ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Monday, 10 June 2013

PENGERTIAN KOPERASI SYARIAH

Pengertian, Peran dan Fungsi Koperasi Syari'ah - Mengenai perekonomian pasti akan selalu berkaitan dengan kata-kata kesejahteraan, kemiskinan,regulasi dan lain sebagainya yang kita kenal. Namun pada kesempatan ini yang akan dibahas adalah mengenai kesejahteraan. Bagaimana mencapai kesejahteraan, bagaimana nilai-nilai yang harus dibangun untuk mencapainya,siapa saja sasarannya? Kesejahteraan itu akan bisa dicapai jika ada sebuah usaha yang maksimal dengan nilai-nilai yang harus dibangun. Sasaran kesejahteraan adalah seluruh manusia yang memiliki keinginan untuk itu. Ada banyak usaha yang bisa kita gunakan untuk mencapai kesejahteraan itu, salah satunya adalah koperasi.

Menurut Kagawa, bapak koperasi Jepang dalam buku Brotherhood Economics, bahwa koperasi merupakan kemitraan ekonomi yang memacu kesejahteraan sosial bersama dan penghindaran dari isapan kekuatan-kekeuatan yang meraih kedudukan istimewa dalam ekonomi. Sehingga akan sangat jelas istilah “share holder” (pemiliki modal) yang memeras perusahaan berdasarkan modal persahaman (equity based association) itu tidak dikenal dalam sistem koperasi.

Selanjutnya akan muncul pertanyaan bagaimana Islam memandang koperasi itu? Dalam Islam, koperasi tergolong sebagai syirkah/syarikah. Lembaga ini adalah wadah kemitraan, kerjasama, kekeluargaan, dan kebersamaan usaha yang sehat, baik, dan halal. Oleh sebab itu, makalah ini akan mencoba membahas mengenai koperasi syariah yang berlandaskan kepada syariat islam.


Pembahasan

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.

Berdasarkan pengertian tersebut, yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu:
  1. Perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi;
  2. Badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas.

Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.

Bung Hatta dalam buku Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun mengkategorikan social capital ke dalam 7 nilai sebagai spirit koperasi. Pertama, kebenaran untuk menggerakkan kepercayaan (trust). Kedua, keadilan dalam usaha bersama. Ketiga, kebaikan dan kejujuran mencapai perbaikan. Keempat, tanggung jawab dalam individualitas dan solidaritas. Kelima, paham yang sehat, cerdas, dan tegas. Keenam, kemauan menolong diri sendiri serta menggerakkan keswasembadaan dan otoaktiva. Ketujuh, kesetiaan dalam kekeluargaan.

Pemerintah dan swasta, meliputi individu maupun masyarakat, wajib mentransformasikan nilai-nilai syari’ah dalam nilai-nilai koperasi, dengan mengadopsi 7 nilai syariah dalam bisnis yaitu :
  1. Shiddiq yang mencerminkan kejujuran, akurasi dan akuntabilitas.
  2. Istiqamah yang mencerminkan konsistensi, komitmen dan loyalitas.
  3. Tabligh yang mencerminkan transparansi, kontrol, edukatif, dan komunikatif
  4. Amanah yang mencerminkan kepercayaan, integritas, reputasi, dan kredibelitas
  5. Fathanah yang mencerminkan etos profesional, kompeten, kreatif, inovatif
  6. Ri’ayah yang mencerminkan semangat solidaritas, empati, kepedulian, awareness
  7. Mas’uliyah yang mencerminkan responsibilitas.

Fungsi dan Peran Koperasi
Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi

Jenis-jenis Koperasi
Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen, koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya.
  1. Koperasi Simpan Pinjam, Adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman
  2. Koperasi Konsumen, Adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi
  3. Koperasi Produsen, Adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.
  4. Koperasi Pemasaran, Koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya
  5. Koperasi Jasa, Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya.

KOPERASI SYARIAH
Landasan, Azas dan Prinsip Koperasi Syariah 
1. Landasan Koperasi Syariah
Koperasi syariah berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945
Koperasi syariah berazaskan kekeluargaan
Koperasi syariah berlandaskan syariah islam yaitu al-quran dan assunnah dengan saling tolong menolong (ta’awun) dan saling menguatkan (takaful)
 
2. Prinsip Koperasi Syariah
      Koperasi syariah menegakan prinsip-prinsip ekonomi islam, sebagai berikut:
  • Kekayaan adalah amanah Allah swt yang tidak dapat dimiliki oleh siapapun secara mutlak
  • Manusia diberi kebebasan bermu’amalah selama bersama dengan ketentuan syariah
  • Manusia merupakan khalifah Allah dan pemakmur dimuka bumi
  • Menjunjung tinggi keadian serta menolak setiap bentuk ribawi dan pemusatan sumber dana ekonomi pada segelintir orang atau sekelompok orang saja

Koperasi syariah dalam melaksanakan kegiatannya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah islam sebagai berikut

  • Keanggotan bersifat sukarela dan terbuka
  • Keputusan ditetapkan secara musyawarah dan dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen (istiqomah)
  • Pengelolaan dilakukan secara transparan dan professional
    d. Pembagian sisa hasil usah dilakukan secara adil, sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa modal dilakukan secara terbatas dan professional menurut sistem bagi hasil
  • Jujur, amanah dan mandiri
  • Mengembangkan sumber daya manusia, sumber daya ekonomi dan sumber daya informasi secara optimal
  • Menjalin dan menguatkan kerjasama diantara anggota, antar koperasi serta dengan dan atau lembaga lainnya.

