NO | KISI- KISI | PREDIKSI TAMPILAN | KIAT MENJAWAB |
LISTENING(memahami makna dalam wacana lisan, interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. | |||
1. | Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan/ di luar ruangan sesuai dengan gambar | kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan/ di luar ruangan sesuai dengan gambar. Contoh A.THE GIRL IS TALKING TO HIS FATHER B.THEY ARE WATERING THE FLOWERS (dipilih B lebih jelas karena yang A lihat TO HIS FATHER belum tentu ayahnya.) | Perhatikan pelaku-pelaku utamanya dan benda yang ada di sekitarnya |
2. | Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda /posisi seseorang sesuai dengan gambar | lokasi suatu benda /posisi seseorang. Contoh A. THE BIKE IS PARKED IN FRONT OF THE HOUSE B. THE BICYCLE IS IN FRONT OF THE OFFICE (pilih B bila gambar jelas spd berda di depn kantor pos) | Fokuslah pada benda atau orang yang ada di gambar terutama posisinya |
3 | Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan/ciri fisik seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar | penampilan/ciri fisik seseorang/deskripsi benda.Cnth: A.THE WOMAN HAS BLONDE HAIR B. THE LADY’S SKIN IS DARK(pilih A bila dlm gambar rambut wanita pirang. | Bila orang perhatikan rambut, kulit dan pakaiannya.Bila benda perhatikan ukuran dan kondisinya. |
4. | Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang keadaan /situasi di suatu tempat /gedung/wilayah sesuai dengan gambar | keadaan /situasi di suatu tempat /gedung/wilayah.Contoh: A. THE HOUSE HAS TWO FLOORS. B. IT IS MADE OF STRONG LEATHER. (pilih A bila gambarnya rumah berlantai 2. B jarang ada rumah dari kulit. | Bila gedung/ bangunan perhatikan sekitarnya dan bila manusia prediksi aktifitasnya. |
QUESTIONS RESPONSE | |||
5. | Menentukan response yang tepat terhadap pernyataan /pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran /permohonon | pernyataan /pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran /permohonon .Contoh : A:TO WHOM SHOULD I GIVE THE TIP? (Respons yang tepat adalah:) B: WHY DON’T YOU GIVE IT TO THE BUSBOY? (cek dengan terjemahan) | Fokuskan pada obyek pembicaraan /kata dalam kalimat awal dan masalahnya |
6 | Menentukan response yang tepat terhadap pernyataan /pertanyaan lisan yang mendiskripsikan benda/perbandingan suatu benda. | pernyataan /pertanyaan lisan yang mendiskripsikan benda/perbandingan suatu benda A:HOW MUCH IS YOUR CHEAPEST WATCH? (RESPOSNNYA J) B: HERE IS FOR $ US 10.12 .THAT IS $ US 15.50 (ada perbandingannya dan terjmhkn.) | Perhatikan kata ganti yang didiskripsikan. Bila pria dengan HE bila wnt dng SHE dan benda dengan IT |
7. | Menentukan response yang tepat terhadap pernyataan /pertanyaan lisan yang mengungkapkan kejadian /peristiwa di koran/kejadian yang dialami seseorang. | pernyataan /pertanyaan lisan yang mengungkapkan kejadian /peristiwa di koran/kejadian yang dialami seseorang. A:When did the fire begin? B: It happened in the middle of night (WHEN berarti menanyakan waktu/kapan kejadiannya). | Perhatikan kata ganti yang didiskripsikan. Bila pria dengan HE bila wnt dng SHE dan benda dengan IT.Cermati pernyataan di akhir kalimat. |
8. | Menentukan response yang tepat terhadap pernyataan /pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat /keberadaan seseorang yang diberikan | pernyataan /pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat /keberadaan seseorang.CONTOH; A. I’M TRYING TO FIND AN INN. B. YOU JUST CONTINUE STRAIGHT ON | Cermati yang ada go ahead, left,rigtht, straight on dan kata penunjuk lainnya. |
SHORT CONVERSATION | |||
9 | Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu kemungkinan /rencana | percakapan lisan singkat tentang suatu kemungkinan /rencana A. I’II SEE YOU AT THE AIRPORT. B. GREAT.THE PLANE ARRIVES AT 4 PM -What will the B do ? -B will meet the A at the airport. | Cermati pembicaraan dari orang ke dua(yang merespon) |
10. | Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari /di waktu lampau/di waktu akan datang. | percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari /di waktu lampau/di waktu akan datang. Contoh : A:HOW DO YOU OFTEN TAKE EXERCISE? B.ALMOST EVERYDAY BEFORE HAVING A BATH IN THE MORNING -What does the B do almost every morning ? -He always doing exercise. | Pilih TENSE yang sesuai untuk yang past tense kata kerja dng bentuk ke dua dan yang Future biasanya dengan TO BE GOING TO atau will. |
11. | Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang. | percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang. Contoh: A; I WOULD LIKE TO ORDER 10 DOZENS OF BALLPOINTS, 2 DOZENS OF BLUE AND 8 DOZENS OF RED. B: OKEY SIR What colour did the A want most for the ballpoinys? Jawab : RED | Penting diperhatikan adalah TENSE biasanya menggunakan PRESENT TENSE maka jawaban juga disesuaikan TENSEnya |
12 | Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi rinci tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perbandingan /pemilihan benda | percakapan lisan singkat tentang suatu perbandingan /pemilihan benda CLARA WAS BORN IN 1994 AND NATALIE IN 1998. Who is younger according to the statement? NATALIE | Ingat : 1-2 sk kata tk lebih + ER (ada THAN di blkngnya ) Tk paling + EST (ADA THE di dpnnya). >2 sk kt Tk Lebih dng MORE. Tk PALING dng MOST |
SHORT TALK (MONOLOG) | |||
13. | Menentukan gambaran umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan /pembuatan sesuatu barang/prosedur melakukan sesuatu . | tentang proses pengerjaan /pembuatan sesuatu barang/prosedur melakukan sesuatu . Contoh: FIRST INSERT THE MEMORY CARD OF THE DIGITAL CAMERA, THEN PLUG IN THE CARD READER. FINALLY CLICK THE PASTE MENU. What lesson is being explain? INSERT THE MEMORY CARD OF THE DIGITAL CAMERA | Cermati awal paragrap I,akhir paragrap pertama dan awal paragrap ke dua. Perhatikan kata yang lebih banyak di sebut . |
14 | Menentukan gambaran umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang pengalaman kerja /kegiatan atau aktifitas di sekolah/pusat bisnis. | pengalaman kerja /kegiatan atau aktifitas di sekolah/pusat bisnis. OUR CONSTRUCTION BUSINESS IS GETTING SOME LOSS DUE TO THE LOCAL CITIZEN ARE DEMANDING TOO MUCH COMPENSATION. Who has got some loss in the business recently? THE COMPANY | Perhatikan kalimat ke dua serta dua kalimat terakhir. Biasanya kalimat tersebut yang menjadi inti pembicaraan. |
15 | Menentukan gambaran umum /informasi tertentu /informaasi rinci ,tersirat dan atau tersurat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat atau iklan | monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat atau iklan. SAKTI LANGUAGE CENTRE guarantee to improve you English speaking skills in four months times. WHAT SKILL IS BEING OFFERED BY THE SAKTI LANGUAGE CENTRE? English speaking. | Perhatikan kalimat ke dua serta dua kalimat terakhir. Biasanya kalimat tersebut yang menjadi inti pembicaraan. |
READING (memahami makna dalam wacana tulis interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari , pekerjaan dan keprofersian.) INCOMLPETE DIALOG | |||
16. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran | dialog yang berisi permohonan/pemberian saran A; ...... NOT TO WORK OVERTIME? B: WHY? IT’S FOR MEETING THE DEADLINE, YOU KNOW. Answer : Will it possible for me (UNTUK CONTOH INI CLUE AADA PADA you know?= penekanan | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya dan teerjemahannya |
17. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi berisi pelayanan tamu/ percakapan di telepon/percakapan pribadi. | dialog yang berisi berisi pelayanan tamu/ percakapan di telepon/percakapan pribadi. A; HALLO RINI HOTEL,MAY I HELP YOU? B:YES, I’D LIKE TO BOOK A FAMILY ROOM A: HOLD ON PLEASE....... Answer : LET ME CHECK IT FOR A MOMENT. | Biasanya pemilihan could atau would. Pilih yang would untuk penawaran. |
18. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang sedang berlangsung. | ungkapan untuk melengkapi dialog yang sedang berlangsung. | Cermati TENSEnya harus sesuai dengan pernyataan awal/sebelumnya. |
19. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi undangan/pesan singkat | melengkapi dialog yang berisi undangan/pesan singkat. Contoh : A:...... YOU TO COME TO MY BIRTH DAY PARTY. B:HOW INTERESTING, WHEN? Jawab: I’m coming to invite | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya.Terjemahkan |
20. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perijinan/pemberitahuan. | melengkapi dialog yang berisi perijinan/pemberitahuan. CONTH: A: MAY I SEE MR KING THE DIRECTOR? B: OH SORRY ....... Jawab: HE IS NOT IN HIS ROOM | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya juga subyeknya (Kt ganti) |
21. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi keluhan/meminta /memberi bantuan. | melengkapi dialog yang berisi keluhan/meminta /memberi bantuan A: ....... THAT THE SOFTWARE I BOUGHT YESTERDAY ISN’T WORKING B: I’M SORRY TO HEAR THAT Jawab:I’M HERE TO COMPLAIN | Perhatikan yang ada SORRY/EXCUSE ME. Sesuaikan TENSE nya dan logika kalimat. |
22. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran. | melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran. A; DON’T EVER TOUCH THOSE ELECTRICITY FUSE. B: ................... Okey, We won”t | Perhatikan yang ada jawabannya Yes (setuju) atau No(tidak setuju) lihat kata tanyanya. Sesuaikan TENSEnya. |
23 | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/ janji yang akan datang. | melengkapi dialog yang berisi rencana/ janji yang akan datang A: ARE YOU GOING TO THE BOOKSTORE TOMORROW? B:................(jawabJ) No, I ‘m not I am planning to do the english task | Perhatikan TENSEnya bila dengan FUTURE TENSE/ rencana yad maka gunakan TO BE GOING TO |
24. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/pilihan tindakan. | melengkapi dialog yang berisi pengandaian/pilihan tindakan. A: WHY DON’T WE GO TO THE LUNCH NOW ? B; ............................................ Jawab : I WISH I COULD FINISH THE REPORT. SO I COULD GO WITH YOU. | Untuk pengandaian ingat 3 tipe IF CLAUSE (present, past dan perfect). Sesuaikan TENSEnya baik kalimat sebelumnya maupun sebelum dan sesudah koma. Bila memakai WISH atau HOPE ,to be nya selalu WERE |
25. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penyampaian rasa simpati /persetujuan. | melengkapi dialog yang berisi penyampaian rasa simpati /persetujuan. A; I CUT MY FINGER WHEN SLICING SOME ONIONS B: .................(Jawaban) OH MY GOD IT MUST BE PAINFUL | Bisa diungkap dengan I’M SORRY TO HEAR THAT dan ungkapan simpati lainnya. |
26. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang. | melengkapi dialog yang berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang. A: I FORGOT WHERE I PUT MY CELLULAR PHONE.DID YOU SEE IT? B: .................................(jawab) I SAW IT ON THE DINING TABLE. | Biasanya ada GO STRAIGHT, TURN RIGHT,TURN THE LEFT dsb.(untuk arah) sedangkan untuk posisi lihat contoh |
27. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/kegiatan masa lampau | melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/kegiatan masa lampau A: WHAT DO YOU DO AFTER COMING BACK FROM SCHOOL EVERY AFTERNOON? B: I HAVE A REST FOR A WHILE, ...... (JawabJ)playing computer games and watching TV | Bila kegiatan rutin gunakan PRESENT TENSE, Suby HE SHE IT kt kerja dng s form. Bila masa lampau gunakan PAST TENSE kt kerja gunakan bt ke 2. |
28. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemesanan suatu barang/jasa. | melengkapi dialog yang berisi pemesanan suatu barang/jasa. A; I WOULD LIKE TO ORDER SOME PAPERS. B: ................ (JawabJ) All right ,Would you like the quarto or the A4? | Pilih WOULD untk menunjukkan kesopanan |
29. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/pendapat. | melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/pendapat. A: LOOK AT THE SKY ,IT’S SO CLOUDY. B:...................(JawabJ) It’spossible the rain drops soon. | Pilih POSSIBLE atau THINK sesuaikan TENSEnya. |
30. | Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung /suatu rencana. | melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung /suatu rencana. Cnth. A: IS THE MANAGER STILL HAVING MEETING ? B: .....................(JawabJ) No, he is talking with his secretary now. | Keg yang sedang berlangfsung Lihat ket waktu . gunakan PRESENT CONTINUOUS TENSE ( TO BE plus ING form) Untuk rencana gunakan FUTURE TENSE ( tobe going to /will) |
ERROR RECOGNATION | |||
31. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/tempat | kalimat yang menyatakan perbandingan benda/tempat. THE SALARY IS GREATEST THAN WORKING INI OUR OWN COUNTRY. (ada than bwerarti tingkat lebih . Yang ada greater karn 1 sk kt) | Cermati (biasanya yang dibuat salah) : 1-2 sk kata tk lebih + ER (ada THAN di blkngnya ) Tk paling + EST (ADA THE di dpnnya). >2 sk kt Tk Lebih dng MORE. Tk PALING dng MOST |
32. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat. | dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat.Contoh : THAT GUEST WHOM IS SITTING IN THE CORNER WANTS TO MAKE A COMPLAIN (bukan WHOM tapi WHO karena yang ditunjuk GUEST adalah sebagai subyek ) | Perhatikan TENSEnya cari yang tidak sesuai itu yang keliru |
33. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/permohonan. | ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/permohonan WOULD I TAKE YOU SOME ICE TEA ? (WOULD keliru yang benar MAY) | Perhatikan penawaran bila yang mengikuti YOU maka gunaklan WOULD bila yang mengikuti I maka gunakan MAY (WOULD YOU atau MAY I) itu yang benar. |
34. | Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan diskripsi fisik seseorang/ benda. | kalimat yang menyatakan diskripsi fisik seseorang/ benda. HE IS TALL AND HE HAS FAIRLY SKIN (yang benar fair) | Perhatikan ket ttng kulit, rambut atau hidung juga mengenai kebenaran penggunaan jenis kata benda maupun sifat. |
35. | Menentukan kata/frasa yang salah yang teredapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/membuat pilihan | kalimat yang menyatakan pengandaian/membuat pilihan. I WOULD RATHER HAVE MILK SHAKE TO COFFEE (yang benar THAN) | Cermati ; would rather (diikuti kt kerja bt satu .... than). Perhatikan juga TENSE nya |
36. | Menentukan kata/frasa yang salah yang teredapat dalam kalimat yang menyatakan pernyataan suka/simpati. | kalimat yang menyatakan pernyataan suka/simpati. THERE IS NOTHING WORRYING ABOUT IT (yg benar to worry) | Cermati penggunaan kata kerja maupun preposisi (kata depan) |
READING COMPREHENSION | |||
37 | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat rujukan kata atau makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesn/ e mail | makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesan/ e mail. WHAT IS THE MAIN PURPOSE OF THE EMAIL? (misal)- jawaban lihat judul bila tak ada judul lihat kata yang sering disebut | Bila ditanyakan tentang the main purpose maka lihat judul. Perhatikan pembuat surat dan alamat tujuan |
38. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat rujukan kata atau makna kata/frasa dalam sebuah tabel /diagram/jadwal/grafik. | makna kata/frasa dalam sebuah tabel /diagram/jadwal/grafik. | Ingat; untuk pesawat : ARRIVAL= Kedatangan. DEPARTURE= Keberangkatan FARES= COST |
39. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat rujukan kata atau makna kata/frasa dalam teks berbentuk recount | teks berbentuk recount | Cermati angka angka dalam teks karena akan ditanyakan untuk hitung-hitungannya |
40. | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat rujukan kata atau makna kata/frasa dalam sebuah teks prosedur dalam bentuk a.l manual/resep/petunjuk/instruksi. | dalam sebuah teks prosedur dalam bentuk a.l manual/resep/petunjuk/instruksi. WHAT IS THE STEPS ABOVE ABOUT ? Replacing the printer catridge (misal) | Bila ditantakan tentang masalah apa maka jawaban lihat judul |
41 | Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat rujukan kata atau makna kata/frasa dalam teks advertensi tentang sebuah benda/tempat/jasa. | kata atau makna kata/frasa dalam teks advertensi tentang sebuah benda/tempat/jasa. THE SYNONYM OF THE WORD RELEASE IS . launced (misalkan). | Bila ditanyakan tentang sinonym/persamaan kata maka coba diterjemahkan dan cari alternatip akar kata pilihan. |
This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Monday, 27 February 2012
KIAT MENJAWAB SOAL BAHASA INGGRIS UJIAN NASIONAL SMK 2012
HERO61.GA
Popular Posts
-
BANK SOAL -CLOZE TEST PAKET 1 Question 41 to 50. Direction: Questions 41 to 50 are passage completion. Read the passage. A word or ...
-
INCOPLETE DIALOGUE Expressing Possibility 1. Titi : “Hello, Bim, I saw the grass at the football field was ruined. ...
-
A. BANK SOAL MANAJEMEN UKM KOPERASI DAN KEWIRAUSAHAAN STIE SEMARANG 1. Apa yang menyebabkan UKM dapat bertahan dalam badai krisis ? KUNC...
-
BANK SOAL BAHASA INGGRIS KELAS X / KELAS 1. 1.GREETING AND INTRODUCING PARTING AND THANKING 1. GREETING Complete the following...
-
READING SECTION Part I.Incomplete dialog ( 16 – 30 ) 16. paquita :” What do you do in your week end ? Farah ...
-
CONTOH KARTU SOAL ULANGAN HARIAN BERSAMA TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Mata Pelajara...
-
ERROR RECOGNITION. 1. Yesterday she came to my apartment and asks to borrow some sugar. (asked). 2. She wished she were older o...
-
PEMBAHASAN SOAL SIMULASI UN 2016 BAHASA INGGRIS SMK PAKET 5-7 Pembahasan soal simulasi UN 2016 Paket 5 : di: https://youtu.b...
-
Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Occupation SMART ENGLISH · https://smartenglish.id/contoh-soal-bahasa-inggris-tentang-occupa...
-
READING COMPREHENSION The Steps to Make Apple Juice First , choose the sweet apples. Then, core the apples and cop them, After that...