ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Tuesday 6 August 2013

SEKILAS KURIKULUM 2013


v  LANDASAN FILOSOFIS KURIKULUM 2013
-PENDIDIKAN BERAKAR PADA BUDAYA BANGSA, KEHIDUPAN MASA KINI DAN MEMBANGUN LANDASAN  KEHIDUPAN MASA DEPAN.
-PENDIDIKAN ADALAH PROSES PEWARISAN  DAN PENGEMBANG BUDAYA .    
-PENDIDIKAN MEMBERIKAN DASAR BAGI UNTUK PESERTA DIDIK BERPARTISIPASI DALAM MEMBANGUN KEHIDUPAN MASA KINI.
-PENDIDIKAN MENGEMBANGKAN BERBAGAI POTENSI YANG DIMILIKI PESERTA DIDIK
-PENDIDIKAN ADALAH PROSES PENGEMBANGAN JATIDIRI PESERTA DIDIK.
-PENDIDIKAN MENEMPATKAN PESERTA DIDIK SEBAGAI SUBJEK YANG BELAJAR
    (EKLEKTIK ANTARA PERENIALISME, ESENSIALISME, HUMANISME, PROGRESIVISME, REKONSTRUKSI SOSIAL
v  Perbandingan Kurikulum dari Masa ke Masa
No
Kurikulum .... – 1994
Kurikulum 2004 – 2006
Kurikulum 2013
1
Basis materi
Basis produk
Basis praksis
2
Fokus pada ranah pengetahuan
Mapel berkontribusi pada kompetensi tertentu
Mapel berkontribusi pada semua ranah kompetensi
2
Produk dan proses ditentukan dari materi
Produk ditentukan dari materi, proses ditentukan terpisah
Materi dan proses diturunkan dari produk
2
Penekanan pada rencana
Penekanan pada hasil
Penekanan keselarasan rencana, kegiatan, hasil
3
Keseragaman materi
Keseragaman hasil
Keseragaman materi, proses dan hasil

No
Kurikulum .... – 1994
Kurikulum 2004 – 2006
Kurikulum 2013
1
Basis materi
Basis produk
Basis praksis
2
Fokus pada ranah pengetahuan
Mapel berkontribusi pada kompetensi tertentu
Mapel berkontribusi pada semua ranah kompetensi
2
Produk dan proses ditentukan dari materi
Produk ditentukan dari materi, proses ditentukan terpisah
Materi dan proses diturunkan dari produk
2
Penekanan pada rencana
Penekanan pada hasil
Penekanan keselarasan rencana, kegiatan, hasil
3
Keseragaman materi
Keseragaman hasil
Keseragaman materi, proses dan hasil
4
Pemantauan pelaksanaan silabus dan RPP standar
Penilaian hasil yang sangat ketat (harusnya), mis. UN
Penilaian proses dan hasil secara utuh
5
Menggunakan materi sebagai konteks
Menggunakan materi sebagai konteks
Menggunakan tema populer sebagai konteks

v  Arah Pengembangan: Penguatan
Proses
Karakteristik Penguatan
Pembelajaran
Menggunakan pendekatan saintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,....
Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai penggerak pembelajaran untuk semua mata pelajaran
Menuntun siswa untuk mencari tahu, bukan diberi tahu [discovery learning]
Menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan dan berfikir logis, sistematis, dan kreatif
Penilaian
Mengukur tingkat berfikir siswa mulai dari rendah sampai tinggi
Menekankan pada pertanyaan yang mebutuhkan pemikiran mendalam [bukan sekedar hafalan]
Mengukur proses kerja siswa, bukan hanya hasil kerja siswa
Menggunakan portofolio pembelajaran siswa
v  Arah Rancangan: Pola Pikir Perumusan Kurikulum
No
KBK 2004
KTSP 2006
Kurikulum 2013
1
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
2
Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran
3
Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,
4
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
5
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah
Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)
6
Kurikulum adalah bagian dari Standar Isi
Kurikulum adalah turunan dari SKL, SI, Proses, Penilaian


KTSP 2006
Kurikulum 2013
Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi [sikap, keterampilan, pengetahuan] dengan penekanan yang berbeda
Mapel dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas
Bahasa Indonesia sebagai pengetahuan
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan carrier of knowledge
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang berbeda
Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama, yaitu pendekatan saintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,....
Untuk SMA, ada penjurusan sejak kelas XI
Tidak ada penjurusan di SMA. Ada mata pelajaran wajib, peminatan, antar minat, dan pendalaman minat
SMA dan SMK tanpa kesamaan kompetensi
SMA dan SMK memiliki mata pelajaran wajib yang sama terkait dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Penjurusan di SMK sangat detil [sampai keahlian]
Penjurusan di SMK tidak terlalu detil [sampai bidang studi], didalamnya terdapat pengelompokkan peminatan dan pendalaman

v  Perbandingan Tata Kelola Pelaksanaan Kurikulum
Elemen
Ukuran Tata kelola
KTSP 2006
Kurikulum 2013
Guru
Kewenangan
Hampir mutlak
Terbatas
Kompetensi
Harus tinggi
Sebaiknya tinggi. Bagi yang rendah masih terbantu dengan adanya buku
Beban
Berat
Ringan
Efektivitas  waktu untuk kegiatan pembelajaran
Rendah [banyak waktu untuk persiapan]
Tinggi
Buku
Peran penerbit
Besar
Kecil
Variasi materi dan proses
Tinggi
Rendah
Variasi harga/beban siswa
Tinggi
Rendah
Siswa
Hasil pembelajaran
Tergantung sepenuhnya pada guru
Tidak sepenuhnya tergantung guru, tetapi juga buku yang disediakan pemerintah
Pemantauan
Titik Penyimpangan
Banyak
Sedikit
Besar Penyimpangan
Tinggi
Rendah
Pengawasan
Sulit, hampir tidak mungkin
Mudah

Proses
Peran
KTSP 2006
Kurikulum 2013
Penyusunan Silabus
Guru
Hampir mutlak [dibatasi hanya oleh SK-KD]
Pengembangan dari yang sudah disiapkan
Pemerintah
Hanya sampai SK-KD
Mutlak
Pemerintah Daerah
Supervisi penyusunan
Supervisi pelaksanaan
Penyediaan Buku
Penerbit
Kuat
Lemah
Guru
Hampir mutlak
Kecil, untuk buku pengayaan
Pemerintah
Kecil, untuk kelayakan penggunaan di sekolah
Mutlak untuk buku teks
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Guru
Hampir mutlak
Kecil, untuk pengembangan dari yang ada pada buku teks
Pemerintah Daerah
Supervisi penyusunan dan pemantauan
Supervisi pelaksanaan dan pemantauan
Pelaksanaan Pembelajaran
Guru
Mutlak
Hampir mutlak
Pemerintah Daerah
Pemantauan kesesuaian dengan rencana [variatif]
Pemantauan kesesuaian dengan buku teks [terkendali]
Penjaminan Mutu
Pemerintah
Sulit, karena variasi terlalu besar
Mudah, karena mengarah pada pedoman yang sama

1.Esensi Pendekatan Ilmiah
  • Pembelajaran merupakan proses Ilmiah
  • Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik
  • Penalaran dalam Pendekatan ilmiah
    • Penalaran Induktif
    • Penalaran deduktif
2. Penalaran Induktif dan Deduktif
  • Penalaran induktif memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan
  • Penalaran induktif menempatkan bukti-bukti spesifik ke dalam relasi idea yang lebih luas
  • Penalaran deduktif melihat fenomena umum untuk kemudian menarik simpulan yang spesifik
  • Metode ilmiah umumnya menempatkan fenomena unik dengan kajian spesifik dan detail untuk kemudian merumuskan simpulan umum
3. Metode Ilmiah
  • Teknik-teknik investigasi tas fenomena atau gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya
  • Kriteria Ilmiah
    • Metode pencarian (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi, empiris, dan terukur  dengan prinsip-prinsip penalaran yang spesifik
  • Metode ilmiah umumnya memuat serial aktivitas pengoleksian data melalui observasi dan ekperimen, kemudian memformulasi dan menguji hipotesis
4. Pendekatan Ilmiah dan Nonilmiah dalam Pembelajaran
  • Pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tradisional
    • Pembelajaran tradisional, retensi informasi dari guru sebesar 10 persen setelah lima belas menit dan perolehan pemahaman kontekstual sebesar 25 persen.
    • Pada pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, retensi informasi dari guru sebesar lebih dari 90 persen setelah dua hari dan perolehan pemahaman kontekstual sebesar 50-70 persen.
5.Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah
  • Proses pembelajaran harus dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan ilmiah
  • Proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan dipandu nilai-nilai, prinsip-prinsip, atau kriteria ilmiah
  • Proses pembelajaran dengan pendekatan ilmiah lebih mengutamakan dimensi pengamatan, penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran
  • Proses pembelajaran harus terhindar dari sifat-sifat atau nilai-nilai nonilmiah
    • Proses pembelajaran semata-mata berdasarkan intuisi, akal sehat, prasangka, penemuan melalui coba-coba, dan asal berpikir kritis
6. Kriteria
  1. Substansi atau materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
  2. Penjelasan guru, respon peserta didik, dan interaksi edukatif guru-peserta didik terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logi.
  3. Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran
  4. Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari substansi atau materi pembelajaran
  5. Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon substansi atau materi pembelajaran
  6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
  7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya
7. Langkah-Langkah Pembelajaran                          dengan Pendekatan Ilmiah
  • Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan
8. Langkah-Langkah Pembelajaran      dengan Pendekatan Ilmiah
  • Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.”
  • Ranah keterampilan  menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
  • Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
  • Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik  (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
  • Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah
  • Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran
9. Langkah-Langkah Pembelajaran      dengan Pendekatan Ilmiah

