SILABUS
BAHASA INGGRIS SMK
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/
Madrasah
Aliyah Kejuruan (MAK)
A.
Latar Belakang
Bahasa memiliki
peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik
dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan
budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu
peserta didik
mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat, dan
bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang
ada dalam dirinya.
Bahasa
merupakan alat berkomunikasi secara lisan dan tulis, untuk memahami dan
mengungkapkan
informasi, pikiran, perasaan, serta sebagai sarana pengembangan ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya. Kemampuan berkomunikasi adalah
kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami atau menghasilkan kalimat lisan
dan tulis.
Keterampilan berbahasa meliputi mendengarkan, berbicara, membaca dan
menulis yang
dapat digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam
kehidupan
bermasyarakat.
Mata pelajaran
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran adaptif, yang bertujuan
membekali
peserta didik kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dalam konteks
material
komunikasi yang diperlukan bagi program keahliannya, baik yang bersifat
lisan maupun
tulis.
Di samping itu
mata pelajaran Bahasa Inggris membekali peserta didik kemampuan
berkomunikasi
dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tuntutan global, serta
membekali
peserta didik untuk mengembangkan komunikasi ke taraf yang lebih tinggi.
B.
Tujuan
Mata pelajaran
Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai
berikut.
1. Menguasai
pengetahuan dan keterampilan dasar Bahasa Inggris untuk mendukung
pencapaian
kompetensi program keahlian
2. Menerapkan
penguasaan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris untuk
berkomunikasi
baik lisan maupun tertulis pada level intermediate.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level novice
2. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level elementary
3. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level intermediate.
385
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
1.
Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris
setara Level
Novice
1. 1 Memahami
ungkapan-ungkapan dasar pada
interaksi
sosial untuk kepentingan kehidupan
1. 2
Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri,
waktu, hari,
bulan, dan tahun
1. 3
Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri,
waktu, hari,
bulan, dan tahun
1. 4
Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup
untuk
fungsi-fungsi dasar
1. 5
Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang
sedang terjadi
1. 6 Memahami
memo dan menu sederhana, jadwal
perjalanan
kendaraan umum, dan rambu-rambu
lalu lintas
1. 7 Memahami
kata-kata dan istilah asing serta
kalimat
sederhana berdasarkan rumus
1. 8 Menuliskan
undangan sederhana
2.
Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris
setara Level
Elementary
2. 1 Memahami
percakapan sederhana sehari-hari
baik dalam
konteks profesional maupun pribadi
dengan orang
bukan penutur asli
2. 2 Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam
interaksi
langsung maupun melalui alat
2. 3 Merinci
tugas pekerjaan dan latar belakang
pendidikan yang
dimilikinya secara lisan dan
tulisan
2. 4
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan
rencana kerja
yang akan datang
2. 5
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
2. 6 Memahami
instruksi-instruksi sederhana
2. 7 Membuat
pesan-pesan pendek, petunjuk dan
daftar dengan
pilihan kata, ejaan dan tata tulis
yang berterima
386
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
3.
Berkomunikasi dengan
Bahasa Inggris
setara Level
Intermediate
3. 1 Memahami
monolog yang muncul pada situasi
kerja tertentu
3. 2 Memahami
percakapan terbatas dengan
penutur asli
3. 3 Menyajikan
laporan
3. 4 Memahami
manual penggunaan peralatan
3. 5 Memahami
surat-surat bisnis sederhana
3. 6 Memahami
dokumen-dokumen teknis
3. 7 Menulis
surat bisnis dan laporan sederhana
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi
untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses
dan Standar Pen
0 komentar:
Post a Comment