ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
Tahun PELAjaran ........
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : XII
PROGRAM STUDI :
GURU PENGAMPU : HERO SULTONI , s. pd,MM
PERANGKAT PEMBELAJARAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Program Tahunan
Program Semester
Jadwal Pelaksanaan
Rencana Kegiatan Pembelajaran
Silabus
RPP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII
Semester : GASAL DAN GENAP
PROGRAM TAHUNAN | ||||||
Mata Diklat | : | Bahasa Inggris | Kelas | : | XII | |
Kompetensi Keahlian | : | Semua Kompetensi Keahlian | Waktu | : | 70 JP x 45 menit | |
Semester | Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar | Alokasi | Keterangan | |||
Waktu | ||||||
GASAL | 3.1.Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu. | 8 JP | 14 minggu x 5 jam pelajaran = 70 jam pelajaran. | |||
3.2.Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli | 20 JP | |||||
3.3.Menyajikan laporan. | 8 JP | |||||
3.4.Memahami manual penggunaan peralatan. | 8 JP | |||||
3.5. Memahami surat – surat bisnis sederhana. | 10 JP | |||||
3.6. Memahami dokumen – dokumen teknis. | 8 JP | |||||
3.7. Menulis surat bisnis dan laporan sederhana. | 8 JP | |||||
| | JUMLAH | 70 JP | | ||
Kendal, | ||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 1)
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
C. Indikator
Ø Pertanyaan mengenai informasi umum (general information) yang terkait dengan monolog dijawab dengan benar.
Ø Pertanyaan mengenai isi monolog (detailed information) dijawab dengan benar.
D. Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi umum (general information) yang terkait dengan monolog dijawab dengan benar.
Ø Peserta didik mampu menjawab pertanyaan mengenai isi monolog (detailed information) dijawab dengan benar.
F. Materi Pembelajaran
Ø Short talks (advertisements, reports, announcements, dll)
Ø Relevant vocabulary.
Ø Antonym, synonym.
Ø Affixes : prefixes, suffixes.
G. Metode Pembelajaran
? Vocabulary games. ? Listening to recorded short talks. ? Discussion |
? Questions and answers.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
v Minggu I Pertemuan Pertama : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 10 menit )
Guru memberi motivasi peserta didik.
b. Kegiatan Inti : ( 110 menit )
Ø Guru memberi pertanyaan mengenai sebuah pengumuman, iklan dan laporan secara klasikal menurut monolog yang ada.
Ø Peserta didik menjawab tentang maksud dari monolog yang ada.
Ø Guru memberikan penjelasan mengenai materi.
Ø Peserta didik menjawab arti, persamaan dan lawan kata dari kosa kata baru yang mereka temui dan memberi imbuhan depan atau belakang dari kosa kata tersebut.
Ø Guru membahas jawaban siswa.
Ø Peserta didik terbagi menjadi 4 kelompok.
Ø Guru mengocok beberapa kartu, masing-masing kelompok berhak mengambil 1 kartu.
Ø Tiap kelompok harus berdiskusi untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kata yang berawalan dengan huruf yang diperoleh yang berhubungan dengan advertisement, report, announcement.
Ø Wakil kelompok menuliskan semua kata yang diperoleh berdasarkan huruf awalnya.
Ø Semua peserta diminta untuk mengoreksi. Kalau perlu, boleh melihat kamus.
Ø Tiap kata yang benar mendapatkan skor. Pemenang adalah pemegang skor tertinggi.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Peserta didik mereview materi yang baru saja diberikan.
v Minggu I Pertemuan Kedua : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Playing a game:
Ø Peserta didik berdiri dan secara berurutan akan mendapatkan gilirannya.
Ø Guru memulai permainan dengan menyebutkan satu kata, dan harus diteruskan oleh peserta secara berurutan. Kata berikutnya diawali dengan huruf terakhir dari kata sebelumnya.
Ø Peserta didik yang telah menyebutkan kata, duduk kembali.
b. Kegiatan Inti : ( 60 menit )
Ø Guru menjelaskan tentang TOEIC.
Ø Siswa mengerjakan soal TOEIC.
Ø Guru membahas jawaban TOEIC.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru dan siswa mengadakan tanya jawab mengenai isi TOEIC yang dianggap sulit.
v Minggu ke II Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : ( 80 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Antonym & synonym.
Ø Guru memberi contoh tentang Antonym & synonym.
Ø Guru menjelaskan Antonym & synonym.
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Antonym & synonym..
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan kunci kunci Antonym & synonym.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Antonym & synonym.
a. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke II Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a.Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Affixes : prefixes, suffixes.
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Affixes : prefixes, suffixes.
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Affixes : prefixes, suffixes. contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam Affixes : prefixes, suffixes.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
a. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Tape recorder, handout and card.
Sumber Belajar :
? Get Ready for TOEIC.
? Communication Builder English for Vocational School.
? Soal-soal UAN 2003 - 2011
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Writing test.
b. Bentuk Instrumen : Multiple choice (mini toeic).
K. Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu menjawab pertanyaan mengenai informasi umum (general information) yang terkait dengan monolog dijawab dengan benar. | 10 x 1 | 10 |
2. | Peserta didik mampu menjawab pertanyaan mengenai isi monolog (detailed information) dijawab dengan benar. | 5 x 1 | 5 |
| | | ( 15 : 15 ) x 100 = 100 |
Jumlah soal 15
Proses penilaian (15 : 15) x 100 = 100.
Jika siswa mendapat nilai perolehan 10, maka nilainya adalah (10/15) x 100 = 67.
