NAMA : RETNO FATMAWATI
NIM : 1202010374
TUGAS : MANAJEMEN KOPERASI DAN KEWIRAUSAHAAN
KUNCI KEBERHASILAN PT
DJARUM
PT. Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia yang
bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. Djarum merupakan salah satu dari
tiga perusahaan rokok terbesar di Indoensia (dua lainnya adalah
Gudang Garam dan HM Sampoerna) dan merupakan penyumbang cukai yang
besar bagi APBN Indonesia.
Sejarah Djarum berawal saat Oei Wie Gwan membeli usaha kecil dalam
bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah
namanya menjadi Djarum. Oei mulai memasarkan kretek dengan merek
“Djarum” yang ternyata sukses di pasaran. Setelah kebakaran
hampir memusnahkan perusahaan pada tahun 1963 (Oei meninggal tak lama
kemudian), Djarum kembali bangkit dan memodernisasikan peralatan di
pabriknya. Pada tahun 1972 Djarum mulai mengeskpor produk rokoknya ke
luar negeri. Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter,
merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin, diikuti merek
Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun 1981.
Lokasi Kerja Djarum tersebar di 76
Lokasi,dengan pembagian 70 lokasi di Kudus, 3 lokasi di Pati, 1
lokasi di Rembang, dan 2 lokasi di Jepara.Kehadiran Djarum di Kudus
memberikan kesempatan pada masyarakat utamanya dalam penyediaan
lapangan kerja. Karyawan yang dimiliki PT.Djarum berjumlah 74.920
(Januari 2007) karyawan ,dan hampir 90% para karyawan adalah
masyarakat Kudus.
Proses produksi rokok Djarum terbagi dalam 2 sistem. Pertama
,Sigaret Kretek Tangan (SKT), Produk Djarum Sigaret Kretek Tangan
yaitu Djarum 76 dengan Djarum 12. Kedua ,Sigaret Kretek Mesin (SKM)
Djarum Super, La Lights, Djarum Black, Djarum Mezzo. Tembakau dan
Cengkeh yang digunakan adalah tembakau yang berkualitas, dari
berbagai daerah di Indonesia. Untuk bahan baku Tembakau yang
digunakan berasal dari Weleri, Mranggen, Muntilan, Temanggung,
Bojonegoro, Jember, Madura, Lombok. Tembakau ini akan digunakan
setelah melalui pross pematangan selama 2 tahun. Bahan Baku yang
kedua adalah cengkeh,cengkeh yang digunakan berasal dari Jawa, Bali,
Aceh, Ambon,Manado dll. Dan proses pematangan memakan waktu 1 tahun
PRODUK DAN JARINGAN BISNIS PT DJARUM
INDONESIA
Produk-produk rokok Djarum antara lain:
Djarum Coklat
Djarum Istimewa
Djarum 76
Djarum Super
L.A Lights
L.A Menthol Lights
Djarum Black
Djarum Black Slimz
Djarum Black Cappucino
Djarum Black Tea
The President (dicabut dari
peredaran)
Inspiro (dicabut dari peredaran)
Djarum Classic (dicabut dari
peredaran)
Djarum Vanilla
Djarum Splash
Djarum Original
Djarum Cherry
Djarum Menthol
Djarum Special
Djarum Filter (dicabut dari
peredaran)
Djarum Super Mezzo
Filtra (dicabut dari peredaran)
Djarum Merdeka (dicabut dari peredaran)
Pasar Dalam Negeri, RSO Jakarta : Medan, Lake Toba, Nias Island,
Bukit Tinggi, Batam, Mentawai Archipelago, Padang, Riau Archipelago,
Jambi, Maunt Kerinci, Sumatra, Ujung Kulon National Park, Thousand
Island, Bandung, Pontianak, RSO Bandung, RSO Semarang, RSO Surabaya:
Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, Timor, Makassar, Toraja,
Manado, Papua
Djarum tidak hanya memproduksi untuk kebutuhan dalam negeri saja,
tetapi juga melakukan eksport ke berbagai negara. Produk Djarum untuk
eksport Djarum Original, Djarum Super, Djaum Black, Djarum Lights, La
Lights Menthol, La Lights, Djarum Deluxe, Djarum Special, Djarum
Splash.Bali Hai, D Vanilla, D Cherry, D Menthol, Cigarillos, Gold
Seal, Dos Hermanos Churchill, Dos Hermanos Toro, Dos Hermanos Torito.
