 5 years of experience, including 2-3 years of experience in the same field and the same industry; or Diploma in Agriculture / Forestry / Environmental Engineering with a minimum of 5 years of experience, including 3-5 years of experience in the same field and the same industry.
• 2 years experience in Supervisor / Managerial / Senior Technical position
• Familiar with heavy equipment
• Have the AMDAL A, Ahli K3LH Umum, POP certification and other related work licenses
• Able to operate supporting system
• Understand related rules and regulations
• Willing to be placed on site in Meulaboh.
Budget & Cost Control Supervisor – Head Office
Responsibilities:
• Maintain, analyze and monitor the financial administration/documentation of the project that involves costing, payment and the making of financial reports and other related documents to be in line with company’s work plan and current standard & procedures.
• Plan and conduct a financial system to increase effectiveness and efficiency of Project’s cash maintenance in accordance with company’s needs.
• Create and report all activities and cost of a project as a accountable report within the time scheduled.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Max 35 years old
• Minimum Diploma Degree in Accounting with at least 3 years of experience in the same field and the same industry.
• Able to operate related supporting systems/applications.
• Understand related rules and regulations
Maintenance Planner Coordinator – Meulaboh
Responsibilities:
• Prepare and implement a preventive and predictive maintenance system that can measure, monitor and control all asset on site and ensure the program is understood by all related parties in accordance with standard procedure and regulation of the company.
• Create and develop maintenance tasks and schedule registration based on daily inspections and result of the actual examination condition.
• Monitor and evaluate maintenance activity done by technicians / contractors to ensure it is in accordance with agreed plan and schedule.
• Collect maintenance data for all production and operational site assets to be used in preventive & predictive audit process.
• Create and submit maintenance activity report.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 40 years old
• Diploma or Bachelor Degree in Industrial/ mechanical / electrical engineering with at least 3 years of experience in the same field and the same industry.
• Familiar with heavy equipment
• Able to operate supporting system.
• Understand management process and work schedule control.
• Understand related rules and regulations
• Willing to be placed on site in Meulaboh.
Pit Service Foreman – Meulaboh
Responsibilities:
• Direct and monitor hauling road maintenance & showering to ensure the achievement of the mine plan and production targets.
• Construction and maintenance of Setting pond.
• Construction and control of Drainage.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 30 years old
• Minimum Diploma in Mining / Civil Engineering with at least 2 years of experience in the same field and the same industry.
• Have certification/training in K3
• Able to operate supporting system
• Understand related rules and regulations
• Experience in leading team of minimum 10 people
• Willing to be placed on site in Meulaboh
Coal Quality Control Officer – Meulaboh
Responsibilities:
• Support Site Geologist in regards of coal quality from Pit to ROM Stock Pit to Barge.
• Monitor and control coal quality in the mining, hauling, stockpiling and barging activities.
• Monitor the management of stockpile on site.
• Ensure coal that is mined and loaded meets required specifications.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 30 years old
• Diploma or Vocational Education (SMK) in Geology/Mining Engineering with a minimum of 2 years of experience in the same field and the same industry.
• Knowledge in coal quality control processes.
• Able to operate supporting system
• Understand related rules and regulations
• Willing to be placed on site in Meulaboh
• Prefer candidates from Meulaboh, Aceh, Medan and the surrounding areas
Port Safety Officer – Meulaboh
Responsibilities:
• Responsible to implement and promote Health and Safety awareness among employees at Port and other workplace
• To ensure all HSE system and procedures are in place and in line with OHS target and objective (as per OHSAS 18001:2007)
• Conduct safety inspection (electrical equipment, fire extinguisher, lifting gear, machine guarding, hand tool, first aid kit, scaffolding, working at height, welding safety inspection, etc.) and weekly safety talk.
• Coordinate with all contractors safety representative to implement safety regulation on Port.
• Conduct safety induction for new employee, visitor and on leave return employee.
• Accident investigation.
• Conduct HIRADC and periodic emergency drill.
• Control safety documents.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability.
Requirements:
• Male, max 35 years old
• Minimum Diploma Degree in Occupational Safety and Health/Engineering or related fields with at least 3 years of experience, including 1 year of experience in the same field and the same industry.
• Good knowledge and experience in Port Health and Safety Management, ISO 9001:2000 and OHSAS 18001:2007, ISM Code
• Certified Basic Fire Fighting, Basic Sea Survival, First Aid Level II
• Understand related rules and regulations
• Willing to be placed on site in Meulaboh
• Prefer candidates from Meulaboh, Aceh, Medan and the surrounding areas
Legal Admin – Head Office
Responsibilities:
• Plan, prepare and carry out legal document process and ensure the legal process is in accordance with schedule.
• Maintain documentation and administration of legal unit.
• Prepare legal documents needed by related parties.
• Implement policies and HSE programs to ensure that all activities in accordance with HSE under Accountability
Requirements:
• Female, max 25 years old
• Fresh graduate from Diploma Degree in administration/management/relevant field or SMA/High School graduate with at least 3 years of experience as admin.
• Able to operate Microsoft Office
• Active English, both written & spoken
• Understand related rules and regulations
More info check in www.nautic-resources.com
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
5. Twitter Keluarga, 9 September 2013
Posted by: "vintratia ct" vintratia_ct@yahoo.co.id vintratia_ct
Date: Sun Oct 13, 2013 5:41 pm ((PDT))
Senin, 9 September 2013
Siang
Saat byk hal jadi serba instan, byk
langkah terseok mengikutinya, banyak ketidaksabaran di sana-sini terjadi.
Kesabaran perlu digandakan.
Suami.. Dari hari ke hari, masalah byk
menjegal. Jika tak ada masalah pun, manusia sering mempunyai ide menyibukkan
diri.
