ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

Tuesday 21 February 2012

BELAJAR DI SEKOLAH -SERI PENDIDIKAN BERKARAKTER




BELAJAR DI SEKOLAH
 (Makalah Pendidikan )

oleh
Hero Sultoni Comara
SMK NEGERI 4 KENDAL

BELAJAR DI SEKOLAH
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
Dia telah menciptakan manusai dari segumpal darah,
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam (baca tulis),
Dia mengajarkankepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”
(Q.S. 96: Al “Alaq :1-5)
Wahyu yang diturunkan kepada Rasul Muhammad di atas merupakan sebuah langkah revolusioner yang menjadikan masyarakat pada saat itu terbelalak. Mereka tercengang karena pada jaman itu adalah Jaman Jahiliyah atau jaman kebodohan. Di Jaman itu yakni Jaman kebodohan bukan berarti orang tidak pandai atau bodoh secara intelektual, mungkin teknologi yang dikembangkan sudah cukup maju , atau headnya sudah terisi bagus namun heart atau hati atau kecerdasan emosionalnya yang perlu diperbaiki. Dengan kondisi masyarakat yang tidak menghargai wanita bahkan keluarga akan sedih bila memiliki seorang bayi wanita sampai tega membunuh bayi yang tidak berdosa atau mentelantarkan istri bahkan ibunya. Kondisi yang demikian menjadikan keberkahan kehidupan menjadi sirna. 
Mungkin juga masyarakat saat itu memiliki hand dalam arti memiliki ketrampilan yang memadai yang ditandai saat itu banyak orang yang kaya dari berdagang dan menggunakan ketrampilan tangannya untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi kekayaan alam.  Sayangnya dalam pelaksanaan kehidupan masyarakat saat itu belum ada keadilan, yang kuat mengeksploitasi yang lemah, perbudakan merajalela dan terjadi disharmonisasi kehidupan.
Melihat kondisi yang demikian, maka Tuhan mengirimkan utusanNya yakni Muhammad Rasululloh untuk membenahi kondisi masyarakat yang semakin tidak karuan. Perintah pertama yang disampaikan melalui Rasululloh adalah perintah agar membaca. Membaca bukan hanya semata-mata membaca secara formal seperti membaca buku dan literatur atau referensi yang lain namun membaca dalam artian luas yakni belajar. Belajar atau membaca dapat dilakukan dengan  melihat situasi yang berkembang seperti situasi perkembangan lingkungan,  kondisi sosial yang berkembang maupun  kondisi alam yang terjadi. Secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :
-a.Belajar dari Situasi Perkembangan Lingkungan Hidup
- Keluarga
Keluarga adalah sebuah lingkungan hidup terkecil, namun di dalam keluarga itulah kehidupan kita banyak berada di dalamnya. Justru dalam keluarga itulah pendidikan dimulai. Ketika pendidikan awal dimulai maka warna pendidikan akan sangat dominan. Di sinilah peran keluarga dalam mewarnai pendidikan bagi sikap, perilaku dan perbuatan sangat ditentukan.
Dalam sebuah keluarga yang paling dominan dalam memberi warna pendidikan adalah orang tua khususnya ibu. Ibulah yang akan memberikan arah kemana anak akan memilih keyakinan, memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban serta tanggung jawab dan mendapatkan bekal kepribadian.
Pemahaman tentang agama dan keyakinan diperoleh dari keluarga sejak kecil. Sebagai anak tidak mungkin menolak ajaran dan keyakinan yang diberikan oleh orang tuanya. Dasar keagamaan yang diberikan setiap hari selama bertahun-tahun menjadikan agama dan keyakinan menjadi dasar dalam beribadah dan akan dibawanya sampai dewasa.
Sedangkan pemahaman tentang hak dan kewajiban diperoleh dalam menjalani kehidupan sehari hari. Esensi dari dua hal tersebut akan dipraktekkan dan dijadikan landasan hidup. Bahkan seringkali secara tidak sadar anak akan menuntut haknya kepada orang tua bila orang tua tidak segera menunaikan kewajibannya. Sebagai contoh anak belum membayar kewajibannya membayar uang sekolah, maka anak akan menuntut orang tuanya agar segera menyediakan sejumlah uang untuk membiayai sekolahnya. Anak merasa bahwa ia sudah menunaikan kewajiban untuk sekolah dan kini ia menuntut kewajiban orang tuanya untuk membayar uang sekolah. Sebenarnya akan lebih baik bila anak dapat membaca kemampuan orang tua dan berupaya meringankan beban orang tua misalkan dengan melakukan usaha kewirausahaan sekalipun dalam bentuk usaha yang sederhana misal jualan kue ketika ke sekolah.
Kesadaran anak untuk dapat membantu orang tuanya akan dapat timbul bila kepribadian anak dibina oleh orang tuanya dengan baik. Kepribadian ini menjadi sangat penting bagi seorang anak dalam menghadapi kerasnya persaingan kehidupan di masa mendatang. Dengan pribadi yang baik, maka akan mempermudah jalannya dalam  mencari penghidupan. Orang lain akan merasa simpati bila melihat orang lain memiliki pribadi baik dan ia akan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada orang yang memiliki kepribadian yang baik itu bila ada kesempatan atau lowongan kerja.
Dengan demikian belajar dalam lingkungan keluaraga adalah pendidikan pertama kali dan akan dibawa sampai dewasa dan tua. Pelajaran yang diperoleh oleh seorang anak dalam keluarganya akan menjadi bekal utama dalam kehidupannya kelak. Dalam lingkungan keluargalah  dasar pendidikan berkarakter diperoleh seorang anak.     
- Sekolah
Sekolah adalah lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat untuk menerima dan memberi pelajaran. Dalam sekolah itulah terjadi interaksi antara pendidik dan siswa didik. Guru tidak hanya sekedar mentranfer pengetahuan yang dimilikinya sesuai kompetensi namun juga mendidik. Untuk itu guru tidak hanya dituntut bisa mengajar namun juga membangun karakter peserta didik.