Pada tahun 2007, eksport mencapai 1.675.554.310 batang.
US$15.832.275, dengan uraian Sigaret Kretek Mesin 1.672.004.000
batang, Sigaret Kretek Tangan: 3.300.000 batang, Cigarillos 250.310
batang. Tahun 2007 kemarin produksi lebih kurang 39,457 milyar
batang/ tahun, lebih kurang 131,526 juta batang/ hari. Cukai yang
dibayarkan Djarum kepada pemerintah sebesar Rp. 7,642 troliun/
tahun,Rp.25,475 milyar/ hari. Sumbangan yang begitu besar untuk APBN
negara kita.
Menyadari bahwa bisnis kretek tak cukup menopang kelanggengan
bisnisnya, Djarum pun melebarkan sayap dalam sektor properti dan
perbankan. Di sektor properti, melalui anak perusahaannya, PT Cipta
Karya Bumi Indah (CKBI), Djarum membangun pusat grosir Wholesale
Trade Centre (WTC) Mangga Dua Jakarta. Lalu mereka berekspansi di
sektor perhotelan dengan melakukan peremajaan Hotel Indonesia dan
Hotel Inna Wisata yang dilebur menjadi satu serta dilengkapi sebuah
supermal yang bernama Grand Indonesia. Untuk proyek properti terbesar
di Indonesia ini, Djarum harus menggelontorkan investasi hingga
mencapai US$230 juta.
Adapun di sektor perbankan, PT Djarum bergabung dengan konsorsium
Farallon membeli sebanyak 52% saham PT Bank Central Asia Tbk. pada
Maret 2002. Melalui Alaerka Investment, Hartono bersaudara menguasai
10% kepemilikan saham Farindo.
Kiprah teranyarnya, Djarum tengah menjajaki bisnis kelapa sawit
(CPO) PT Hartono Plantations Indonesia di Kalimantan dan Sumatera.
Djarum memasang target minimal 100.000 hektare hingga akhir 2009 dan
akan terus meningkat menjadi 500.000 hektare pada 2011. Untuk bisnis
ini, Djarum harus merogoh kocek investasi sebesar Rp15 triliun dengan
asumsi rata-rata nilai investasi kebun sawit tersebut seharga Rp30–40
juta per hektare. Tidak berhenti sampai di situ, perseroan juga
tengah merencanakan pembangunan sejumlah kilang pengolahan CPO.
Berbagai kiprah bisnisnya, telah menempatkan Budi dan Michael
Hartono sebagai orang kedua dan ketiga terkaya di Indonesia versi
Forbes Asia. Kekayaan Robert Budi Hartono mencapai US$1,72 miliar
(Rp19,03 triliun), anjlok dari posisi tahun sebelumnya yang mencapai
US$3,14 miliar (Rp34,7 triliun). Adapun kekayaan sang abang, Michael
Bambang Hartono, senilai US$1,68 miliar (Rp18,57 triliun), turun
drastis dari US$3,08 miliar (Rp34,05 triliun).
Selain dunia bisnis PT Djarum, juga melakukan berbagai aktivitas
lain, yaitu Coorporate Social Responbility di berbagai bidang di
antaranya:
Djarum Foundation
Djarum Foundation yaitu Djarum Bakti Pendidikan berperan aktif
memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa
berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk
membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan
masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional
dan spiritual.