Masalah & tantangan ada tiap hari,
jagalah stamina & kesehatan dgn baik. Cita2 tinggi ataupun mulia, sulit
dicapai dgn kesehatan tak prima.
Suami.. Dari hari ke hari, masalah byk
menjegal. Jika tak ada masalah pun, manusia sering mempunyai ide menyibukkan
diri.
Masalah & tantangan ada tiap hari,
jagalah stamina & kesehatan dgn baik. Cita2 tinggi ataupun mulia, sulit
dicapai dgn kesehatan tak prima.
Istri.. Jangan biasakan menumpuk barang di
rumah. Sesekali bersihkanlah bagian2 rumahmu agar terbebas dari penyakit.
Hitunglah berapa banyak yg kaubeli setiap
harinya; tentu perlu ada bbrp unit barang bekas/rusak yg perlu kaukeluarkan
dari rumah.
Jagalah kebersihan rumahmu; selain kau
tetap bergerak, kesehatan anggota keluarga pun akan terpelihara.
Anak.. Latihlah dirimu utk mempersiapkan
segala keperluan sekolah esok hari dgn disiplin tanpa terburu-buru, hingga tak
ada yg terlupa.
Ketidakdisiplinan byk org telah memberikan
mereka ber-bagai2 masalah, mulai hrs diteriaki, bertengkar, dihukum di sekolah.
Seringnya, terjadi keributan yang tak
perlu terjadi, jika mereka mau berusaha hidup lebih teratur.
Malam
Suami.. Sesekali saat kembali kerja,
periksalah pekerjaan rumah anak-anakmu atau luangkan waktu utk berbicara dgn
anak2mu ttg sekolah mrk.
Kau hanya perlu mengajukan pertanyaan
singkat dan mendengarkan. Hindarilah menyela pembicaraan anak2 saat mrk
antusias bercerita padamu.
Dengarkanlah dgn tulus & dgn sungguh..
Kali ini, jgn sertakan agendamu utk menginterogasi anak; itu bukanlah
komunikasi yg jujur.
Istri.. Menyiapkan baju rumah bersih utk
dikenakan suamimu malam ini, tdk pernah menjadi hal kuno di dlm melayani suami
dgn tulus.
Kemudian sekedar memberi pijitan ringan di
pundaknya dan memberi segelas minuman hangat, pembicaraan ringan dgn tawa, itu
tetaplah manis.
Anak.. Jika ada satu pelajaran yg tak
kaukuasai dgn baik, bukan berarti engkau bodoh. Tak ada org serba mengetahui
segala-galanya.
Jangan berkecil hati thd pelajaran yg
sulit; carilah cara2 belajar, baik menambah waktu belajar & meminta org yg
lebih tahu utk mengajari.
Kepandaian sejati ada pd org yg berjuang
gigih menghadapi masalah dgn usaha2 ulet yg cerdas dgn tdk terus mengulangi
kesalahan yg sama.
Selamat malam keluarga Indonesia.. Jangan
terbiasa menangisi hal2 yg sulit, lebih baik biasakanlah berusaha menghadapinya
dgn berani.
Twitter Keluarga, oleh: Yacinta Senduk @Yacinta_Senduk
Yemayo Advance Education Center
Setiap Senin & Kamis
Pin BB: 2736346A
WhatsApp: 0812-8985-9968
Talkshow bermanfaat seputar keluarga bersama Yacinta Senduk, setiap hari
Selasa pukul 14.30, di radio 103.4 FM, DayFM Jakarta
Yacinta Senduk SE, SH, MBA, LLM
Principal of Yemayo Advance Education Center - Kursus Kecerdasan Pribadi Pertama di Indonesia
untuk usia 2 s.d 19 tahun
Simak Talkshow Seputar Keluarga
bersama: Yacinta Senduk, setiap Hari Selasa, pukul 14.30 di radio 103.4DFM,
streaming:www.radiodfm.com
FB fanpage: Yacinta Senduk
Follow twitter: @Yacinta_Senduk
Add Yemayo-AEC BB Pin: 2736346A
– Whatsapp: 0812-8985-9968
Mari berkenalan dengan Pre-School kami untuk usia 2 s.d 6 tahun,
dengan konsep interaksi penuh dengan murid: www.juniory-pre-school.blogspot.com
Tentang Yemayo - http://www.myyemayo.blogspot.com/p/tentang-yemayo.html.
PROGRAM BELAJAR MEMBACA Untuk usia 2 s.d 6 tahun –
http://juniory-pre-school.blogspot.com/p/kelas-membaca.html
Kisah-kisah Inspiratif
Keluarga - http://www.yacintasenduk.blogspot.com/
On YouTube :
Yacinta Senduk on Youtube :
"Pikiran anda sangat Mempengaruhi" - http://www.youtube.com/watch?v=DB_ewJfxGzg dari Yemayo – AEC
Yacinta Senduk on Youtube :
"Katakan Aku Sayang Padamu" - (Preview) dari Yemayo - AEC. Yacinta Senduk on Youtube :
"Pilih Pasangan Hidup yang Positif" - http://www.youtube.com/watch?v=y6xF-jB0Q9s dari Yemayo - AEC.
