ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

Sunday 10 February 2013

MESIN CETAK by Zahrotun Naimah


MAKALAH
MESIN CETAK
Disususn guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia(M S D M)I+II
Dosen pengampu Bapak Hero Sultoni Comara,Spd,MM
stie.jpg
Disusun Oleh :
Nama              : Zahrotun Naimah
No.Absen        : 39
NIM                : 12 0201 0628
Semester         : II (dua)


SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
SEMARANG
Jl.Menoreh Utara Raya No.11 Semarang
Telp/fax  : (024)8506802
e-mail       : stiessmg@yahoo.co.id
KATA PENGANTAR
Segala Puji dan syukur senantiasa penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dan ridha-Nya mungkin penulis tidak akan sanggup menyelesaikan makalah.
Dalam pembuatan makalah ini penulis mengambil tema Mesin Cetak.Dengan segala kerendahan hati ,perkenankanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.    Bapak Hero Sultoni Comara,Spd,MM,selaku Dosen Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia
2.    Orang tua dan saudara-saudara yang telah memberikan dorongan material dan spiritual dalam penyelesaian tugas makalah ini

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan,untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan.namun penulis berharap kiranya tugas makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.kurang lebihnya penulis ucapkan terima kasih.

Kendal,Februari 2013
Penulis


Zahrotun Naimah



























BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
seperti telah diketahui bahwa mesin cetak memang sangat bermanfaat bagi manusia khusunya untuk mempermudah dan mempercepat dalam berbagai tugas didalam kehidupan.seperti yang telah diketahui bahwa teknologi masa kini cukup berkembang pesat.untuk itu perlu adanya inovasi-inovasi baru,agar kehidupan manusia semakin berkembang baik.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      bagaimana sejarah penemuan  mesin cetak?
2.      Bagaimana perkembangannya teknologi dari masa ke masa?
1.3  TUJUAN PENULISAN
1.      untuk mengetahui bagaimana awal mulanya mesin pencetak.
2.      Untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi dari masa ke masa.
1.4  MANFAAT PENULISAN
1.      memberikan pemahaman singkat tentang sejarah penemuan mesin cetak.
2.      Memberikan informasi perkembangan teknologi dari masa ke masa.

















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Penemuan Mesin Cetak

Selama berabad-abad kehidupan, komunikasi terus bertumbuh dan berkembang di dalam peradaban masyarakat berburu, bercocok tanam, hingga ke era revolusi industri dan informasi dewasa ini. Menurut catatan sejarah, semua kemajuan informasi dan komunikasi hingga abad ke-21 ini diawali pada era komunikasi tulisan, tepatnya di dalam peradaban masyarakat bercocok tanam. Bangsa Sumeria sebagai salah satu ras kuno di daerah Timur Tengah dianggap berjasa dalam penemuan komunikasi tulisan, di mana pada tahun 3100 SM mereka menggunakan lembaran tanah liat dalam pembuatan huruf. Proses ini terus berlanjut hingga belakangan orang Yunani-Romawi akhirnya menemukan suatu metode penulisan dalam bentuk alfabet atau abjad. 

edwin's blog
Apabila kita membandingkan komunikasi masa awal dengan zaman sekarang yang cenderung menjunjung tinggi kebebasan, kebebasan berkomunikasi dan memiliki wawasan terbuka amatlah terbatas pada era komunikasi tulisan. Komunikasi hanya diperuntukkan bagi orang-orang kalangan atas, terutama bagi para imam. Bahkan, untuk membaca kitab suci saja, banyak orang perlu memperbanyaknya dengan tulisan tangan. Demikian pula dengan bangsa Cina yang menyalin tulisan-tulisan menggunakan ukiran pada kayu ataupun tinta tepatnya sekitar tahun 1041 SM. Hal ini sungguh tidak efisien karena tingkat kesalahan dalam penulisan akan bertambah besar. Dengan kata lain, insan-insan tersebut pun akhirnya menyadari bahwa masing-masing berhak memperoleh kesempatan untuk memiliki pengetahuan lewat bentuk komunikasi tulisan. Kebutuhan ini memotivasi orang-orang untuk mencari cara yang lebih mudah dan efisien dalam memperbanyak komunikasi tulisan, yaitu melalui metode pencetakan. 