Fungsi dan Peran Koperasi Syariah
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya, guna meningkatkan kesejahteraan sosial ekonominya
  2. Memperkuat kualitas sumber daya insani anggota, agar menjadi lebih amanah, professional (fathonah), konsisten, dan konsekuen (istiqomah) di dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam dan prinsip-prinsip syariah islam
  3. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
    4. Sebagai mediator antara menyandang dana dengan penggunan dana, sehingga tercapai optimalisasi pemanfaatan harta
  4. Menguatkan kelompok-kelompok anggota, sehingga mampu bekerjasama melakukan kontrol terhadap koperasi secara efektif
  5. Mengembangkan dan memperluas kesempatan kerja
  6. Menumbuhkan-kembangkan usaha-usaha produktif anggota

Usaha Koperasi Syariah
  1. Usaha koperasi syariah meliputi semua kegiatan usaha yang halal, baik dan bermanfaat (thayyib) serta menguntungkan dengan sistem bagi hasil dan tanpa riba, judi atau pun ketidakjelasan (ghoro).
  2. Untuk menjalankan fungsi perannya, koperasi syariah menjalankan usaha sebagaimana tersebut dalam sertifikasi usaha koperasi.
  3. Usaha-usaha yang diselenggarakan koperasi syariah harus sesuai dengan fatwa dan ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia
  4. Usaha-usaha yang diselenggarakan koperasi syariah harus tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Modal Awal Koperasi

Membentuk koperasi memang diperlukan keberanian dan kesamaan visi dan misi di dalam intern pendiri. Selain itu, mendirikan koperasi syariah memerlukan perencanaan yang cukup bagus agar tidak berhenti di tengah jalan. Adapun agar diakui keabsahannya, hendaklah koperasi syariah disahkan oleh notaris. (Biaya pengesahan relatif tidak begitu mahal, berkisar 300 ribu rupiah).
Untuk mendirikan koperasi syariah, kita perlu memiliki modal awal. Modal Awal koperasi bersumber dari dana usaha. Dana-dana ini dapat bersumber dari dan diusahakan oleh koperasi syariah, misalkan dari Modal Sendiri, Modal Penyertaan dan Dana Amanah

Modal Sendiri didapat dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan, Hibah, dan Donasi, sedangkan Modal Penyerta didapat dari Anggota, koperasi lain, bank, penerbitan obligasi dan surat utang serta sumber lainnya yang sah. Adapun Dana Amanah dapat berupa simpanan sukarela anggota, dana amanah perorangan atau lembaga


Kesimpulan

Filosofi koperasi secara umum sudah mendekati konsep syariah. Namun, masih diperlukan beberapa penajaman bahkan perubahan, agar benar-benar sesuai syariah.
Koperasi syariah berdiri untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta turut membangun tatanan perekonomian yang berkeadilan sesuai dengan prinsip-prinsip islam.

Perkembangan koperasi di Indonesia yang sangat tidak membahagiakan belakangan ini justru diwarnai dengan perkembangan koperasi dengan sistem syariah. Koperasi syariah justru berkembang ditengah ribuan koperasi di Indonesia yang terhenti usahanya. Sebab, hingga kini ternyata sudah ada 3000 koperasi syariah di Indonesia yang mampu menghidupi 920 ribu unit usaha kecil.

Mungkin fenomena itu menjadi sesuatu yang mencengangkan. Sebab ditengah pesimisme masyarakat terhadap kemampuan koperasi, koperasi syariah justru mulai menunjukkan eksistensinya, meskipun belum banyak dikenal masyarakat luas. Namun ditengah kondisi masyarakat yang menyangsikan koperasi syariah tersebut, ada harapan besar bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sebab cara kerja koperasi yang mengedepankan asas kebersamaan dan keadilan, koperasi syariah menjadi unit usaha yang berprespektif. Sebab unit usaha yang dibangun dengan sistem syariah selama ini, nampaknya mulai menjadi lirikan masyarakat.