Ø  10. Mengamati
Ø  Metode mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning)
Ø  Metode ini memiliki keunggulan  tertentu, seperti menyajikan media obyek secara nyata, peserta didik senang dan tertantang, dan mudah pelaksanaannya
Ø  Memerlukan waktu persiapan yang lama dan matang, biaya dan tenaga relatif banyak, dan jika tidak terkendali akan mengaburkan makna serta tujuan pembelajaran
Ø  Metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa ingin tahu peserta didik.
Ø  Peserta didik menemukan fakta bahwa ada hubungan antara obyek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru.
A.Langkah-Langkah Mengamati
Ø  Menentukan objek apa yang akan diobservasi
Ø  Membuat pedoman observasi sesuai dengan lingkup objek yang akan diobservasi
Ø  Menentukan  secara jelas  data-data apa yang perlu diobservasi, baik primer maupun sekunder
Ø  Menentukan di mana tempat objek yang akan diobservasi
Ø  Menentukan secara jelas bagaimana observasi akan dilakukan untuk mengumpulkan data agar berjalan mudah dan lancar
Ø  Menentukan cara dan melakukan pencatatan atas hasil observasi , seperti menggunakan buku catatan, kamera, tape recorder, video perekam, dan alat-alat tulis lainnya.
B.Bentuk Keterlibatan Peserta Didik dalam Observasi
Ø  Observasi biasa (common observation)
Ø  Peserta didik merupakan subjek yang sepenuhnya melakukan observasi (complete observer)
Ø  Peserta didik sama sekali tidak melibatkan diri dengan pelaku, objek, atau situasi yang diamati
Ø  Observasi terkendali (controlled observation)
Ø  Peserta didik sama sekali tidak melibatkan diri dan memiliki hubungan dengan pelaku, objek, atau situasi yang diamati
Ø  Pelaku atau objek  yang diamati ditempatkan pada ruang atau situasi yang dikhususkan
Ø  Observasi partisipatif (participant observation).
Ø  peserta didik melibatkan diri secara langsung dengan pelaku atau objek yang diamati
C.    Cara Pelibatan Peserta Didik dalam Observasi
Ø  Observasi  berstruktur
Ø  Fenomena subjek, objek, atau situasi apa yang ingin diobservasi oleh peserta didik telah direncanakan oleh secara sistematis di bawah bimbingan guru.
Ø  Observasi tidak berstruktur
Ø  Apa yang harus diobservasi oleh peserta didik tidak ditentukan secara baku atau rijid.
Ø  Peserta didik membuat catatan, rekaman, atau mengingat dalam memori secara spontan atas subjek, objektif, atau situasi yang diobservasi.
11.Prinsip-Prinsip Observasi
Ø  Cermat, objektif, dan jujur serta terfokus pada objek yang diobservasi untuk kepentingan pembelajaran
Ø  Banyak atau sedikit serta homogenitas atau hiterogenitas subjek, objek, atau situasi yang diobservasi
Ø  Guru dan peserta didik sebaiknya menentukan dan menyepakati cara dan prosedur pengamatan
Ø  Paham terhadap apa yang hendak dicatat, direkam, dan sejenisnya,  serta bagaimana membuat catatan atas perolehan observasi.
Ø  Dalam pembelajaran sejarah, pengamatan dilakukan pada objek sejarah yang berupa situs sejarah. Oleh karena sejarah itu adalah sesuatu yang sudah terjadi, dalam pembelajaran bisa ditampilkan dalam bentuk media; media video, gambar dan seterusnya. Dalam tema akulturasi Hindu Budha, misalnya dapat ditampilkan gambar candi Borobudur, candi Prambanan
Ø  12. Menanya
A. Fungsi bertanya
  • Membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan perhatian  peserta didik tentang suatu tema atau topik pembelajaran.
  • Mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk aktif belajar, serta mengembangkan pertanyaan dari dan untuk dirinya sendiri.
  • Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik sekaligus menyampaikan ancangan untuk mencari solusinya.
  • Menstrukturkan tugas-tugas dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan sikap, keterampilan, dan pemahamannya atas substansi pembelajaran yang diberikan
  • Membiasakan peserta didik berpikir spontan dan cepat, serta sigap dalam merespon persoalan yang tiba-tiba muncul.
  • Membangkitkan keterampilan peserta didik dalam berbicara, mengajukan pertanyaan, dan memberi jawaban secara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Mendorong partisipasi peserta didik dalam berdiskusi, berargumen, mengembangkan kemampuan berpikir,  dan menarik  simpulan.
  • Membangun sikap keterbukaan untuk saling memberi dan menerima pendapat atau gagasan, memperkaya kosa kata, serta mengembangkan toleransi sosial dalam hidup berkelompok.
  • Melatih kesantunan dalam berbicara dan membangkitkan kemampuan berempati satu sama lain.
v  Kriteria Pertanyaan yang baik
Singkat dan jelas
Menginspirasi jawaban
Memiliki fokus
Bersifat probing atau divergen
Bersifat validatif atau penguatan
Memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir ulang
Merangsang peningkatan tuntutan kemampuan kognitif
Merangsang proses interaks

v  Tingkatan Pertanyaan

ü  CONTOH;

Kenapa bentuk candi Borobudur dan Prambanan itu tidak sama? Apakah seni bangun candi itu asli Indonesia atau ada pengaruh dari luar? Diusahakan setelah ada pengamatan, yang bertanya bukan guru, tetapi yang bertanya peserta didik.

Ø  13. Menalar
v  Esensi Menalar
§  Guru dan peserta didik merupakan pelaku aktif
§  Penalaran (Penalaran Ilmiah) merupakan proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan
§  Menalar (Kurikulum 2013) merupakan padanan dari associating bukan terjemahan reasoning.

§   Menurut teori asosiasi (Thorndike)
§  Proses pembelajaran pembelajaran akan berhasil secara efektif jika terjadi interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didik, melalui stimulus dan respons (S-R)
§  proses pembelajaran, lebih khusus lagi proses belajar peserta didik terjadi secara perlahan atau inkremental/bertahap, bukan secara tiba-tiba
§  Hukum Proses pembelajaran
§  Hukum efek (The Law of Effect)
§  Hukum latihan (The Law of Exercise)
§  Hukum kesiapan (The Law of Readiness)

Menurut teori belajar sosial (social learning) Bandura
§  Belajar terjadi karena proses peniruan (imitation)
§  Konsep dasar teori belajar sosial (social learning theory) dari Bandura
§  Pemodelan (modelling)
§  Fase belajar
§  Belajar vicarious
§  Pengaturan-diri (self-regulation)

§  Aplikasi
o   Guru menyusun bahan pembelajaran dalam bentuk yang sudah siap sesuai dengan tuntutan kurikulum.
o   Guru tidak banyak menerapkan metode ceramah atau metode kuliah.
o   Bahan pembelajaran disusun secara berjenjang atau hierarkis
o   Kegiatan pembelajaran berorientasi pada hasil yang dapat diukur dan diamati
o   Setiap kesalahan harus segera dikoreksi atau diperbaiki
o   Perlu dilakukan pengulangan dan latihan
o   Evaluasi atau penilaian didasari atas perilaku yang nyata atau otentik
o   Guru mencatat semua kemajuan peserta didik untuk perbaikan

v  Cara Menalar
§  Penalaran induktif
o   Penalaran induktif merupakan cara menalar dengan menarik simpulan dari fenomena atau atribut-atribut khusus untuk hal-hal yang bersifat umum
o   Kegiatan menalar secara induktif lebih banyak berpijak pada observasi inderawi atau pengalaman empirik
§  Penalaran deduktif
o   menarik simpulan dari pernyataan-pernyataan atau fenomena yang bersifat umum menuju pada hal yang bersifat khusus
o   Pola penalaran deduktif dikenal dengan pola silogisme .

v  Analogi dalam Pembelajaran
§  Berpikir analogis sangat penting dalam pembelajaran, karena dapat mempertajam daya nalar peserta didik
§  Jenis-jenis analogi
o   Analogi induktif
      Kesimpulan disusun berdasarkan persamaan yang ada pada dua fenomena atau gejala
o   Analogi deduktif
“metode menalar” untuk menjelaskan atau menegaskan sesuatu fenomena atau gejala yang belum dikenal atau masih samar, dengan sesuatu yang sudah dikenal..