edwin's blog
Era revolusi industri yang kerap kali dihubungkan dengan penemuan mesin uap juga mengingatkan kita pada penemuan lainnya yang juga tidak kalah pentingnya dalam sejarah peradaban manusia. Apakah penemuan itu? Ya, penemuan mesin cetak yang pertama kalinya oleh Johannes Guttenberg pada tahun 1455 di Jerman. Memang pada saat itu, mesin cetak buatan Guttenberg hanya digunakan dalam pencetakan Alkitab dan membantu beberapa pekerjaan di bidang penyebaran informasi religiositas. Namun, prinsip dasar kerja mesin tersebut masih berlaku hingga dewasa ini untuk menghasilkan cetakan massal. Pekerjaan besar-besaran ini mulai diterapkan di industri media pada tahun 1690 ketika Benjamin Harris menerbitkan secara perdana koran pertama di Amerika. Akan tetapi, belakangan pihak koloni Inggris menghentikan penerbitan dan penyebaran koran Benjamin Harris secara paksa karena dianggap tidak memiliki izin. Memang tak dapat dipungkiri pada era komunikasi cetak, banyak orang memanfaatkannya sebagai wadah demokrasi untuk menyatakan ketidakpuasan mereka pada pemegang kuasa politik ataupun jalannya pemerintahan. Dapat kita simpulkan bahwa pada era yang sudah lebih maju setahap dibandingkan era komunikasi tulisan ini pun, kebebasan komunikasi masih saja dibatasi. 

Perlu dicatat bahwa berbagai hambatan yang dihadapi pada era komunikasi cetak ternyata tidak hanya merugikan tetapi juga membawa dampak positif. Di saat menghadapi berbagai hambatan itu, masyarakat menjadi termotivasi untuk mengembangkan metode penerbitan di media yang sebelumnya telah ditemukan. Mereka mulai mengaplikasikan metode dasar tersebut untuk mempercepat proses pencetakan dan pendistribusian informasi hingga sampailah pada era telekomunikasi tahun 1844. Seorang pria cerdas bernama Samuel Morse menciptakan mesin telegraf pertama yang berhasil mendistribusikan pesan dari Baltimore ke Washington D.C.. Perkembangan teknologi pun terus berlanjut ke arah modernitas yang dikenal sebagai era komunikasi interaktif. Kemajuan teknologi komunikasi pada tahun 1942 ditandai dengan hadirnya komputer mainframe yang diperkenalkan dengan nama ENIAC (electronic numerical integrator and calculator) di kota Philadelphia, Amerika Serikat. 

Seraya bertumbuhnya teknologi komunikasi, mulai dari media pencetakan, penerbitan, dan pendistribusian informasi, bidang media massa pun turut menunjukkan kiprahnya dalam memperluas cakrawala informasi masyarakat. Salah satu bentuk paling sederhana dalam jasa besar media massa adalah penemuan televisi dan lembaga media. Bayangkan seberapa besarkah televisi memainkan peranan dalam kehidupan Anda? Bahkan membentuk pola pikir Anda? Konon di Indonesia hanya memiliki satu stasiun televisi, yaitu TVRI. Berita yang disampaikannya cenderung amat terbatas. Seiring berjalannya waktu, banyak stasiun televisi swasta mulai bermunculan di Indonesia sebagai wujud demokrasi informasi. Berita dan acara yang ditayangkan pun amat bervariasi dan memberikan efek yang dalam bagi masyarakat. Misalnya, sewaktu Anda menyaksikan berita mengenai maraknya aksi korupsi di dalam jajaran pemerintahan di Indonesia. Baru-baru ini seorang mantan putri Indonesia, Angelina Sondakh terbelit dalam sebuah kasus korupsi wisma atlet. Bagaimana reaksi Anda ketika melihat adanya peristiwa tersebut? Sadar atau tidak, berita tersebut telah memainkan empat fungsi utama dalam media massa, yaitu surveillance, correlation, socialization, dan entertainment. Berita kriminal seperti kasus di atas bisa jadi membuat kita sadar akan kejadian di lingkungan sekitar, membuat perbandingan sosial, menyosialisasikan informasi, atau mungkin sebagai bentuk hiburan. 