Ditengah perkembangan masyarakat muslim yang mulai sadar dan membutuhkan pengelolaan syariah, nampaknya menjadi lahan subur bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga manfaat berganda dari pengelolaan koperasi syariah bagi para anggota dan pengelolanya. Baca juga Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian, Peran dan Fungsi Koperasi Syari'ah

Pengertian, Peran dan Fungsi Koperasi Syari'ah - Mengenai perekonomian pasti akan selalu berkaitan dengan kata-kata kesejahteraan, kemiskinan,regulasi dan lain sebagainya yang kita kenal. Namun pada kesempatan ini yang akan dibahas adalah mengenai kesejahteraan. Bagaimana mencapai kesejahteraan, bagaimana nilai-nilai yang harus dibangun untuk mencapainya,siapa saja sasarannya? Kesejahteraan itu akan bisa dicapai jika ada sebuah usaha yang maksimal dengan nilai-nilai yang harus dibangun. Sasaran kesejahteraan adalah seluruh manusia yang memiliki keinginan untuk itu. Ada banyak usaha yang bisa kita gunakan untuk mencapai kesejahteraan itu, salah satunya adalah koperasi.

Menurut Kagawa, bapak koperasi Jepang dalam buku Brotherhood Economics, bahwa koperasi merupakan kemitraan ekonomi yang memacu kesejahteraan sosial bersama dan penghindaran dari isapan kekuatan-kekeuatan yang meraih kedudukan istimewa dalam ekonomi. Sehingga akan sangat jelas istilah “share holder” (pemiliki modal) yang memeras perusahaan berdasarkan modal persahaman (equity based association) itu tidak dikenal dalam sistem koperasi.

Selanjutnya akan muncul pertanyaan bagaimana Islam memandang koperasi itu? Dalam Islam, koperasi tergolong sebagai syirkah/syarikah. Lembaga ini adalah wadah kemitraan, kerjasama, kekeluargaan, dan kebersamaan usaha yang sehat, baik, dan halal. Oleh sebab itu, makalah ini akan mencoba membahas mengenai koperasi syariah yang berlandaskan kepada syariat islam.


Pembahasan

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.

Berdasarkan pengertian tersebut, yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu:
  1. Perorangan, yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi;
  2. Badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas.

Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.

Bung Hatta dalam buku Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun mengkategorikan social capital ke dalam 7 nilai sebagai spirit koperasi. Pertama, kebenaran untuk menggerakkan kepercayaan (trust). Kedua, keadilan dalam usaha bersama. Ketiga, kebaikan dan kejujuran mencapai perbaikan. Keempat, tanggung jawab dalam individualitas dan solidaritas. Kelima, paham yang sehat, cerdas, dan tegas. Keenam, kemauan menolong diri sendiri serta menggerakkan keswasembadaan dan otoaktiva. Ketujuh, kesetiaan dalam kekeluargaan.

Pemerintah dan swasta, meliputi individu maupun masyarakat, wajib mentransformasikan nilai-nilai syari’ah dalam nilai-nilai koperasi, dengan mengadopsi 7 nilai syariah dalam bisnis yaitu :
  1. Shiddiq yang mencerminkan kejujuran, akurasi dan akuntabilitas.
  2. Istiqamah yang mencerminkan konsistensi, komitmen dan loyalitas.
  3. Tabligh yang mencerminkan transparansi, kontrol, edukatif, dan komunikatif
  4. Amanah yang mencerminkan kepercayaan, integritas, reputasi, dan kredibelitas
  5. Fathanah yang mencerminkan etos profesional, kompeten, kreatif, inovatif
  6. Ri’ayah yang mencerminkan semangat solidaritas, empati, kepedulian, awareness
  7. Mas’uliyah yang mencerminkan responsibilitas.

Fungsi dan Peran Koperasi
Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi

Jenis-jenis Koperasi
Koperasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi koperasi konsumen, koperasi produsen dan koperasi kredit (jasa keuangan). Koperasi dapat pula dikelompokkan berdasarkan sektor usahanya.
  1. Koperasi Simpan Pinjam, Adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman
  2. Koperasi Konsumen, Adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi
  3. Koperasi Produsen, Adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya.
  4. Koperasi Pemasaran, Koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya
  5. Koperasi Jasa, Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya.

KOPERASI SYARIAH
Landasan, Azas dan Prinsip Koperasi Syariah 
1. Landasan Koperasi Syariah
Koperasi syariah berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945
Koperasi syariah berazaskan kekeluargaan
Koperasi syariah berlandaskan syariah islam yaitu al-quran dan assunnah dengan saling tolong menolong (ta’awun) dan saling menguatkan (takaful)
 
2. Prinsip Koperasi Syariah
      Koperasi syariah menegakan prinsip-prinsip ekonomi islam, sebagai berikut:
  • Kekayaan adalah amanah Allah swt yang tidak dapat dimiliki oleh siapapun secara mutlak
  • Manusia diberi kebebasan bermu’amalah selama bersama dengan ketentuan syariah
  • Manusia merupakan khalifah Allah dan pemakmur dimuka bumi
  • Menjunjung tinggi keadian serta menolak setiap bentuk ribawi dan pemusatan sumber dana ekonomi pada segelintir orang atau sekelompok orang saja