§  Deduktif: bangsa Indonesia tidak mau dijajah bangsa asing, buktinya ada perlawanan/perang Diponegoro, Hasannudin, Pattimura
§  Induktif: diberbagai daerah ada perlawanan/perang Diponegoro, Hasannudin, Pattimura, pertanda bahwa bangsa Indonesia tidak mau dijajah.

§  Unik: perlawanan/perang Diponegoro, Hasannudin, Pattimura itu tidak sama satu sama lain, karena pada peristiwa itu memiliki latar belakang dan setting yang berbeda. Jadi ketiga perlawanan/perang itu tidak sama satu dengan yang lain.
§  Kontekstual: peristiwa Tanjung Priok yang menggambarkan akan dibongkarnya makam ulama, menemui protes besar dari masyarakat, mestinya tidak perlu terjadi. Karena meletusnya perlawanan/perang Diponegoro karena Belanda  membuat jalan, dimana jalan yang  dibuat itu melewati makam leluhur Diponegoro.
v  Hubungan Antarfenomena
§  Guru dan peserta didik dituntut mampu memaknai hubungan antarfenomena atau gejala, khususnya hubungan sebab-akibat
§  Hubungan sebab-akibat diambil dengan menghubungkan satu atau beberapa fakta yang satu dengan datu atau beberapa fakta yang lain
§  Penalaran sebab-akibat ini masuk dalam ranah penalaran induktif, yaitu penalaran induktif sebab-akibat
§  Hubungan sebab–akibat
§  Hubungan akibat–sebab
§  Hubungan sebab–akibat 1 – akibat 2.
§  Hakekat Pergerakan Nasional bagi peserta didik adalah jiwa nasionalisme dan ketekunan dalam belajar. Peserta didik adalah generasi muda yang harus memiliki jiwa nasionalisme dan harus giat belajar.
§  Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dapat dilaksanakan karena adanya sinergitas, saling menghargai, sikap pantang menyerah antara golongan muda dan golongan tua. Begitu pula tercapainya suatu prestasi disekolah tidak terlepas dari sinergitas, saling menghargai, sikap pantang menyerah dari dewan guru, peserta didik, dan seluruh stake holder sekolah.
§  Sehubungan adanya pembuatan jalan oleh Belanda yang melewati makam leluhur Diponegoro, maka pecahlah perang Diponegoro melawan Belanda 1825 – 1830.
§  Perang Diponegoro 1825 – 1830 melawan Belanda, sampai-sampai Belanda mengalami kerugian besar, dan nyaris dikalahkan, disebabkan Belanda membuat jalan yang melewati makam leluhur Diponegoro.
§  Perjuang bangsa Indonesia melalui Pergerakan Nasional, mengakibatkan diproklasikan kemerdekaan. Akibat proklamasi kemerdekaan datanglah Sekutu yaitu Inggris dan Belanda datang ke Indonesia . Kedatangan Sekutu yang berkeinginan menjaga status quo, tentu tidak diharapkan oleh pemuda Indonesia, terjadilah perang.

Ø  14. 4. Mencoba
Untuk memperoleh hasil belajar yang nyata atau otentik
Untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Peserta didik diharapkan mampu menggunakan metode ilmiah dan bersikap ilmiah.
§  Pada mata pelajaran sejarah, misalnya, peserta didik harus memahami kaitan fakta-fakta sejarah yang dikaitkan  dengan kehidupan sehari-hari .
§  historia vitae magistra , belajar sejarah agar bijaksana. Hal ini dimaksudkan bahwa belajar sejarah, seseorang yang mempelajari sejarah, termasuk peserta didik, diharapkan dapat mengambil pelajaran, dapat mengambil hikmah untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari dari peristiwa sejarah. Semua peristiwa sejarah tentu memiliki nilai yang dapat memberi inspirasi untuk mengembangkan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan peserta didik.
§  Sebut saja dari peristiwa perkelaian antar pelajar yang akhir-akhir ini sering terjadi. Perkelaian itu sebenarnya sudah tidak baik, karena tidak hanya melanggar aturan, tetapi bahkan melanggar norma kehidupan. Melanggar aturan, melanggar norma kehidupan adalah sesuatu yang harus dihindari, harus dicegah, jangan sampai peserta didik sekarang terkena virus negative tersebut. Jadilah peserta didik yang taat aturan, memiliki martabat yang menjunjung tinggi kemanusiaan, dapat merefleksikan kehidupan yang positif dalam kehihudupan sehari-hari dan memiliki daya piker yang cerdas
Ø  15. Jejaring Pembelajaran/Kolaboratif

§  Kolaborasi esensinya merupakan filsafat interaksi dan gaya hidup manusia yang menempatkan dan memaknai kerjasama sebagai struktur interaksi yang dirancang secara baik dan disengaja rupa untuk memudahkan usaha kolektif dalam rangka mencapai tujuan bersama
§  Kewenangan guru fungsi guru lebih bersifat direktif atau manajer belajar
§  Peserta didiklah yang harus lebih aktif
§  Pemanfaatan internet sangat dianjurkan dalam pembelajaran atau kelas kolaboratif
o   internet merupakan salah satu jejaring pembelajaran dengan akses dan ketersediaan informasi yang luas dan mudah
o   referensi yang murah dan mudah

v  Sifat Pembelajaran Kolaboratif
1.      Guru dan peserta didik saling berbagi informasi
2.      Guru dan peserta didik berbagi tugas dan kewenangan
3.      Guru sebagai mediator
4.      Kelompok peserta didik yang heterogen
5.      Kekurangan kemampuan guru ada pada kelebihan kemampuan peserta didik, karena akses internet kapan saja dan dimana saja .

Metode Pembelajaran Kolaboratif
§  JP        =          Jigsaw Proscedure
§  STAD =          Student Team Achievement Divisions
§  CI        =          Complex Instruction
§  TAI     =          Team Accelerated Instruction
§  CLS     =          Cooperative Learning Stuctures
§  LT       =          Learning Together
§  TGT    =          Teams-Games-Tournament
§  GI        =          Group Investigation
§  AC       =          Academic-Constructive Controversy
CIRC =          Cooperative Integrated Reading and Compo


16.Contoh Penerapan
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul.
   Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat.
   Penugasan yang diberikan oleh guru memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar diluar kelas. Peserta didik diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung tentang apa yang sedang dipelajari. Pengalaman belajar merupakan aktivitas belajar yang harus dilakukan peserta didik dalam rangka mencapai penguasaan standar kompetensi, kemampuan dasar dan materi pembelajaran




17.SISTEM PENILAIAN
§  Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga aspek pengetahuan (knowledge), kecakapan (skill), dan sikap (attitude). Penilaian terhadap penguasaan pengetahuan yang mencakup seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan ujian akhir semester (UAS), ujian tengah semester (UTS), kuis, PR, dokumen, dan laporan.
§  Penilaian terhadap kecakapan dapat diukur dari penguasaan alat bantu pembelajaran, baik software, hardware, maupun kemampuan perancangan dan pengujian. Sedangkan penilaian terhadap sikap dititikberatkan pada penguasaan soft skill, yaitu keaktifan dan partisipasi dalam diskusi, kemampuan bekerjasama dalam tim, dan kehadiran dalam pembelajaran. Bobot penilaian untuk ketiga aspek tersebut ditentukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.
Penilaian pembelajaran dengan PBL dilakukan dengan authentic assesment. Penilaian dapat dilakukan dengan portfolio yang merupakan kumpulan yang sistematis pekerjaan-pekerjaan peserta didik yang dianalisis untuk melihat kemajuan belajar dalam kurun waktu tertentu dalam kerangka pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian dalam pendekatan PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment.
§  Self-assessment. Penilaian yang dilakukan oleh pebelajar itu sendiri terhadap usaha-usahanya dan hasil pekerjaannya dengan merujuk pada tujuan yang ingin dicapai (standard) oleh pebelajar itu sendiri dalam belajar.
§  Peer-assessment. Penilaian di mana pebelajar berdiskusi untuk memberikan penilaian terhadap upaya dan hasil penyelesaian tugas-tugas yang telah dilakukannya sendiri maupun oleh teman dalam kelompoknya