Maka, sebelum membahas mengenai peranan televisi dalam berbagai aspek kehidupan, apakah Anda mengingat kelima elemen dalam suatu proses komunikasi? Source (sumber pesan yaitu lembaga mass media), Message (pesan yang ingin disampaikan), Channel (media yang menjadi saluran pesan), Resource (penerima pesan / penonton), danEffect (kemungkinan pengaruh yang akan timbul pada penonton). Perlu dipahami bahwa di dalam komunikasi interaktif di media massa, efek yang akan diterima sebagai bentuk timbal balik penonton pada materi tontonan bersifat tertunda (delayed). Contohnya, ajang pencarian bakat di Indonesia sering kali menggunakan voting SMS sebagai bentuk dukungan kepada kontestan yang terpilih. Hal ini merupakan salah satu bentuk efek secara tidak langsung yang dapat penonton sampaikan. Semakin tinggi voting, maka tandanya penonton menyukai penampilan idolanya itu dan rating acara itu akan meningkat. Secara sederhana, kita menyimpulkan bahwa media massa memainkan peran dalam menjembatani selera dan opini masyarakat. Selain itu, peranan hiburan juga tidak luput dari perhatian kita sebagai penonton setia televisi. 

edwin's blog
Bak jamur yang menyebar secara cepat dan meluas, teknologi komunikasi pun terus berkembang dan meluas di berbagai sudut bola dunia. Mungkinkah di abad ke-21 ini dimarakkan lagi dengan munculnya teknologi inovatif lainnya? Atau mungkinkah nantinya bangsa kita sendiri, Indonesia, yang menjadi pelopornya? Tentu saja kita yakin generasi-generasi cerdas di Indonesia mampu melakukannya. Ingatkah ilustrasi di awal mengenai planet yang bisu tanpa nama? Kini kita sudah melewati masa-masa suram tersebut. Sudah waktunya kini kita membuat perubahan drastis di planet ini melalui inovasi teknologi komunikasi lainnya sehingga tingkat peradaban budaya manusia dapat terus ditingkatkan 



2.2 Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa 

Teknologi dapat di artikan secara umum sebagai perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. 

Kata teknologi bisa dikatakan berasal dari bahasa Perancis “La Teknique” yang berarti segala proses yang dilakukan merupakan suatu upaya untuk mewujudkan sesuatu yang rasional . Tetapi , secara etimologis teknologi berasal dari bahasa Yunani “texere” yang artinya membangun atau menenun yang dapat disimpulkan sebagai prinsip atau metode rasional untuk membangun , menciptakan , atau membuat sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia . 

Menurut Everett M Rogers , empat era evolusi komunikasi dapat dibagi menjadi sebagai berikut: 
   1. Era Komunikasi Tulisan (400 SM – Sekarang ) 

Rogers menunjukan bahwa era komunikasi tulisan ini adalah yang era yang pertama. Era komunikasi pada waktu itu berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Kemudian mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.Ada beberapa bukti tentang era tulisan ini , seperti orang – orang Sumerians yang membentuk huruf – huruf menggunakan tanah liat , kemudian Cina yang menemukan tipe mencetakan huruf pada buku , korea menemukan tipe mencetakan huruf dari tanah liat kedalam logam . 

   2. Era Komunikasi Cetak ( 1456 – Sekarang ) 

Setelah era komunikasi tulisan , kemudian muncullah era komunikasi cetak . Saat itu Gunternberg menemukan mesin cetak . Ia menemukan mesin ini untuk mencetak injil dalam ruang lingkup yang kecil , karena saat itu belum banyak orang yang sudah bisa membaca. Tetapi lama kelamaan mesin cetak itu dipakai . Pada tahun 1833, saat Bunyamin Day meluncurkan surat kabar New York Sun, yang digunakan secara besar-besaran . Lalu disambung pada tahun 1839 Daguerre melakukan praktek photografinya yang digunakan dalam koran. Dahulu, sebelum mesin cetak muncul dan berkembang, perkembangan informasi berjalan sangat lambat. Buku-buku bacaan hanya tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas, sehingga tidak semua orang bisa memiliki buku. Hal ini terjadi karena pada zaman dahulu, teknologi untuk memperbanyak buku dilakukan secara manual, yaitu dengan tangan. Selain kemunculan mesin cetak, perkembangan media cetak didukung oleh meningkatnya tingkat kemampuan orang untuk membaca dan mengerti berbagai jenis informasi. 