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
Kendal,
Mengetahui,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Evaluasi :
Activity 1:
Ø 1&2. Announcement: “Attention, please. Continent Executive bus will be leaving for Bukit Tinggi through Pekanbaru at forteen and twenty”.
The answers: 1. A, 2. C. (UAN 2003).
Questions 1-2 refer to the following announcement.
1. Which bus goes to Bukit Tinggi?
A. Continental Executive. | C. Oriental Executive. |
B. Continental Business. | D. Oriental Business. |
2. What time is the bus leaving?
A. At 20.40 | C. At 14.20 |
B. At 14.40 | D. At 04.20 |
Ø 3&4 Man: Ladies and gentlemen. Welcome to the annual sales convention of our multi-level marketing business. We will be here for three days in a row for two reasons: to pick the food of our work and to strengthen our spirit. I know that all of you have worked hard during these past years. And that’s why you deserve big incentives and extra bonuses. You’ll soon find out how generous the company is to those who are willing to make an effort. What more important, however, is that we are here to extablish a more solid team work.
The answers: 3. B, 4. C (UAN 2006).
Question 3-4 refer to the following speech:
3. How many days will the convention last?
A. Two | C. Four. |
B. Three. | D. Five. |
4. What is the speech about?
A. The marketing of fruit and vegetables. | C. The establishment of a sales teamwork. |
B. The purpose of the yearly sales meeting. | D. The meeting of company directors. |
Ø 5&6 Woman: Boted of eating similar food day after day? Do you want to change? Try Streak Houser Restaurant. Steak House Restaurant is on the third loor of the most famous meeting point in town: the Plaza. Enjoy our salmon steak for only ten dollars and forty-five cents, or our chicken steaks for only eight dollars and ninety cents, or you might want to taste our saline steak with mashed potato. Mmm marvelous! Come with your family and have a big feast at the Steak House Restaurant at the third floor of the Plaza.
The answers: 5. D, 6. C (UAN 2006)
Question 5 – 6 refer to the following advertised:
5. What product is advertised?
A. Fish and chips. | C. Mashed potato. |
B. Beaf and chicken. | D. Different kinds of steaks. |
6. Where is the Steak House Restaurant?
A. On the first floor of the Plaza. | C. On the third floor of the Plaza. |
B. On the second floor of the Plaza. | D. On the fourth floor of the Plaza. |
Ø 7&8 La Palomar Health Club is now opening. We offer you some new facilities you’ve never imagine before with a reasonable price. Join our membership now and you will get a 20 percent discount. A membership will enable access to any facilities that we provide. Call 345_4536 for more information.
The answers: 7. A 8. C (GET READY FOR TOEIC)
Question 7 – 8 refer to the following advertisement:
7. What will one get if he becomes a member now?
A. A price reduction. | C. Hotel access. |
B. New facilities. | D. A refund. |
8. How will the interested customer get the information about the health club?
A. Visit the club. | C. Call the club. |
B. Get the brochure. | D. Contact the manager. |
Ø 9&10 Maxima Hotel has job openings for receptionists, bell boys and cooks. The candidates must have an experience in hotel and tourism industry. We provide good salaries and some other fringe benefits. Call now at 654-8843.
The answers: 9. B, 10. B (Get ready for Toeic).
Question 9 – 10 refer to the following talk:
9. What is this talk about?
A. Salary raise. | C. Phone lines. |
B. Job vacancy. | D. Hotel aand tourism. |
10. What does the hotel offer the applicants?
A. Experience. | C. Phone number. |
B. good salaries and benefits. | D. company cars. |
Activity 2:
Reading Comprehension.
Question 1 – 3 refer to the following information:
Mecca is Islam’s holiest city, home to the Kaaba shrine and the Grand mosque. The city is known for the annual Hajj pilgrimage, being one of the five pillars of Islam. In the 7th century, the Islamic prophet, Muhammad, proclaimed Islam in the city. The city played an important role in the early history of Islam and now it is an important trading center. After 966, Mecca was led by local Sharifs, until 1924, when it cam under the rule of the Saudis. In this modern period, Mecca has seen a great expansion in size and infrastructure.
The modern day city is located in the capital of Saudi Arabia’s Makkah Province, in the historic Hejaz region. With a population of 1,700,000 (2008), the city is located 73 kilometers (45 miles) inland from Jeddah, in a narrow valley, and 277 meters (910 ft) above sea level.
1. What is the text about?
- Saudi Arabia.
- The size of the city.
- The city of Mecca.
- The location of the city.
2. Why is Mecca important?
- It has more than 2 million inhabitants.
- It has a modern infrastructure.
- It is a word trade center.
- It is a holy city.
3. “…, when it came … (paragraph 1).”
The underlined word refers to ….
- Sharifs.
- Saudis.
- Mecca.
- Province.
Question 4 – 5 refer to the following information:
A great earthquake occurred at 6:58 a.m. local time on Sunday, 26 December 2004. it triggered massive tsunami (SOO-NAH-MEE) that affected several countries throughout south and southeast Asia.
By December 30, 2004 the death toll from the Asian tsunami disaster had arisen to over 100,000 people and by 5 January 2005, the number approached 150,000.
4. In the Asian tsunami disaster, how many people were probably killed by the end of December 2004?
- Less than 100.000.
- More than 100.000.
- Over 10.000.
- Over 150.000.