BIDANG OLAHRAGA
Djarum memberikan sumbangan
yang begitu besar, berupa pembangunan GOR Bulutangkis. GOR ini
memiliki luas 29.450 meter persegi di atas lahan seluas 43.207 meter
persegi, dana yang dihabiskan Rp. 30 miliar. Bahkan, gedung ini
merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Gedung ini memiliki bangunan
terpadu yang bergaya arsitektur minmalis dengan ruang kantor,
lapangan bulutangkis (16 lapangan), ruang makan, pertemuan, audio
visual, perpustakaan, komputer dan fitnes.
BULU TANGKIS
Berbicara mengenai bulutangkis.PB
Djarum banyak melahirkan atlet dunia seperti: Liem Swie King, Hastomo
Aebi, Hadiyanto, Kartono, Heryanto, Christioan Hadinata, dan
Hadiwinoto. Fokus utama pembangunan gedung olahraga ini untuk
mengembalikan kembali gelar dunia bulutangkia yang pernah diraih para
pemain-pemain sebelumnya.
Kisah keterlibatan Djarum sendiri dalam mendorong perkembangan
bulutangkis Indonesia sendiri bermula pada tahun 1969. Didorong rasa
cinta CEO PT Djarum, Budi Hartono, pada bulutangkis, serta para
karyawannya, maka dijadikanlah tempat yang biasa dijadikan tempat
melinting rokok para karyawan Djarum sebagai sebuah tempat dimana
para karyawan Djarum dapat berlatih dan bermain bulutangkis. Lama
kelamaan, tempat tersebut tidak hanya menjadi tempat berlatih para
karyawan PT Djarum saja. Masyarakat sekitar pun mulai menggunakan
tempat tersebut untuk tujuan yang sama.
Akhirnya, pada tahun 1974, terbentuklah Perkumpulan Bulutangkis
Djarum (disingkat PB Djarum) secara resmi. Awalnya perkumpulan ini
didirikan didorong rasa cinta CEO PT Djarum, Budi Hartono, pada
bulutangkis, serta para karyawannya, maka dijadikanlah tempat yang
biasa dijadikan tempat melinting rokok para karyawan Djarum sebagai
sebuah tempat dimana para karyawan Djarum dapat berlatih dan bermain
bulutangkis. Lama kelamaan, tempat tersebut tidak hanya menjadi
tempat berlatih para karyawan PT Djarum saja. Masyarakat sekitar pun
mulai menggunakan tempat tersebut untuk tujuan yang sama.
Berawal dari situ, lahirlah atlit muda berbakat, Liem Swie King
yang meraih prestasi demi prestasi secara gemilang, menumbuhkan
keinginan Budi Hartono untuk serius mengembangkan kegiatan komunitas
Kudus menjadi organisasi PB DjarumPB Djarum pernah gilang-gemilang
ketika Indonesia merebut Piala Thomas pada 1984 di Kuala Lumpur,
Malaysia. Kala itu, dari delapan pemain, tujuh di antaranya berasal
dari PB Djarum yaitu Liem Swie King, Hastomo Arbi,Hadiyanto, Kartono,
Heryanto, Christian Hadinata, dan Hadibowo. Satu pemain lagi adalah
Icuk Sugiarto
SEPAK BOLA
Masih dalam bidang olahragra Djarum
juga memberikan dukungan dan pengembangan persepakbolaan Indonesia
dengan program LIGA DJARUM.Djarum mensponsorinya dengan dana lebih
kurang 35 miliar. Ini diharapkan minat masyarakat akan olahraga ini
semakin meningkat.
Kegiatan Sosial Lainnya
Djarum membangun tempat khusus Green Plants Cultivation o
Seedlings Center, tempat ini dibangun pada tahun 1984, digunakan
untuk pembudidayaan bibit-bibit tanaman, baik itu tanaman berupa
buah-buahan, hias, tanaman langka, bahkan tanaman dari negara lain
pun di kembangbiakkan.Masyarakat dapat memperoleh bibit itu secara
gratis.
Hal yang membuat tercengang, kesalutan dan kekaguman.Pertama
djarum menyusun suatu konsep pembelian buah dari masyarakat.