Koperasi syariah dalam melaksanakan kegiatannya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah islam sebagai berikut

  • Keanggotan bersifat sukarela dan terbuka
  • Keputusan ditetapkan secara musyawarah dan dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen (istiqomah)
  • Pengelolaan dilakukan secara transparan dan professional
    d. Pembagian sisa hasil usah dilakukan secara adil, sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa modal dilakukan secara terbatas dan professional menurut sistem bagi hasil
  • Jujur, amanah dan mandiri
  • Mengembangkan sumber daya manusia, sumber daya ekonomi dan sumber daya informasi secara optimal
  • Menjalin dan menguatkan kerjasama diantara anggota, antar koperasi serta dengan dan atau lembaga lainnya.

Fungsi dan Peran Koperasi Syariah
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya, guna meningkatkan kesejahteraan sosial ekonominya
  2. Memperkuat kualitas sumber daya insani anggota, agar menjadi lebih amanah, professional (fathonah), konsisten, dan konsekuen (istiqomah) di dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi islam dan prinsip-prinsip syariah islam
  3. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
    4. Sebagai mediator antara menyandang dana dengan penggunan dana, sehingga tercapai optimalisasi pemanfaatan harta
  4. Menguatkan kelompok-kelompok anggota, sehingga mampu bekerjasama melakukan kontrol terhadap koperasi secara efektif
  5. Mengembangkan dan memperluas kesempatan kerja
  6. Menumbuhkan-kembangkan usaha-usaha produktif anggota

Usaha Koperasi Syariah
  1. Usaha koperasi syariah meliputi semua kegiatan usaha yang halal, baik dan bermanfaat (thayyib) serta menguntungkan dengan sistem bagi hasil dan tanpa riba, judi atau pun ketidakjelasan (ghoro).
  2. Untuk menjalankan fungsi perannya, koperasi syariah menjalankan usaha sebagaimana tersebut dalam sertifikasi usaha koperasi.
  3. Usaha-usaha yang diselenggarakan koperasi syariah harus sesuai dengan fatwa dan ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia
  4. Usaha-usaha yang diselenggarakan koperasi syariah harus tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Modal Awal Koperasi

Membentuk koperasi memang diperlukan keberanian dan kesamaan visi dan misi di dalam intern pendiri. Selain itu, mendirikan koperasi syariah memerlukan perencanaan yang cukup bagus agar tidak berhenti di tengah jalan. Adapun agar diakui keabsahannya, hendaklah koperasi syariah disahkan oleh notaris. (Biaya pengesahan relatif tidak begitu mahal, berkisar 300 ribu rupiah).
Untuk mendirikan koperasi syariah, kita perlu memiliki modal awal. Modal Awal koperasi bersumber dari dana usaha. Dana-dana ini dapat bersumber dari dan diusahakan oleh koperasi syariah, misalkan dari Modal Sendiri, Modal Penyertaan dan Dana Amanah

Modal Sendiri didapat dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan, Hibah, dan Donasi, sedangkan Modal Penyerta didapat dari Anggota, koperasi lain, bank, penerbitan obligasi dan surat utang serta sumber lainnya yang sah. Adapun Dana Amanah dapat berupa simpanan sukarela anggota, dana amanah perorangan atau lembaga


Kesimpulan

Filosofi koperasi secara umum sudah mendekati konsep syariah. Namun, masih diperlukan beberapa penajaman bahkan perubahan, agar benar-benar sesuai syariah.
Koperasi syariah berdiri untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta turut membangun tatanan perekonomian yang berkeadilan sesuai dengan prinsip-prinsip islam.

Perkembangan koperasi di Indonesia yang sangat tidak membahagiakan belakangan ini justru diwarnai dengan perkembangan koperasi dengan sistem syariah. Koperasi syariah justru berkembang ditengah ribuan koperasi di Indonesia yang terhenti usahanya. Sebab, hingga kini ternyata sudah ada 3000 koperasi syariah di Indonesia yang mampu menghidupi 920 ribu unit usaha kecil.

Mungkin fenomena itu menjadi sesuatu yang mencengangkan. Sebab ditengah pesimisme masyarakat terhadap kemampuan koperasi, koperasi syariah justru mulai menunjukkan eksistensinya, meskipun belum banyak dikenal masyarakat luas. Namun ditengah kondisi masyarakat yang menyangsikan koperasi syariah tersebut, ada harapan besar bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sebab cara kerja koperasi yang mengedepankan asas kebersamaan dan keadilan, koperasi syariah menjadi unit usaha yang berprespektif. Sebab unit usaha yang dibangun dengan sistem syariah selama ini, nampaknya mulai menjadi lirikan masyarakat.

