RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK NEGERI
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : X Teknik / Ganjil
Pertemuan ke - : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan :
Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat :
a.
Menghitung
mean data tunggal
b.
Menentukan modus
data tunggal
c.
Menentukan
median data tunggal
B. Kompetensi Dasar : 2.1.
Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis,
bekerja sama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan
nyata
2.2.Memiliki
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.20.
memahami berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang
sesuai untuk mengkomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui
analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data;
4.17 Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel
atau diagram/ plot tertentu yang sesua i dengan informasi yang ingin di
komunikasikan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran statistika
2.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4.
Menjelaskan kembali pengertian pengumpulan data
5. Menyajikan
data dalam bentuk table, diagram dan grafik
6. Terampil
menerapkan konsep atau prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan,
yang berkaitan dengan penyajian data
D. Materi Pembelajaran :
1. Mengingat kembali tentang penyajian
data berupa table, diagram dan grafik
Masalah : Sebuah lembaga survey menemukan bahwa terdapat sepuluh
usaha kecil menengah (UKM) yang tersebar di Provinsi DI Yogyakarta yang
memproduksi berbagai produk, seperti : kerajinan tangan, makanan kering, dan
aksesoris, yang disajikan dalam table berikut;
Tabel 11.1. Data jumlah Produksi Barang UKM di
Yogyakarta
UKM
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
J
|
Jumlah Produksi (Unit)
|
400
|
550
|
600
|
700
|
350
|
450
|
650
|
600
|
750
|
600
|
Untuk memudahkan pengolahan data
tersebut, terlebih dahulu disajikan dalam tampilan yang lebih menarik. Sebagai
berikut :
Tabel 11.2. Data jumlah Produksi Barang UKM di
Yogyakarta
UKM
|
Jumlah Produksi (dalam satuan unit)
|
A
|
400
|
B
|
550
|
C
|
600
|
D
|
700
|
E
|
350
|
F
|
450
|
G
|
650
|
H
|
600
|
I
|
750
|
J
|
600
|
TOTAL
|
5.650
|
2. Menghitung rata-rata data tunggal
Kemudian lembaga tersebut ingin menyampaikan
informasi tentang rata-rata tingkat produksi produk UKM di Yogyakarta, untuk
dapat dibandingkan dengan tingkat produksi UKM di provinsi lain. Untuk data
tunggal, rata-rata (mean) dirumuskan sebagai berikut.
Untuk data di atas diperoleh :
= 565
Artinya rata-rata tingkat produksi setiap UKM
di Yogyakarta adalah 565 unit
3. Menentukan modus (Mo) data tunggal
Selain rata-rata lembaga tersebut juga
menentukan UKM yang memiliki jumlah produksi yang sama, dari 10 data yang
tersaji terdapat datum yang paling sering muncul yaitu 600. Sehingga 600
merupakan modus.
4. Menentukan median (Me) data tunggal
Nilai tengah data atau median adalah
statistic yang membagi dua data pada bagian yang sama,
Dari data terurut berikut maka akan
didapat data sebagai berikut ;
350
|
400
|
450
|
550
|
600
|
600
|
600
|
650
|
700
|
750
|
Bagian 1
|
Bagian 2
|
Jadi median data = =
600
Secara umum, formula untuk menentukan
median dirumuskan sebagai berikut :
·
Jika banyak data genap, median dirumuskan :
, n : banyak data
·
Jika banyak data ganjil, median dirumuskan :
, n : banyak data
E. Metode Pembelajaran : Pendekatan ilmiah
F. Media : Laptop, LCD
proyektor, papan tulis, spidol/kapur, LKS.
G. Sumber Belajar : - Buku Siswa Matematika Kelas X Depdikbud, 2013.
-
Buku buku
lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami statistika
dan memberikan gambaran tentang aplikasi statistika dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir
kritis siswa diajak memecahkan masalah bagaimana mendapatkan mean, median,
modus
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang igin dicapai yaitu
memperluas definisi mean, median dan modus
|
10
menit
|
Inti
|
a.
Guru bertanya tentang penyajian data dalam bentuk table
dilanjutkan dengan bagaimana menentukan mean, median, modus yang diambil dari
data yang disajikan dalam bentuk table
b.