PROMO OKTOBER 2013 :
“HARI SUMPAH PEMUDA 28 0KT0BER”
Harga
Les Yemayo-AEC Rp 2.810.000,- / 6 BULAN
Dan
Harga Juniory Pre-School Rp 2.810.000,- / 3 BULAN (All in)
Hubungi
:
Pusat
021-70650001
Yemayo
Pluit 021-6603390
Yemayo
Kelapa Gading 021-45841508
Yemayo
Meruya 021-5856479
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
6. Required 26 Positions for Drilling & oil and gas Company ( Office st
Posted by: "Job Migas" migasjob@yahoo.com migasjob
Date: Sun Oct 13, 2013 5:42 pm ((PDT))
A Drilling Offshore and oil and gas Company based a, looks for professional candidates a
below positions:
A. Office based Positions:
1. Operation Engineer
2. Accounting Manager
3. Accounting Staff
4. Inventory Staff
5. Administration Staff
6. Secretary
7. Operation Staff
8. Accounting Supervisor
9. Logistic Coordinator
10. Storekeeper
B. Offshore Positions:
1. Driller
2. Asst. Driller
3. Derrickman
4. Pumpman
5. Floorman/Roughneck
6. Barge Master
7. Crane Operator
8. Deck Foreman
9. Mechanic Electrical
10. Materialsman
11. Chief Officer
12. Chief Engineer
13. Radio Operator
14. Rigger
15. Painter
16. Safety Officer
C. Qualifications
1. At east 5 years experiences as position applied (shorebase positions); 10 years in
Offshore drilling rig and/or shipping offshore (offshore positions) & Should be fluent English both oral and written (all positions)
2. Thorough discipline, responsibility, able to work under pressure and willing to work hard (all positions)
3. UKOOA Standard with MCU report (all offshore)
4. BST & Seaman book with min. 9 months validity (all offshore)
5. Hold valid BOSIET certificate - Approved by ONTO (all offshore)
6. Hold valid IWCF / IADC Well Control certification (1)
7. Hold valid Migas License as required (2,3,4,5,7,14)
8. Hold valid GOC/GMDSS/AGGR (13); Valid HLO (06,13 & 16)
9. Hold valid Class 3 certificate of Indonesian’s seafarer (6, 8,11 & 12)
10. All deck crews minimum to have ANTD; engine crews minimum to have ATT IV
11. Familiar with HSE implementation (16)
Pls visit our web to apply www.nautic-resources.com
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
7. LOWKER KAPSTER SALON
Posted by: "New Beauty" newbeauty@yahoo.com newbeauty
Date: Sun Oct 13, 2013 5:47 pm ((PDT))
LOWONGAN KERJA DI JAKARTA TIMUR
Kami sebuah Salon kecantikan di
Jakarta Timur membutuhkan beberapa orang untuk posisi:
STYLIST / KAPSTER(gunting,keriting
& sanggul)
dengan kualifikasi sbb:
-
Wanita
- memiliki passion yang tinggi untuk rambut
- memiliki cutting and styling skil yang memadai.
- Gaji pokok dan Komisi, makan ditanggung.
- Penempatan di JAKARTA TIMUR
- Jujur, Ramah dan
bersih
Peminat serius hubungi:
Ibu Maria
telp: 021-2735 4129 / 087876700466
email: newbeauty@yahoo.com
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
8. Opportunities in Ametis Villa Bali
Posted by: "ade satria" satriaade@yahoo.com satriaade
Date: Sun Oct 13, 2013 9:36 pm ((PDT))
AMETIS VILLA BALI
One of luxury Villa located at Beautiful Beach
in Bali, Certificate of Excellence 2013 Winner on Tripadvisor now give
opportunity to be part of our team as below:
1. Reservation Supervisor
2. Sales Executive
3. Executive Secretary
4. Spa Therapist
5. Cook Helper (DW)
6. Waiter/ss (DW)
Essential requirement :
· Minimum 1
- 2 years experiences in similar position in 5 star luxury villa/resort (No. 1,
2, 3, 4)
· Fresh
graduated are welcome (5,6)
· Has some experience in Front Office or Sales Marketing (3)
· Good communication skill and willing to work in target (No.2)
· Strong Leadership and motivation skills (No.1,2,3)
· Positive attitude, dynamic, well presented and creative thinking
(No. 1, 2, 3, 4, 5,6)
· Has knowledge of current marketing trends (No.1,2,3)
· Know about Reiki treatment is advantage (4)
· Strong communication, sales and presentation skill. (No. 1,2,3)
· Flexible and creative under pressure (No. 1, 2, 3, 4, 5,6)
· Good English and Japanese ( more preference ) (All)
Send your updated and complete CV with recent
color of photograph to the below address:
Human Resources AMETIS VILLA, Jl.Pantai Batu
Bolong, Canggu
Or email us at: hr@ametisvilla.com/ account@ametisvilla.com.
Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
9. Lowongan Sales Manager
Posted by: ebina99@gmail.com febri140281
Date: Sun Oct 13, 2013 9:37 pm ((PDT))
Axindo Infotama adalah perusahaan yang bergerak dalam distribusi:
1. Aksesoris handphone (handsfree bluetooth, flipcase, battery, power bank).
2. Dealership XL.
3. Dealership Smartfren.
4. Dealership BTel (Bakrie Telecomunication)
Membutuhkan staff dengan posisi sebagai berikut"
SALES MANAGER
Responsibilities:
Melakukan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk Melakukan koordinasi sales
Membuat laporan penjualan Melakukan analisa pasar dan kompetitor aktifitas Mendapatkan new customer Membuat mapping area dan program kerja sales Membuat buffer stock dan forecast sales Requirements:
Pria, usia 30 - 35 tahun. Pendidikan S1 semua jurusan Pengalaman sebagai sales supervisor min. 5 tahun khususnya dari perusahaan FMCG / handphone accesoris Diutamakan bila mampu berbahasa mandarin Siap untuk mobile Terbiasa bekerja dengan target Salary : IDR 8.000.000 - 10.000.000
Bagi yang berminat silahkan kirim CV ke :
PT. AXINDO INFOTAMA
Kompleks Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok K-29
Jl. Letjend Suprapto
Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10640
email: hrd@axindo.co.id
Messages in this topic (1)
Bergabunglah di Facebook page di bawah untuk mendapatkan informasi dan tips
beasiswa dalam dan luar negri
https://www.facebook.com/BerburuBeasiswa
============================================================
Milis lainnya:
Manajemen-Industri-subscribe@yahoogroups.com ==> Manajemen Industri
Free-English-Course-subscribe@yahoogroups.com ==> Kursus Bahasa Inggris
PONSEL-INDONESIA-subscribe@yahoogroups.com ==> Telpon selular
HRD-POWER-subscribe@yahoogroups.com ==> Milis HRD
Indo-Job-subscribe@yahoogroups.com ==> Lowongan kerja dalam dan luar negeri
Bisnis-Karir-subscribe@yahoogroups.com ==> Pembinaan bisnis dan karir
Training non profit komputer dan teknologi:
http://tech.groups.yahoo.com/group/KOMPUTER-TEKNOLOGI/
Training non profit manajemen produksi/operasi/supply chain/logistik:
http://finance.groups.yahoo.com/group/APICS-ID/
------------------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/Indo-Job/
<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/Indo-Job/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
Indo-Job-normal@yahoogroups.com
Indo-Job-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
Indo-Job-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/
------------------------------------------------------------------------
ARTIKEL ETIKA BISNIS DALAM BERBISNIS KASUS ETIKA BISNIS DI TAIWAN BY M. Zaenal abidin
nim 11.0201.0122
Kasus Indomie kini mendapat perhatian Anggota DPR dan Komisi IX akan segera memanggil Kepala BPOM Kustantinah. “Kita akan mengundang BPOM untuk menjelaskan masalah terkait produk Indomie itu, secepatnya kalau bisa hari Kamis ini,” kata Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/10/2010). Komisi IX DPR akan meminta keterangan tentang kasus Indomie ini bisa terjadai, apalagi pihak negara luar yang mengetahui terlebih dahulu akan adanya zat berbahaya yang terkandung di dalam produk Indomie.
A Dessy Ratnaningtyas, seorang praktisi kosmetik menjelaskan, dua zat yang terkandung di dalam Indomie yaitu methyl parahydroxybenzoate dan benzoic acid (asam benzoat) adalah bahan pengawet yang membuat produk tidak cepat membusuk dan tahan lama. Zat berbahaya ini umumnya dikenal dengan nama nipagin. Dalam pemakaian untuk produk kosmetik sendiri pemakaian nipagin ini dibatasi maksimal 0,15%. Ketua BPOM Kustantinah juga membenarkan tentang adanya zat berbahaya bagi manusia dalam kasus Indomie ini. Kustantinah menjelaskan bahwa benar Indomie mengandung nipagin, yang juga berada di dalam kecap dalam kemasam mie instan tersebut. tetapi kadar kimia yang ada dalam Indomie masih dalam batas wajar dan aman untuk dikonsumsi, lanjut Kustantinah.
Tetapi bila kadar nipagin melebihi batas ketetapan aman untuk di konsumsi yaitu 250 mg per kilogram untuk mie instan dan 1.000 mg nipagin per kilogram dalam makanan lain kecuali daging, ikan dan unggas, akan berbahaya bagi tubuh yang bisa mengakibatkan muntah-muntah dan sangat berisiko terkena penyakit kanker. Menurut Kustantinah, Indonesia yang merupakan anggota Codex Alimentarius Commision, produk Indomie sudah mengacu kepada persyaratan Internasional tentang regulasi mutu, gizi dan kemanan produk pangan. Sedangkan Taiwan bukan merupakan anggota Codec. Produk Indomie yang dipasarkan di Taiwan seharusnya untuk dikonsumsi di Indonesia. Dan karena standar di antara kedua negara berbeda maka timbulah kasus Indomie.
Analisis Ekonomi Atas Perkembangan Hukum Bisnis Indonesia BY M. zaenal abidin
nim : 11.0201.0122
Analisis Ekonomi Atas Hukum
Bidang Analisis Ekonomi Atas Hukum, atau yang umumnya dikenal sebagai “Economic Analysis of Law” dianggap muncul pertama kali melalui pemikiran utilitarianisme Jeremy Bentham (1789), yang menguji secara sistemik bagaimana orang bertindak berhadapan dengan insentif-insentif hukum dan mengevaluasi hasil-hasilnya menurut ukuran-ukuran kesejahteraan sosial (social welfare). Pemikiran utilitarianisme hukum Bentham tersebut tersebar dalam tulisan-tulisannya berupa analisis atas hukum pidana dan penegakannya, analisis mengenai hak milik (hukum kepemilikan), dan ’substantial treatment’ atas proses-proses hukum. Namun pemikiran ala Bentham tersebut mandeg sampai tahun 1960-an, dan baru berkembang pada awal tahun 1970-an, dengan dipelopori oleh pemikiran-pemikiran dari Ronald Coasei (1960), dengan artikelnya yang membahas permasalahan eksternalitas dan tanggung jawab hukum; Becker (1968), dengan artikelnya yang membahas kejahatan dan penegakan hukum; Calabresi (1970), dengan bukunya mengenai hukum kecelakaan; dan Posner (1972), dengan buku teksnya yang berjudul “Economic Analysis of Law” dan penerbitan “Journal of Legal Studies”. ii