Prosesnya yaitu, bibit buah yang diberikan secara gratis kepada
masyarakat, ketika telah berbuah atau panen .dan tak dapat
menghabiskan buah tersebut masyarakat dapat menjual hasil panen
tersebut kepada Djarum dengan harga yang rendah, inilah konsep yang
sangat baik, secara langsung masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan
kosong yang dimilikinya. Kedua. Setiap masyarakat, baik itu
keorganisasian dll yang ingin melakukan penghijauan, bibit
penghijauan diberikan secara cuma-cuma.
Ketika kami bertanya berapa biaya yang dikeluarkan djarum untuk
program ini. Pihak Djarum terlihat tersenyum,silahkan dihitung
sendiri, hampir ratusan ribu bibit yang dibeli untuk penghijauan dan
ini terus meningkat berhubung isu Global Warming.
Membangun dan mengembangkan seluruh segi kehidupan bangsa
merupakan bagian yang harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.
Bagi perusahaan, implementasi tanggung jawab sosial dan bentuk
pengabdian untuk negara biasanya disebut sebagai Coorporate Social
Responbility (CSR). PT.Djarum telah melakukan program ini sejak
perusahaan terbentuk Bidang kegiatan yang dilakukan dalam CSR dapat
berupa pemberdayaan pembangunan kota, bantuan pendidikan utamanya
pemberian beasiswa, bidang olahraga, seni dan budaya dll.
Ketika para finalis BlogJurnalistikOnlain melakukan kunjungan ke
kota Kudus dengan tema DISCOVERY KUDUS, yang disponsori oleh IndoPos,
LA Lights, XL Seluler Provider. Para finalis ini mendapat kesempatan
untuk mengunjungi berbagai tempat di kota Kudus utamanya Pabrik
Djarum ( Sigaret Kretek Tangan dan Sigaret Kretek Mesin, Green Plants
cultivation of seedlings Center, Pengelolaan Limbah dan terakhir GOR
Bhakti Djarum.
Bila kita melihat perubahan kota Kudus dalam konteks pembangunan,
tata kota, infrasruktur dari tahun ke tahun, semua itu tak lepas dari
sumbangsih yang diberikan oleh Djarum, Ketika Pak Handojo Setyo
(Corporate Affairs PT.Djarum Kudus) memperlihatkan kepada kami gambar
keadaan kota Kudus pada tahun sebelumnya sangat berbeda dengan
sekarang ini, perubahan yang paling menonjol dengan semakin banyaknya
pepohonan di setiap jalan yang dilalui di kota Kudus. Penghijauan
kota merupakan salah satu bentuk CSR Djarum.
KUNCI KEBERHASILAN PT.DJARUM
Setiap perusahaan yang melakukan bisnis di bidang apapun itu,hal
utama yang menjadi tujuannya yaitu bagaimana perusahaan tersebut
dapat berjalan dengan baik dalam arti tercapainya keberhasilan yang
baik. Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan suatu strategi manajemen
yang sudah pasti dimiliki setiap perusahaan. Dalam Era ini dan dari
tahun ke tahun, dapat dirasakan intensitas kompetesi bisnis
berlangsung dengan cepat.
Tanpa kesadaran akan faktor-faktor atau nilai penentu keberhasilan
(key success factors), maka suatu perusahaan boleh jadi akan gagap
mengelola dirinya, untuk kemudian terkapar mati ditelan arus
perubahan aman. Di Indonesia, industri yang boleh dikatakan hasilnya
dinikmati semua kalangan yaitu rokok. Meskipun industri ini,
melahirkan kontroversi di masyarakat namun juga memberikan sumbangan
yang sangat besar bagi APBN. dan bukan nilai yang sangat kecil,
begitupula dengan lapangan kerja yang telah diberikan industri ini.
Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang sudah
melekat di hati masyarakat adalah PT.Djarum Indonesia. Perusahaan
yang berdiri 21 April 1951 di Kota Wali Kudus, Semarang. Jawa
Tengah.saat ini menjadi ikon pembangkit semangat Bakti Bangsa pada
seluruh masyarakat Indonesia dan sudah barang tentu menjadi contoh
bagi perusahaan-perusahaan lain dalam mencapai keberhasilan, seperti
yang dicapai oleh PT.Djarum. Keberhasilan apa yang diraih PT. Djarum
?.Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya bahwa
keberhasilan dan kemajuan perusahaan dinyatakan sukses jika dalam
pengelolaan atau penciptaan manajemen, lingkungan keselamatan,
kesehatan kerja berjalan dengan baik.
PT.Djarum telah membuktikan hal tersebut dengan diraihnya beberapa
penghargaan antara lain. Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
tahun 2002 (Zero Accident Acknowlegment), Audit Exterl Keselamatan
Kerja tahun 2004 dengan hasil 87%. Tahun 2005 berhasil mendapatkan
Bendera Emas (Bendera Emas : Pemberian penghargaan untuk perusahaan
dalam pengelolaan lingkungan yang baik bagi perusahaan dengan
produksi bersih) dan Tahun 2007 mendapat hasil 93%. Penghargaan lain
Certificate of Compliance ISO 9001-1994 (Penghargaan tahun 2001)
kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001-2000.
Dengan melihat prestasi tersebut diatas, muncul pertanyaan lagi
bagaimana cara PT.Djarum dapat memperoleh keberhasilan tersebut.
Akhir tahun 2007, PT.Djarum telah pembayar cukai pada pemerintah
sebesar Rp.7,642 triliun, Rp.25.475/hari,dengan jumlah karyawan
74.490.dengan manajemen yang terstruktur memungkinkan perusahaan ini
berkembang. PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam
pengembangan perusahan. Nilai-nilai itu adalah 1).Fokus pada
pelanggan, 2).Profesionlisme, 3).Organisasi yang terus belajar,4).
Satu Keluarga,5). Tanggung Jawab Sosial.
Fokus pada pelanggan.
Pelanggan merupakan
bagian yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan,
tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan pelanggan terhadap produk
yang telah diproduksi, perusahan akan mandet. PT.Djarum selalu
mengutamakan agar pelanggan selalu puas terhadap produknya, dengan
memberikan harga yang relatif rendah meskipun keuntungan yang dicapai
berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dan
jumlah penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana kepada
beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya sehingga tercipta
hubungan yang sangat dekat.
Profesionalisme.
Profesional dalam membangun
perusahaan secara baik, dimulai dengan perekrutan karyawan-karywati
yang potensial (salah satu elemen vitas bagi kegemilangan gerak
sebuah perusahaan). Kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi
secara terus menerus. seiring tuntutan tersebut, PT.Djarum selalu
memberikan respon yang inovatif pada konsumen. Profesional dalam
mengimplementasikan strategi-strategi yang telah dirancang dengan
penuh optimis. Dengan profesionalisme tersebut semuanya dapat
tercapai.
Organisasi yang terus belajar.
Dengan
keberhasilan yang diperoleh berupa penghargaan-penghargaan dan
produk-produk yang inovatif,PT.Djarum tidak berpuas hati, dengan
keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu. Tidak hanya
selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan
perusahaan lain berbagi pengetahuan.
Satu keluarga.
Rasa kekeluargaan sangat terasa
di lingkungan PT.Djarum, ini terlihat ketika pada waktu istirahat,
terkadang para direksi bergabung bersama karyawan,berbagi cerita,
bercanda, ini menciptakan kesenangan bagi para karyawan.Disinilah
kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan karyawan. Mereka
bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan organisasi
yang solid,serta kerja keras dari semua karyawan.
Tanggung Jawab Sosial.
Dalam hal tanggung
jawab sosial, untuk karyawan, PT.Djarum sangat memperhatikan
karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan
kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan
pensiun. PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak
karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik.
Tanggung Jawab Sosial yang diberikan PT.Djarum tidak hanya pada
karyawannya tetapi juga pada masyarakat umum.Untuk melaksanakan
tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility
(CSR), yang sangat jelas saat ini, yaitu : Djarum memberikan dananya
30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum
Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis
yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan PT.Djarum
memberikan secara cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan.
Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk karyawan. Djarum memberikan
jaminan sosial berupa jaminan kesehatan, Cuti Hamil, Cuti Tahunan,
Hadiah Tahunan, Tunjangan Hari Raya, Jaminan Kecelakaan, Jaminan
Kematian, Jaminan Pensiun. Peningkatan pelayanan juga terlihat dengan
dibentuknya Koperasi Karyawan PT. Djarum. Koperasi ini didirikan pada
tahun 1976. Jumlah Anggotanya 51.005, dengan Volume pemasukan
Rp.74.631 milyar (Januari 2008). Dengan pembentukan koperasi tersebut
memungkinkan karyawan dapat memenuhi kebutuhannya. Sejalan dengan
waktu yang begitu cepat, peningkatan koperasi yang begitu baik,
membuahkan hasil pada koperasi tersebut dengan didapatkannyan
Penghargaan dari tahun ke tahun Penghargaan Koperasi Teladan
Indonesia tahun 1993, 1994, 1995 dan 1996.
KONTRIBUSI TEKNOLOGI BAGI PT DJARUM
Disamping lima aspek di atas yang menjadi salah satu aspek yang
tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan dari PT Djarum Indonesia
adalah dari penggunaan teknologi sebagai media sales marketing and
promotion nya di samping mempunyai sales area yang lebih besar di
banding 2 pesaing perusahaan rokok (Gudang Garam dan Sampoerna). PT
Djarum menggunakan teknologi sebagai penunjang sales marketing and
promotion seperi dalam tahap pembuatandan pendesainan banner,
neonbox,dll.
Selain itu PT Djarum juga melakukan inovasi dalam berbagai macam
bentuk demi memanjakan para konsumen melalui berbagai cara yang
merupakan poin plus PT Djarum yang belum di miliki oleh
kompetitornya, seperti:
Salah satu dari penggunaan teknologi yang akhir-akhir ini
diperkenalkan adalah teknologi SMS di ponsel disiasati oleh PT Djarum
Super sebagai media interaktif para pecinta bola. Kali ini permainan
gerakan bola melalui SMS dibuat sedemikian rupa agar terkoneksi
dengan billboard LED yang terpampang di beberapa sudut kota.
Permainan yang diklaim sebagai inovasi pertama kali di Indonesia
oleh PT Djarum ini bernama ‘SMS To LED’. Dalam permainan ini,
setiap orang bisa mengikuti permainan itu dengan cara mengetik
keyword DJARUM (spasi) Nama (spasi) Kode Gerakan, dan mengirimkannya
ke 9600. Hanya dalam hitungan detik nama pengirim SMS akan muncul di
layar LED yang terletak di persimpangan Senayan dengan Pakubuwono.
Biaya yang dikenakan pun tergolong murah, yakni Rp500 per SMS.
Setelah mengirimkan pesan, peserta dapat melihat 10 gerakan yang
akan ditampilkan di layar LED sesuai dengan perintah yang diberikan.
Gerakan-gerakan itu akan didemonstrasikan oleh Bro dan Cuy, dua
karakter pecinta sepakbola yang akan membuat program tersebut terasa
lebih interaktif. Lima gerakan masuk dalam kategori gaya sepakbola
sungguhan seperti roller coaster, double step over, drag back, hell
shot, dan flip back hell shot. Sedangkan sisa gerakan lainnya seperti
tari perut, tos-tosan, serangan balik, pagar betis, serta serangan
beruntun adalah untuk hiburan semata.
http://www.wisnudewobroto.com/kunci-keberhasilan-pt-djarum/
10
TIPS ATAU KIAT SUKSES USAHA
10
tips menjadi pengusaha sukses - Semua orang tentu ingin
menjadi seorang yang sukses di dalam bidang apa saja yang sedang
digelutinya. Dari sekian banyak orang yang punya keinginan itu, hanya
sedikit yang mampu mewujudkannya. Berikut adalah
10
Tips Menjadi Pengusaha Sukses yang sangat penting untuk di
ketahui bagi mereka yang ingin sukses di dalam segala usaha mereka.
