ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

Sunday 8 December 2013

CONTOH RPP MAPEL BHS INDONESIA KURIKULUM 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Satuan Pendidikan
:
SMK  Kendal
Kelas / Semester
:
X /1
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Tema
Subtema
:
:
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Teks Eksposisi
Pertemuan
:
2 x Pertemuan
Alokasi Waktu         
:
4x 45 menit


A.
Kompetensi Inti

1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun responsif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan aasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.
Kompetensi Dasar

1.2         Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
2.5         Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
  Indikator:  Dapat menjelaskan isi teks eksposisi baik melalui lisan maupun  tulisan.
                      Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui  lisan maupun tulisan.

4.1  Menginterpretasi makna  teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:  Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik  melalui lisan maupun tulisan.






C.
Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah pembelajaran peserta didik dapat  memiliki sikap:
1.        Peduli terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan  konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
2.        Santun dalam mengemukakan pendapat berkaitan dengan konflik sosial, ekonomi, dan kebijkan publik
Selama dan setelah pembelajaran peserta didik memiliki pengetahuan :
1.        Dapat menjelaskan pokok-pokok pikiran teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
2.        Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.        Dapat menjelaskan ciri bahasa teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
Selama dan setelah pembelajaran peserta didik memiliki keterampilan :
Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.

D.
Materi Pembelajaran
1.        Pemahaman struktur isi teks eksposisi
2.        Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
3.        Pemahaman isi teks eksposisi
4.        Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
5.        Pemahaman isi teks eksposisi

E.
Metode Pembelajaran:
1.        PendekatanScientific (Ilmiah)
2.        Model : Project Based Learning
3.        Metode: Diskusi, inkuiri, penugasan.



F.      Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam dan memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik
3.    Guru menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru membentuk kelompok belajar beranggotakan 4 – 5 siswa
15 menit

Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
Mengamati
Peserta didik membaca contoh teks eksposisi Menanya
Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi
Menalar
1.    Peserta didik menjelaskan pokok-pokok pikiran yang ada dalam teks eksposisi
2.    Peserta didik menjelaskan ciri bahasa eksposisi
Mencoba dan membuat jejaring
1.    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan santun
2.     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang teks eksposisi di depan kelas.
3.     Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru tentang eksposisi..
4.     Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan referensi dari guru
5.     Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


10 menit




5 menit






15 menit









30 menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.    Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15
Menit
.


Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.         Guru memberi salam dan memimpin doa
2.         Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik
3.         Guru memberi informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.         Guru menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.         Guru membentuk kelompok belajar beranggotakan 4 – 5 peserta didik

15 menit
Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
Mengamati
1.         Peserta didik membaca contoh teks eksposisi
2.        Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks
Menanya
1.         Peserta didik menanyakan tentang ciri umum teks eksposisi
2.         Peserta didik menanyakan struktur isi teks eksposisi yang dibaca dan diamati
Menalar
1.    Peserta didikmengidentifikasi struktur dan kaidah teks eksposisi
2.    Peserta didik menemukan pokok-pokok argumentasi yang terdapat dalam teks tersebut
Mencoba dan membuat jejaring
1.     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan kaidah teks eksposisi
2.     Peserta didik berdiskusi untuk menyusun kembali pokok-pokok pendapat yang ada dalam teks dengan kalimat yang berbeda tetapi tidak mengubah isi
3.     Peserta didik membuat ringkasan teks eksposisi tersebut menjadi satu kalimat yang mudah dipahami
4.     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang teks eksposisi di depan kelas.
5.     Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru tentang eksposisi..
6.     Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan referensi dari guru
7.     Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


10 menit








5  menit





15 menit






30 menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.    Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.    Peserta didik mendapatkan  penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15 menit

G
Media dan Sumber Pembelajaran:
1.        Model Teks Eksposisi
2.        Buku Teks Bahasa Indonesia
3.        Buku Penunjang
4.        KBBI

H. Penilaian  Hasil Belajar
1. Buatlah rumusan pengertian tentang teks eksposisi
2. Ambilah 5 istilah yang ada di dalam teks eksposisi Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris , kemudian carilah artinya, dan buatlah dalam kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar !



Mengetahui                                                                             Kendal, 1 November  2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bahasa Indonesia






































Rubrik Penilaian
1.         Penilaian Uraian


KUNCI / KRITERIA JAWABAN/ ASPEK YANG DINILAI
TINGKAT
SKOR
1
ISI EKSPOSISI
·         Sesuai dengan isi kutipan, luas dan lengkap, amat terjabar.
·         Sesuai dengan kutipan, luas dan lengkap, terjabar krang baik.
·         Sesuai dengan kutipan,kurang  luas dan kurang lengkap, terjabar kurang baik.
·         Tidak sesuai dengan kutipan, tidak luas dan tidak lengkap, terjabar tidak  baik.


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16
2
STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS EKSPOSISI
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi amat tinggi
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi kurang baik.
·         Benar, kurang lengkap lengkap, kurang  jelas, miskin gagasan, logis, kohesi kurang baik
·         Tidak benar, tidak lengkap, tidak jelas   jelas, miskin gagasan, tidak logis, kohesi  tidak baik


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 – 9
3
KAIDAH TATA BAHASA
·         Amat menguasai tata bahasa, amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat.
·         Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna
·         Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·         Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat tidak komunikatif


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
4.
INTERPRETASI TEKS
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, dankomunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, tetapi kurang komunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis,tetapi kurang  runtut dan kurang komunikatif
·         Tidak sesuai dengan isi teks, tidak lengkap,tidak  logis, tidak runtut, dan tidak komunikatif

Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang
27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16




2.         Penilaian Presentasi

Nama
:
Kelas/NIS
:
Tanggal
:

No
Aspek
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang


4
3
2
1
1
Persiapan




2
Penyampaian




3
Penampilan




4
Komunikasi nonverbal




5
Komunikasi Verbal




6
Pemanfaatan piranti Bahasa




7
Alat Bantu Visual




8
Tanggapan terhadap Pertanyaan




9
Isi





Jumlah







Mengetahui                                                                             Kendal, 1 November  2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bahasa Indonesia




Drs. Suroyo                                                                             Siti Aminatun,S.Pd.
NIP 19620310 198703 1 013                                                 NIP. 19740309 200801 2 007

0 komentar:

Post a Comment

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)



APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4