Bila siswa belum mampu
menjawab guru mengingatkan kembali tentang pengertian mean, median, modus
c.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok
terdiri atas 4 siswa atau lebih
d.
Tiap kelompok mendapat tugas untuk menyajikan data dalam bentuk
table, datanya diperoleh dari masalah kehidupan sehari-hari ,misalnya : 10
tinggi badan siswa, 10 berat badan siswa dan lain-lain
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menyajikan data
dalam bentuk table
2.
Dengan bantuan presentasi komputer
3.
Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai ukuran pemusatan
data tunggal
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan menyampaikan materi
pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam
pembelajaran statistika.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
c.
Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.Menjelaskan
kembali pengertian pengumpulan data
b.Menyajikan data dalam bentuk table, diagram dan grafik
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
menerapkan konsep atau prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan,
yang berkaitan dengan penyajian data
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes
Tertulis
1. Jelaskan pengertian dari data !
2. Diberikan data nilai ulangan matematika kelas XA SMK Persada yang
terdiri dari 10 siswa sebagai berikut : 73, 68, 80, 77, 65, 50, 95, 68, 72, 75.
Sajikan dalam bentuk table!
3. Hasil pengukuran berat badan 20 orang siswa SMK Persada adalah
sebagai berikut : 35, 38, 60, 51, 45, 40, 55, 49, 65, 42, 37, 44, 56, 60, 70,
68, 66, 58, 64, 72. Tentukan mean, median, modus !
Kunci
Jawaban
1. Data adalah : informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan (skor :
5)
2. Table dari data tersebut adalah : (skor
: 10)
NOMOR URUT
|
NILAI
|
1
|
73
|
2
|
68
|
3
|
80
|
4
|
77
|
5
|
65
|
6
|
50
|
7
|
95
|
8
|
68
|
9
|
72
|
10
|
75
|
3.
(skor
30)
Median (Me), data diurutkan
35, 37, 38, 40, 42, 44, 45,
49, 51, 55, 56, 58, 60, 60, 64, 65,
66, 68, 70, 72.
Bagian
1
Bagian 2
Me = = 55,5
(skor : 30)
Mo = 60 (skor : 5)
|
Yogyakarta,
11 Juli 2013
Guru
Mata Pelajaran
Kelompok
11
|
Anggota Kelompok 11 H :
1. Suparman
2. Trinarti
3. Sri Tilarsih
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Matematika -
Wajib
Kelas/Semester : X / 2
Materi
Pokok : Trigonometri
Pertemuan
ke - : 2
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan penemuan terbimbing dalam
pembelajaran trigonometri inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Menemukan
sifat-sifat perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar.
2.
Menemukan
hubungan antarperbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku secara tepat dan kreatif.
B.
Kompetensi Dasar
2.1.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2.
Mampu
mentrans-formasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.15.
Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku-siku.
4.14.
Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran trigonometri.
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
pengertian fungsi trigonometri pada segitiga siku-siku dengan menggunakan
istilah absis, ordinat, dan jari-jari pada sumbu koordinat.
5.
Menyatakan
hubungan nilai fungsi trigonometri di kuadran II, III, dan IV dengan
perbandingan trigonometri di kuadran I.
6.
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
D. Materi
Matematika
E. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran penemuan (discovery learning) dengan metode
penemuan terbimbing.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan gambaran
tentang pentingnya memahami Trigonometri dan memberikan gambaran tentang
aplikasi Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Sebagai apersepsi untuk
mendorong rasa ingin tahu dan berpikir
kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai sifat-sifat dan hubungan
antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu sifat-sifat dan hubungan antar
perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya tentang
sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga
siku-siku.
2.
Bila siswa belum mampu
menjawabnya, guru memberi scaffolding
dengan mengingatkan siswa dengan memberikan contoh nyata dalam kehidupan
sehari-hari. Misal sering kita jumpai posisi sapu yang bersandar pada dinding
yang membentuk segitiga siku-siku
3.
Dengan tanya jawab, siswa
disuruh menyebutkan sisi miring, depan , dan samping.
4.