18.Langkah-langkah dan Rubrik Penilaian
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < A ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
75 <  B < 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 60 < C  <  75
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
<  60
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis
18.ANALISA BUKU

NO.
ASPEK YANG DIANALISIS
HASIL ANALISIS
TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK SESUAI
SESUAI SEBAGIAN
SESUAI
1.
Kesesuaian dengan SKL
 
 
 
 
2.
Kesesuaian dengan KI
 
 
 
 
3.
Kesesuaian dengan KD
 
 
 
 
4.
Kecukupan materi ditinjau dari:
a.    cakupan  konsep/materi esensial
b.    alokasi waktu.
 
 
 
 
5.
Kedalaman materi pengayaan ditinjau dari:
a.    Pola pikir keilmuan
b.    Karakteristik siswa
 
 
 
 
6.
Informasi pembelajaran sesuai standar proses
 
 
 
 
7.
Penerapan Pendekatan Scientific
 
 
 
 
8.
Penilaian Autentik dan Bahan Remedial Teaching
 
 
 
 
9.
Kolom interaksi antara guru dengan orangtua





ü  19. RAMBU – RAMBU PENYUSUNAN RPP
1.      RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
2.      Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
3.      RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan

Komponen RPP ( Standar Proses No 65 Th 2013)

Ø  Prinsip Penyusunan RPP

1.      Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
2.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
3.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
4.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
5.      Mengakomodasi pada keterkaitan dan keterpaduan KD, Keterkaitan dan keterpaduan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
6.    Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
7.    Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Ø  Langkah Penyusunan RPP
1. Kegiatan Pendahuluan
o   Orientasi
      Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
o   Apersepsi
      Memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
o   Motivasi
      Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
o   Pemberian Acuan
      Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari.
      Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
      Pembagian kelompok belajar.
      Penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
2. Kegiatan Inti
§   menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
§  Menggunakan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atauinkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/ atau pembelajaran   yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning ) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
§   Memuat pengembangan   sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terinntegrasi pada pembelajaran
§  Kegiatan Penutup
§  a. seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
§  b. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  c. melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas,
§       baik tugas individual maupun kelompok; dan
§  d. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya..

Ø  Contoh Format RPP
Satuan Pendidikan                               
:
……………………………………..
Kelas/Semester                  
:
……………………………………..
Mata Pelajaran                 
:
……………………………………..
Topik             
:                
……………………………………..
Pertemuan Ke-
:
……………………………………..
Alokasi Waktu
:           
……………………………………..
A.
Kompetensi Dasar
B.
Indikator pencapaian kompetensi
C.
Tujuan pembelajaran
D.
Materi ajar
E.
Metode pembelajaran
F
Kegiatan Pembelajaran


G
Alat dan  Sumber Belajar
-          Alat dan Bahan
-         Sumber Belajar
H
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
-         Teknik : tertulis dan tak tertulis
-         Bentuk
-         Instrumen (Tes dan Non tes)
-         Kunci dan Pedoman penskoran
-  Tugas




Ø  21. FORMAT ANALISIS RANCANGAN PENILAIAN DALAM RPP
Penyusun RPP          : ......................................................................................
Kelas   :  .....................................................................................
Jenjang           : ......................................................................................
KI       : ......................................................................................
KD      : ......................................................................................
NO.
ASPEK YANG DIANALISIS

TINDAK LANJUT HASIL ANALISIS
TIDAK TERPENUHI
TERPENUHI SEBAGIAN
TERPENUHI
1.
Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KI
 
 
 
 
2.
Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KD
 
 
 
 
3.
Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan Indikator
 
 
 
 
4.
Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan teknik penilaian autentik
 
 
 
 
5.
Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan bentuk penilaian sesuai pendekatan scientific dalam pembelajaran
 
 
 
 
6.
Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan materi yang diberikan
 
 
 
 
7.
Instrumen rancangan penilaian sesuai waktu yang direncanakan
 
 
 
 
8.
Instrumen penilaian mendukung penilaian autentik
 
 
 
 

22. Kegiatan Awal
Ø  Apersepsi dan Motivasi
1.      Apa yang dilakukan guru untuk menggali pengetahuan awal atau memotivasi siswa?
2.      Bagaimana respons siswa?   Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru pada kegiatan awal?
Ø  Materi Ajar
1.      Apakah guru memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa?
2.      Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya?
Ø  Pengelolaan sumber belajar/media dan pendekatan yang digunakan
1.      Apakah guru terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanfatkan  media pembelajaran?
2.      Bagaimana interaksi siswa dengan sumber belajar/media?
Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar?

23.Kegiatan Inti
Pendekatan  SCIENTIFIC
1.      Bagaimana cara guru memberikan arahan yang mendorong siswa untuk mengamati,  bertanya, berpikir  dan beraktivitas secara analitik?
2.      Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir).
23. Kegiatan Penutup
v  Refleksi
1.      Bagaimana cara guru memberikan refleksi (mereview, merangkum atau menyimpulkan).
2.      Apakah guru memberi tugas pekerjaan rumah.
v  Evaluasi
1.      Bagaimana cara guru melakukan evaluasi pembelajaran? (Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan).

24. Proses Penilaian yang Mendukung Kreativitas
Sharp, C. 2004. Developing young children’s creativity: what can we learn from research?
Guru dapat membuat peserta didik berperilaku kreatif melalui:
      tugas yang tidak hanya memiliki satu jawaban benar,
      mentolerir jawaban yang nyeleneh,
      menekankan pada proses bukan hanya hasil saja,
      memberanikan peserta didik untuk:
-          mencoba,
-          menentukan sendiri yang kurang jelas/lengkap informasi,
-          memiliki interpretasi sendiri terkait pengetahuan/kejadian,
      memberikan keseimbangan antara kegiatan terstruktur dan spontan/ekspresif

25.Sistem Penilaian Kurikulum 2013
No
Jenis Penilaian
Pelaku
Waktu
1
Penilaian otentik
Guru
Berkelanjutan
2
Penilaian diri
Siswa
Tiap kali sebelum ulangan harian.
3
Penilaian projek
Guru
Tiap akhir bab atau tema pelajaran
4
Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan)
Guru
terintegrasi dengan proses pembelajaran
5
Ulangan Tengah dan Akhir Semester
Guru (di bawah koord. satuan pendidikan)
Semesteran
6
Ujian Tingkat Kompetensi
Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah)
Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN
7
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
Pemerintah (dengan metode survei)
Tiap akhir tingkat kompetensi (yang bukan akhir jenjang sekolah)
8
Ujian Sekolah
Sekolah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah
9
Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada akhir jenjang satuan pendidikan.
Pemerintah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah
26. Indikator Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013
No
Entitas Pendidikan
Indikator Keberhasilan
1
Peserta Didik
Lebih produktif, kreatif, inovatif, afektif
Lebih senang belajar
2
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Lebih bergairah dalam melakukan proses pembelajaran
Lebih mudah dalam memenuhi ketentuan 24 jam per minggu
3
Manajemen Satuan Pendidikan
Lebih mengedepankan layanan pembelajaran termasuk bimbingan dan penyuluhan
Terjadinya proses pembelajaran yang lebih variatif di sekolah
4
Negara dan Bangsa
Reputasi internasional pendidikannya menjadi lebih baik
Memiliki daya saing yang lebih tinggi, sehingga lebih menarik bagi investor
5
Masyarakat Umum
Memperoleh lulusan sekolah yang lebih kompeten
Dapat berharap kebutuhan pendidikan akan dipenuhi oleh sekolah (tidak perlu kursus tambahan)


Monday 5 August 2013

Jus buah Delima Obat Awet Muda

Jus buah Delima Obat Awet Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Jika anda  ingin mengurangi stres dan mencegah terjadinya penuaan, tampaknya anda harus mengonsumsi jus buah delima (pomegranate) secara teratur. Menurut para ilmuwan, nutrisi yang terkandung dalam buah delima itu dapat mengurangi kecemasan dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Buah delima dapat juga mencegah penyebaran sel kanker.
Konsumsi buah delima secara reguler setiap hari akan memperlambat proses penuaan sel DNA. Dan itulah sebabnya orang bisa tetap menjaga tubuhnya agar tetap lebih muda. Kesimpulan ini diperoleh setelah diadakan penelitian kepada 60 sukarelawan. Mereka diberi asupan ekstrak buah delima yang berbentuk kapsul selama satu bulan.
Pada saat yang sama, para ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Sergio Streitenberger juga memantau aktivitas dari kandungan kimia di dalam tubuh dan membandingkannya dengan aktivitas dari sebuah kelompok yang tidak mengonsumsi ekstrak buah delima. Seperti dikutip dari Genius Beauty, para peneliti menemukan sebuah pengurangan yang signifikan dalam konsentrasi penanda 8-Oxo-DG, yang terkait dengan kerusakan sel yang menyebabkan gangguan dalam aktivitas otak, otot, hati, dan ginjal. Gangguan pada organ membuat kulit cepat keriput.
Para ilmuwan percaya bahwa hal itu terjadi melalui proses oksidasi dari sel DNA. Lebih lanjut, buah delima itu kaya akan vitamin A,C,E, zat besi, dan antioksidan, yang mampu menetralisir radikal bebas.