 
  3. Era Telekomunikasi(1844-Sekarang)

Era telekomunikasi dimulai saat Samuel Morse berhasil mengirimkan pesannya dari Baltimore ke Washingthon D.C pada tahun 1844 dengan menggunakan sandi – sandi atau kode – kode yang disebut morse . Penemuan ini yang kemudian menjadi prototipe bagi penemuan – penemuan selanjutnya seperti Alexander Graham Bell yang menemukan telepon . Gambar bergerak diciptakan dan pertama kalinya film ditunjukkan kepada public. Guglielmo Marconi mentransmisikan pesan melalui radio. Lee de Forest menemukan kualitas pengeras suara dari tabung hampa. Jadwal peyiaran radio secara teratur pertama kali oleh KDKA di Pittsburg. Demonstrasi Televisi oleh RCA Pertama kali siaran televisi komersial . Dalam era ini , awalnya hanya dapat menghubungkan dua orang saja , seiring berjalannya waktu , munculah alat komunikasi masa seperti radio , televisi , serta media – media cetak seperti koran , majalah , dan lain – lain . 

  4. Era Komunikasi Interaktif (1946 – Sekarang ) 

Era komunikasi interaktif dimulai pada tahun 1946 ketika komputer mainframe pertama ditemukan di Philadelphia , Amerika Serikat . William Shockley, John Bardeen, dan walter Brattain di Laboratorium Bell menciptakan transistor tipe solid-state yang dapat mengubah pembesaran pesan elektronik . Ampex Company di Redwood City California menciptakan Videotape Rusia meluncurkan satelit ruang angkasa (Sputnik) pertama kali tentang pendaratan manusia di bulan pertama kali oleh NASA yang dipandu oleh minicomputer yang berukuran 2 x 1,5 feet, atau 3000 kali lebih kecil dibandingkan dengan komputer ENIAC Penciptaan microprosesor, suatu unit kontrol komputer (Central Processing Unit/CPU) pada chip semi konduktor oleh Ted Hoff at Intel Corporation . Pada tahun 1957, Rusia meluncurkan satelit ruang angkasa, Sputnik. Setelah diluncurkannya satelit milik Rusia ini semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi, manusia dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan sinyal-sinyal dari satelit. Lalu diikuti dengan ditemukannya internet yang membuat pemberian informasi menjadi lebih luas dan lebih terbuka , juga dapat menghubungkan banyak orang sekaligus , seperti media sosial seperti friendster , facebook , twitter , dan lain –lain . Berkat perkembangan teknologi komputer dan internet, maka perkembangan dunia komunikasi menjadi sangat maju. Orang – orang dapat melakukan komunikasi perseorangan dari jarak yang sangat jauh dalam waktu yang sangat pendek. 

Dapat kita lihat bahwa perkembangan teknologi (khusunya komunikasi) , walaupun berjalan secara perlahan , namun dapat kita rasakan manfaat teknologi – teknologi tersebut yang sangat berguna dalam kehidupan di saat sekarang ini . Kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang dengan sangat mudah nya sengan menggunakan internet , handphone , televisi , dan lain – lain . Tidak hanya itu , teknologi tersebut juga sangat membantu kita dalam mengembangkan pengetahuan kita dan kita dapat dengan mudah mempelajari banyak hal. 









BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan 
     Adapun kesimpulan dari penjelasan mengenai penemuan mesin pencetak dan perkembangan teknologi dari masa ke masa tersebut di atas adalah :

·         Dari uraian diatas jelas diketahui bahwa penemuan mesin cetak sangat mempengaruhi peradaban manusia. Bahkan penemuan mesin cetak telah membuat manusia berlomba-lomba dalam pengambangan ilmu pengetahuan dan itu berimbas pada cepatnya perkembangan teknologi terbukti hanya dalam kurun waktu 500 tahun terakhir peradaban manusia telah memperlihatkan kemajuannya yang sangat pesat. Bahkan semenjak era komunikasi interaktip di dua dekade terakhir kemajuan teknologi semakin tak terprediksi peningkatannya. 

·         Tentunya sebagai akademisi kita seharusnya lebih bijak dalam memili teknologi sehingga pada pengguanaannya mampu memberikan manfaat dan tidak hanya berguna bagi kita namun alangkah baiknya jika teknologi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh mereka, saudaura-saudara kita yang sampai ini belum berkesempatan menikmati kemudahan teknologi. 

