- TRIBUNnews.com
Mark Frauenfelder, founder Boingboing.net mewarisi keingintahuan yang besar tentang hal tekhnikal dari ayahnya, seorang electric enginger. Mereka berdua sering menghabiskan waktu untuk membuat radio, electric eyes, dan assorted gadgetry. Frauenfelder muda bahkan membuat bom asap di dapur rumah. Enginering Mekanik mungkin adalah karir yang tepat untuk Frauenfelder, tetapi entah mengapa ia kehilangan sesuatu, seperti kehilangan passion dalam merakit hal-hal gila. Sampai ia bertemu dengan zines, sebuah publikasi amatir yang didedikasikan untuk obsesi personal. Dalam zines, Frauenfelder melihat banyak kesamaan dirinya dengan orang lain. Di tahun 1988, Frauenfelder dan istrinya, Carla Sinclair, memulai mempublikasikan zines mereka, boing boing untuk mengeksplorasi hal-hal keren dan gila yang bisa mereka temukan. Pada saat awal-awal blogging di internet, Frauenfelder membuat versi online dari boing boing dan membuatnya menjadi salah satu blog besar hingga saat ini dengan 2,5 juta unique visitor setiap bulannya.
Sekarang Frauenfelder memiliki 5 orang editor yang membantunya, yaitu Cory Doctorow, David Pescovitz, Xemo Jardin. Setelah 12 tahun membangun boing boing, Frauenfelder tidak kehilangan antusisme nya. Menurutnya, resep dalam membangun blog yang keren adalah dengan membangun obsesi yang dalam terhadap blog yang dibuat. Bahkan jika boing boing tidak menghasilkan uang lagi, saya akan tetap membutuhkan blog ini, katanya.
Berikut 10 hal yang bisa Anda pelajari dari Frauenfelder :
1. Tap into ZeitGeist : Gelombang baru yang mempengaruhi culture masyarakat luas
Jika Anda bisa menangkap suatu culture dari suatu moment dengan tepat, maka Anda akan memiliki banyak fans. Jann Wenner, pembuat majalah rolling stone, tidak menargetkan suatu grup untuk melihat apakah ada audience atau tidak, dia hanya membuatnya begitu saja. Majalah tersebut kemudian menjadi memiliki banyak fans yang memiliki view point yang sama. Begitu juga dengan Hugh Hefner. Dia memiliki visi ke mana orang amerika berpikir pada masa post-war : pills dan sexuality. Maka dia pun membuat majalah playboy. Hal ini juga berlaku untuk boing boing. Boing boing lahir pada masa dimana komputer sudah bisa dibeli dengan murah oleh perseorangan. Frauenfelder penasaran apa yang terjadi jika komputer berada di orang yang creative dan berimajinasi bisa menjadi apa di masa depan oleh orang yang mengerti teknologi. Itu terjadi dan untungnya banyak yang menyukainya. Anda memang tidak bisa memperhitungkannya, mungkin saja Anda bisa menjadi pembawa pesan untuk pergeseran culture yang terjadi di masa depan.
2. Be Original.
Jika Anda ingin membuat blog, janganlah jadi blog second-rate dari blog yang sudah ada, untuk apa ? Cobalah untuk membuat sesuatu yang benar-benar original, buatlah blog yang belum ada yang ingin Anda baca. Misalnya Anda menyukai vintage guitar. Jika Anda membuatnya dan mengisi konten dengan hal-hal unik dan keren tentang vintage gitar, maka pastinya banyak penggemar vintage gitar yang membaca blog Anda. Memang membuat blog tidak menghasilkan uang yang banyak, tetapi itu adalah cara asyik menikmati hidup.
3. Bangunlah koneksi.
Jika di dunia hanya ada satu alat telepon, maka pasti tidak berguna, tetapi jika di dunia ada 1000 telepon, mungkin Anda berpikir perlu membelinya, jika ada 100 juta telepon di dunia yang saling terkoneksi, maka Anda HARUS memilikinya itulah yang kita sebut “network effect” dan itu sama saja dengan komputer dan internet. Kita hidup di zaman yang hebat di mana kita bisa saling terhubung dengan internet. Banyak komunitas bisa diciptakan lewat internet. Jika Anda masih terus berpikir cara me-marketingkan blog digital, maka anda akan kehilangan rasa senang dari membuat blog, yaitu membagi informasi dengan orang yang like-minded.
