RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Setelah mempelajari materi
ini, diharapkan siswa dapat:
- Mengidentifikasi
ciri-ciri interaksi menawarkan jasa, baik dari fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan.
- Menjelaskan
penggunaan interaksi menawarkan jasa, baik dari fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan.
- Menyebutkan
perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan
bahasa Indonesia.
- Menggunakan
ungkapan menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam konteks kegiatan yang terstruktur.
- Membandingkan
ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai
sumber lain.
- Membandingkan
antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
- Mengaplikasikan
tindak tutur menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
- Menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal).
D. Alokasi Waktu
10 X 2 Jam Pelajaran
E. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menawarkan
jasa dan responnya.
- Fungsi sosial
Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
- Struktur teks
May I help you? What can I do for
you? What if ...? Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
- Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
- Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru
dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Contoh
A : Would you
like me to help you on your new project?
B : I would love
the help! Would you prefer helping with the writing part or is programming more
your thing?
A : I would
enjoy helping with the writing portion.
B : Perfect!
You'll be working alone on that portion. Do you like to work alone?
A : That is OK
sometimes.
B : Our first
meeting is next Monday. Could you meet with us at that time?
A : No, I can't
be there.
B : Please send
me your background information before the meeting so I can look at it.
A : I can send
that information to you.
B : OK. I look forward to working with you.
Enjoy your week!
F. Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Observasi
- Tes
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah 1 : Kegiatan
awal (apersepsi)
- Doa.
- Absensi.
- Motivasi dengan mengarahkan siswa pada
situasi pembelajaran.
Langkah 2 : Kegiatan inti
Mengamati
- Siswa terbiasa atau
sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah
lain menawarkan jasa serta responnya, dalam bahasa Inggris,
dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
- Siswa dituntut untuk
mencontoh kebiasaan tersebut denganmenawarkan jasa serta
responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosialnya.
Menanya
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara
caramenawarkan jasa serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengeksplorasi
- Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak
contoh interaksi dengan menawarkan jasa serta responnya dalam
bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
- Siswa menirukan contoh-contoh interaksi
dengan menawarkan jasaserta responnya dalam bahasa Inggris dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
interaksimenawarkan jasa serta responnya.
- Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa serta responnya
dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
- Siswa membandingkan
ungkapan menawarkan jasa serta responnyayang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
- Siswa membandingkan
ungkapan menawarkan jasa serta responnyayang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain,
atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
- Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
- Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap
kali muncul kesempatan untuk menawarkan jasa serta responnya, di
dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
- Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan
kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
- Siswa membicarakan permasalahan yang
dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa serta
responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Langkah 3 : Kegiatan akhir (Penutup)
- Rangkuman.
- Penilaian proses.
- Penugasan.
H. Sumber Belajar
- Audio CD/ VCD/DVD
- SUARA GURU
- Koran/ majalah berbahasa Inggris
I. Penilaian
Kriteria Penilaian:
- Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan
jasa
- Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
- Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan
kata, intonasi
- Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
- Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang
berisi menawarkan jasa dan responnya
- Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta
responnya
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi
balikan. Sasaran penilaian adalah:
- Upaya menggunakan
bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.
- Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
- Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
- Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
Instrumen Penilaian:
Make
dialogues based on the following situation and then role play them.
1. Your sister came from supermarket bringing
many heavy things. You offer her a help.
2. Your little brother got a Math exercise. He
hasn’t any idea to do so. You try to help him.
3. You see your friend at the same train. She
looks so pale and worried. She has just got an accident. Her wallet was stolen
by a thief.
4. You see an old woman crossing the road. You
offer your help for her.
5. You are meeting by your old classmate who has
just come by the same train. You have your parents waiting outside by a car.
Try to offer her a lift.
0 komentar:
Post a Comment