ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

Sunday, 2 June 2013

Anatomi dari Bisnis Model Freemium yang Menguntungkan

Anatomi dari Bisnis Model Freemium yang Menguntungkan


Definisi “scalable startup” (yang biasanya disingkat oleh praktisi internet startup hanya dengan istilah “startup” saja) menurut Steve Blank adalah “melayani unknown customer dengan unknown product”, scalable startup mencari model bisnis yang scalable dan repeatable.
Salah satu model bisnis startup yang bisa menjadi sangat besar adalah “freemium”.
Minggu lalu dalam obrolan dengan rekan saya, Danny Baskara, founder Evoucher.co.id, ia mengatakan bahwa sebagai seorang praktisi ecommerce, ia membuka banyak channel untuk menjual produk, seperti di Kaskus dan Toko Bagus. Di Kaskus sendiri, ia membeli fitur premium dari Kaskus, yang disebut “akun donator”, karena apabila menggunakan akun biasa (Free), kapasitas pesan (message) yang ia miliki di Kaskus hanya sedikit sekali, hanya sekitar 15 pesan untuk total inbox,outbox dan reply, sehingga untuk orang-orang seller seperti dia yang sudah merasakan bahwa Kaskus membantunya dalam melakukan penjualan dan mendapatkan profit, adalah hal yang wajar menjadi pelanggan akun donator dengan membayar Rp.30,000 per bulan.
Sebenarnya seperti apakah business model dari freemium itu sendiri ?
Memilih model bisnis freemium bisa menjadi brilian atau mematikan. Perbedaannya tidak hanya terletak pada eksekusi pemasaran, tetapi juga dalam sifat produk dan desain bisnis Anda. Dapatkah Anda mengkoordinasikan ketiganya untuk menjadi freemium berkelanjutan dan mendapatkan profit?
Ringkasan
  • Offering produk premium dapat memberikan penawaran value yang berbeda.  Anda harus memilih salah satu yang paling menguntungkan Anda dan yang paling sesuai dengan nilai produk yang Anda berikan.
  • Menggunakan analogi mobil gratis, jenis-jenis nilai premium (jenis freemium) meliputi: Cargo Freemiu dan Airbag Freemium. 
  • Setiap jenis freemium memiliki risiko yang unik terhadap kebutuhan pasar dan kekuatan pendanaan Anda agar berkelanjutan dan menguntungkan.
  • Setiap jenis freemium dapat diimplementasikan dengan buruk. Beberapa jenis mungkin tidak bekerja dengan produk Anda. Penerapan freemium memerlukan pemahaman yang mendalam dari value produk Anda.
  • Entrepreneurs harus yakin bahwa freemium adalah pilihan yang tepat untuk produk / pasar mereka. 
  • Freemium bisa sangat bermanfaat untuk memperoleh pangsa pasar, tetapi jika tidak dapat membuat konversi yang cukup untuk menawarkan produk premium, itu tidak baik.

Bukan satu value propositions, tapi dua

Value proposition Anda adalah sebuah proposal yang Anda buat terhadap calon pengguna atau pembeli, di mana mereka bertukar waktu atau sumber daya mereka untuk pengalaman yang mengubah hidup mereka yang produk Anda sediakan. Model bisnis freemium sebenarnya mengandung dua proposisi tersebut – satu set experiences yang bisa didapatkan user secara gratis, dan satu set pengalaman yang hanya dapat diperoleh dengan membayar. Untuk menjadi sukses (menguntungkan), kita perlu memahami bagaimana, kapan, dan mengapa value proposition yang satunya bisa berlaku dan user bisa terkonversi.

Jenis Premium Value

Untuk ilustrasi, mari kita bayangkan komponen gratis yang Anda tawarkan adalah kendaraan mobil sederhana. Kita harus memilih “Everyman’s car” atau mobil yang bisa dimiliki semua orang, karena salah satu unsur freemium yang menguntungkan adalah memiliki pasar yang besar (massive addressable market), kalau bisa “setiap manusia di planet ini” atau “setiap bisnis di planet ini”.
Jadi apa jenis premium offering berbayar yang dapat kami berikan kepada pengemudi kendaraan gratis kami?

Cargo Premium

ag_07fitbase_trunk Mobil gratis Anda dilengkapi dengan 2 kursi dan bagasi yang sangat kecil – baik ketika Anda tidak memiliki anak, atau 1 anak, tetapi pada saat Anda memiliki 2 anak-anak dengan tempat duduk khususnya dan kereta dorong, perjalanan ke luar kota menjadi sirkus karena Anda harus mengatur kursi, melipatnya dan berebut tas popok di sekitar kaki Anda.
163_0610_02z+2004_volkswagen_touareg+cargo_capacity Fitur berbayar mengatakan hanya dengan $ X per tahun Anda dapat menambahkan rak di atap atau trailer untuk mobil Anda (atau ekstensi limusin) yang akan membuat semua masalah ini pergi. Pengemudi yang keras kepala dan hemat akan terus berjuang dengan kapasitas yang kecil, tetapi setiap minggu rasa sakit untuk melipat dan sirkus datang kembali. Kebanyakan orang akhirnya akan membeli kapasitas ekstra.
Contoh : Dropbox, iCloud
Perhatikan perubahan yang terjadi pada kebutuhan user/customer terhadap offering ini.
Apabila pengemudi (user) memiliki 0 dan 1 anak, pengemudi tidak melihat premium offering penting.
Setelah pengemudi memiliki 2 anak, pengemudi melihat premium offering menjadi lebih penting daripada free offering karena adanya kerumitan dan keterbatasan.
Ini adalah cara yang halus namun penting untuk melakukan konversi.
Karakteristik kunci:
  • Upgrade yang tidak bisa dihindari selama costumer menggunakan produk ini.
  • Produk premium memberikan extension dari produk utama. Tetapi produknya sama saja (kapasitas bagasi) istilahnya adalah “more of the same”
  • Pemakaian produk yang bersifat free secara normal tetapi berulang terus justru semakin mengarahkan user untuk menggunakan premium feature.
  • Penurunan nilai penawaran gratis di mata user (bahkan) jika pengguna tetap menggunakan yang gratis.
Kesalahan yang bisa terjadi :
  • Anda memilih dimensi yang salah untuk dibatasi dalam fitur free dan melanggar aturan “more of the same”, bisa saja Anda tergoda untuk menekankan pembatasan pada storage space, kecuali apabila memang storage adalah benefit utama dari produk ini, Anda perlu memikirkan dimensi lainnya.
  • Anda memilih dimensi yang benar, tetapi tempat yang salah untuk mengambil garis pembeda antara free dan paid.
Dalam contoh Kaskus, untuk feature Kaskus premium, mereka menggabungkan antara kapasitas storage email lebih banyak, dengan fitur-fitur lain :
kaskus Donator

Airbag Premium

frontcrash Setiap orang ingin memiliki mobil, tapi setiap orang memiliki toleransi resiko yang berbeda. Anda dapat menjual mobil yang memiliki tingkat keamanan minimum, Dan menawarkan dia upgrade untuk mengurangi risiko. Anda bisa saja menawarkan produk ini untuk mengimbangi risiko pada kasus-kasus ekstrim (misalnya teknisi khusus dalam hal terjadi krisis Server), atau hanya menawarkan jaminan lebih aman dan ketenangan pikiran  (misalnya jaminan uptime server) .
Contoh: WordPress, Red Hat.
Karakteristik kunci :
  • Beberapa orang secara alami tentu akan tertarik dalam penawaran premium. Seperti pemerintahan dan B2C yang paranoia dan membutuhkannya.
  • Beberapa orang akan sangat puas dengan penawaran gratis sampai sesuatu yang buruk terjadi pada mereka atau seseorang yang mereka kenal.
  • Beberapa orang tidak akan pernah meng-upgrade karena mereka menyukai gratisan.
Kesalahan yang bisa terjadi :
  • Produk Anda digunakan dalam setting yang bersifat “low-stake” atau “tidak terlalu penting” orang tentu tidak akan mau meng-upgrade.
  • Pasar Anda tidak memiliki cukup banyak orang yang akan menggunakan produk Anda dalam kondisi “high stake setting” .
  • Perusahaan lain mengetahui bagaimana menjual safety sebagai add-on yang tidak melibatkan Anda.
Menurut blog Wensing M, jenis freemium lainnya adalah “cruise control”, “bells and whistles” dan “bomb freemium”, tetapi di Indonesia nampaknya kurang applicable, bahkan di Indonesia sendiri bisnis model freemium masih agak jarang diaplikasikan. Tetapi memahami konsep dasar freemium merupakan hal yang penting untuk startup founders.

0 komentar:

Post a Comment

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)


15. Arsip Blog


APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

9

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4