Dengan membangun karakter peserta didik maka diharapkan setelah menamatkan pendidikannya peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual (head) saja namun juga memiliki keseimbangan emosional (heart) dan ketrampilan yang memadai (hand).
Untuk dapat menguasai kemampuan yang timbul dari head, heart dan hand, seorang peserta didik harus tekun dalam belajar, mengikuti perintah guru dan berdisiplin. Peserta didik bisa tekun belajar bila ia memiliki motivasi yang baik dan niat yang didukung kesadaran bahwa pendidikan yang sedang ia tempuh adalah untuk kepentingan dirinya kelak bukan untuk orang tuanya.
Bila peserta didik sudah membangun niat dengan baik, maka untuk melakukan perintah guru juga lebih ringan dan tidak ada penolakan ataupun kemalasan. Ia akan dengan suka rela melakukan tugas sekolah dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu. Pondasi ini juga sangat diperlukan agar peserta didik dapat berdisiplin di sekolah. Disiplin tersebut mencakup disiplin masuk sekolah, disiplin menggunakan atribut dalam berpakaian, disiplin mengikuti pelajaran dan disiplin pulang sekolah sampai disiplin mengerjakan tugas.
Dengan demikian sekolah merupakan wahana bagi seseorang dalam memperoleh bekal atau ilmu untuk kehidupanya kelak. Dengan belajar di sekolah akan didapatkan kecerdasan yang bersumber dari head, heart dan hand.
- Masyarakat
Lingkungan masyarakat di mana kita tinggal juga ikut mewarnai perilaku kita dalam kehidupan. Oleh karena itu kita harus pandai memilih lingkungan di mana kita akan tinggal. Lingkungan yang relatip baik untuk kita pilih antara lain seperi yang dekat dengan masjid/musholla atau tempat ibadat lainnya, lingkungan yang masyarakatnya saling toleran dalam beragama, lingkungan yang menjauhi kemaksiatan dan lingkungan yang memiliki kebiasaan yang mendidik.
Lingkungan yang dekat dengan tempat ibadah seperti masjid atau musholla memang bukan jaminan mencerminkan bahwa masyarakat sekitarnya pasti baik, namun setidak-tidaknya nuansa ibadah selalu terasakan di sekitar kita tinggal. Dengan dekat dengan tempat ibadah, paling tidak tiap hari kita ‘dipaksa’ untuk sholat berjamaah dan mengikuti kegiatan keagamaan lainnya yang diselenggarakan di tempat ibadah tersebut. Bila kita sudah memiliki anak, maka anak kita juga akan terbiasa untuk selalu melakukan peribadatan, belajar mengaji dan berinteraksi dengan orang orang alim.
Di samping Lingkungan sekitar tempat ibadah tempat lainnya yang relatip baik adalah lingkungan yang masyarakatnya memiliki toleransi tinggi . Toleransi terutama dalam kehidupan beragama. Juga toleransi untuk melakukan keyakinannya. Lingkungan semacam ini secara mudah dapat dilihat dari kondisi masyarakatnya yang saling menghormati dan tidak ada persaingan tidak sehat dalam mengejar materi. Lingkungan seperti ini sekilas juga dapat dilihat dari kebiasaan masyarakatnya yang tidak suka ngerumpi, begadang yang tidak berguna atau ‘kongkow-kongkow’ tanpa tujuan.
Ada satu lingkungan lagi yang dapat dipertimbangkan untuk bisa kita tempati adalah lingkungan yang memiliki kebiaaan mendidik. Contoh lingkungan yang memiliki kebiasaan mendidik antara lain seperti tidak ada yang suka bertamu ketika waktu Magrib sudah tiba, tidak ada adat kebiasaan yang melanggar agama seperti kebiasaan bermain kartu menggunakan uang (Jw : keplek), mabuk- mabukan maupun kumpul-kumpulan untuk memprediksi nomor undian yang akan keluar (meramal) dan sebagainya.
Lingkungan yang sangat ideal adalah ketika waktu magrib tiba, anggota masyarakat di lingkungan itu mengadakan sholat jamaah bersama, mengaji dan bagi anak anak belajar. Apalagi bila kebiatan ini dilakukan sampai waktu sholat Isya’ dengan ditandai sholat berjama’ah di musholla.
Sedapat mungkin kita jangan memilih satu lingkungan masyarakat yang memiliki adat kebiasaan berjudi atau mabuk mabukan bila ada acara khusus seperti kematian, kelahiran pindah tempat dan sebagainya. Mengapa ? mungkin bagi kita selaku orang tua sudah dapat memilah dan memilih mana yang baik dan tidak baik, namun bagi anak kita, secara tidak langsung ia akan belajar dari lingkungan itu untuk dibawa ketika usia dewasa menjadi sebuah kebiasaan.
Lingkungan masyarakat memang merupakan satu miniatur kehidupan yang acapkali menjadi sebuah kampus untuk belajar bagi kita dan anak anak kita, oleh karena itu bila memilih lingkungan tempat tinggal pilihlah lingkungan yang baik yakni yang mencerminkan kehidupan toleransi beragama, saling menghargai dan masyarakatnya agamis. Namun bila kita sudah terlanjut memiliki lingkungan yang kurang ideal atau kurang sehat secara sosial, maka perlu adanya proteksi kepada anak-anak melalui pemberian pemahaman dan pengaturan waktu untuk belajar, beriteraksi dengan masyarakat dan memilihkan kegiatan yang bermanfaat bagi anak.
-,b.Belajar/Membaca Kondisi Poleksosbud Hankam yang Berkembang
-Politik
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Terbitan Balai Pustaka, kata ‘politik’ memiliki arti : Pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan. Politik juga memiliki arti segala urusan dan tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain. Arti kata politik lainnya adalah kebijakan; cara bertindak dalam menghadapi atau menangani suatu masalah.
Dalam belajar atau membaca masalah politik tentu saja kita tidak dapat terlalu masuk ke dalam lingkungan itu, kecuali bila kita menjadi pelaku yang terlibat langsung di dalamnya misalkan sebagai pengurus partai maupun anggota Dewan. Namun setidaknya kita membaca atau belajar dari gejala politik yang terjadi di pusat maupun daerah yang membawa dampak pada lingkungan di mana kita tinggal.
Jangan sampai kita dikatakan telmi (telat mikir) atau katrok (tidak cerdas) ketika ada kebijakan dari pemerintah yang berkaitan dengan masalah politik sampai kita ketinggalan misalnya informasi tentang pemilihan umum Presiden (Pilpres), penggantian menteri dan sebagainya. Apakah kita harus tahu sampai sedetail mungkin? Saya pikir tidak perlu demikian, namun paling tidak kita mengetahui dan dapat belajar arah kebijakan dan kemungkinan yang akan terjadi, sehingga bila ada orang lain yang bercerita kita bisa mengimbangi dan tidak dianggap terlalu terbelakang.
Dengan membaca atau mempelajari politik kita setidaknya juga akan mendapatkan gambaran tentang peta kenegaraan sehingga kita memiliki antisipasi dalam berbuat.
-Sosial
Masalah sosial mungkin paling banyak ada dilingkungan kita. Bila kita dapat menjadikan masalah itu sebagai cermin dan bahan kajian atau bahan pelajaran maka, kita akan menajadi lebih arif dalam bertindak. Misalkan kita melihat adanya satu darah yang tertimpa bencana, atau ada orang yang kekurangan bahan makanan atau sedang tertimpa musibah berupa sakit, kemudian kita jadikan masalah itu sebagai bahan diskusi bersama masyarakat untuk dipikirkan tindak lanjut dan kepedulian yang bisa dilakukan . Mungkin akan menjadi indah hidup ini.
Kita belajar atau membaca tidak hanya sekedar tahu bahwa ada sesuatu kondisi yang buruk di lingkungan sosial seperti ketika ada bencana sunami seperti yang terjadi di Jepang atau Lahar dingin di Merapi atau ulat Bulu di Jawa timur , namun alangkah baiknya bila kemudian kita dapat menghimpun dana untuk membantu mereka.
Kita juga perlu peduli ketika kita membaca adanya penduduk yang kekurangan makan atau bayi yang kekurangan gizi atau seorang TKW yang sedang tersangkut masalah di negeri orang. Bila kita tidak berdaya untuk berbuat lebih banyak misalkan membantu secara finansial, setidak tidaknya masalah tersebut dapat dijadikan cerminan agar lingkungan sekitar kita tidak tertimpa musibah seperti itu.
Yang paling bisa kita lakukan adalah belajar dari orang yang sedang tertimpa musibah berupa sakit, kecelakaan, kebakaran, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan sebagainya. Bila masalah sosial itu menimpa keluarga, saudara, tetangga , teman atau masyarakat sekitar kita maka sudah selayaknya kita ada kepedulian untuk mengulurkan tanggan memberi bantuan. Bila memiliki kelebihan harta, maka bisa diberikan dalam bentuk natura atau finansial, namun bila memang tidak ada kemampuan untuk itu paling tidak kita bisa memberikan rasa simpati berupa doa dan memberikan dorongan atau semangat kepada mereka.
- Budaya
Budaya di negri kita memang beraneka macam. Di lingkungan kita juga bervariasi. Sebagai  anggota masyarakat tidak mungkin kita menutup mata lalu berdiam diri ketika acara budaya itu dilaksanakan. Mungkin acara budaya itu tidak dikenal dalam agama, namun sebagai ujud kepedulian dan kerukunan bermasyarakat, kiranya kita harus cerdas dalam membaca event budaya tersebut agar tidak dianggap sebagai anggota masyarakat yang tidak mau bergaul dengan orang lain.
Bagaimana upaya kita agar cerdas membaca budaya yang ada di sekitar kita ? paling tidak kita menunjukkan kepedulian. Ketika bertemu dengan masyarakat niatilah bersilaturokhmi. Ketika mengikuti ritual jangan menjadi pemeran utama bila memang pendapatnya bahwa ritual itu menjurus kepada kemusyrikan. Sekedar hadir untuk ‘setor muka’ kemudian berpamitan dengan menyampaikan alasan mungkin akan lebih diapresiasi oleh masyarakat dari pada kemudian menunjukkan sikap yang anti atau bahkan menentang secara terang-terangan.
Dengan membaca dan mempelajari budaya yang ada dilingkungan kita akan dapat diperoleh tambahan khasanah pengetahuan dan kebijakan dalam bertindak.
-Pertahanan
Membaca dan mempelajari pertahanan suatu negara memang termasuk jauh dari kewenangan kita. Tetapi setidaknya dengan membaca model pertahanan suatu negara akan diperoleh strategi baik, guna mempertahankan prinsip dan eksistensi yang kita miliki. Ambillah contoh betapa tidak terduganya suatu penguasa yang sudah berkuasa puluhan tahun kemudian terguling hanya beberapa hari akibat dari arogansi dan meningkatnya kemiskinan serta banyaknya pengangguran. Betapa satu negara bisa goyah pertahanannya hanya gara-gara negara tetangganya juga digoncang masalah. Atau betapa tidak berdayanya seorang penguasa ketika ternyata para bawahannya yang selama ini dianggapnya sangat loyal ternyata menusuknya dari belakang dan mengadakan kudeta. Semua itu perlu kita baca dan pelajari dalam rangka mendapatkan strategi untuk mengatur dan memprtahankan kalangsungan kehidupan .
-Keamanan
Dengan membaca dan mempelajari situasi  keamanan yang sedang berkembang, maka kita menjadi tahu bagaimana kondisi lingkungan yang akan terjadi. Setelah kita mengetahui perkembangan situasi dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi kita dapat mempersiapkan langkah kedepan lebih mantab.
Bagi yang memiliki modal dan pandai membaca situasi keamanan maka akan diperolehnya keuntungan secara finansial. Bagaimana caranya? Yakni dengan jalan bermain dalam valuta asing maupun saham. Orang yang bermain dalam arena ini pasti akan membaca situasi yang terjadi bila tidak mau rugi atau bangkrut. Para investor yang bermain di bidang ini sangat cerdas dan piawai dalam membaca situasi keamanan sehingga ia bisa secara tepat menentukan kapan ia harus membeli dan kapan harus melepas kertas berharga itu.