·         Hal lain yang lebih penting adalah sebagai mahasiswa kita seharusnya tidak hanya menjadi pengguna semata. Tidak hanya sebagai konsumen teknologi namun kita pun dituntut untuk mampu memberikan kontribusi positif dalam perkembangan teknologi ini. Tentunya dengan kreatifitas dan usaha yang terus menerus bukan tidak mungkin kita bisa dan mampu memberikan kontribusi dalam perkembangan teknologi. 





















Daftar Pustaka

  • Michael A. Mirabito – Barbara L. Moergenstern, The New Communication Technologies : Communication in the Modern Age
  • Michael A. Mirabito – Barbara L. Moergenstern, The New Communication Technologies : Technical Foundations of Modern Communication
  • http://www.g-excess.com/id/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
  • http://nardyberkomunikasi.wordpress.com/2010/01/15/peranan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/
  • William L.Riveres , Teknologi Komunikasi & Masyarakat Moder
  • Edwin Mulyadi Iskandar ,Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat

















MAKALAH
MESIN PERTANIAN
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia(M S D M) I+II
Dosen Pengampu Bapak Hero Sultoni Comara,Spd,MM

stie.jpg


Disusun Oleh :
Nama         : Zahrotun Naimah
No.Absen  : 39
NIM          : 12 0201 0628
Semester    : II (Dua)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
SEMARANG

KATA PENGANTAR

Puji Syukur senantiasa penulis ucapkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya ,sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini.dalam pembuatan tugas makalah ini penulis mengambil tema Mesin Pertanian.Dengan segala kerendahan hati,perkenankanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Bapak Hero Sultoni Comara,Spd,MM,selaku Dosen Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (M S D M) I+II
2.      Orang tua dan saudara-saudara yang telah memberikan dukungan material dan spiritual dalam penyelesaian tugas makalah ini
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan ,untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan.namun penulis berharap kiranya  tugas makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.kurang lebihnya penulis ucapkan terima kasih.
Kendal,Februari 2013
Penulis

Zahrotun Naimah













BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG

seperti telah diketahui ,bahwa teknologi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia ,seperti contoh mesin pertanian,dengan adanya mesin tersebut,petani akan lebih mudah dan lebih cepat dalam mengolah hasil pertaniannya tersebut.maka dari itu diperlukannya teknologi tersebut.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1. apa jenis  alat-alat pertanian ?
2. bagaimana fungsi alat-alat pertanian?
1.3 TUJUAN PENULISAN
       1. untuk mengetahui apa saja jenis alat-alat pertanian.
       2. untuk mengetahui fungsi alat pertanian.
1.4 MANFAAAT PENULISAN
       1. memberikan pemahaman singkat tentang alat –alat pertanian
       2.memberikan gambaran tentang fungsi alat –alat pertanian















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Jenis Alat Pertanian

a)      Traktor Tangan
Traktor tangan adalah traktor yang mempunyai poros roda tunggal dan dilengkapi motor penggerak satu silinder dengan daya antara 3-12 hp.
Berdasarkan besar daya motor, traktor tangan di bedakan dalam 3 kategori, yaitu:
1. Traktor tangan berukuran kecil, tenaga penggeraknya kurang dari 5 hp.
2. Traktor tangan berukuran sedang, tenaga peggeraknya antara 5-7 hp
3. Traktor tangan berukuran besar, tenaga penggeraknya 7-12 hp.
Spesifikasi traktor tangan
Nama : Hand Traktor (traktor tangan)
Fungsi : Untuk mengolah, membalikkan tanah dan untuk mengangkut hasil pertanian.
Merk : Yanmar
Model/type : YZA 120
Negara pembuat : Jepang
Tahun pembuatan : 1997
Dimensi : a) Panjang : 2160 mm
b) Lebar: 730 mm
c) Tinggi : 1330 mm
Jumlah Transmision Forward : 6
Jumlah Transmision Reserver : 3

Komponen-komponen traktor tangan dapat dibagi dalam 5 bagian yaitu:
1. Unit Motor Penggerak
Motor penggerak dipasang pada kerangka dengan 4 buah baut pengencang. Motor dapat digeser ke arah depan atau belakang untuk memperoleh keseimbangan traktor dan untuk menyesuaikan ukuran sabuk transmisi daya yaitu sabuk V. Untuk menghidupkan traktor bermotor diesel digunakan engkol sedangkan untuk traktor dengan bermotor besin digunakan tali starter atau recoil starter yaitu tali starter yang dapat kembali keposisi start setelah selesai digunakan.