5. The antonym of the word “massive” in line 2 is ….
- big
- large
- SMKll
- thin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 2)
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
C. Indikator
Ø Ungkapan – ungkapan untuk membuat reservasi yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat. Ø Ungkapan – ungkapan untuk mengajukan keluhan yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat. Ø Ungkapan – ungkapan untuk membuat kesepakatan ( arrangement ) di gunakan dengan tepat. Ø Ungkapan – ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan dengan tepat. Ø Ungkapan – ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini ataupun masa lampau ( conditional sentences and subjunctive wish ) di gunakan dengan tepat. Ø Ungkapan – ungkapan yang di pakai dalam wawancara di gunakan secara tepat. |
D. Alokasi Waktu :20 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Ø Memahami ungkapan – ungkapan untuk membuat reservasi yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat.
Ø Memahami ungkapan – ungkapan untuk mengajukan keluhan yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat.
Ø Memahami ungkapan – ungkapan untuk membuat kesepakatan (arrangement) di gunakan dengan tepat.
Ø Memahami ungkapan – ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan dengan tepat.
Ø Memahami ungkapan – ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini ataupun masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) di gunakan dengan tepat.
Ø Memahami ungkapan – ungkapan yang di pakai dalam wawancara di gunakan secara tepat.
F. Materi Pembelajaran
Ø Percakapan di telepon tentang reservasi.
Ø *Reservation forms.
Ø *Future tense.
Ø *Response to complaints
Ø *Expression dealing with arrangement
Ø *Expression dealing with confirmation and cancelation :
Ø *Modal Auxiliary “ Would “
Ø *Expression dealing with unreal condition.
Ø *Conditional types 2 & 3
Ø *Subjunctive with wish, if only, would rather.
Ø *Answering typical questions asked in interviews
Ø Gerund
G. Metode Pembelajaran
? Lecturing.
? Listening
? Speaking
? Pronounciation Practice
? Reading Comprehension
? Playing game.
? Team work.
? Individual task.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
v Minggu ke III Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Warming up:
Ø Peserta didik dibagi dalam 2 atau 3 barisan, tergantung jumlah peserta. Jumlah tiap baris adalah 10 sampai 12 orang.
Ø Tiap barisan diberi satu kertas dan alat tulis (spidol).
Ø Tiap barisan harus membuat satu kalimat future tense. Setiap orang dalam barisan hanya boleh menuliskan satu kata, dan dilakukan secara berurutan, dimulai dari orang yang paling ujung sampai ke ujung yang lain.
Ø Waktu yang disediakan terbatas, hanya 3 menit sehingga yang paling cepat menyelesaikan adalah kelompok yang menang. Tiap kelompok harus membacakan kalimatnya.
b. Kegiatan Inti : ( 70 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai pemesanan (reservation) dan cara melakukan pemesanan
Ø Guru memberi contoh tentang berbagai macam pemesanan.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan pemesanan.
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai pemesanan.
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan materi tentang pengaduan.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang pengaduan.
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke III Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti : (100 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh tentang cara membuat kesepakatan.
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh tentang cara memastikan dan membatalkan kesepakatan dengan reservation form
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai wawancara pekerjaan dan memberikan contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam wawancara pekerjaan.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 20 menit )
Ø Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, 6 orang. Tiap kelompok diminta berdiri di depan, berjajar menghadap peserta lain.
Ø Guru mengocok kartu yang tertulis ‘would, conditional type 2, conditional type 3, wish, if only atau would rather,’ dan meminta salah satu peserta dari kelompok yang maju untuk mengambil dengan memilih satu kartu.
Ø Setiap orang dalam kelompok harus mengungkapkan kalimat sesuai dengan perintah yang terdapat dalam kartu.
v Minggu ke IV Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Warming up:
Ø Peserta didik dibagi dalam 2 atau 3 barisan, tergantung jumlah peserta. Jumlah tiap baris adalah 10 sampai 12 orang.
Ø Tiap barisan diberi satu kertas dan alat tulis (spidol).
Ø Tiap barisan harus membuat satu kalimat future tense. Setiap orang dalam barisan hanya boleh menuliskan satu kata, dan dilakukan secara berurutan, dimulai dari orang yang paling ujung sampai ke ujung yang lain.
Ø Waktu yang disediakan terbatas, hanya 3 menit sehingga yang paling cepat menyelesaikan adalah kelompok yang menang. Tiap kelompok harus membacakan kalimatnya.
b. Kegiatan Inti : ( 70 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Future Tense
Ø Guru memberi contoh tentang berbagai Kalimat Future Tense
Ø Guru menjelaskan penggunaan Future Tense
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Future Tense.
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan Future Tense dalam penggunaan sehari hari.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Future Tense .
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke IV Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh tentang cara membuat response to complain.
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh response to complain
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai response to complain dan memberikan contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam response to complain
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
v Minggu ke V Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : ( 80 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Ekspression dealing with arrangement.
Ø Guru memberi contoh tentang Ekspression dealing with arrangement.
Ø Guru menjelaskan Ekspression dealing with arrangement.
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Ekspression dealing with arrangement..
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan kunci kunci Ekspression dealing with arrangement.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Ekspression dealing with arrangement.
d. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke V Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a.Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Ekspression dealing with confirmation and cancelation..
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Ekspression dealing with confirmation and cancelation.
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Ekspression dealing with confirmation and cancelation contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam Ekspression dealing with confirmation and cancelation..
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
d. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
v Minggu ke VI Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : ( 80 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Modal Auxilliary ‘Would”.
Ø Guru memberi contoh tentang Modal Auxilliary ‘Would”.
Ø Guru menjelaskan Modal Auxilliary ‘Would”..
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Modal Auxilliary ‘Would”.
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan kunci kunci Modal Auxilliary ‘Would”.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Modal Auxilliary ‘Would”.
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke VI Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a.Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Ekspression dealing with Unreal Condition..