Ditengah perkembangan masyarakat muslim yang mulai sadar dan membutuhkan pengelolaan syariah, nampaknya menjadi lahan subur bagi koperasi syariah untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga manfaat berganda dari pengelolaan koperasi syariah bagi para anggota dan pengelolanya. Baca juga Sistem Ekonomi Campuran

Sunday, 2 June 2013

Cegah Penuaan dengan Sayuran Bayam

Cegah Penuaan dengan Sayuran Bayam

TRIBUNNEWS.COM - Bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan vitamin A, C serta asam folat. Sayuran favorit Popeye ini juga mempunyai efek antioksidan yang kuat. Karenanya, bayam digolongkan ke dalam makanan untuk mencegah efek penuaan.
Sayur bayam yang diolah dengan cara direbus akan berkurang kadar oksalat hijaunya. Tetapi kadar kalsiumnya meningkat.
"Memasak bayam bukan hanya memberi kita serat tapi juga nutrisi," kata Jill Nussinow, ahli gizi dan penulis buku The Veggie Queen.
Sayuran ini juga mengandung karotenoid, salah satunya lutein yang bermanfaat untuk memproteksi mata dari penyakit macular degeneration. Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Tuft University tahun 2008 yang meneliti 1.802 wanita usia 50-79 menemukan mereka yang mengonsumsi cukup lutein dan zeaxanthin dalam pola makannya, risikonya untuk terkena katarak turun 23 persen.
Selain bayam, sumber lutein dan zeaxanthin adalah brokoli, salada, kale, daun lobak, serta sayuran berwarna hijau tua lainnya.
Karetenoid juga bekerja untuk menetralisir radikal bebas pada kulit, sehingga memperlambat proses penuaan kulit. Kulit pun tetap segar bebas kerutan.
Untuk mengolah sayur bayam, Nussinow menyarankan agar sayuran ini baru dimasukkan ke dalam panci setelah air mendidih dan segera diangkat. Daunnya juga bisa dimakan mentah sebagai salad.

Berakhirnya Era Pemasaran Tradisional

Berakhirnya Era Pemasaran Tradisional


Editor’s note : Gabriel Montadaro adalah eksekutif perusahaan yang berpengalaman di industri retail & consumer Indonesia dan regional ASEAN. Saat ini ia menjabat sebagai vice president di PT.APL (Anugerah Pharmindo Lestari).

Untuk marketers, Web 2.0 menawarkan kesempatan baru yang luar biasa untuk melibatkan konsumen tetapi, banyak marketers yang masih terjebak mengeksekusinya dengan tools pemasaran tradisional.
Suka atau tidak, era 2.0 dan tsunami Media Sosial telah tiba dan telah menginfeksi kita dalam mencari informasi atau cara kita berinteraksi dengan orang lain. Ini bukan “business as usual” lagi, terutama untuk marketer dan brand owner.
Hanya dengan memahami trends kita akan mampu untuk memenangkan pangsa pasar, mind share dan heart share, berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi saat ini :

1. Perubahan kebiasaan konsumen
Sebuah studi baru oleh Starcom MediaVest Group, menemukan bahwa konsumen Cina menghabiskan waktu 3,25 jam sehari online dibandingkan dengan 2,21 jam menonton TV.
20130517-111658 Di AS, 65% dari orang yang lebih muda dari 30 tahun mengutip internet sebagai sumber berita utama mereka, hampir dua kali lipat dari 34% pada tahun 2007.
Saya sendiri tidak berlangganan koran atau majalah sejak tahun 2007, mengapa membaca koran fisik yang dicetak dengan headline yang sudah ada di sumber online hari kemarin.

2. On line media yang melampaui media tradisional
Tahun 2012 adalah pertama kalinya dalam sejarah AS, marketer diproyeksikan  menghabiskan lebih banyak pada iklan online dari pada iklan di majalah cetak dan surat kabar.
Menurut sebuah studi yang dirilis oleh eMarketer, iklan online diharapkan dapat menghasilkan $ 39,5 billion pada penjualan tahun 2012 – meningkat 23,3% dari tahun 2011 – dibandingkan dengan $ 33,8 billion di media cetak.
20130517-111642
3. Brand ambassador selebriti digantikan oleh influencer
Kami telah melihat ada banyak influencer , dari celebtwits ke celeb blogger yang memiliki lebih banyak followers, teman-teman, likes daripada selebritis. Orang-orang mencari kualitas konten lebih dari sekedar wajah cantik. Orang-orang menaruh kepercayaan pada pendapat mereka daripada selebriti yang muncul sebagai brand ambassador di iklan TV.

4. Komunikasi Massa kalah efektif dari Community Talks
Ya, orang masih cukup banyak menyalakan TV mereka saat mereka berada di rumah, setidaknya itu saya lakukan, tapi saya lebih “mendengarkan” ke TV daripada “menonton” itu. Selanjutnya, otak saya telah “memerintahkan” untuk men-sensor apa yang datang, hanya mendengarkan berita penting dan me-mute iklan.
Namun, situasi ini mungkin sangat berbeda ketika masyarakat mulai berbicara tentang suatu merek, orang cenderung jauh lebih tertarik dengan apa yang dibicarakan oleh circle mereka, Anda merasa jadul jika Anda tidak berpartisipasi dalam percakapan, lebih buruk lagi, jika Anda tidak tahu apa yang mereka bicarakan.