2. Unit Kerangka Dan Transmisi
Kerangka berperan sebagai tempat kedudukan motor penggerak, unit transmisi dan bagian traktor lainnya. Motor penggerak dan unit transmisi ditautkan ke unit kerangka dengan beberapa buah baut pengencang.

3. Unit Roda
Traktor tangan mempunyai 3 macam roda yaitu:
a. Roda ban digunakan untuk transportasi dan untuk membajak tanah dilahan kering.
b. Roda pengatur dalam pembajakan merupakan kelengkapan dari unit bajak rotari.
c. Roda besi pada umumnya digunakan untuk bekerja dilahan sawah.
d. Roda apung digunakan untuk mengolah lahan sawah yang dalam.

4. Unit Implemen
Implemen traktor adalah unit yang dapat dilepas dan dipasang untuk pekerjaan tertentu. Unit yang umum digunakan adalah:
a. Bajak singkal traktor tangan ada dua macam, yaitu bajak singkal yang dapat membalik tanah ke satu arah saja (biasanya kearah kanan) dan bajak yang dapat bekerja dua arah (reversible plow) yaitu membalik tanah ke arah kanan atau ke arah kiri.
b. Bajak rotari lebih dikenal dengan nama rotary tiller dan ada pula yang menyebutnya bajak berpusing karena geraknya berputar pada porosnya. Arah putaran bajak pada umumnya searah dengan arah putaran roda traktor, akan tetapi ada pula yang dirancang berlawanan dengan arah putaran roda.
c. Gelebeg adalah alat pengolah tanah (sawah) dan dipasang pada penggandeng (hitch) traktor.
d. Ridger adalah alat untuk membuat guludan di lahan kering yang telah diolah.
e. Transplanter adalah alat untuk menanam bibit padi di sawah.
f. Seeder. Benih padi ditebar sepanjang alur dengan menggunakan alat yang disebut seed drill.
g. Trailer. Traktor tangan dapat digunakan untuk menarik trailer sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengangkut sarana produksi maupun hasil produksi. Kapasitas trailer sekitar 500 kg.
Adapun kegunaan alat-alat ini untuk pertanian yaitu:
1. Mempercepat waktu penanganan pra-panen.
2. Meningkatkan derajat taraf hidup petani.
3. Menjamin kenaikan kualitas dan kuantitas serta kapasitas produksi pertanian.
4. Mengurangi tenaga manusia yang efisien.
5. Dapat melakukan perluasan areal pertanian.
b)       Bajak
Pengolahan tanah merupakan suatu usaha manusia untuk merubah sifat-sifat yang dimiliki oleh tanah sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki oleh manusia. Bajak singkal merupakan salah satu alat pertanian yang tertua dan dianggap sebagai alat pengolahan tanah yang paling penting, karena memiliki fungsi mengubah sifat fisik tanah dengan cara ditarik. Bajak singkal akan memotong, membalik dan memecahkan tanah sekaligu menutup gulma dan menjadikannya kompos.
Pada umumnya hasil pengolahan pertama masih merupakan bongkahan-bongkahan tanah besar, karena pada tahap ini penggemburan tanah belum dapat dilakukan secara efektif.
Alat-alat yang digunakan pada pengolahan tanah pertama biasa disebut dengan bajak. Jenis-jenis bajak antara lain:
 Bajak Singkal (moldboard plow)
Ä
 Bajak Piringan (disk plow)
Ä
 Bajak Rotari (rotary plow)
Ä
 Bajak Pahat (chisel plow)
Ä
 Bajak Tanah (subsoil plow)
Ä
Spesifikasi alat bajak singkal
Nama : Bajak Singkal
Fungsi : Memotong dan membalikkan tanah pada pengolahan tanah pertama
Merk : Niplo
Bagian-bagiannya : Mata bajak, pengubah arah lemparan
Negara pembuat : Jepang
Tahun pembuatan :1997
Adapun yang perlu diamati dalam proses pembajakan atau pengolahan pertama adalah:
 Kedalaman pembajakan
Ä
 Lebar pembajakan
Ä
 Besar bongkahan
Ä
Kedalaman pembajakan biasanya diatas 15 cm,dan lebar pembajakan bervariasi sedangkan besar bongkahan didapati diatas 24 cm.