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Ekspression dealing with Unreal Condition
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Ekspression dealing with Unreal Condition dan contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam Ekspression dealing with Unreal Condition..
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c.Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
v Minggu ke VII Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : ( 80 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Conditional Type 2&3
Ø Guru memberi contoh tentang Conditional Type 2&3
Ø Guru menjelaskan tentang Conditional Type 2&3
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Conditional Type 2&3
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan kunci kunci Conditional Type 2&3
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Conditional Type 2&3
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke VII Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a.Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh tentang Subjenctive with wish , if only, would rather.
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh Subjenctive with wish , if only, would rather.
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Subjenctive with wish , if only, would rather.dan contohnya.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam Subjenctive with wish , if only, would rather...
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c.Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
v Minggu ke VIII Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : ( 80 menit )
Ø Guru memberi penjelasan mengenai Answering typical questions asked in interviews.
Ø Guru memberi contoh tentang Answering typical questions asked in interviews
Ø Guru menjelaskan Answering typical questions asked in interviews
Ø Siswa mengerjakan tugas mengenai Answering typical questions asked in interviews
Ø Guru membahas jawaban peserta didik.
Ø Guru menjelaskan kunci kunci Answering typical questions asked in interviews
Ø Peserta didik mengerjakan tugas tentang Answering typical questions asked in interviews
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru membahas jawaban peserta didik.
v Minggu ke VIII Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a.Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya.
b.Kegiatan Inti : (125 menit )
Ø Guru menerangkan dan memberi contoh tentang Gerund.
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru membahas hasil kerja peserta didik yang ditulis di papan tulis.
Ø Guru membahas pekerjaan peserta didik.
Ø Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Gerund.
Ø Peserta didik mempelajari ungkapan – ungkapan yang di gunakan dalam Gerund.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c.Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Ø Guru memberi penegasan dan hal hal yang perlu diperhatikan kemudian menyimpulkan pembahasan hari itu
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout, paper and marker.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
? Bahasa Inggris kelompok teknologi industri oleh PEMKOT Semarang.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Listening and writing test.
b. Bentuk Instrumen : Essay.
K. Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan untuk membuat reservasi yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat. | 5 x 2 | 10 |
2. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan untuk mengajukan keluhan yang di lakukan oleh penutur asli di tanggapi dengan tepat. | 7 x 1 | 7 |
3. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan untuk membuat kesepakatan (arrangement) di gunakan dengan tepat. | 5 x 5 | 25 |
4. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan dengan tepat. | 8 x 1 | 8 |
5. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini ataupun masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) di gunakan dengan tepat. | 5 X 2 | 10 |
6. | Peserta didik mampu memahami ungkapan – ungkapan yang di pakai dalam wawancara di gunakan secara tepat. | 10 x 1 | 10 |
| | | (70:70) x 100 = 100 |
Jumlah score 70
Proses penilaian (70 : 70) x 100 = 100.
Jika siswa mendapat nilai perolehan 50, maka nilainya adalah (50:70) x 100 = 71.
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
Evaluasi :
Activity 1.
Listen to the following expressions and choose the best response!
Example
You will hear: Can I reserve two tables for lunch this afternoon?
Responses: a. That's great.
b. Certainly. I’ll just will check.
The correct response is (b) Certainly. I’ll just will check.
Ø 1.Could I have a ticket for tomorrow evening?
1. a. I'm sorry, it is sold out.
b. OK. That's all right.
Ø 2. I'd like to a reserve two tables for next weekend. Can I make a reservation, please?
2. a. Oh, that's too bad.
b. Certainly. Let me see.
Ø 3. I would like to book a suite room for next holiday.
3. a. That's all right.
b. Certainly.
Ø 4. I have to go to China next week. Can I book a business class ticket, please?
4. a. I'm really sorry to hear that.
b. Sure. I’ll check it.
Ø 5.Could you come on Sunday at 1.00 p.m.for the reservation?
5. a. I'd like to.
b. Yes, that's 􀂿 ne.
The Answer Key: 1.A, 2.B, 3.B, 4.B, 5.B
Activity 2.
What do you think these complaints are about? Match the complaints with the phrases in the box!
About the food
About the toilet
About the price
About the lessons
About the TV programs
About the environment
About the train
About the furniture
1. Oh my God. There is not enough water here and it smells very bad. | ……. |
2. I’ve been waiting for it since one hour ago. It always arrives late. | ……. |
3. Oh dear. My salary is not enough for one month if everyghing is expensive. | ……. |
4. The students’ burden nowadays is very heaby: too many subjects to study. | ……. |
5. What a terrible mess! Rubbish is everywhere. | ……. |
6. I think they are not suitable for children. They shouldn’t be broadcast. | ……. |
7. Waiter! Sorry to tell you that this meat is not well done. | ……. |
Activity 3.
Read this dialogue to answer the questions.
Fahri : You know that the river near our village is really dirty and polluted?
Asrof : Yeah, so what should we do?
Fahri : Well, do you have anything planned tonight?
Asrof : No, I am free tonight.
Fahri : Good, what about going to the head of our village. We’ll talk to him that it is a serious problem. We should stop it.
Asrof : Nice idea. How do we get there?
Fahri : Well. Just don’t go anywhere until I fetch you.
Asrof : All right. I’ll be ready by the time you get to my house.
Question.
1. What plan do Fahri and Asrof have?
2. Whay must they go to the village head?
3. What is meant by “We should stop it”?
4. How does Asrof go to the village head?
5. When will Asrof be ready to go?
Activity 4.
Observe the following letter and complete the replay!