5. Semakin populernya multi-channel distribution
Berbicara tentang channel distribusi yang digunakan sangat sederhana, hanya  produsen mengirim barang ke distributor atau langsung menyimpan dan konsumen membeli dari toko. Sekarang ini, layanan dan produk sudah banyak yang didistribusikan melalui multi-channel. Saya bahkan bisa memesan makanan favorit saya, ayam betutu, langsung dari Bali untuk siap di kantor saya di Jakarta pada jam makan siang.

6. Balancing Talk and Listen
Dahulu menjadi Marketer adalah raja untuk mengendalikan apa, kapan, di mana dan bagaimana dia mengkomunikasikan merek kepada konsumen. Hari-hari itu telah berakhir. Hari ini Marketer yang baik harus menyeimbangkan berbicara dan mendengarkan, ini adalah era 2 way communication di mana konsumen dapat dan memiliki akses untuk berbicara dengan bebas. Gagal untuk mendengarkan mereka akan menempatkan merek Anda pada risiko yang besar.

20130517-111605

Terapi Musik, Tingkatkan Kekebalan Tubuh?

Terapi Musik, Tingkatkan Kekebalan Tubuh?

Terapi merupakan istilah untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental lewat rangsangan suara. Musik dipercaya bisa meningkatkan, memulihkan, maupun memelihara kesehatan fisik dan mental karena kemampuan musik membuat nyaman, menenangkan, dan bersifat universal. Musik juga sangat mudah diterima organ pendengaran kita, kemudian melalui saraf pendengaran disalurkan ke otak yang memproses emosi. Nggak jarang kan, kita jadi senang, sedih, terharu, bersemangat, atau teringat masa lalu hanya dengan mendengarkan musik?
So, apa semua musik bisa digunakan untuk terapi? Pada dasarnya iya. Tapi kita harus tahu pengaruh jenis musik tertentu terhadap pikiran. Setiap nada, melodi, ritme, harmoni, dan timbre punya pengaruh berbeda terhadap pikiran dan tubuh kita. Karenanya, dalam terapi, komposisi musik harus disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai, nggak sembarangan.
Kenapa musik sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia? Musik memiliki 3 bagian penting: beat yang mempengaruhi tubuh, ritme yang mempengaruhi jiwa, dan harmoni yang mempengaruhi roh. Dalam konser musik rock misalnya, nggak ada pemain maupun penonton yang cuma diam. Semua akan bergoyang dan nggak akan melupakan gerakan head banger, memutar-mutar kepala mengikuti irama musik rock yang nge-beat. Sementara saat sedih, orang biasa mendengarkan musik yang ritmenya teratur agar perasaan tenang dan nyaman.
Lalu, apa saja manfaat terapi musik, selain merilekskan tubuh? saat terapi musik dilakukan membuat sel dalam tubuh bereproduksi sehingga terjadi penyembuhan alami bagi penderita penyakit dan keseimbangan hormon yang membuat pikiran lebih fresh. yang baik akan memunculkan semangat sehingga pasien kembali memiliki motivasi hidup yang sempat melemah karena banyaknya beban dan masalah yang dipikirkan.
Masih ingat kalau memutar musik Mozart bisa mencerdaskan anak sejak dalam kandungan? Nah, terapi musik ini juga bisa digunakan para ibu hamil. Berdasarkan penelitian Frances Rauscher et al dari Universitas California, musik Mozart mampu menstimulasi otak bayi yang masih dalam pembentukan. Bagi orang dewasa, melatih otak dengan musik juga membuat memori ikut terlatih sehingga mencegah kepikunan dini. Mengingat irama dan lirik lagu yang kita suka sudah pasti menyenangkan, kan, apalagi bonus daya ingat yang makin oke!
Ternyata, manfaat terapi musik nggak berhenti di situ saja. Musik juga dapat mengurangi rasa sakit. Bagaimana bisa? Saat kesakitan, rasa takut, , dan marah yang bercampur jadi satu membuat otot-otot tegang. Ini justru memperparah rasa sakit. Dengan mendengarkan musik, secara nggak langsung tubuh, juga pikiran, jadi lebih rileks, sehingga perlahan rasa sakit tersamar dan terlupakan. Karenanya, terapi musik sering jadi pilihan bagi ibu hamil dan penderita penyakit kronis seperti kanker, jantung, stroke untuk mengurangi rasa sakit pasca-operasi.
Bagaimana dengan manfaat terapi musik bagi kekebalan tubuh kita? Pernah mendengarnya? Dr. John Diamond dan Dr. David Nobel melakukan riset dan menyimpulkan bahwa tubuh akan memproduksi hormon serotonin ketika musik yang didengar membuat kita senang dan nyaman. Hormon itulah yang membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga tubuh kebal terhadap penyakit.
Banyak manfaat terapi musik lainnya, seperti menghindari rasa jenuh terhadap rutinitas kerja dan olahraga, membuang kegelisahan dan mencegah , juga meredakan emosi pemicu konflik dalam sebuah hubungan, sehingga kehidupan rumah tangga dan lingkungan kerja lebih harmonis. Itu semua pada dasarnya karena musik ampuh memperbaiki mood. Apa pun yang kita lakukan dengan pikiran positif akan memberi hasil yang positif pula. Simpel, kan?