c)      . Thresher
Thresher adalah alat perontok benih padi. Perontokan merupakan bagian integral dari proses penanganan pasca panen padi, dimana padi yang telah layak dipanen dirontokkan untuk memisahkan bulir-bulir padi jeraminya. Prinsip kerja thresher ini adalah dengan memukul bagian tangkai padi (jerami) sehingga bulir-bulir terlepas. Dalam mempersiapkan banyak hasil tanaman untuk dipasarkan, biji-biji perlu dipisahkan dari tangkai tempat tumbuhnya. Semua tanaman padi-padian dengan biji yang kecil, biji harus dipipil dari tongkolnya, kacang tanah harus dirontokkan atau dipetik dari batangnya, dan biji kapas harus dipisahkan dari rambutnya. Untuk memisahkan biji dari bahan pengikatnya pada berbagai tanaman diperlukan jenis mesin yang berbeda-beda.
Adapun besarnya daya threser yang di butuhkan dalam perontokan padi di pengaruhi oleh ukuran. Fariable-fariable lain yang mempengaruhi seperti berat gabah, tingkat kemasakan, kadar air dan varietas padi.Besarnya daya thresher (mesin perontok benih padi) yang diperlukan dalam proses perontokan padi dipengaruhi oleh ukuran, bentuk dan stuktur jaringan pada bulir-bulir yang akan dirontokkan. Variabel-variabel lain yang mempengaruhi dalam perontokkan adalah berat gabah, tingkat kematangan, kadar air dalam gabah dan varietas padi.
Mekanisme perontokan padi yang memisahkan gabah dengan tangkainya terutama terdiri atas selinder yang berputar dan cekungan-cekungan. Suatu penyalur pemukul biasanya ditempatkan didepan silinder dan ujung atas Dari penyalur pengangkat untuk membantu penyaluran dalam pemasakan bulir-bulir ke mekanisme perontokan. Gabah akan dipisahkan dari batangnya atau jerami melalui blower yang menghasilkan angin. Angin ini bisa menjadikan suatu daya unutk dapat meemisahkan antara paid dan jerami. Padi yang penuh isinya akan dikeluarkan dibawah thresher dan jerami serta gabah yang kosong akan dipisah dari gabah yang diisi. Alat pengatur untuk pengubah kecepatan (Rpm) yang disesuaikan dengan jenis padi.
Dibawah ini adalah alat Perontok Padi Portabel

1. Fungsi
Merontokan atau memisahkan biji padi dari batang jerami.
2. Cara Kerja
1. Siapkan batang padi yang akan dirontokan.
2. Motor dihidupkan.
3. Letakkan batang-batang padi di atas gigi perontok, sambil digeser ke kiri dan ke kanan.
4. Selesai bekerja, alat dibersihkan supaya tahan lama.
3. Spesifikasi
1. Dimensi alat : P = 90 cm; L = 73 cm; T = 108 cm
2. Berat : 35 kg
3. Tenaga penggerak : Motor listrik
4. Kapasitas kerja : 200 kg/jam
5. Operator : 1 orang
6. Bahan : Besi pipa galvanis, besi plat, motor listrik.