65 Cempaka Street Semarang
52146 Indonesia
Skylight Travel
17 Dingley Court
London WB 2 6 AS
February, 10th 2009
Dear Sir,
My wife and I booked a holiday to Thailand through your agency last month (Sunsure Hols to Bangkok, March 10th – 24th 2009).
The problem is that now we may not able to travel at that time. Could you inform us of cancellation and any possible charges? Is there a charge if we cancel before the end of February? We would like to know about the amendment charge if we change the dates of our booking.
You’re faithfully,
Saefudin
Complete this replay letter from Mr. Jonathan Marcelino with the word below!
Skylight Travel
17 Dingley Court London WB 2 6 AS
Mr. Saefudin
85 Cempaka Street
Semarang 52146 Indonesia
February 20th 2009
Dear Mr.Saefudin,
Thank you for you’re…of February 10th 2009. We…very…to hear that you may have to ….your holiday.
If you cancel before the….February, the charge is….of your holiday cost. If, however, you can…the date of your trip, the amendment charge is US $ 20 per….to cover the … cost.
We enclose a full table of cancellation charge for your information.
Yours….
Jonathan Marcellino
Travel Manager.
Letter administration booking Confirm cancel change Are end amendment Sorry 25% truly |
Activity 5.
Find the underlined part of the sentence that should be corrected by choosing A, B, C or D!
1. Mother : Do you think he will be here tomorrow?
Riska : I wish he will come tomorrow.
A B C D
Riska : I wish he will come tomorrow.
A B C D
2. If we caught the 10.30 train, we will arrive too early.
A B C D
A B C D
3. Bunga : Will you still be busy at the end of this month?
A
Citra : Yes. If I had have time, I would have taken a vacation.
B C D
A
Citra : Yes. If I had have time, I would have taken a vacation.
B C D
4. If only you had not make so many mistakes, you would have passed.
A B C D
A B C D
5. I would rather you was not noisey, I can not hear what he is talking about.
A B C D
A B C D
Activity 6.
Fill in the blanks while listening!
Farah : Good morning, sir. My name is Farah kartika and I am … for an interview.
Interviewer : Thanks for your coming. Please have a seat Miss kartika.
Farah : Thank you sir, please call me farah.
Interviewer : All right farah. Do you mind my asking you in English?
Farah : No, sir. I hope I can understand and answer the question well.
Interviewer : Okay, farah. Do you still … with your parents?
Farah : No, I don’t, sir. I live with my brother.
Interviewer : What does your older brother do?
Farah : My older brother works at Merdeka bank, sir.
Interviewer : Oh, that’s …. Did your father work at bank too?
Farah : o, sir. My father is ….
Interviewer : I see. Farah, I can say that your English is quite good. Where did you get your English?
Farah : I studied English from junior high school until university. Besides, I also took … twice a week.
Interviewer : Can you speak other foreign language?
Farah : I knew Japanese although a little, sir.
Interviewer : Farrah, you said that you graduate from a university. When were you … ?
Farah : I graduated three years ago, sir.
Interviewer : Have you got any …, especially in banking line?
Farah : No, I haven’t Sir
Interviewer : Why are you interested to work in this bank?
Farah : My reason is that because the job this bank offered corresponds with my major.
Interviewer : This is an important question. If we finally decided to offer you the job, how much do you ask for your … salary?
Farah : Actually, this is a very difficult question for me to answer it. In this case, I believe that this company has a standards commencement salary for a new employee.
Interviewer : (smiling) all right then. I think everything is … for today. And I will let you know the result of this interview as soon as possible.
Farah : Right, Sir. I’ll be waiting for your information. Thank you very much for the interview.
Interviewer : You’re welcome. Good bye.
Farah : My pleasure. Good bye.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 3)
Menyajikan laporan.
C. Indikator
- Outline laporan prakerin di tulis di dalam powerpoint slide atau transparansi dengan menggunakan kalimat singkat dan padat.
· Laporan prakerin di sajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar.
D. Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu membuat:
- Outline laporan prakerin di tulis di dalam powerpoint slide atau transparansi dengan menggunakan kalimat singkat dan padat.
· Laporan prakerin di sajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar.
F. Materi Pembelajaran
· Presentation skills.
G. Metode Pembelajaran
? Lecturing.
? Discussing.
? Speeking.
? Writing.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Ø Guru memberikan pertanyaan pada siswa berkaitan dengan penulisan laporan.
Ø Guru membahas jawaban siswa.
b. Kegiatan Inti : ( 105 menit )
Ø Guru menjelaskan langkah – langkah menyajikan laporan.
Ø Guru memberi contoh kalimat untuk melakukan presentasi.
Ø Peserta didik membuat konsep presentasi dengan topic sesuai dengan judul laporan prakrin mereka.
Ø Guru mengevaluasi pekerjaan siswa dan memberi penilaian.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru mereview materi yang disampaikan.
Pertemuan Kedua : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
· Secara klasikal guru memberi pertanyaan pada peserta didik tentang materi yang dibahas pada pertemuan sebelumnya.
· Guru membahas jawaban peserta didik.
b. Kegiatan Inti : ( 60 menit )
Peserta didik mempraktekkan dalam melakukan presentasi tentang laporan prakerin mereka di depan kelas.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru mengevaluasi performance mereka.
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Writing test and oral test.
b. Bentuk Instrumen : Presentasi.
Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Outline laporan prakerin di tulis di dalam powerpoint slide atau transparansi dengan menggunakan kalimat singkat dan padat. | 3 x 4 | 12 |
2. | Laporan prakerin di sajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar. | 4 x 4 | 16 |
| | | ( 28 : 28 ) x 100 = 100 |
Kendal, 11 Agustus 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Rubrik Penilaian:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
CONTENT | 4 3 2 1 | Sesuai dengan situasi yang diberikan. Minimal mendekati. Jauh dari situasi yang diberikan Tidak jelas. |
SPELLING | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
DICTION | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
GRAMMAR | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
Nilai writing diambil dari content, diction dan grammar.
Nilai speeking diambil dari content, spelling, diction dan grammar.
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / Gasal
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 4)
Memahami manual penggunaan peralatan.
C. Indikator
- Pertanyaan – pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat di jawab dengan benar.
- Petunjuk penggunaan peralatan ( min.dua manual ) diungkapkan kembali dengan lata-kata sendiri secara tepat.
D. Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat di jawab dengan benar.
- Memahami petunjuk penggunaan peralatan (min.dua manual) diungkapkan kembali dengan lata-kata sendiri secara tepat.
F. Materi Pembelajaran
· Manuals: (telephone instalation, computer instalation, maintenance and repair, etc.)
· Relevant vocabulary.
· Antonym/synonym.
· Affixes: prefixes, suffixes.
G. Metode Pembelajaran
? Understanding and discussing about the manuals. ? Questions and answers |
? Retelling the content of the manuals.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 5 menit )
Guru memberi motivasi kepada siswa.
b. Kegiatan Inti : ( 70 menit )
Ø Guru menerangkan materi tentang bagaimana menjelaskan pengoperasian suatu alat dan memberikan contohnya.
Ø Peserta didik menemukan synomim dan antonym serta affixes dari kosa kata yang ditemukan di dalam contoh.
Ø Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok.
Ø Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memilih kertas undian. Mereka diberi waktu untuk berdiskusi membahas cara mengoperasikan suatu alat atau melakukan perawatan suatu alat tertentu. Proses yang harus diceritakan adalah mulai dari awal sampai selesai.
Ø Setiap kelompok, diwakili oleh 1 atau 2 orang, diberi waktu untuk menceritakan langkah kerja mereka dalam mengoperasikan alat tersebut atau melakukan perawatannya.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru mengevaluasi masing-masing kelompok.
Pertemuan Kedua : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Kelompok dengan hasil tertinggi pada pertemuan sebelumnya mendemonstrasikan kembali cara mengoperasikan suatu alat.
b. Kegiatan Inti : ( 60 menit )
Ø Guru mereview materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru meminta peserta didik menyusun paragraph cara menginstal Hp mereka.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas yang diminta guru.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik.
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout & card.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Listening test and oral test.
b. Bentuk Instrumen : Fill in the blank and retelling question and answer.
K. Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat di jawab dengan benar. | 1 x 5 | 5 |
2. | Peserta didik mampu memahami petunjuk penggunaan peralatan ( min.dua manual ) diungkapkan kembali dengan lata-kata sendiri secara tepat. | 4 x 4 | 16 |
| | | (21 : 21) x 100 = 100 |
Kendal,
Mengetahui,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Evaluasi :
Listen to the instruction. Fill in the blanks while listening.
Connecting the Power Adapter
1. 1. … the scanner's power adapter into an
electrical outlet.
2. Insert the other end of this 2. … into the power adapter receptacle on the rear 3 of the scanner. The power indicator on the front panel of the scanner should now be
4 ….
3. Plug your computer's power cable into an electrical 5 ….
4. Turn your computer on.
Listening Script
1. Plug the scanner's power adapter into an electrical outlet.
2. Insert the other end of this cable into the
power adapter receptacle on the rear panel of the scanner. The power indicator on the front panel of the scanner should now be illuminated.
3. Plug your computer's power cable into an electrical outlet.
4. Turn your computer on.
Rubrik Penilaian:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
CONTENT | 4 3 2 1 | Sesuai dengan situasi yang diberikan. Minimal mendekati. Jauh dari situasi yang diberikan Tidak jelas. |
SPELLING | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
DICTION | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
GRAMMAR | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / GENAP
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 5)
Memahami surat-surat bisnis sederhana
C. Indikator
· Pertanyaan yang terkait dengan isi surat – surat bisnis di jawab dengan benar.
· Isi surat bisnis di ceritakan kembali dengan benar.
D. Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
· Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi surat – surat bisnis di jawab dengan benar.
· Peserta didik mampu memahami isi surat bisnis di ceritakan kembali dengan benar.
F. Materi Pembelajaran
· Business documents: letters, faxes, memos, advertisements, brochures, forms, questonnaires,etc.
· Relevant vocabulary.
· Antonym/synonym.
· Affixes: prefixes/suffixes.
G. Metode Pembelajaran
? Team work.
? Vacabulary game.
? Understanding and discussing about business letters.
? Questions and answers
? Retelling the content of business letters.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Vocabulary game.
Ø Peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil.
Ø Setiap kelompok berdiskusi untuk mencari dan mengumpulkan kata-kata yang dianggap sulit ditebak.
Ø Setiap kelompok maju secara bergiliran dengan menunjuk salah satu wakilnya. Ia membuat tanda garis sesuai jumlah huruf. Misalnya untuk kata chalk: _ _ _ _ _
Ø Ia hanya member petunjuk satu kali diawal permainan: Misal: This word is related with thing in this class.
Ø Kelompok lain berusaha menebak dengan mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh wakil kelompok dengan yes/no, sambil menebak dengan mengajukan huruf, missal a, l, c, k, dll.