Cara Tradisional Atasi Batuk bagi Ibu Hamil

Cara Tradisional Atasi Batuk bagi Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketika batuk, perut akan bergerak naik turun, bayi akan turut merasakan batuk anda. Tak perlu khawatir, bayi tidak akan terpengaruh secara fisik. Anda cukup memegang perut bagian bawah agar perut anda tidak tegang.
Yang cukup berbahaya adalah jika batuk sampai menyebabkan lendir sehingga sulit bernafas. Ini penting diwaspadai, mungkin anda mengalami infeksi dada. Infeksi dada ini bisa mempengaruhi bayi yang sedang dikandung.
Pada dasarnya tidak ada cara untuk mencegah batuk menyerang ibu hamil. Rajin mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air panas, bisa meminimalisir resiko batuk. Ibu hamil harus hidup dengan pola makan yang  sehat dan memiliki jam tidur malam secukupnya.
Jika sudah terlanjur batuk, untuk meredakannya, bisa membuat secangkir madu yang dicampur jeruk nipis. Madu bisa menenangkan tenggoraokan yang gatal. Ramuan ini baik diminum saat panas.  Agar lebih yakin, segera temui dokter. Minta agardiberi sirup obat batuk yang terbuat dari gliserin dan sedikit gula. Obat ini bisa menghentikan batuk yang cukup parah.

Sering Sentuh Mata Bisa Sebabkan Flu

Sering Sentuh Mata Bisa Sebabkan Flu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sakit flu sering melanda terutama di musim hujan dan pancaroba. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit flu.
Tahukah anda bahwa mata juga bisa menangkap virus flu? Seperti dikutip dari ivillage.co.uk, ada saluran di dalam mata yang terhubung rongga hidung. Rongga tersebut bisa menjadi jalan bagi masuknya kuman penyebab flu. Karena itu, menghindari menyentuh mata dan hidung merupakan salah satu cara mencegah sakit flu.
Sebagaian virus menyerang manusia, termasuk flu disebabkan karena kontak langsung dengan orang lain atau sesuatu yang mengandung banyak kuman. Sering mencuci tangan setelah menyentuh pegangan pintu, komputer atau benda lainnya adalah langkah untuk pertahanan tubuh yang baik.
Ingat, setelah cuci tangan, keringkan dengan mesin pengering atau handuk pribadi. Jangan mengeringkan tangan dengan handuk yang dipakai bersama-sama.
Jika anda sulit menghindari kontak dengan seeorang yang sakit flu karena sedang ada dalam perjalanan, anda bisa menggunakan masker dan sarung tangan. Menggunakan sarung tangan juga bisa mengurangi kontak dengan kuman yang ada di kursi. Jika kebetulan berdekatan dengan penderita flu, anda harus mencuci tangan lebih sering dari biasanya. Lebih praktis, kini ada hand sanitizer yang bisa langsung dioleskan ke tangan tanpa bilas.
Agar daya tahan tubuh terhadap virus kuat, anda harus sering berolah raga. Akan lebih baik jika olah raga dilakukan di tempat terbuka agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D terbukti bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang tahan terhadap sakit flu.
Bagi anda yang tak sempat olah raga, vitamin D bisa diperoleh dari ikan berminyak, makanan susu, sereal dan margarin. Hindari stres karena hal itu bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Penelitian yang dilakukan oleh profesor Ron Eccles, direktur pusat studi flu Universitas Cardiff, menyimpulkan virus flu lebih mudah berkembang biak di hidung yang dingin. Agar terhindar dari flu, ada baiknya anda menggunakan syal atau masker agar menjaga suhu hidung tetap hangat.

Empat Cara Mudah Hindari Flu

Empat Cara Mudah Hindari Flu


REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Influenza biasanya dikenal dengan sebutan flu, yang merupakan sebuah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah.Meski begitu, ketika mengalami flu, orang biasanya merasa sangat menderita. Mulai dari batuk, kedinginan,demam, mual dan bahkan muntah.
Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa anda ikuti sehingga anda tak akan dengan mudah terserang flu.Lakukanlah empat hal dibawah ini seperti dikutip dari health.com.
Lebih banyak berada di luar
berada di luar dan menghirup udara segar merupakan cara termudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. hal itu juga sangat baik untuk kesehatan psikologis kita yang bisa mengurangi tingkat stress.Faktanya, tingkat stress yang tinggi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Relaksasi
Selalu sempatkan waktu untuk berelaksasi. Nikmati minum teh, menyiram tanaman atau melakukan hal lain yang membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan terhindar dari stress.
"Stress meningkatkan risiko terkena flu, karena hal itu menghalangi tubuh untuk memproduksi molekul cytokine," kata Ather Ali, Assistant head of Complementary/Alternative Medicine Research dari the Yale-Griffin Prevention Research Center.
Fungsi molekul ini memicu penyakit itu bereaksi terhadap sistem kekebalan tubuh. lebih jauh, selama menghadapi stress anda bisanya akan mengalami masalah tidur ,pola makan tidak teratur dan pengabaian akan kesehatan.
Selalu mencuci tangan
Tangan anda merupakan sarang virus dan bakteri. Sehingga pastikanlah setelah setelah beranjak ke kamar mandi atau keluar rumah, anda mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk mengeringkannya segera, Ingat, bakteri akan dengan mudah menyebar di suhu yang lembab ketimbang suhu yang kering.
Tidur yang cukup
Kekurangan tidur dapat secara kontinyu menghambat kemampuan dari sistem kekebalan tubuh. Faktanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Carnegie Mellon di tahun 2009 menemukan bahwa , seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, memiliki resiko terserang flu yang mencapai tiga kali lebih tinggi ketimbang yang memiliki tidur cukup

Manfaat Bawang, Mulai dari 'Dopping' untuk Selalu Fit Hingga Obat Awet Muda

Manfaat Bawang, Mulai dari 'Dopping' untuk Selalu Fit Hingga Obat Awet Muda


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bagi para ibu yang sering memasak di dapur, tentu akrab dengan bawang putih. Selain selain digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, jenis bumbu yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Jika dihaluskan, bawang putih menghasilkan zat yang disebut  allicin. Alicin memiliki banyak keuntungan untuk menjaga terhadap penyakit tertentu.
Selain itu, bawang putih memiliki banyak manfaat sebagai antibakteri dan antioksidan. Sebagai antioksidan, bawang putih bisa memperlambat proses penuaan sehingga bisa menjadi ‘obat’ awet muda.
Manfaat bawang putih seperti yang dilansir dari situs ivillage, menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih setiap hari terbukti mengurangi risiko terkena flu hingga 50 persen. Bawang putih juga memberikan  vitamin A, B dan C serta  mineral penting  termasuk zat besi, yodium, kalium, selenium, seng, kalsium dan magnesium.
Sifat antibakteri yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat untuk melawan infeksi. Bawang putih yang dikupas dan dioleskan ke kulit bisa membersihkan infeksi jamur yang menyebabkan kurap. Penelitian juga menyebutkan bawang putih muda bisa membantu mencegah keracunan makanan, membunuh bakteri tertentu seperti E. Coli (penyebab diare). Di Amerika, kini sudah lazim digunakan minyak bawang putih untuk terapi penyakit jantung.

Diam di Rumah Sebabkan Penyakit

Diam di Rumah Sebabkan Penyakit

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin menghindari masuk angin, jangan tinggal di dalam rumah. Begitu yang disarankan oleh ahli penyakit menular, Profesor Peter Collignon. Beberapa anggapan yang mengatakan bahwa cuaca dingin dan hujan di luar bisa menyebabkan sakit, ternyata sudah dianggap sebagai 'ajaran' kuno.

"Anggapan bahwa lebih baik tinggal di dalam rumah ketika cuaca luar sedang dingin bukan hanya salah, namun berbahaya," ujar pria yang juga direktur Penyakit Infeksi di Australian National University di Canberra.

Ia menganggap orang yang berada di dalam rumah justru lebih berpotensi untuk sakit. Menurutnya, bukan kondisi cuaca yang membuat seorang menjadi sakit. Namun, ia menganggap respon terhadap suhu dingin itulah yang menyebabkan sakit. Di dalam ruangan, virus justru lebih berpotensi untuk tersebar.