- c.Belajar/ Membaca kondisi alam yang terjadi.
-Iklim
Iklim adalah keadaan hawa (suhu, kelembapan, per-awanan, hujan dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang lama (sekitar 30 tahun). Kita perlu mempelajari dan membaca iklim agar tidak terjadi salah prediksi dalam bertindak dan berusaha. Namun yang paling penting adalah bahwa dengan memahami serta mengetahui iklim yang berlangsung dalam suatu daerah dengan berbagai variasi akibat alamiahnya, harus mampu menumbuhkan rasa kekaguman pada yang kuasa sehingga menimbulkan kesukuran kepadaNya.
Kita bersyukur diberikan iklim yang sejuk, sehingga nyaman dalam menjalani kehidupan. Kita tidak perlu menggunakan AC di rumah karena cukup dengan kipas angin sudah merasa enak karena apa? Karena perubahan suhu antara siang dan malam tidak terlalu ekstrim.
Kita yang hidup di Nusantara ini persis di garis katulistiwa ini, mengalami siang dan malam yang hampir sama waktunya sehingga kita bisa mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat dengan sebaik-baiknya. Jadi bila kita cerdas membaca iklim yang diberikan Tuhan di negeri kita pasti kita akan selalu bersyukur dan tidak hanya terus mengeluh atau menyalahkan keadaan.