Ø Kelompok yang menang adalah kelompok yang dapat menebak pertama kali kata yang tidak tertebak.
b. Kegiatan Inti : ( 105 menit )
Ø Peserta didik membaca surat bisnis kemudian menjawab pertanyaan mengenai isi dalam surat tersebut.
Ø Guru membahas jawaban siswa.
Ø Guru menjelaskan materi mengenai business documents.
Ø Guru memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian surat bisnis.
Ø Guru memberikan contoh surat-surat bisnis.
Ø Peserta didik mengerjakan latihan.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok kemudian mendiskusikan mengenai surat bisnis yang mereka baca.
Pertemuan Kedua : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya dengan menyebutkan kembali isi atau bagian-bagian dari sebuah surat bisnis.
b. Kegiatan Inti : ( 70 menit )
Ø Peserta didik mendemonstrasikan hasil kerjaan kelompoknya sebagai tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara masing-masing anak menceritakan kembali mengenai isi surat bisnis tersebut.
Ø Guru membahas hasil kerjaan dan performance mereka.
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Singing together.
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout, blackboard and chalk.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Oral and written tes.
b. Bentuk Instrumen : Retelling question and answer, and multiple choices.
K. Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi surat – surat bisnis di jawab dengan benar. | 5 x 1 | 5 |
2. | Peserta didik mampu memahami isi surat bisnis di ceritakan kembali dengan benar. | 4 x 4 | 16 |
| | | (21 : 21) x 100 = 100 |
Kendal,
Mengetahui,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Evaluasi :
Read this business letter carefully. Identify what kind
of letters this is. Work in groups.
Klara Agusta
Jalan W.Z. Johanes No. 621
Kel. Bumi Nyiur, Manado 95118
May 26, 2007
The Tiny Tots Toy Company
Jalan Ceningan Sari No. 50
Sesetan, Denpasar 80223
Dear Customer Service Representative:
I recently purchased one of your Tiny Tents (Model #47485) for my three-year old daughter.
Unfortunately, after viewing the components that came with the product, I discovered that four of the parts were missing. Also, the instructions that came with the tent are in Portuguese and ussian, but not in English or French, the two languages I speak. These two unforeseen problems have resulted in the tent remaining un assembled and unacceptable as a toy for my daughter.
I am writing to request replacements for the missing parts, and a copy of the full set of ssembly instructions (in English or French) for the model I purchased. If reasonable arrangements are not made within ten business days, I will return the tent to the store I purchased it from and expect a full refund. To assist you in processing my request, I am including a copy of my sales receipt and a list of the missing parts.
I have purchased other toys manufactured by your company in the past, and have always been impressed with the quality and selection that Tiny Tots has made available to its customers. I incerely hope this is a one-time incident, and that any future purchases I make will live up to the standard my family has come to expect from your company.
Sincerely,
Klara
Klara Agusta
Enc: 2
Choose the best answers to the questions based on the letter above!
1. Which is NOT TRUE about Klara Agusta?
A. She recently purchased a toy for her daughter.
B. She speaks four languages.
C. She found the components of the toy she bought were incomplete.
D. She wrote the letter because she didn’t understand the assembly instructions.
2. How many problems does Klara Agusta have with the toy she purchased?
A. One.
B. Two.
C. Three.
D. Four.
3. What does Mrs. Agusta ask for?
A. A new toy of the same model.
B. A copy of her sales receipt.
C. The missing parts of the toy and its assembly
D. instructions in English or French.
E. A refund.
4. What might make Mrs. Agusta purchase Tiny Tents manufactured by the Tiny Tots Toy Company?
A. The toys have a low price.
B. The toys are easy to assemble.
C. The design of the toy is impressive.
D. The toys manufactured by the company, which
she has purchased, have always had an impressing
quality.
5. Whom does Mrs. Agusta write the letter to?
A. The shopkeeper of the store where she purchased the toy.
B. The owner of the Tiny Tots Toy Company.
C. The worker who made Tiny Tents.
D. The customer service representative of the Tiny Tots Toy Company.
Rubrik penilaian untuk speeking:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
CONTENT | 4 3 2 1 | Sesuai dengan situasi yang diberikan. Minimal mendekati. Jauh dari situasi yang diberikan Tidak jelas. |
SPELLING | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
DICTION | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
GRAMMAR | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / GENAP
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 6)
Memahami dokumen – dokumen teknis.
C. Indikator
Ø Pertanyaan yang terkait dengan isi Standard Operating Procedure (SOP) dijawab dengan benar.
Ø Standard Operating Procedure (SOP) di tempat kerja di ceritakan kembali dengan kata – kata sendiri dengan benar.
D. Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi SOP dijawab dengan benar.
Ø Peserta didik mampu menceritakan kembali SOP di tempat kerja dengan kata-kata sendiri dengan benar.
F. Materi Pembelajaran
1. Short talks (advertisements, reports, announcements, dll)
2. Relevant vocabulary.
3. Antonym, synonym.
4. Affixes : prefixes, suffixes.
G. Metode Pembelajaran
? Vocabulary game
? Understanding and discussing about SOP
? Questions and answers
? Retelling the content of SOP
? Synonin – antonym
? Affixes : prefixes and suffixes.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Secara klasikal, guru bertanya apa yang dimaksud dengan SOP.
Guru membahas jawaban peserta didik.
b. Kegiatan Inti : ( 60 menit )
Ø Guru menjelaskan tentang pengertian SOP.
Ø Peserta didik membaca text tentang materi yang dibahas.
Ø Peserta didik menemukan vocab yang digaris bawahi dan mencari persamaan dan lawan katanya serta imbuhannya.
Ø Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah.