Selamat membaca.
1. Awali Dengan Impian dan
ImajinasiSebelum manusia bisa mendarat di bulan, tak
pernah ada yang berfikir bahwa hal itu adalah sebuah kenyataan. Ide
mendarat di bulan pada awalnya adalah sebuah
mimpi indah yang
tak akan pernah terwujud. Namun impian dan imajinasi itu akhirnya
berubah menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya
dengan pendaratan manusia pertama kali ke bulan. Yang perlu diingat
adalah segala sesuatu keberhasilan itu bermula dari
impian dan
keyakinan dengan didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya.
Jika anda mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang
sukses dan punya niat untuk mewujudkannya, maka segeralah bangun dari
mimpi anda. Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi anda itu
menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan
membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa
sukses. Mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu.
2.
Semangat dan KegigihanAntusiasme, semangat dan kegigihan adalah
sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk
mencapai keberhasilan. Bila anda loyo, tidak bersemangat dan dan
bermalasan, yakinlah tidak lama lagi anda akan segera mengalami
kegagalan total. Carilah motivasi usaha anda itu dengan mempelajari
perjuangan pengusaha-pengusaha yang sukses pendahulu anda.
3.
Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar BisnisTanpa adanya pengetahuan
dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah
kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami
kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang
terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu
sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda menyerap ilmu dan
pengalaman dan siap sukses.
4. Berani Mengambil
ResikoSetiap sesuatu yang kita usahakan tentu akan ada resikonya.
Semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko yang
akan dialami apabila mengalami kegagalan juga besar. Orang yang
berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut
akan kegagalan, tapi
jadikanlah kegagalan itu sebagai batu
loncatan menuju kesuksesan.5. Kerja KerasHanya
dengan bekerja keraslah sebuah usaha akan mengalami kemajuan dan
kesuksesan. Bohong apabila ada yang mengatakan dia meraih
keberhasilan yang gemilang hanya dengan duduk beberapa saat di tempat
kerja seperti yang sering dikatakan pengiklan di internet. Sebenarnya
awal mula mereka merintis usahanya itu adalah dengan kerja keras
tanpa mengenal putus asa dan banyak berkorban waktu dan tenaga.
6.
Mau Belajar Dari Pengalaman Orang LainPepatah mengatakan:
“Pengalaman adalah guru yang terbaik.” Seorang calon pengusaha
yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain dan dari dirinya
sendiri. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau
kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai
panduan dia dalam memulai usaha atau mengembangkan usahanya.
7.
Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang LainSebagian
orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah
sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Akan tetapi
bagi orang yang berfikir normal akan menjadikan kritikan atau bahkan
nasehat dari orang lain itu sebagai gurunya yang membimbing dia ke
arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai
kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita
bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang
mau menegur dan mengkritik kita.
8. Menjalin Kerjasama
Dengan Orang LainBetapapun pandainya seseorang itu,
apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu hanya akan sia-sia
belaka. Tidak ada seorang pebisnis pun yang mampu bekerja sendiri.
Kerjasama dengan rekan, teman, mitra kerja dan klien sangat penting
bagi perkembangan suatu bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan,
saran dan kritik dan membantu di saat-saat sulit. Seorang pebisnis
harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi
bisnis dengan seluas-luasnya.
9. Berani Menghadapi
KegagalanJangan dikira para pebisnis yang telah mapan dan
maju tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan mereka pun suatu waktu
pernah mengalaminya. Hanya saja mereka tidak pernah putus asa dan
terus berusaha sampai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang
yang pengecut yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya
menghayal saja.
10. Tidak Suka MenundaSeperti
kata pepapatah: “
Time is money!” Oleh karena janganlah
suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Lakukanlah saat ini, sekarang
juga selagi ada kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah
suatu kerugian yang akan membuat anda menyesal.
http://fadhlyashary.blogspot.com/2012/03/10-tips-menjadi-pengusaha-sukses.html