Dengan tanya jawab, siswa menentukan
titik A, B, dan C sehingga terbentuk gambar segitiga ABC serta menentukan
sudut siku-sikunya.
5.
Selanjutnya, guru memberikan
contoh dari masalah diatas kemudian menentukan kedua panjang sisi yang
diketahui dan sisi lainnya ditanyakan
6.
Dengan mengingatkan kembali
theorema phytagoras, maka sisi yang ditanyakan dapat dicari.
7.
Dengan bimbingan guru siswa
dapat menentukan rumus aturan trigonometri sinus, cosinus , dan tangen pada
aturan segitiga siku-siku
8.
Selanjutnya guru memberikan
beberapa soal yang variatif untuk dikerjakan secara mandiri oleh siswa dan
dikumpulkan.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan
tentang rumus aturan perbandingan
Trigonometri pada segitiga siku-siku.
2.
Dengan bantuan presentasi
komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai
rumus aturan perbandingan Trigonometri
pada segitiga siku-siku.
3.
Guru memberikan tugas PR beberapa
soal tentang perbandingan Trigonometri
pada segitiga siku-siku .
4.
Guru mengakhiri kegiatan
belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
G. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Penggaris,
busur, jangka Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
2.
Bahan
tayang
3.
Lembar
penilaian
H. Penilaian Proses
dan Hasil Belajar
3.
Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
4.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
d.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran trigonometri.
e.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
f.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan
kembali pengertian fungsi trigonometri pada segitiga siku-siku dengan
menggunakan istilah absis, ordinat, dan jari-jari pada sumbu koordinat
kartesius secara tepat, sistematis, dan
menggunakan simbol yang benar.
b.
Menyatakan
kembali hubungan nilai fungsi trigonometri di kuadran II, III, dan IV dengan
perbandingan trigonometri di kuadran I secara
tepat dan kreatif.
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian tugas
individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun
kelompok) dan saat diskusi
|
1.
Instrumen Penilaian Hasil belajar
Tes
tertulis
1.
Gambarlah
pada sebuah sumbu koordinat kartesian sebuah sudut pada kuadran III, lalu
nyatakan pengertian fungsi secan untuk sudut tersebut!
2.
Tentukanlah
nilai dari sin 150o secara eksak (tidak menggunakan desimal) menggunakan sifat relasi sudut pada
fungsi trigonometri!
3.
Dengan
menuliskan langkah-langkah yang jelas, hitunglah nilai dari
[sin
321o + cos 0,13 (rad)]. tan 150 grad
dengan menggunakan kalkulator saintifik.
4.
Setelah
melalui studi yang mendalam, gelombang suara dari seekor ikan Paus akhirnya
dapat digambarkan dengan suatu pendekatan menggunakan fungsi trigonometri
sebagai berikut I(t) = 2,7.tan (2t) + cos t
dengan t dalam derajat. Berapa
tinggi gelombang suara Paus tsb untuk t
= 120o?
5.
Pada
sebuah permainan, Ari ditempatkan tepat di tengah-tengah sebuah gang yang
bertembok tepat di tepi kiri dan kanannya. Mula-mula Ari menghadap searah
dengan arah jalan, kemudian Ari diputar oleh temannya searah dengan arah
perputaran jarum jam sebesar 660o. Jika lebar gang adalah 4 meter,
berapa jarak yang ditempuh Ari jika kemudian ia berjalan lurus hingga menyentuh
tembok gang?
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan
komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses
pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan
penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi
memecahkan masalah.
WORKSHEET
(untuk
tugas kelompok)
RANCANGAN PENILAIAN RPP
Mata
Pelajaran : Matematika
Jenjang : SMK
Kelas
/ Semester : X / 2
Materi
Pokok : Peluang
A.
Kompetensi
Dasar
1.
Menghayati
pola hidup disiplin, krtitis, bertanggung jawab, konsisten dan jujur serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menghayati
kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di
dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis.
3.
Menghayati
rasa percaya diri, motivasi internal, dan sikap peduli lingkungan melalui
kegiatan kemanusiaan dan bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari
4.
Memahami
konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai obyek nyata dalam suatu
percobaan menggunakan frekuensi relatif
5.