Pertemuan Kedua : (3jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Vocabulary game:
Ø Peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil, beranggotakan 4 orang.
Ø Setiap kelompok mendapatkan satu lembar soal.
Ø Waktu untuk penyelesaian tugas dibatasi, tergantung jumlah soal yang dikerjakan.
Ø Setelah membentuk kata, peserta wajib mencari synonym dan antonym dari kartu yang sudah terbentuk,
Ø Pada akhir permainan, semua kata dicocokkan bersama-sama.
b. Kegiatan Inti : ( 105 menit )
Peserta didik mendemonstrasikan hasil kerjaan yang dikerjakan di rumah.
Guru membahas hasil kerjaan dan performance peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai materi.
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout & card.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Performance test and written test.
b. Bentuk Instrumen : Speeking and essay.
Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu menjawab pertanyaan secara tertulis yang terkait dengan isi SOP dijawab dengan benar. | 5 x 2 | 10 |
2. | Peserta didik mampu menceritakan kembali SOP di tempat kerja dengan kata-kata sendiri dengan benar. | 4 x 4 | 16 |
| | | (26 : 26) x 100 = 100 |
Kendal,
Mengetahui,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Evaluasi :
Rubrik Penilaian untuk speeking:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
CONTENT | 4 3 2 1 | Sesuai dengan situasi yang diberikan. Minimal mendekati. Jauh dari situasi yang diberikan Tidak jelas. |
SPELLING | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
DICTION | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
GRAMMAR | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
c. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : Bahasa Inggris
Program Keahlian : Semua Jurusan
Kelas / Semester : XII / GENAP
A. Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
B. Kompetensi Dasar (KD 7)
Menulis surat bisnis dan laporan sederhana.
C. Indikator
Ø Surat-surat bisnis (tawaran,pesanan,enquiry,dll)di buat secara sederhana.
Ø Surat-surat bisnis(tawaran,pesanan,enquiry,dll) di balas secara tertulis dengan benar.
Ø Iklan lowongan pekerjaan di respon dengan membuat surat lamaran dengan benar.
Ø Laporan prakerin disajikan dalam bentuk laporan tertulis.
D. Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran x 45 menit
E. Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik mampu membuat surat-surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry, dll) di buat secara sederhana.
Ø Peserta didik mampu membalas surat-surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry, dll) dibalas secara tertulis dengan benar.
Ø Peserta didik mampu merespon iklan lowongan pekerjaan direspon dengan membuat surat lamaran dengan benar.
Ø Peserta didik mampu menyusun laporan prakerin disajikan dalam bentuk laporan tertulis.
F. Materi Pembelajaran: BUSINESS LETTER
· Parts of a letter
· Samples of advertisement on job vacancy
· Sample of letters of application.
G. Metode Pembelajaran
? Understanding and discussing about parts of business letters.
? Understanding and discussing the content of samples of business letters.
? Understanding and discussing about advertisements on job vacancy.
? Writing.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama : ( 3 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
b. Kegiatan Inti : ( 115 menit )
Ø Guru mereview materi surat bisnis yang pernah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.
Ø Peserta didik membuat surat bisnis sesuai dengan perintah.
Ø Guru menjelaskan mengenai surat balasan dalam surat bisnis dan memberikan contohnya.
Ø Peserta didik membuat surat balasan sesuai dengan perintah.
Ø Guru membahas hasil kerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 5 menit )
Guru meminta peserta didik untuk mencari lowongan pekerjaan pada surat kabar atau internet.
Pertemuan Kedua : ( 2 jam x 45 menit ).
a. Kegiatan Awal : ( 15 menit )
Guru menjelaskan tentang surat lamaran pekerjaan.
b. Kegiatan Inti : ( 60 menit )
Ø Peserta didik membuat surat lamaran pekerjaan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang mereka peroleh melalui surat kabar maupun internet.
Ø Guru membahas hasil pekerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Akhir : ( 15 menit )
Peserta didik mereview materi surat lamaran pekerjaan.
I. Alat / Sumber Belajar
Alat : Handout.
Sumber Belajar :
? Communication Builder English for Vocational School.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis.
b. Bentuk Instrumen : Essay.
Pedoman Penilaian
NO | KETERCAPAIAN INDIKATOR | SKOR | JUMLAH SKOR |
1. | Peserta didik mampu membuat surat-surat bisnis (tawaran,pesanan,enquiry,dll) dibuat secara sederhana. | 3 x 4 | 12 |
2. | Peserta didik mampu membalas surat-surat bisnis(tawaran,pesanan,enquiry,dll) di balas secara tertulis dengan benar. | 3 x 4 | 12 |
3. | Peserta didik mampu merespon iklan lowongan pekerjaan di respon dengan membuat surat lamaran dengan benar. | 3 x 4 | 12 |
4. | Peserta didik mampu menyusun laporan prakerin disajikan dalam bentuk laporan tertulis. | 3 x 4 | 12 |
| | | (48 : 48) x 100 = 100 |
Kendal,
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, |
Lampiran Soal:
Activity 1.
Activity 2.
Activity 3.
Make an application letter according to the advertisement which you have gotten!
Rubrik Penilaian untuk writing:
ASPEK | SKOR | KETERANGAN |
CONTENT | 4 3 2 1 | Sesuai dengan situasi yang diberikan. Minimal mendekati. Jauh dari situasi yang diberikan Tidak jelas. |
DICTION | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
GRAMMAR | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang benar namun tidak mempengaruhi arti. Kurang tepat dan mempengaruhi arti. Sulit dimengerti. |
Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 76% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 76%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 76%
0 komentar:
Post a Comment