-Musim
Ada orang yang beranggapan bahwa sekarang ini sudah terjadi kesalahan musim. Artinya yang mestinya sudah masuk musim kemarau namun hujan masih terus saja turun. Atau sebaliknya yang mestinya sudah musim hujan namun masih terjadi kekeringan di mana-mana. Bila kita dapar belajar dan membaca musim, maka sebenarnya yang salah bukan musimnya namun justru manusianya. Mengapa manusianya? Ya karena manusia telah dengan rakusnya menebang hutan, mengapa manusia dengan sembarangan mengambil air  tanah dan mengapa manusia tidak mau menjaga lingkungan ini dengan rajin mengadakan reboisasi. Kabupaten Kendal merasa beruntung karena memiliki Bupati yang cerdas membaca musim sehingga mengambil kebijakan untuk mewajibkan kepada para pasangan yang menikah agar menanam sedikitnya dua batang pohon produktip ketika ia akan melangsungkan pernikahan.
Langkah ini mungkin bisa diikuti oleh para kepala sekolah yang mewajibkan muridnya bila terlambat masuk sekolah. Biasanya peserta didik yang terlambat masuk sekolah diberikan pembinaan dengan latihan fisik seperti lari atau push up,maka bisa diganti   bentuk hukumannya dengan menyiram tanaman, menanam tanaman atau mengembangkan tanaman produktip. Bila langkah tersebut dapat terus dilakukan dan ditindak lanjuti dengan kegiatan nyata lainnya maka program penanaman semilyard pohon akan segera terujud.

-Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu waktu. Cuaca memberi tanda-tanda pada manusia akan terjadinya sesuatu. Bila akan terjadi hujan, maka cuaca memberi tanda dengan mendung. Bila akan terjadi badai, maka cuaca memberi tanda dengan adanya awan gelap. Bila kita dapat belajar atau membaca tanda-tanda itu maka kita akan dapat mengambil langkah antispatip sebelum terjadinya sesuatu.
Setelah mengetahui bahwa cuaca mendung dan kilat sudah menyambar, guntur sudah mulai menggelegar, maka kita harus mempertimbangkan rencana kita untuk pergi. Bila acara itu memang harus dihadiri secara pribadi, maka ketika akan pergi perlu membawa mantel, payung atau menggunakan mobil.
Ketika ada informasi dari BMG bahwa pada minggu ini akan terjadi gelombang sangat besar di lautan, maka seyogyanya pelayaran atau para nelayan jangan melaut. Ketika sudah terbaca bahwa  cuaca ekstrim akan berlangsung lama, maka para petani akan mempertimbangkan tanaman yang akan diusahakannya. Bila dibaca bahwa dalam jangka empat puluh hari  ke depan banyak hujan maka jangan menanam bawang merah. Ketika tiga sampai enam  bulan mendatang banyak turun hujan maka jangan menanam tembakau.
Informasi dari BMG memang sifatnya perediksi atau ramalan, namun prediksi yang dilakukannya adalah menggunakan alat canggih dan menggunakan ilmu yang telah teruji. Dengan demikian lembaga itu dalam membaca cuaca jelas ada dasarnya dan tidak sembarangan. Maka bila secara cerdas dapat membaca cuaca kemudian menyikapi kejadian yang akan berlangsung secara arif, maka diharapkan kerugian lebih besar dapat dihindari. 
















DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional 2003,Standart Kompetensi , Jakarta , Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional 2004, Penyusunan Materi Pembelajaran, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional 2002, Program Sinergi Pemberdayaan  Potensi Mahasiswa, Jakarta: Depdiknas,
Gardner, HowRD, 1983, Frances of mind: The Theory of multiple Intellegence, New York : Basic Book
Indrajut, Richardus Eko, 2004, Arsitektur Sekolah Modern Indonesia .Presentasi Sajian.
Khan, Yahya, 2010 Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri , Yogyakarta , Pelangi Publishing.
Widada, 1994 . Dalam E Mulyana 2009, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatip dan Menyenangkan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
















0 komentar:

Post a Comment

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)


15. Arsip Blog


APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

9

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4