"Mereka yang tinggal di dalam rumah juga kurang mendapatkan vitamin D karena mereka tidak mendapatkan sinar matahari," ujar dia.

Dua profesor ahli penyakit menular di Australia mengatakan orang-orang yang pergi ke luar saat cuaca dingin dan hujan mendapatkan lebih banyak vitamin D sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk sakit flu.

Pakar lain, dari University of Sydney, mengingat percobaan yang dilakukan di Inggris beberapa tahun yang lalu. Profesor David Isaacs menceritakan bagaimana para peneliti dari Research Unit Common Cold di Salisbury menempatkan relawan di sebuah kolam renang di tengah musim dingin dan ternyata mereka tidak pilek.

"Dingin itu tidak menyebabkan anda menjadi demam," katanya. "Stres karena berada di dalam ruangan yang penuh sesak, jauh lebih berbahaya," ujar Isaacs.

Penelitian ini turut diamini oleh beberapa ibu. Miami Hazell, salah seorang ibu mengatakan anaknya menderita asma dan paru-paru kronis. Sang anak justru mendapat keuntungan ketika berada di luar ketika sedang hujan dan cuaca dingin.

Pengalaman serupa juga dialami oleh Annette Sage. Ibu ketiga anak ini berkemah pada saat musim dingin. Keluarga itu bahkan berenang di laut, namun tak satupun anaknya yang mengalami sakit.

Ini Dia Rahasia Supaya tidak Gampang Pilek

Ini Dia Rahasia Supaya tidak Gampang Pilek

REPUBLIKA.CO.ID, Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat banyak orang gampang terserang common cold alias pilek. Penyakit yang disebabkan oleh Rinovirus ini sedikit-banyak membuat aktivitas penderitanya terganggu. Selain menimbulkan efek tidak nyaman, pilek juga mudah sekali menular dari satu penderita ke penderita lain. 
Musim hujan telah tiba. Nah, kalau sudah begini, biasanya kita gampang sekali terkena penyakit seperti flu atau pilek. Agar terhindar dari penyakit ini, cara paling ampuh adalah beristirahat.
Dokter Anggitya Rullantika dari klinik Insan Sehat Purwakarta menyarankan agar tubuh beristirahat cukup satu-dua hari. Istirahat yang cukup berguna untuk memperkuat sistem imun sehingga penderita kembali sehat. "Jadi, sebenarnya sistem imun tubuh pun bisa melawan virus ini,' kata dr Anggit kepada Republika.
Kalau tidak memungkinkan untuk mengambil cuti, penderita pilek bisa mengandalkan masker selama beraktivitas di luar rumah. Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen untuk memperkuat sistem imun. Obat-obat simptomatik juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala pilek yang mengganggu. Obat jenis ini berguna untuk menghilangkan gejala pilek, namun tidak menghilangkan penyebab utamanya. Misalnya, obat demam, painkiller, dan obat flu yang beredar di pasaran.
Zat besi adalah satu di antara banyak mineral yang dapat memperpendek durasi pilek. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral ini selama musim penghujan. Asupan zat besi dalam tubuh bisa diperbanyak dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, gandum, ikan, dan sayuran. Batasi juga asupan alkohol dan kafein yang bisa merangsang kita untuk sering buang air kecil yang menyebabkan banyak zat besi terbuang.
Namun, jika kondisi badan tidak juga membaik, dokter Anggit menyarankan untuk segera konsultasi ke dokter atau minum obat.  Obat yang dibutuhnya penderita pilek tergantung gejala yang menjangkitinya. Kalau pilek disertai dengan demam dan nyeri kepala, carilah obat yang mengandung penurun demam seperti paracetamol.
Penanganan akan lain jika pilek diiringi hidung mampet. Hal ini bisa dengan meminum obat-obatan yang mengandung pseudoefedrin. Namun, jika pilek disertai dengan batuk, terlebih dahulu harus dilihat jenis batuknya, apakah berdahak atau tidak. Jika batuknya berdahak, maka carilah obat yang mengandung pengencer dahak. Sebaliknya, jika pilek disertai batuk kering, carilah obat yang mengandung penekan batuk.
"Sebaiknya ke dokter kalau gejala di atas tidak juga membaik dalam dua minggu. Apalagi kalau sudah disertai sesak napas atau demam tinggi," kata dokter Anggit.

Kalau Hanya Batuk Pilek Biasa Tidak Perlu Antibiotik

Kalau Hanya Batuk Pilek Biasa Tidak Perlu Antibiotik


TRIBUNNEWS.COM -Benarkah flu tak boleh langsung diobati dengan antibiotik? Dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinis dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta menjelaskan hal ini benar jika flu yang dimaksud mungkin batuk-pilek biasa yang umumnya disebabkan oleh virus.
Penyakit yang disebabkan virus tidak perlu diobati dengan antibiotik karena fungsi antibiotik adalah mematikan bakteri. Pemberian antibiotik jadi tidak berguna, kecuali dokter menduga telah terjadi infeksi bakteri. Namun, ini pun bukan untuk penyakit common cold.
"Kita baru butuh antibiotik bila terserang flu yang penyebabnya adalah bakteri. Pemberian antibiotik rutin kepada pasien flu biasa, memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik tersebut. Bila sudah terjadi resistensi, kuman pun lebih sulit mati. Akibatnya, diperlukan antibiotik yang lebih ampuh untuk mematikannya," jelas Alyaa.
Penyakit flu yang diakibatkan virus adalah self-limiting disease, artinya bisa sembuh sendiri. Bila Anda terkena flu biasa atau batuk-pilek, cukup tingkatkan stamina tubuh dengan cara makan makanan bergizi agar tubuh sehat kembali. Juga, minum air putih yang banyak dan cukup istirahat.

Sakit Tenggorokan tak Sembuh-sembuh,Bagaimana Mengatasinya?

Sakit Tenggorokan tak Sembuh-sembuh,Bagaimana Mengatasinya?



Pertanyaan :
Saya seorang mahasiswa berusia 20 tahun, saya mengalami sakit tenggorokan selama lebih dari 3 bulan. Tenggorokan saya selalu terasa kering dan terasa bengkak, semua hal ini membuat saya tidak nyaman, bahkan kadang-kadang terasa sakit pada bagian leher (bawah rahang). Saya telah pergi berobat ke dokter umum, dan dokter hanya berkata sakit tenggorokan biasa, tapi itu hanya mengurangi sakit beberapa waktu saja.
Seminggu yang lalu saya berinisiatif untuk berobat pada dokter spesialis THT di rumah sakit terkenal di Surabaya. Beliau mengatakan bahwa saya mengalami faringitis kronis. Dokter memberikan sesuatu pada tenggorokan saya (semacam cairan) yang membuat tenggorokan saya membengkak beberapa jam, dokter menjelaskan kalau itu memang efek obat dan mengolesi obat pada tenggorokan saya dan beberapa obat (antibiotik, obat kumur dan obat racikan).
Tetapi sampai sekarang saya tidak merasa baikan, sebenarnya penyakit apa yang saya alami? Apakah perlu pemeriksaan lanjutan? Terima kasih sebelumnya.
Artasari,20 tahun -  Sidoarjo
Jawaban :
Hai Arta, pasti tidak nyaman rasanya ya.. Faringitis Kronis merupakan peradangan dinding belakang Faring tenggorokan yang sudah berlangsung lama (lebih dari 3 bulan), biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, namun keluhan nyeri dapat menghebat apabila terjadi serangan akut.
Faringitis kronis sendiri dapat ditemukan sebagai kelainan tersendiri di faring atau sebagai kelanjutan infeksi saluran nafas atas lainnya. Penyebabnya dapat disebabkan infeksi virus (40-60%), bakteri (5-40%) dan alergi.
Ada beberapa faktor predisposisi terjadinya faringitis kronis, diantaranya:
- Rhinitis kronis, Sinusitis
- Radang di daerah mulut, Caries gigi, infeksi amandel.
- Makanan dan minuman yang merangsang iritasi tenggorokan (pedas, asam, dingin, gorengan dan alkohol).
- Polusi udara, karena debu, asap rokok atau daerah industri.
- Merokok.
- Pasien yang biasa bernafas melalui mulut karena hidung tersumbat.
Manifestasi klinis timbul rasa sakit tenggorokan, rasa gatal, kering dan berlendir yang sukar dikeluarkan dari tenggorokan, batuk serta terasa mengganjal di tenggorokan.
Penatalaksanaan-nya:
- Antibiotik bila terdapat infeksi bakteri.
- Mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasari, bila didapatkan masalah dihidung, sinus paranasalis maka harus diobati.
- Lokal, dapat dilakukan kaustik dengan AgNO3 atau elektrokauter.
- Terapi simptomatis seperti obat batuk, obat nyeri atau obat demam.
- Banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban daerah faring.
- Menghindari polusi, tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memancing iritasi tenggorokan.
Dari gejala yang kamu alami, kemungkinan besar memang kamu menderita Faringitis Kronis Eksaserbasi akut yang sering kambuh-kambuhan. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter THT lebih lanjut untuk mencari dan mengobati kelainan lain yang mendasar. Semoga jelas dengan penjelasan ini ya. Salam. (SB)

dr. Selfiyanti Bimantara, SpTHT-KL

Inilah 'Tameng' Alami Tangkal Flu

Inilah 'Tameng' Alami Tangkal Flu

REPUBLIKA.CO.ID,  Memasuki musim penghujan, salah satu penyakit yang paling sering diderita adalah flu dan demam. Untuk mencegah sakit demam, anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh. Jenis-jenis makanan di bawah ini direkomendasikan oleh profesor gizi di Culinary Institute of America, Suki Hertz untuk dikonsumsi ketika sarapan agar kekebalan tubuh meningkat.
Jeruk



Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan mengandung antioksidan yang kuat tapi rendah kalori.