Secara garis besar Analisis Ekonomi Atas Hukum menerapkan pendekatannya untuk memberikan sumbangan pikiran atas dua permasalahan dasar mengenai aturan-aturan hukum. Yakni analisis yang bersifat ‘positive’ atau ‘descriptive’, berkenaan dengan pertanyaan apa pengaruh aturan-aturan hukum terhadap tingkah laku orang yang bersangkutan (the identification of the effects of a legal rule); dan analisis yang bersifat ‘normative’, berkenaan dengan pertanyaan apakah pengaruh dari aturan-aturan hukum sesuai dengan keinginan masyarakat (the social desirability of a legal rule). Pendekatan yang dipakai Analisis Ekonomi Atas Hukum terhadap dua permasalahan dasar tersebut, adalah pendekatan yang biasa dipakai dalam analisis ekonomi secara umum, yakni menjelaskan tingkah laku, baik manusia secara perorangan maupun perusahaan-perusahaan, yang berwawasan ke depan (forward looking) dan rasional, serta mengadopsi kerangka kesejahteraan ekonomi untuk menguji keinginan masyarakat. iii
Steven Shavell, professor di Harvard Law School, menjelaskan lebih lanjut mengenai analisis yang bersifat deskriptif dan normatif dari Analisis Ekonomi Atas Hukum dengan mengemukakan manfaat atau tujuan akhir dari analisis dimaksud. Dengan analisis deskriptif dapat dikatakan rasional, bilamana orang bertindak untuk memaksimalkan tujuan atau keuntungan yang diharapkannya. Sebagai contoh adalah pertanyaan mengapa orang sangat berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya, walaupun misalnya orang tersebut mempunyai asuransi, dapat dijawab dengan kemungkinan bahwa ia tidak mau mengalami luka akibat kecelakaan, adanya ketentuan mengenai tanggung jawab atau adanya resiko diajukan ke pengadilan. Sedangkan dengan analisis normatif dapat diterangkan bahwa satu aturan hukum tertentu lebih baik dari aturan hukum lain bilamana memberikan level tertinggi bagi ukuran kesejahteraan sosial. Contoh yang dapat diberikan misalnya bilamana masyarakat menghendaki untuk meminimalisasi jumlah kecelakaan lalu lintas, maka aturan hukum yang terbaik adalah yang memberikan hukuman atau sanksi bagi penyebab-penyebab kecelakaan. iv
Perkembangannya sekarang, Analisis Ekonomi Atas Hukum tidak terbatas pada dua permasalahan dasar sebagaimana dijelaskan di muka, namun meluas pada setiap penggunaan prinsip-prinsip ekonomi terhadap permasalahan-permasalahan hukum dan kebijakan publik. Hal ini dapat dilihat dari pengertian Economic Analysis of Law yang diberikan oleh William and Mary School of Law dalam ensiklopedia onlinenya sebagai berikut :
“A study of many applications of economic reasoning to problems of law and public policy including economic regulation of business; antitrust enforcement; and more basic areas such as property rights, tort and contract law and remedies, and civil or criminal procedures. No particular background in economics is required; relevan economic concepts will developed through analysis of various legal applications.” v
Perkembangan Analisis Ekonomi Atas Hukum Di Indonesia
Tidak dapat dipungkiri bahwa unsur ekonomi dalam pembuatan kebijakan, baik pada tingkat pembentukan, implementasi maupun enforcement peraturan perundang-undangan telah sangat berpengaruh di Indonesia. Secara resmi Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) menetapkan salah satu arah Kebijakan Program Pembangunan Nasional Bidang Hukum, yakni mengembangkan peraturan perundang-undangan yang mendukung kegiatan perekonomian dalam menghadapi era perdagangan bebas. Tentunya arah kebijakan tersebut merupakan satu indikator kuatnya pengaruh atau tujuan ekonomi dalam perkembangan hukum di Indonesia.
Memang secara teoritis konseptual, aliran Analisis Ekonomi Atas Hukum belum fenomenal dan melembaga di Indonesia, sebagaimana menimpa juga aliran-aliran hukum lain. Sehubungan dengan gejala tersebut, relevan mengemukakan pendapat Ifdhal Kasim, bahwa di Indonesia kajian-kajian yang merupakan kritik-teori atau doktrin atas suatu paradigma atau pendekatan tertentu dalam kajian hukum kurang berkembang. Ahli-ahli hukum di Indonesia kurang bergairah dalam melakukan penjelajahan teoritis atas berbagai paradigma dalam ilmu hukum atau taking doctrine seriously. vi Meskipun demikian perbincangan mengenai Analisis Ekonomi Atas Hukum bukannya sama sekali tidak ada. Hal ini dapat dilihat misalnya dalam teks oratio dies Universitas Katolik Parahyangan Bandung pada tahun 1995, dengan mengemukakan kerangka berpikir :
1. Berdasarkan pengamatan empiris upaya perlindungan lingkungan yang hanya digantungkan pada penggunaan instrumen hukum (legal instruments) terbukti kurang efektif. 2. Praktek-praktek perlindungan lingkungan di negara lain, ternyata sudah menerapkan konsep mixed-tools of compliance, dimana instrumen ekonomi (economic instruments) merupakan salah satu insentif yang membuat potensial pencemar mematuhi ketentuan Hukum Lingkungan. 3. Terdapat ketentuan dalam peraturan perundang-undangan bidang lingkungan hidup yang memberikan dasar hukum yang kuat untuk menerapkan konsep mixed-tools of compliance. vii
Konsern atas pendekatan ekonomi terhadap hukum juga diberikan oleh Thee Kian Wie, yang menekankan perlunya aspek ekonomi diperhatikan dalam implementasi UU No. 5/1999 dengan mengemukakan bahasan pengkategorian monopoli, persaingan tidak sehat, kartel, price fixing, market division, merger, cross-shareholding, dan sebagainya. viii Tidak kalah menariknya juga pembahasan Heru Supraptomo terhadap Hukum Perbankan dengan pendekatan ekonomi. Sambil mengutip pendapat Posner, ia menyatakan bahwa :
“…, ilmu ekonomi merupakan suatu alat yang tepat (a powerfull tool) untuk melakukan analisis terhadap permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi di lingkungan kita. Pendekatan analisis ekonomi terhadap hukum ini belum berkembang di Indonesia. Walaupun begitu, pemikiran-pemikiran ataupun dasar-dasar ilmu ekonomi sudah diterapkan dalam membentuk ketentuan-ketentuan dalam hukum perbankan.” ix
Berdasarkan pembahasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa keinginan untuk melibatkan prinsip atau teori ekonomi dalam perkembangan hukum di Indonesia telah tampak, meskipun masih belum sebagaimana yang diharapkan. Kajian yang semakin sadar dan berkesinambungan tentunya akan lebih memberikan manfaat bagi perancangan sistem hukum, pembentukan, penerapan dan enforcement peraturan perundang-undangan, mengingat sebagaimana perkembangan di Amerika Serikat, pendekatan ekonomi atas hukum telah menggejala di setiap bidang hukum.