Pernah mendengar terapi musik? Ternyata, nggak cuma bisa menenangkan pikiran dan menghilangkan stres, terapi musik punya segudang manfaat untuk kesehatan psikis maupun fisik yang nggak diketahui banyak orang. Apa saja? Dan bagaimana terapi ini bekerja? Read on!

Anatomi dari Bisnis Model Freemium yang Menguntungkan

Anatomi dari Bisnis Model Freemium yang Menguntungkan


Definisi “scalable startup” (yang biasanya disingkat oleh praktisi internet startup hanya dengan istilah “startup” saja) menurut Steve Blank adalah “melayani unknown customer dengan unknown product”, scalable startup mencari model bisnis yang scalable dan repeatable.
Salah satu model bisnis startup yang bisa menjadi sangat besar adalah “freemium”.
Minggu lalu dalam obrolan dengan rekan saya, Danny Baskara, founder Evoucher.co.id, ia mengatakan bahwa sebagai seorang praktisi ecommerce, ia membuka banyak channel untuk menjual produk, seperti di Kaskus dan Toko Bagus. Di Kaskus sendiri, ia membeli fitur premium dari Kaskus, yang disebut “akun donator”, karena apabila menggunakan akun biasa (Free), kapasitas pesan (message) yang ia miliki di Kaskus hanya sedikit sekali, hanya sekitar 15 pesan untuk total inbox,outbox dan reply, sehingga untuk orang-orang seller seperti dia yang sudah merasakan bahwa Kaskus membantunya dalam melakukan penjualan dan mendapatkan profit, adalah hal yang wajar menjadi pelanggan akun donator dengan membayar Rp.30,000 per bulan.
Sebenarnya seperti apakah business model dari freemium itu sendiri ?
Memilih model bisnis freemium bisa menjadi brilian atau mematikan. Perbedaannya tidak hanya terletak pada eksekusi pemasaran, tetapi juga dalam sifat produk dan desain bisnis Anda. Dapatkah Anda mengkoordinasikan ketiganya untuk menjadi freemium berkelanjutan dan mendapatkan profit?
Ringkasan
  • Offering produk premium dapat memberikan penawaran value yang berbeda.  Anda harus memilih salah satu yang paling menguntungkan Anda dan yang paling sesuai dengan nilai produk yang Anda berikan.
  • Menggunakan analogi mobil gratis, jenis-jenis nilai premium (jenis freemium) meliputi: Cargo Freemiu dan Airbag Freemium. 
  • Setiap jenis freemium memiliki risiko yang unik terhadap kebutuhan pasar dan kekuatan pendanaan Anda agar berkelanjutan dan menguntungkan.
  • Setiap jenis freemium dapat diimplementasikan dengan buruk. Beberapa jenis mungkin tidak bekerja dengan produk Anda. Penerapan freemium memerlukan pemahaman yang mendalam dari value produk Anda.
  • Entrepreneurs harus yakin bahwa freemium adalah pilihan yang tepat untuk produk / pasar mereka. 
  • Freemium bisa sangat bermanfaat untuk memperoleh pangsa pasar, tetapi jika tidak dapat membuat konversi yang cukup untuk menawarkan produk premium, itu tidak baik.

Bukan satu value propositions, tapi dua

Value proposition Anda adalah sebuah proposal yang Anda buat terhadap calon pengguna atau pembeli, di mana mereka bertukar waktu atau sumber daya mereka untuk pengalaman yang mengubah hidup mereka yang produk Anda sediakan. Model bisnis freemium sebenarnya mengandung dua proposisi tersebut – satu set experiences yang bisa didapatkan user secara gratis, dan satu set pengalaman yang hanya dapat diperoleh dengan membayar. Untuk menjadi sukses (menguntungkan), kita perlu memahami bagaimana, kapan, dan mengapa value proposition yang satunya bisa berlaku dan user bisa terkonversi.