T
elur
Kuning telur merupakan sumber yang baik dari mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Protein dalam putih telur memiliki kandungan yang sangat tinggi. Mengkonsumsi telur, baik bagian kuningnya atau putihnya sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik, gabungan antara telur panggang, bayam dan tomat mungkin bisa dicoba.


Tahu

Tahu

Tahu adalah protein yang lengkap. Olahan dari kedelai ini merupakan sumber kalsium dan asam lemak omega-3. Semua kandungan yang ada dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.





Pepaya

Pepaya memiliki kandungan zat anti-inflamasi atau anti radang. Pepaya juga sumber yang sangat baik dari vitamin C.Pepaya mengandung beta karoten, sebuah phytonutrisi yang dapat dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda dan menjaga mata dan kelembaban kulit.





Kiwi

Kiwi mengandung antara 90 dan 110 miligram vitamin C. Buah ini mengandung mineral yang penting untuk meningkatkan kekuatan otot dan saraf. Kiwi sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung  flavonoid dan karotenoid sebagai antioksidan yang membantu kesehatan pernafasan, dan jantung.

 




Keju lembut

Keju mengandung selenium, antioksidan kuat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yuk Cari Tahu Tanaman untuk Atasi Batuk

Yuk Cari Tahu Tanaman untuk Atasi Batuk

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Batuk bukan merupakan penyakit, tetapi merupakan gejala suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan.
Obat batuk yang biasa digunakan adalah yang mengandung antitusif, dekongestan, ekspektoran atau kombinasi. Untuk pengobatan selain obat konvensional juga bisa dengan pengobatan herbal.
Permasalahan yang dihadapi adalah masih belum banyaknya data yang tersedia berkaitan dengan mekanisme herbal dalam mengatasi batuk. Abdul Mun'im, MSi, PhD dari Program Pascasarjana Herbal Departemen Farmasi FMIPA UI saat peluncuran OB Herbal Junior di Jakarta, Kamis (9/2/2012) mengungkapkan beberapa temuan mengenai tanaman yang bisa mengatasi batuk, baik secara tradisional maupun melalui penelitian ilmiah.
Berikut beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk:
1. Rimpang Jahe (Zingebris Rhizoma)
Jahe dan sediaannya telah lama digunakan untuk pengobatan gejala flu. Efek tersebut dihubungkan dengan aktivitasnya sebagai imunomodulator. Selain itu beberapa senyawa yang terkandung di dalam Jahe dapat bermanfaat meningkatkan suhu tubuh. Uji klinis pada Jahe lebih banyak digunakan sebagai anti mual dan muntah.
2. Daun Mint (Menthae Folia)
Efek anti batuk: Sebagai ekspektoran. Minyak atsiri menstimulasi mukosa saluran pernafasan; meningkatkan atau mengencerkan sekresi lendir; memberikan rasa dingin; serta menurunkan tegangan permukaan paru-paru sehingga memperbaiki aliran udara yang masuk. Efek lain dari Daun Mint: Sebagai anti mikroba.
3. Rimpang Kencur (Kaemferaie Rhizoma)
Manfaat utama adalah mengatasi gangguan saluran pernafasan. Data efektifitas untuk gangguan pernafasan umumnya masih pada hewan coba. Penggunaan pada aromaterapi: untuk relaksasi, karminatif dan sedative. Penggunaan lain: Kosmetik di kulit. Aktifitas: Etil sinamat, asorelaksasi.
4. Buah Jeruk Nipis (Citrus Aurantii Fructus)
Penggunaan Jeruk Nipis untuk batuk lebih banyak dilakukan secara empiris. Manfaat kandungan Minyak atsiri: Sebagai aroma terapi pada saluran pernafasan. Manfaat kandungan Vitamin C : Dapat dihubungkan dengan aktivitasi munomodulator. Penelitian klinis saat ini untuk ekstrak terstandar (Sineprin) lebih banyak digunakan untuk mengontrol berat badan.
5. Herba Timi (Thymi Herb)
Thymi merupakan salah satu tanaman yang sudah lama digunakan sebagai antibatuk. Efek utama sebagai ekspektoran dan antis pasmodik. Aktivitas ini diduga terkait kandungan Minyak Atsiri (timol dan karvakrol), serta flavonoid. Pemberian minyak thimi secara oral dan intra muscular pada hewan coba, memperlihatkan stimulasi saluran pernapasan. Dalam uji klinik acak tersamar ganda pada 60 pasien keluhan batuk produktif. Penggunaan Sirup Thimi (3x10mL/hari) selama 5 hari, terbukti memberikan efek tidak berbeda nyata dengan bromheksin.
6. Biji Pala (Myristicae Semen)
Kandungan utama Biji Pala adalah minyak Atsiri. Penggunaan Biji Pala yang telah didukung kajian ilmiah adalah sebagai zat penenang dan karminatif. Penelitian pada hewan membuktikan Biji Pala dapat meningkatkan durasi waktu tidur.
7. Akar Manis (Glycyrrhizae Radix)
Akar Manis merupakan bahan baku utama untuk OBH (Obat Batuk Hitam). Perkembangan Obat Batuk Hitam kini dikombinasi dengan obat konvensional. Kandungan utama Akar Manis adalah Glisirisin.

Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami


Ghiboo.com - Cuaca yang tak bisa diprediksi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti pilek, dan flu yang berakibat dengan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Banyak orang mengonsumsi obat untuk melegakan tenggorokan.
Namun, menurut Benjamin Asyer, MD, PC dari American Academy of Otolaryngology, obat alami merupakan solusi terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Berikut ini beberapa cara secara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dilansir melalui rodale.com, Senin (19/3).
Obat Telan
Obat standar untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan sesendok makan madu dalam air hangat dengan perasan lemon merupakan cara alami yang baik. Cara ini dapat melapisi dan akan menenangkan iritasi pada tenggorokan.
Obat Kumur
Berkumur dengan air garam atau larutan lain menjadi solusi lain untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan disebabkan iritasi udara kering atau alergi. Penelitian di India terhadap pasien yang dipasang tabung trakea pasca operasi diminta untuk berkumur menggunakan satu sendok teh licorice dalam delapan ons air. Hasilnya ditemukan bahwa berkumur dengan campuran tersebut dapat mengurangi tingkat keparahan sakit tenggorokan. Anda bisa mencari cairan licorice di toko obat atau jamu.
Cara lain untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan cuka sari apel organik. Cuka apel dianggap dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras jenis cuka lain. Satu sendok Wiski Bourbon dicampur segelas air hangat juga bisa digunakan untuk berkumur. Cairan ini mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan.
Cegah Kambuh
Menurut Dr Asyer, pencegahan merupakan obat terbaik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus. Cara termudah untuk mencegah sakit tenggorokan dimulai dari lingkungan sekitar.
Misalnya, jika Anda menderita sakit tenggorokan di pagi hari, bisa disebabkan oleh kekeringan dari bernapas melalui mulut pada malam hari, atau bisa juga dipicu oleh refluks asam saat sedang tidur. Pelembab bisa mengatasi udara kering. Selain itu, aturlah bantal agar kepala sedikit terangkat sehingga dapat mencegah sakit tenggorokan akibat kenaikan asam lambung.
Apapun yang Anda lakukan, jangan mengabaikan sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu, bisa menjadi tanda adanya masalah serius. Jika Anda merasa rasa sakit semakin parah sehingga kesulitan menelan makanan, segera temui dokter. Para perokok yang lama mengalami sakit tenggorokan juga harus segera ke dokter.