Implementasi Dalam Hukum Bisnis
Guna memperjelas pembahasan mengenai Analisis Ekonomi Atas Hukum, terutama implementasinya dalam bidang hukum bisnis di Indonesia, maka di bawah akan dikritisi beberapa permasalahan yang aktual yang dihadapkan dengan prinsip efisiensi ekonomi (economic efficiency). Pemilihan prinsip efisiensi ini berdasarkan pada kemudahannya untuk dipahami, karena tidak memerlukan rumusan-rumusan teknis ilmu ekonomi atau rumus berupa angka-angka. Yang menjadi fokus perhatian adalah berkenaan dengan kemungkinan munculnya ketidakefisienan (inefficiency) dari pembentukan, penerapan maupun enforcement dari peraturan perundang-undangan.
Pertama berkenaan dengan kecenderungan diwajibkannya pelibatan profesi hukum tertentu dalam memenuhi syarat dan prosedur peraturan perundang-undangan. Hal ini misalnya terlihat dalam Pasal 5 Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UUJF), yang mengharuskan dibuatnya pembebanan benda dengan Jaminan Fidusia dengan akta notaris. Sutan Remy Sjahdeini memberikan komentar terhadap pasal tersebut dengan mengatakan tidak jelasnya alasan harus dibuatnya pembebanan benda dengan Jaminan Fidusia secara notariil, mengingat di dalam praktik selama ini, perjanjian Fidusia cukup dibuat dengan akta di bawah tangan. x
Bilamana keharusan tersebut dihubungkan dengan kewajiban selanjutnya berupa pendaftaran di Kantor Pendaftaran Fidusia, tentunya juga masih dapat dipertanyakan kemanfaatan pembebanan benda dengan Jaminan Fidusia secara notariil tersebut dibandingkan dengan pembebanan secara di bawah tangan. Secara ekonomis pembebanan secara notariil akan sangat memberatkan para debitor, terutama bagi debitor pengusaha lemah. Bahkan terjadi dalam praktik sekarang ini, walaupun mengenai biaya pembuatan akta telah diatur dengan Peraturan Pemerintah, namun karena tidak ada pilihan lain kecuali memakai jasa notaris yang ijin prakteknya di daerah yang bersangkutan, maka notaris tersebut dapat secara sewenang-wenang untuk menetapkan besarnya biaya pembuatan akta.
Sebelumnya berdasarkan Pasal 10 ayat (2) Undang-undang No. 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-benda Yang Berkaitan Dengan Tanah (UUHT) ditetapkan juga bahwa pemberian Hak Tanggungan dilakukan dengan pembuatan Akta Pembebanan Hak Tanggungan (APHT) oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Alasan penerapan ketentuan ini adalah bahwa PPAT merupakan pejabat umum yang berwenang membuat akta pemindahan hak atas tanah dan akta lain dalam rangka pembebanan hak atas tanah, yang bentuk aktanya ditetapkan, sebagai bukti dilakukannya perbuatan hukum tertentu mengenai tanah yang terletak di daerah kerjanya.
Terhadap ketentuan UUHT inipun disampaikan kritik yang sama berkenaan dengan pembebanan yang secara ekonomis memberatkan debitor pengusaha lemah. Menanggapi hal tersebut melalui Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 4 Tahun 1996 tentang Penetapan Batas Waktu Penggunaan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan Untuk Menjamin Pelunasan Kredit-kredit Tertentu, pemerintah memberikan kemungkinan bagi SKMHT jenis kredit tertentu berlaku sampai berakhirnya masa berlakunya perjanjian pokok yang bersangkutan.
Kecenderungan tersebut juga terlihat dalam Rancangan Undang-undang Perkreditan Perbankan (RUU-PP) yang dibuat oleh DPR, yang menetapkan bahwa akta perjanjian kredit dibuat di hadapan notaris. xi Oleh karena itu terdapat pandangan sinis di masyarakat dengan menyebutkan peraturan perundang-undangan yang memuat ketentuan seperti itu sebagai hasil dari ‘Notaris Connection”.
Kritik inefisiensi terhadap notaris sebagaimana dibahas di atas juga menimpa profesi hukum lain, yakni penasehat hukum. Pasal 5 Undang-undang Kepailitan, menetapkan bahwa permohonan berkenaan dengan proses kepailitan harus diajukan oleh seorang penasehat hukum yang memiliki izin praktek (dalam hal ini izin praktek pengacara kepailitan). Permohonan tersebut antara lain berupa permohonan pernyataan pailit, permohonan sita jaminan dan penunjukan kurator, permohonan Kasasi, pengajuan Memori Kasasi, permohonan Peninjauan Kembali, permohonan penangguhan sementara, pengangkatan penangguhan dan perubahan syarat-syarat penangguhan, tuntutan pembatalan perdamaian, serta permohonan rehabilitasi di bidang kepailitan. Alasan diwajibkannya penggunaan penasehat hukum yang memiliki izin praktek tersebut, memang masuk di akal bilamana dihubungkan dengan singkatnya waktu yang diperlukan dalam proses acara kepailitan serta diperlukannya spesialisasi dan professionalitas pengacara kepailitan. Namun ditinjau dari perspektif adanya pembatasan bagi kalangan tertentu untuk ikut dalam ujian kepengacaraan, seperti kalangan internal corporate lawyer BUMN, maka secara ekonomis bagi perusahaan-perusahaan BUMN, Pasal 5 Undang-undang Kepailitan akan sangat memberatkan. Hal tersebut terjadi karena dianggapnya pegawai BUMN sebagai Pegawai Negeri Sipil, sehingga tidak diperkenankan ikut dalam ujian kepengacaraan. Padahal bilamana internal corporate lawyer BUMN diperkenankan memiliki sertipikat pengacara kepailitan, maka proses acara kepailitan tidak perlu diwakili oleh external corporate lawyer yang berbiaya tinggi.