Jenis Premium Value

Untuk ilustrasi, mari kita bayangkan komponen gratis yang Anda tawarkan adalah kendaraan mobil sederhana. Kita harus memilih “Everyman’s car” atau mobil yang bisa dimiliki semua orang, karena salah satu unsur freemium yang menguntungkan adalah memiliki pasar yang besar (massive addressable market), kalau bisa “setiap manusia di planet ini” atau “setiap bisnis di planet ini”.
Jadi apa jenis premium offering berbayar yang dapat kami berikan kepada pengemudi kendaraan gratis kami?

Cargo Premium

ag_07fitbase_trunk Mobil gratis Anda dilengkapi dengan 2 kursi dan bagasi yang sangat kecil – baik ketika Anda tidak memiliki anak, atau 1 anak, tetapi pada saat Anda memiliki 2 anak-anak dengan tempat duduk khususnya dan kereta dorong, perjalanan ke luar kota menjadi sirkus karena Anda harus mengatur kursi, melipatnya dan berebut tas popok di sekitar kaki Anda.
163_0610_02z+2004_volkswagen_touareg+cargo_capacity Fitur berbayar mengatakan hanya dengan $ X per tahun Anda dapat menambahkan rak di atap atau trailer untuk mobil Anda (atau ekstensi limusin) yang akan membuat semua masalah ini pergi. Pengemudi yang keras kepala dan hemat akan terus berjuang dengan kapasitas yang kecil, tetapi setiap minggu rasa sakit untuk melipat dan sirkus datang kembali. Kebanyakan orang akhirnya akan membeli kapasitas ekstra.
Contoh : Dropbox, iCloud
Perhatikan perubahan yang terjadi pada kebutuhan user/customer terhadap offering ini.
Apabila pengemudi (user) memiliki 0 dan 1 anak, pengemudi tidak melihat premium offering penting.
Setelah pengemudi memiliki 2 anak, pengemudi melihat premium offering menjadi lebih penting daripada free offering karena adanya kerumitan dan keterbatasan.
Ini adalah cara yang halus namun penting untuk melakukan konversi.
Karakteristik kunci:
  • Upgrade yang tidak bisa dihindari selama costumer menggunakan produk ini.
  • Produk premium memberikan extension dari produk utama. Tetapi produknya sama saja (kapasitas bagasi) istilahnya adalah “more of the same”
  • Pemakaian produk yang bersifat free secara normal tetapi berulang terus justru semakin mengarahkan user untuk menggunakan premium feature.
  • Penurunan nilai penawaran gratis di mata user (bahkan) jika pengguna tetap menggunakan yang gratis.
Kesalahan yang bisa terjadi :
  • Anda memilih dimensi yang salah untuk dibatasi dalam fitur free dan melanggar aturan “more of the same”, bisa saja Anda tergoda untuk menekankan pembatasan pada storage space, kecuali apabila memang storage adalah benefit utama dari produk ini, Anda perlu memikirkan dimensi lainnya.
  • Anda memilih dimensi yang benar, tetapi tempat yang salah untuk mengambil garis pembeda antara free dan paid.
Dalam contoh Kaskus, untuk feature Kaskus premium, mereka menggabungkan antara kapasitas storage email lebih banyak, dengan fitur-fitur lain :
kaskus Donator

Airbag Premium

frontcrash Setiap orang ingin memiliki mobil, tapi setiap orang memiliki toleransi resiko yang berbeda. Anda dapat menjual mobil yang memiliki tingkat keamanan minimum, Dan menawarkan dia upgrade untuk mengurangi risiko. Anda bisa saja menawarkan produk ini untuk mengimbangi risiko pada kasus-kasus ekstrim (misalnya teknisi khusus dalam hal terjadi krisis Server), atau hanya menawarkan jaminan lebih aman dan ketenangan pikiran  (misalnya jaminan uptime server) .
Contoh: WordPress, Red Hat.
Karakteristik kunci :
  • Beberapa orang secara alami tentu akan tertarik dalam penawaran premium. Seperti pemerintahan dan B2C yang paranoia dan membutuhkannya.
  • Beberapa orang akan sangat puas dengan penawaran gratis sampai sesuatu yang buruk terjadi pada mereka atau seseorang yang mereka kenal.
  • Beberapa orang tidak akan pernah meng-upgrade karena mereka menyukai gratisan.
Kesalahan yang bisa terjadi :
  • Produk Anda digunakan dalam setting yang bersifat “low-stake” atau “tidak terlalu penting” orang tentu tidak akan mau meng-upgrade.
  • Pasar Anda tidak memiliki cukup banyak orang yang akan menggunakan produk Anda dalam kondisi “high stake setting” .
  • Perusahaan lain mengetahui bagaimana menjual safety sebagai add-on yang tidak melibatkan Anda.
Menurut blog Wensing M, jenis freemium lainnya adalah “cruise control”, “bells and whistles” dan “bomb freemium”, tetapi di Indonesia nampaknya kurang applicable, bahkan di Indonesia sendiri bisnis model freemium masih agak jarang diaplikasikan. Tetapi memahami konsep dasar freemium merupakan hal yang penting untuk startup founders.

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)



APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4