4. Get an Attitude.
Tanpa point of view blog bukanlah blog. Apakah itu blog yang menyukai atau membenci sesuatu buatlah sesuatu perspektif yang unik. Frauenfelder kecil banyak dipengaruhi oleh mad magazine yang sedikit menyindir tentang institusi dan kebijakan yang konvensional. Di Boing boing, Frauenfelder memberikan subversif attitude, kami menyindir institusi- bank, pemerintahan, dan company yang besar- boing boing mencoba untuk membuat joke tentang itu semua, tentang bagaimana kita menjadi korban dari kebijakan-kebijakan mereka. Untungnya banyak yang menyukainya. Kadang Frauenfelder membuat post tentang sesuatu yang agak tabu, kontroversial dan membuat orang khawatir, tetapi Frauenfelder tahu bahwa dengan cara ini bisa memancing diskusi panjang yang menyenangkan.
5. Jangan membuang-buang waktu orang lain.
Frauenfelder dan kawan-kawannya di boing boing tahu bahwa pembaca mereka adalah orang yang sibuk, dan tidak ingin membuang-buang waktu orang lain. Oleh karena itu boing boing menghindari konten yang hanya berisi link dan tulisan “ini keren klik disini untuk melihatnya”. Frauenfelder mencoba untuk memberi alasan mengapa hal ini keren, mengapa Anda harus melihatnya sehingga tidak menghabiskan waktu orang lain untuk melihat sesuatu yang tidak membuat visitor tertarik. Kemudian, cobalah untuk membuat headline judul yang menarik dan memberikan gambaran konten ini tentang apa sehingga membuat orang memiliki trust kepada blog Anda. Intinya adalah jangan menjebak pembaca Anda.
6. Mix it up.
Buatlah konten yang beragam. Frauenfelder di boing boing mencoba untuk membuat konten berita, shopping news, barang-barang konyol, art design, dan banyak lainnya. Hal-hal seperti ini memang bagus sekali untuk menaikkan visitor Anda, tetapi jika Anda melakukan ini terus blog Anda lama-lama akan hancur. Cobalah untuk melakukan balancing konten sehingga orang tidak bosan. Kadang konten serius kadang konyol. Kadang fun art design, kadang politik.
7. Cobalah membuat blog seperti membuat novel.
Jika konten yang buat itu itu saja tanpa memperhitungkan aspek tidak terduga, sepertinya layaknya novel, Anda akan kehilangan pembaca. Cobalah untuk membuat hal-hal tidak terduga sehingga pembaca tidak kehilangan antusiasmenya.
8. Terimalah Feedback dari pembaca.
Pernah Frauenfelder membuat posting tentang kontes wanita yang baru keluar penjara – a hot or not kontes. Banyak pembaca yang komplain dengan hal ini karena wanita yang baru keluar penjara memiliki banyak masalah seperti situasi domestik yang buruk, sakit mental, dan pecandu. Frauenfelder menyadari, memang buruk membuat posting seperti ini, dan karenanya boing boing terus berkembang dan berubah karena feedback dari pembaca.
9. Pikirkanlah teman.
Blogging bisa sangat membingungkan jika Anda ingin menyenangkan milyaran orang di dunia. Jika Anda berpikir, “mungkin ada orang yang tidak suka dengan ini” atau “mungkin banyak orang tidak mengerti tentang hal yang kutulis” maka Anda hanya akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk menulis. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah mendengar pendapat teman Anda yang memiliki selera yang agak berbeda. Jika dia berpikir “ini bagus”, maka cobalah untuk mempostingnya di blog.
10. Keep it Real.
Blogging memang membutuhkan banyak sumber dari online, tetapi material terbaik tetap ada di kehidupan nyata. Editor dari boing boing sering pergi travel dan memotret banyak kehidupan dengan kamera. Mereka sering melihat bagaimana kehidupan berjalan, melihat beragam manusia dari berbagai suku budaya. Kadang mereka mencari sesuatu yang mengejutkan tentang alam dan humanity. Boing boing juga mendapat banyak cerita dari para reader mereka dan membuat artikel tentang itu. Intinya adalah walaupun blog Anda di online cobalah untuk membuat sebuah cerita tentang kehidupan sehari-hari atau pergi bermain layangan dan melukis dengan anak Anda.
0 komentar:
Post a Comment