Kedua berkenaan dengan ketidakefisienan dalam pembentukan lembaga-lembaga pendukung di bidang hukum bisnis. Misalnya pembentukan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) xii , Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) xiii , dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) xiv yang dilakukan secara terpisah dan berdiri sendiri-sendiri pada gilirannya akan menimbulkan pemborosan. Segala biaya untuk pelaksanaan tugas lembaga-lembaga tersebut dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Padahal di Amerika Serikat sendiri sebagai negara pelopor persaingan usaha sehat dan perlindungan konsumen, tugas sebagaimana dibebankan kepada KPPU, BPKN dan BPSK dicakup atau merupakan tugas satu lembaga yang bernama Federal Trade Commission (FTC). Sebagai bahan perbandingan di bawah ini dikutipkan posisi dan tugas FTC antara lain sebagai berikut :
“The basic objective of the FTC is to promote free and fair trade competition in the American economy. … It provides guidance to business and industry on what they may do under the laws administered by the commission. It also gathers and makes available to Congress, the president, and the public factual data on economic and business conditions. The FTC consists of five commissioners who are appointed for 7-year terms by the president, with the advice and consent of the Senate. Not more than three of the commissioners may be members of the same political party. One commissioner is chosen as chair by the president. The most prominent and active consumer protection agency this year was the Federal Trade Commission.” xv
Berdasarkan pembahasan tersebut, maka pendekatan ekonomi relevan dikemukakan berkenaan dengan gagasan pembentukan lembaga penunjang hukum bisnis, sehingga nilai efisiensi dari pembentukan lembaga tersebut dapat dimaksimalisasi. Contohnya bilamana suatu lembaga yang digagas, tugas-tugasnya mendekati atau dapat dibebankan kepada lembaga yang sudah ada, maka tidak perlu membentuk lembaga baru.
Permasalahan lain yang dapat menimbulkan inefisiensi adalah ketidakharmonisan antara satu peraturan perundang-undangan dengan peraturan perundang-undangan lainnya. Dalam hal ini dapat dikemukakan misalnya adanya ketentuan hukum yang menyimpang dari prinsip pokok pengembangan lembaga non-litigasi, terutama kewajiban pengadilan untuk menolak perkara dimana para pihak sendiri telah memilih penyelesaian secara non-litigasi. Ketentuan tersebut tampak pada ketentuan Pasal 45 ayat (4) Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yakni yang mengatur sebagai berikut :
“Apabila telah dipilih upaya penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan, gugatan melalui pengadilan hanya ditempuh apabila upaya tersebut dinyatakan tidak berhasil oleh salah satu pihak atau oleh para pihak yang bersengketa.”
Pasal seperti ini tidak memberikan kepastian hukum. Seyogyamya bila upaya penyelesaian di luar pengadilan telah dipilih oleh para pihak, upaya tersebut harus dilalui sebagaimana mestinya, dan pengadilan wajib untuk menolak gugatannya. Ketentuan Pasal 3 Undang-undang No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, menetapkan bahwa Pengadilan Negeri tidak berwenang untuk mengadili sengketa para pihak yang telah terikat dalam perjanjian arbitrase.
Contoh lain ketidakharmonisan antar peraturan perundang-undangan yang dapat menimbulkan inefisiensi adalah mengenai wajib simpan dokumen perusahaan. Pasal 11 ayat (1) Undang-undang No. 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan, bertujuan untuk mereformasi Pasal 6 Kitab Undang-undang Hukum Dagang dengan mengurangi jangka waktu kewajiban menyimpan dokumen perusahaan yang tadinya 30 (tiga puluh) tahun menjadi 10 (sepuluh) tahun. Namun berhadapan dengan ketentuan mengenai daluarsa, pembaruan jangka waktu tersebut menjadi tidak berarti. Sehingga pilihan untuk memaksimalisasi efisiensi ruang, waktu dan biaya dalam pemeliharaan dokumen dengan kemungkinan memusnahkannya setelah lewat waktu 10 tahun, berhadapan dengan kemungkinan kerugian yang lebih besar yang akan timbul dari proses pembuktian di pengadilan. Apalagi bila hal tersebut ditambah dengan kekakuan pengadilan dalam menerima bukti yang hanya berupa bukti-bukti tertulis saja, sehingga pengalihan dokumen perusahaan dalam bentuk paperless media yang juga dimungkinkan berdasarkan Pasal 12 Undang-undang Dokumen Perusahaan akan semakin memperburuk kondisi inefisiensi.
Penutup
Dengan memaparkan perkembangan Analisis Ekonomi Atas Hukum, serta melibatkannya dalam kebijakan dan praktik hukum di Indonesia, maka menjadi lebih terbuka kemungkinan perubahan paradigma serta lebih banyak alternatif pemikiran yang dapat disumbangkan dalam pengkajian hukum di Indonesia. Tulisan ini merupakan pengantar bagi studi yang lebih jauh terhadap Analisis Ekonomi Atas Hukum, namun demikan pada tingkatnya yang sangat minimal telah dapat memunculkan salah satu kritik penting berkenaan dengan masalah economic efficiency yang secara tidak sadar ada dalam perkembangan hukum bisnis di Indonesia. Oleh karena itu relevan kiranya untuk masa yang akan datang, memfungsikan model Analisis Ekonomi Atas Hukum disamping model teori hukum lain ke segenap proses hukum di Indonesia, baik dalam tingkat pembentukan, penerapan atau penegakan hukum dan dalam menganalisis doktrin serta menguji keabsahan suatu sistem sosial dan kebijakan-kebijakan tertentu.