Menyajikan
hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai obyek nyata melalui
percobaan menggunakan frekuensi relative
B.
IndikatorPencapaianKompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran peluang
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4.
Menjelaskan
kembali pengertian peluang dengan menggunakan frekuensi relatif
5.
Menyatakan
kembali percobaan kejadian, titik sampel dan ruang sampel suatu kejadian
6.
Trampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relefan yang
berkaitan dengan peluang
C.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian : pengamatan, test tertulis
2.
Prosedur
penilaian :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
WaktuPenilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran peluang
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
kembali pengertian peluang dengan menggunakan frekuensi relative secara tepat
dan sistematik menggunakan rumus
b.
Menyatakan kembali titik sampel dan ruang
sampel pada peluang suatu kejadian
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan:
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan peluang
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat
diskusi
|
3.
Instrumen
penilaian
Tes tertulis
1.
Dua uang logam
dilempar bersamaan. Tentukan :
a.
ruang
sampel
b.
titik
sampel
2.
Pada
pelemparan sebuah dadu, tentukan
a.
ruang
sampel
b.
Kejadian
muncul mata dadu prima
3.
Pada
pelemparan 3 mata uang logam, tentukan:
a.
Ruang
sampel dan banyaknya anggota ruang sampel
b.
Kejadian
muncul 2 angka
4.
Pada
pelemparan dua dadu, tentukan kejadian muncul mata dadu keduanya genap
5.
Pada
pelemparan 2 dua mata uang logam, tentukan kejadian muncul paling sedikit 1
gambar
PEDOMAN SKOR
SOAL No 1a maksimal 10
SOAL No 1b maksimal 10
SOAL No 2a maksimal 10
SOAL No 2b maksimal 10
SOAL No 3a maksimal 10
SOAL No 3b maksimal 10
SOAL No 4 maksimal 20
SOAL No 5 maksimal 20
KUNCI JAWABAN
1.
Penyelesaian
a.
S={(A,A),
(A,G), (G,A), (G,G)}
b.
Titik
sampel (A,A), (A,G), (G,A), (G,G)
2.
Penyelesaiannya
:
a.
S={(1, 2,
3, 4, 5, 6)}
b.
Missal A
adalah kejadian mata dadu prima, A={2, 3, 5}
{GGG, GGA, GAG, GAA, AGG, AGA, AAG,
AAA}
|
|
a.
b.
Missal B
adalah kejadian muncul dua angka maka B={GAA, AGA, AAG}
4. Misal A=kejadian muncul mata dadu keduanya
genap maka
A={(2,2), (2,4), (2,6), (4,2), (4,4), (4,6), (6,2), (6,4), (6,6)}
5. S={GG, GA, AG, AA}.
Misal C=kejadian muncul paling sedikit satu gambar maka C={GG,GA,AG}
Yogyakarta,
12 Juli 2013
Guru
Mata Diklat
Nurlaila
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
SATUAN
PENDIDIKAN : SMK
KELAS/SEMESTER : X/1
TAHUN PELAJARAN : 2013/2014
WAKTU PENGAMATAN :
Indicator sikap aktif
dalam pembelajaran peluang
1.
Kurang
baik, jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam penyelesaian tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indicator sikap
kekerjasama dalam kegiatan kelompok
1.
Kurang
baik, jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegaiatan
kelompok
2.
Baik, jika
sudah ada usaha dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg
3.
Sangat
baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
Indicator sikap toleran
terhadap pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
1.
Kurang
Baik jika sama sekali tidak menunjukkan toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif
2.
Baik jika
sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten
3.
Sanat Baik
jika menunukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
SATUAN
PENDIDIKAN : SMK
KELAS/SEMESTER : X/1
TAHUN PELAJARAN : 2013/2014
WAKTU PENGAMATAN :
Indikator trampil menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan kejadian,
titik sampel dan ruang sampel.
1.
Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang berkaitan dengan kejadian, titik sampel dan ruang
sampel.
2.
Terampil
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang berkaitan dengan kejadian, titik sampel dan ruang sampel
tetapi belum tepat
3.