d)     . Alat Pemipil Jagung
Kebanyakan jagung dipipil sebagai bagian operasi pemanenan. Petani yang menanam padi-padian dan jagung menggunakan kelengkapan pemanen jagung pada pemanen terpadu dan menggunakan unit perontok untuk memipil jagung. Petani jagung kini menggunakan kelengkapan pemipil dalam kombinasi dengan pemetik jagung. Bilamana jagung dipanen dengan kelobot masih terdapat pada tongkol atau dihilangkan, diperlukan pemipil jagung guna penyiapan jagung untuk pemasaran dalam keadaan terpipil.
Ada dua tipe pemipil jagung yaitu pegas dan silinder. Pemipil pegas mempunyai sebuah lempeng dibawah tekanan pegas untuk menahan tongkol pada suatu piringan yang berputar yang melepas dan memisahkan butir-butir jagung dari janggelnya. Butir-butir tadi jatuh ke bawah melalui unit pembersih, sedang janggel dilemparkan keluar oleh konveyor. Ada beberapa tipe pemipil jagung silinder, yaitu :
1. Unit-unit usaha tani untuk industri besar dan kecil yang bersifat stasioner. Ukuran untuk industri digunakan oleh para tengkulak jagung, sedang yang lebih kecil digunakan pada usaha tani dimana terdapat sejumlah besar jagung yang harus dipipil.
2. Tipe terpasang pada truk yang digerakkan oleh mesin tambahan yang dapat dipindah-pindah, yang biasa digunakan untuk pemipilan dari satu dari usaha tani ke yang lain.
3. tipe gandengan dengan dua roda yang dapat dipindah-pindahkan, digerakkan oleh pengambil daya, dapat dipindahkan ke lokasi yang berbeda-beda dan digunakan untuk pekerjaan biasa.
4. Tipe terpasang pada traktor yang digerakkan oleh pengambil daya mempunyai kegunaan umum yang sama dengan tipe gandengan dengan dua roda.
Kebutuhan daya suatu pemipil jagung bervariasi dari 10 sampai 35 daya kuda, kecepatan silindernyaberkisar dari 600 sampai 1000 putaran per menit, dan kapasitasnya dipengaruhi oleh persentase kelobot pada tongkol, kadar air biji-bijian, laju pemasukan tongkol, dan ukuran silinder. Unit-unit stasioner yang besar mampu mampu memipil 40 sampai 50 ton (36,3 sampai 45,4 ton metric)/jam, sedang unit-unit kecil yang dapat dibawa-pindah yang lebih kecil, berkisar dari 100 sampai 250 gantang per jam.
Beberapa pemipil jagung dilengkapi dengan penghembus guna menangani baik jagung pipilan maupun janggel secara terpisah. Kelengkapan untuk mewadahi dalam karung tersedia untuk beberapa unit yang dapat dipindah-pindah.



e)      . Pengering Tanaman
Pengering tanaman dapat berupa konstruksi atau alat yang mencakup kemudahan-kemudahan untuk pengeringan atau pengawetan produk-produk pertanian dengan udara panas atau tak dipanaskan yang dipaksakan.
Pengeringan buah dengan pendadahan terhadap sinar matahari merupakan praktek lama. Kondisi iklim lembab di Inggris memaksa rakyat Negara itu meneliti metoda pengeringan buatan sejak bertahun-tahun yang lampau. Penanaman tembakau di Virginia dan Karolina mencoba menggunakan udara panas memberi warna tembakau sejak awal tahun 1830. udara panas untuk pengawetan ketela rambat digunakan pada awal tahun 1930-an. Pengeringan rumput kering dengan udara yang dipaksakan dilakukan pada akhir tahun 1930-an dan awal tahun 1940-an.
Pengeringan produk-produk pertanian di kebun dan untuk persyaratan di pabrik secara komersial, sekarang merupakan tahap esensial penyimpanan dalam pertanian dan pemasaran. Banyak produk-produk pertanian pada saat dipanen terlalu banyak mengandung air untuk penyimpanan yang aman.














































BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Adapun simpulan dari penjelasan mengenai alat-alat pertanian diatas adalah :
·         Dengan adanya alat -alat tersebut ,dapat mempercepat pengolahan hasil pertanian.
·         Dapat membantu manusia dalam menjalankan pertanian dengan lebih cepat
·         Semakin cepat proses pengolahannya
·         Mempermudah proses produksi
·         Dengan pemanfaatan alat-alat tersebut,diharapkan manusia,khususnya petani dapat memanfaatkannya dengan baik,seiring dengan perkembangannya inovasi-inovasi baru
·         Berbagai banyak macam teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam pertanian,guna mempercepat laju produksi
·         Jenis-jenis teknologi diatas bisa diterapkan dalam berbagai hal,seperti:membajak,pengeringan dan lain sebagainya yang membantu proses produksi


DAFTAR PUSTAKA

BPM. ARENDS, 1980. MOTOR BENSIN, Erlangga Jakarta.
E. V. POPOF,1986.Mekanika Tanah. Erlangga Jakarta.
Hardjoanidjojo S, Pengantar Keteknikan Pertanian, IPB, Bogor.
Surman, R.L, 1989, Mengerjakan Tanah dan Alat-Alat Pertanian, SPMA Cetakan ke II, Jakarta.
Wijanto, M.S,1996. Memilih Merawat, Menggunakan, dan Traktor Tangan, Penebar Swadaya, Jakarta

0 komentar:

Post a Comment

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)


15. Arsip Blog


APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

9

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4