Kepustakaan
Heru Supraptomo, Analisis Ekonomi Terhadap Hukum Perbankan, Newsletter Pusat Pengkajian Hukum, No. 28 - Tahun VIII, Jakarta, 1997. Ifdhal Kasim, Mempertimbangkan ‘Critical Legal Studies’ Dalam Kajian Hukum di Indonesia, Wacana (Jurnal Ilmu Social Transformatif), Edisi 6, Tahun II, Jakarta, 2000. Louis Kaplow dan Steven Shavell, Economic Analysis of Law, National Bureau of Economic Research, Cambridge, 1999. Stefanus Haryanto, Pendekatan Ekonomi Dalam Upaya Perlindungan Lingkungan, teks oratio dies, Jakarta, 1995. Steven Shavell, Economic Analysis of Law, materi “Harvard University Online Course”, http://www.hls.edu/. Sutan Remy Sjahdeini, Komentar Pasal Demi Pasal Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, Jurnal Hukum Bisnis, Vol. 10, Jakarta, 2000. Thee Kian Wie, Aspek-aspek Ekonomi Yang Perlu Diperhatikan Dalam Implementasi UU No. 5/1999, Jurnal Hukum Bisnis, Vol. 7, Jakarta, 1999.
Endnote
i) Ronald Coase adalah pemenang hadiah Nobel bidang ekonomi. Pendekatannya terkenal dengan nama ‘the Coase Theorem’, yang memberi penafsiran baru terhadap teori eksternalitas (externality), yakni berkenaan dengan analisis situasi di mana tindakan seseorang mengakibatkan beban biaya (atau keuntungan) bagi orang lain.
ii) Louis Kaplow dan Steven Shavell, Economic Analysis of Law, National Bureau of Economic Research, Cambridge, 1999, hal. 1.
iii) Ibid., dan Steven Shavell, Economic Analysis of Law, materi “Harvard University Online Course”, http://www.hls.edu/, Chapter 1, hal. 1.
iv) Steven Shavell, Economic Analysis of Law, Chapter 1, hal. 1.
v) Definisi yang diberikan website resmi William and Mary School of Law, http://www.wm.edu/.
vi) Ifdhal Kasim, Mempertimbangkan ‘Critical Legal Studies’ Dalam Kajian Hukum di Indonesia, Wacana (Jurnal Ilmu Social Transformatif), Edisi 6, Tahun II - 2000, hal. 23.
vii) Stefanus Haryanto, Pendekatan Ekonomi Dalam Upaya Perlindungan Lingkungan, 1995, hal. 2.
viii) Thee Kian Wie, Aspek-aspek Ekonomi Yang Perlu Diperhatikan Dalam Implementasi UU No. 5/1999, Jurnal Hukum Bisnis, Vol. 7, 1999, hal 60.
ix) Heru Supraptomo, Analisis Ekonomi Terhadap Hukum Perbankan, Newsletter Pusat Pengkajian Hukum, No. 28/Tahun VIII/Maret/1997, Jakarta, hal. 4.
x) Sutan Remy Sjahdeini, Komentar Pasal Demi Pasal Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, Jurnal Hukum Bisnis, Vol. 10, 2000, hal. 43.
xi) Pasal 27 Rancangan Undang-undang Perkreditan Perbankan (draft pertama).
xii) Dibentuk berdasarkan Pasal 30 ayat (1) UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
xiii) Dibentuk berdasarkan Pasal 31 UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.
xiv) Dibentuk berdasarkan Pasal 49 UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.
xv) Microsoft Encarta Reference Suite 2001, CD-ROM Encyclopedia.
How to study english effectively" BY Zuni Astutik
- Dari
- Ke
Isi pesan ini telah dipenggal
Tampilkan Pesan LengkapHERO61.GA
Popular Posts
-
BANK SOAL -CLOZE TEST PAKET 1 Question 41 to 50. Direction: Questions 41 to 50 are passage completion. Read the passage. A word or ...
-
INCOPLETE DIALOGUE Expressing Possibility 1. Titi : “Hello, Bim, I saw the grass at the football field was ruined. ...
-
A. BANK SOAL MANAJEMEN UKM KOPERASI DAN KEWIRAUSAHAAN STIE SEMARANG 1. Apa yang menyebabkan UKM dapat bertahan dalam badai krisis ? KUNC...
-
BANK SOAL BAHASA INGGRIS KELAS X / KELAS 1. 1.GREETING AND INTRODUCING PARTING AND THANKING 1. GREETING Complete the following...
-
READING SECTION Part I.Incomplete dialog ( 16 – 30 ) 16. paquita :” What do you do in your week end ? Farah ...
-
CONTOH KARTU SOAL ULANGAN HARIAN BERSAMA TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Mata Pelajara...
-
ERROR RECOGNITION. 1. Yesterday she came to my apartment and asks to borrow some sugar. (asked). 2. She wished she were older o...
-
Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Occupation SMART ENGLISH · https://smartenglish.id/contoh-soal-bahasa-inggris-tentang-occupa...
-
PEMBAHASAN SOAL SIMULASI UN 2016 BAHASA INGGRIS SMK PAKET 5-7 Pembahasan soal simulasi UN 2016 Paket 5 : di: https://youtu.b...
-
READING COMPREHENSION The Steps to Make Apple Juice First , choose the sweet apples. Then, core the apples and cop them, After that...