Sangat
terampil jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang berkaitan dengan kejadian, titik sampel dan
ruang sampel dan sudah tepat.
No
|
Nama
siswa
|
Keterampilan
|
Menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
|
KT
|
T
|
ST
|
1
|
Aan Setiadi
|
|
|
|
2
|
Adi Handoyo
|
|
|
|
3
|
Adib Akromi
|
|
|
|
4
|
Afandi Nugraha
|
|
|
|
5
|
Afroru Rokhibi
|
|
|
|
6
|
Agus M. Khariri
|
|
|
|
7
|
Agus setiawan
|
|
|
|
8
|
Ahmad Fais M.
|
|
|
|
9
|
Anissa suci
W.
|
|
|
|
10
|
Arif Fathoni
|
|
|
|
11
|
Atik Sariyani
|
|
|
|
12
|
Bima Ikhsan S.
|
|
|
|
13
|
Dani Kurniawan
|
|
|
|
14
|
Fahri Nur F.
|
|
|
|
15
|
Imron Masud
|
|
|
|
16
|
Lanang Asil I.
M.
|
|
|
|
17
|
Mardian Adi N.
|
|
|
|
18
|
M. Masykuri
|
|
|
|
19
|
Rizqi Ardiyan D.
|
|
|
|
20
|
Septi Vera A.
|
|
|
|
KT =
Kurang Terampil
T =
Terampil
ST =
Sangat Terampil
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : X/1
Program keahlian : Umum
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : Eksponen dan Logaritma
Waktu : 2 × 45 menit
I.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran
eksponen (pangkat bulat positif) ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
3.
menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat
4.
menyatakan
hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat positif
5.
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif
dalam pemecahan masalah yang relevan
J.
Kompetensi Dasar
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.1
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
K. Indikator
Pencapaian Kompetensi
7.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
8.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
9.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
10.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
11.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
12.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
L. Materi
Matematika
Mengingat
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat negatif dan pangkat nol
Ø Definisi 1.1
Definisi
a bilangan real dan n bilangan bulat positif, adalah hasil kali bilangan a sebanyak n faktor, dapat ditulis : an = a x a x a x…. x a
Dengan
a sebagai basis bilangan pokok dan n sebagai pangkat
Ø Definisi 1.3
Untuk
a bilangan real dan , n bilangan bulat positif didefinisikan
Ø Definisi 1.4
Untuk
a bilangan real dan maka a0 =
1
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif serta terampil menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam
pemecahan masalah yang relevan.
Ø Sifat 1
Jika
a bilangan real, m dan n bilangan bulat
positif maka
Ø Sifat 2
Jika
a bilangan real, , m
dan n bilangan bulat positif maka
Ø Sifat 3
Jika
a bilangan real, ,
m dan n bilangan bulat
positif maka
M. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan STAD.
N. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
4.
Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami sifat – sifat bilangan berpangkat.
5.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu
dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana sifat – sifat bilangan berpangkat.
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memahami konsep dan sifat – sifat eksponen .
|
10 menit
|
Inti
|
9.
Guru bertanya kepada siswa bagaimana menyelesaikan permasalahan bilangan
pangkat bulat positif dari yang paling sederhana hingga kompleks
10.
Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru mengarahkan siswa untuk berpikir
deduktif
11.
Guru mengarahkan peserta
didik membentuk kelompok secara heterogen
12.
Guru menjelaskan materi tentang sifat – sifat bilangan berpangkat
13.
Guru
memberi tugas kepada kelompok (lembar
kerja kelompok) untuk didiskusikan dalam kelompok guna menyelesaikan
permasalahan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
14.
Selama kegiatan diskusi berlangsung, guru mengamati jalannya diskusi, dan
mencatat keaktifan siswa selama diskusi mengunakan lembar pengamatan
penilaian sikap
15.
Setelah diskusi selesai, guru meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusinya dan
kelompok yang lain memperhatikan, kemudian menanggapi dan menyempurnakan apa
yang dipresentasikan
16.
Setelah diskusi selesai guru membagikan soal latihan untuk evaluasi kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu
|
70 menit
|
Penutup
|
5.
Siswa
diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan sifat – sifat bilangan berpangkat
6.
Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan sifat – sifat bilangan berpangkat.
7.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
O. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
Alat:
4.
Lembar
kerja (siswa)
5.
Lembar
penilaian
Sumber Pembelajaran :
1.
Buku guru
matematika kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia kurikulum
2013
2.
Buku siswa
matematika kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia kurikulum
2013
3.
Buku
matematika untuk SMK dan MAK kelas X penerbit Erlangga
4.
Buku
matematika untuk SMK dan MAK kelas X penerbit Yudhistira
P. Penilaian
Hasil Belajar
5.
Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
6.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
g.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen.
h.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
i.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
c.
Menjelaskan
kembali pengertian konsep eksponen,pangkat bulat negatif dan pangkat.
d.
Menyatakan
hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat positif
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
b.
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
Q. Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes tertulis
KELOMPOK I
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Materi Ajar : Sifat-sifat Pangkat
Bulat Positif
Kompetensi Dasar
a.
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
b.
Mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
a.
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
b.
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
5.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Selesaikan pangkat bulat positif berikut dengan langkah- langkah seperti di bawah ini!
Permasalahan :
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
= menggunakan sifat ...
=
= =
....
KELOMPOK II
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Materi Ajar : Sifat-sifat Pangkat
Bulat Positif
Kompetensi Dasar
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.1
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
5.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Selesaikan pangkat bulat positif berikut dengan langkah- langkah seperti di bawah ini!
Permasalahan :
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
= menggunakan
sifat ...
=
=
=
KELOMPOK III
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Materi Ajar : Sifat-sifat Pangkat
Bulat Positif
Kompetensi Dasar
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.1
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
5.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Selesaikan pangkat bulat positif berikut dengan langkah- langkah seperti di bawah ini!
Permasalahan :
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
menggunakan
sifat ...
KELOMPOK IV
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Materi Ajar : Sifat-sifat Pangkat
Bulat Positif
Kompetensi Dasar
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
2.2
Mampu mentransformasi
diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin
dalam melakukan tugas belajar matematika
3.1
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat aktif
dalam pembelajaran eksponen
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
5.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Selesaikan pangkat bulat positif berikut dengan langkah- langkah seperti di bawah ini!
Permasalahan :
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
= menggunakan sifat ...
=
=
=
....
KELOMPOK V
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Materi Ajar : Sifat-sifat Pangkat
Bulat Positif
Kompetensi Dasar
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.1
Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
5.
Menyatakan
kembali hubungan antara konsep eksponen dengan sifat-sifat pangkat bulat
positif
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah yang
relevan
Waktu : 20 menit
Petunjuk :
Selesaikan pangkat bulat positif berikut dengan langkah- langkah seperti di bawah ini!
Permasalahan :
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
= menggunakan
sifat ...
SOAL-SOAL LATIHAN INDIVIDU
Terapkan berbagai sifat eksponen untuk menentukan hasil operasi
bilangan pada soal yang disajikan berikut ini.
Dan ujilah kebenaran hasilnya !
1.
2.
3.
4.
5.
Catatan :
Penskoran tidak saja
memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang meliputi
pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah),
penalaran (logis) serta ketepatan strategi memecahkan masalah!
KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN (JUMLAH SKOR TOTAL 100)
1.
Skor 20
= menggunakan sifat 1 (5)
= (5)
= (5)
= 128 (5)
2.
Skor 20
= menggunakan
sifat 2 kasus b (8)
= 4x4 (5)
= (3)
= (2)
3.
Skor
20
menggunakan
sifat 3 (6)
(5)
(4)
(3)
(2)
4.
Skor
20
= menggunakan sifat definisi 1.1 (5)
= (5)
= (5)
= 144 (5)
5.
Skor
20
= menggunakan sifat definisi 1.1 (5)
= (5)
= (5)
= (5)
.
Yogyakarta,
10 Juli 2013
GURU MATA DIKLAT
SUGIHARTO
(SMKN 1 Ampelgading Pemalang)
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran trigonometri
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap
toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.
Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat
menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.
Terampiljika menunjukkan
sudah ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi
belum tepat.
3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di
berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
Menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
|
KT
|
T
|
ST
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil