KOMPETENSI INTI DAN
DASAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013
1.6
Kompetensi DasarBahasa Inggris
KELAS:
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji
bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan
selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada
kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang
pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
|
4.
Mengolah,menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis.
4.2 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.4 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.5 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.7 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk
waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.8 Menangkap
makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting
teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
4.12 Menyusun teks
tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap
makna teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman,
kegiatan,
kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks
recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian,
peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15 Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
4.16 Menangkap
makna lagu sederhana.
|
KELAS
XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong
royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi
saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan
doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.4 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual
report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi
analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.11 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek
dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi
saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4 Menangkap makna
teks undangan resmi.
4.5 Menyunting
undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks
tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7 Menangkap
makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks
surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9 Menangkap
makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks
lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks
ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika
terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,
sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan
sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
4.14 Menangkap
makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan
umum.
4.15 Menangkap
makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal.
4.16 Menangkap
pesan dalam lagu.
|
KELAS XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percayadiri, dan bertanggungjawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan
jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta
responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta
perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuaidengan konteks
penggunaannya.
3.4 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks penyerta gambar
(caption), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6 Menganalisis struktur
teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk
teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas
XII.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan
fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk
berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.11 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa,
dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.2 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan yang mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.3 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian (extended),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.4 Menangkap
makna surat lamaran kerja.
4.5 Menyunting
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun surat
lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7 Menangkap
makna teks penyerta gambar (caption).
4.8 Menyusun teks
penyerta gambar (caption), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9 Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis
tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XII.
4.10 Menyusun teks
ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk
menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menyusun teks
lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai
konteks.
4.13 Menangkap
makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
4.14 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti
perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15 Menangkap
makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep
4.16 Menangkap
makna lagu.
|
0 komentar:
Post a Comment