Pertolongan Pertama dengan Obat Rumahan

Pertolongan Pertama dengan Obat Rumahan


Ghiboo.com - Sebuah survei melaporkan tingginya kekhawatiran tentang kondisi ekonomi saat harus melakukan pengobatan ke rumah sakit.
Cari tahu bagaimana untuk menyembuhkan penyakit ringan dengan memanfaatkan pengobatan yang mudah dan murah ditemukan di rumah.
Berikut ini beberapa cara alami yang dapat membantu Anda dan keluarga.


Bau mulut - Yogurt. Bau mulut dapat menyebabkan stres dan menjatuhkan rasa percaya diri. Sebenarnya, menyikat gigi secara rutin sudah cukup membantu menghentikan ulah si bakteri jahat penyebab bau mulut, halitosis.
Untuk melawannya, carilah sumber makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik), seperti yogurt. "Sudah terkenal sebagai bakteri baik, probiotik juga membantu mengurangi pembentukan bakteri jahat yang menyebabkan bau mulut," jelas Torkos Sherry, holistik apotekers asal Amerika.
Batuk - Madu. Madu merupakan obat alami yang dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan dan batuk. Torkos menyarankan madu dari ratu lebah yang jauh lebih kental dan mengandung lebih banyak antioksidan dan nutrisi, sehingga bisa menempel pada sisi tenggorokan, melumasi dan menenangkan tenggrokan.
Diare - Pisang. Bisa dibayangkan ribetnya jika sudah terkena diare. Untuk mengatasinya, makanlah pisang. Pisang mengandung jenis serat larut yang disebut pektin yang dapat menormalkan buang air besar, sehingga baik untuk diare dan sembelit.
"Pisang juga dapat mengisi perut Anda yang kosong karena terus-menerus mengeluarkan isinya. Buah inipun menyediakan kalium yang bagus untuk menderita diare karena mengalami kekurangan elektrolit," tegas Tokros.
Nyeri sendi - Ikan salmon. Ikan yang kaya asam lemak omega-3 bekerja sebagai anti-inflamasi, yang mengurangi produksi prostaglandin, sebuah hormon penyebab pembengkakan dan rasa sakit. Penelitian di Yunani menunjukkan penderita rheumatoid arthritis mengaku menjadi jarang merasakan nyeri setelah rutin memakan ikan sebagai pengganti daging.

Sakit kepala - Kopi. Maksimal meminum dua cangkir kopi (200 mg kafein) sudah membantu meringakan sakit kepala dan migrain. Para ilmuwan beranggapan bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel-sel otak, akibat penyempitnya pembuluh darah di sekitarnya. Meskipun begitu, meminum kopi terlalu banyak malah menjadi bumerang bagi kesehatan diri sendiri.

Mual - Jahe. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jahe dapat mengendalikan mual, baik saat sedang hamil, anestesi bedah bahkan mabok perjalanan. Menurut Suzanna Zick M, dari University of Michigan, jahe mengandung senyawa gingerol yang bersifat anti-mual. Ambillah 2 gram jahe segar yang boleh dicampurkan dalam minuman hangat. Jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena dapat mengiritasi lambung.

Infeksi saluran kemih - Cranberi.
Menurut penelitian, cranberi mengandung senyawa proanthocyanidin yang melawan dan mencegah ulah bakteri jahat menempel di kandung kemih. Cranberi kering juga sama manfaatnya. Memakan sekitar sepertiga cangkir berisi cranberi kering manis setiap hari juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Obat Alami Gigi 'Nyut-nyutan'

Obat Alami Gigi 'Nyut-nyutan'

Ghiboo.com - Sakit gigi memang menyebalkan. Akibatnya, kita tak bisa menikmati makanan kesukaan dengan nyaman.
Masalah gigi memang harus segera ditangani oleh dokter gigi. Obat atau operasi gigi mungkin mampu mengatasi sakit gigi permanen.
Namun untuk pertolongan pertama, ada solusi untuk mengatasi gigi 'nyut-nyutan'.
Cengkeh. Studi dalam Journal of Dentistry di tahun 2006 mengungkapkan bahwa cengkeh ampuh meredakan sakit gigi. Cengkeh mengandung eugonol, senyawa yang banyak digunakan sebagai obat bius analgesik dan lokal, terutama dalam kedokteran gigi.

Caranya:
Taruh 2-3 tetes minyak cengkeh di kapas, kemudian oleskan pada gigi Anda. Atau, kunyah beberapa buah kunyit, kemudian berkumur.
Jahe. Menurut California State University, jahe mampu membantu menenangkan rasa sakit yang terkait dengan sakit gigi.

Caranya:
Ambil jahe ukuran sedang, bersihkan, potong menjadi beberapa bagian kemudian langsung taruh di gigi yang sakit. Jika mau, Anda boleh menggigit dan mengunyahnya secara perlahan. Jangan lupa untuk segera kumur-kumur setelahnya.
Garam. Garam laut membantu mengurangi tekanan yang menyiksa pada saraf gigi. Sehingga, ampuh untuk menghilangkan rasa sakit sakit, bahkan menyembuhkan.

Caranya:
Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam segelas air. Kemudian berkumurlah selama 30 detik. Ulangi hingga beberapa kali.
Bawang. Bawang memberikan double kebaikan, untuk gigi. Tak hanya mengatasi sakit gigi, tetapi juga membunuh kuman.

Caranya:
Kunyah beberapa siung bawah selama 3 menit untuk menghancurkan bakteri dalam mulut dan membuat nyeri sakit gigi hilang.

Bebas Flu dengan Konsumsi Sup Ayam

Bebas Flu dengan Konsumsi Sup Ayam


Menurut penelitian terbaru, senyawa yang ditemukan dalam sup ayam, yakni carnosine, ternyata mampu membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu tahap awal.
bebas-flu-dengan-sup-ayamNamun, manfaat ini bisa hilang secepat sup itu dikeluarkan dari tubuh, demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics.
Manfaat sup ayam ini sebelumnya sudah diidentifikasi. Lebih dari satu dekade lalu, Dr. Stephen Rennard, dari University of Nebraska Medical Center, Omaha, ingin mengetahui mengapa resep sup ayam istrinya bisa melakukan penyembuhan.
Menggunakan sampel darah dari para relawan, Dr. Stephen menunjukkan bahwa sup ayam bisa menghambat pergerakan jenis sel darah putih yang paling umum, neutrofil, yang akhirnya bisa melawan infeksi.
Dr. Rennard berteori, dengan menghambat migrasi sel yang melawan infeksi dalam tubuh, sup ayam dapat membantu mengurangi gejala gejala flu pernapasan atas. Tapi, ia tidak bisa mengidentifikasi bahan-bahan yang tepat dalam sup yang membuatnya efektif terhadap pilek.
Sup ayam yang diuji ini mengandung, bawang merah, ubi jalar, parsnip, lobak turnip, wortel, seledri batang, peterseli, garam dan merica.
Para peneliti juga menemukan bahwa sup kemasan banyak memiliki efek penghambatan yang sama. Ini adalah kemungkinan bahwa kombinasi nutrisi bekerja secara sinergis untuk memberikan efek yang menguntungkan.
Menurut penelitian lain dari Miami, sup ayam mampu mempengaruhi aliran udara dan lendir di hidung pada 15 relawan yang minum air dingin, air panas atau sup ayam.
Penelitian ini sekaligus membuktikan pernyataan para ahli bedah THT yang menyatakan bahwa cairan panas membantu meningkatkan pergerakan lendir hidung. Hal ini pada gilirannya akan membersihkan saluran udara dan mengurangi kemacetan.
Tapi, sup ayam mampu melakukan hal ini secara lebih baik ketimbang air panas, karena bisa meningkatkan fungsi silia pelindung, yakni proyeksi mirip rambut kecil di hidung yang mencegah bakteri memasuki tubuh.
Juga, para peneliti di University of Nebraska menemukan bahwa kombinasi sayuran dan unggas dalam sup bisa membantu meringankan peradangan saluran pernafasan yang menyebabkan rasa mampet.
Semua nutrisi dalam sup memiliki keterlibatan dalam kerja yang kompleks pada sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini menunjukkan bahwa organosulfides (bahan kimia alami yang ditemukan dalam bawang putih dan bawang merah), bersama-sama dengan vitamin D, merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh yang disebut makrofag, sedangkan Vitamin C memiliki pengaruh pada tingkat neutrofil, dan jenis lain dari bahan kimia kekebalan, interferon.
Vitamin A dan karotenoid, yang ditemukan dalam wortel, dapat membantu produksi antibodi, sedangkan Vitamin E dan zinc dapat mempengaruhi konsentrasi limfosit, sejenis sel darah putih.

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)



APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4