ADA IKLAN -TONI COMARA - Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh Bismillahirrokhmanirrokhim semoga berkah dan bermanfaat. wassalamualaikum. JEMPO www. comra61@gmail.com ada iklan https://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/

Sunday 10 February 2013

PENEMUAN KOMPUTER

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Internet merupakan jaringan computer yang sangat besar yang dirancang untuk digunakan secara interaktif, yang berarti bahwa orang bekerja langsung pada computer yang dikoneksikan langsung ke jaringan.
Seberapapun lama menggunakan internet, anda akan tetap tertarik mencari informasi yang Anda perlukan. Sebagian besar pengguna pemula internet telah banyak membuat sumber catalog dan bagan. Tugas mereka semakin kompleks seiring meningkatnya jumlah pengguna dan resource (sumber informasi).
Apa internet itu ?
Internet adalah jaringan net work internasional yang tersebar luas di tujuh benua dan ratusan Negara.
Internet merupakan jaringan bebas dimana pengguna menggunakan protocol dan ketentuan tertentu, bekerja sama, dan semua berjalan tanpa gejolak.
B. PERMASALAHAN
Dewasa ini banyak sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk dapat berhubungan dengan jarak yang jauh tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan memudahkan dalam pengiriman informasi. Salah satunya adalah internet. Namun banyak pengguna pemula yang masih belum mengetahui unsure-unsur dan macam-macam layanan dalam internet, antara lain :
? Apa yang diperlukan ?
? Bagaimana masuk ke internet ?
? Berapa biaya internet ?
? Apa bahasa khas internet ?
? Etiket dalam internet ?
? Sarana apasaja yang ada di internet ?
? Bagaimana cara kerjanya ?
? Apa manfaat internet bagi remaja ?
? Dan lain sebagainya
C. PEMBATASAN MASALAH
Dalam hal ini, kami membatasi masalah pada penggunaan internet di dalam dunia remaja dan pengetahuan mereka dalam hal internet.
Internet bagaikan kota yang terus dibangun. Sumber informasi makin berganti-ganti. Samua informasi tersebut dapat dimuat di dalam internet.
Dewasa ini, banyak hal-hal yang diperlukan remaja untuk diri mereka, kemajuan di masa depan mereka, dan kepentingan bersama yang berhubungan dengan diri para remaja, baik secara fisik maupun biologis











BAB II
PENGETAHUAN REMAJA TENTANG INTERNET
A. INTERNET REMAJA
Internet merupakan salah satu sarana komunikasi yang populer dan banyak digunakan oleh kalangan remaja. Mereka menggunakan internet untuk menemukan hal-hal baru dan masih hangat dibicarakan oleh masyarakat.
Apa Yang Diperlukan Dalam Internet ?
Internet menggunakan beberapa alat yang sering digunakan dalam komunikasi. Salah satunya yaitu saluran telepon. Selain saluran telepon, internet juga memerlukan computer, modem, dan program komunikasi.
Modem, singkatan dari Modulator Demodulator; yaitu alat yang mampu mengubah data digital dalam bentuk bilangan biner menjadi sinyal elektrik (modulasi) dan mengirim sinyal elektrik ini melalui saluran telepon, gelombang radio, serat optic, belomnbang mikro (microwave) bahkan melalui kabel listrik biasa.
Bagaimana Masuk Ke Internet ?
Ada beberapa cara untuk dapat masuk ke internet, antara lain:
1. Akses Langsung
2. Akses SLIP/PPP
3. Dial-up Account
4. Layanan on-line commercial
? Akses Langsung
Akses langsung merupakan cara tercepat masuk internet. Di perusahaan-perusahaan, biasanya mengakses internet secara full-fledged dan full-time serta dilengkapi dengan program Client yang memudahkan menggunakan semua resource.

? Account SLIP/PPP
SLIP ( Serial Line Interface Protocol ) dan PPP ( Point of Point Protocol ) langsung mengakses internet dan mengizinkan Anda mengakses semua program client.
? Account Dial-up
a) Account Dial-up sederhana
Cara ini memungkinkan modem mengakses system berbasis Unix, nomor account dan password. Sarana internet yang ada antara lain : e-mail, news, telnet, dan gopher.
Telnet adalah fasilitas yang memungkinkan seseorang melakukan log in, masuk dan mengakses sebuah server di tempat yang jauh melalui internet.
Gopher merupaka tool cari-dan-ambil yang berbasis menu yang terstruktur seperti catalog kartu perpustakaan, dari topic luas kemidian mempersempit sehingga menemukan sesuatu yang menarik minat.
b) Account Dial-up kompleks
Cara ini diberikan oleh perusahaan besar, seperti Netco, PSI, dan InterCon System, yang mempunyai proprietary client software dan jaringan nomor akses local di berbagai kota atau layanan nomor 800.
? Layana On-line Komersial
Sebagian layanan on-line komersial, seperti Amerika On-line, Compo Serve, dan Prodigy, menambah layanan di internet hamper setiap hari. Namun tariff juga berubah sangat cepat sehingga sulit dibukukan.
Berapa Biaya Internet ?
Biaya internet tergantung di mana dan apa path akses. Program yang terdapat di internet bermacam-macam sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna sarana internet berbeda-beda, sesuai dengan program apa yang digunakan. Tariff berkisar $5 sebulan hingga $10000 atau lebih setahun.
Apa Bahasa Khas Internet ?
Ada beberapa bahasa yang digunakan dalam pengiriman surat melalui internet, antara lain :
1. Singkatan alfabetis ( FAQ. WAIS )
2. Permainan kata (Gopher, archie)
3. Simbol (smiley dan emoticons)
4. Alamat sumber informasi (URL)
5. Tanda Baca (dot)
? Dot ; digunakan untuk memisahkan nama user dan nama domain.
? Symbol ; menunjukkan media berbasis teks, tanpa infleksi suara.
? FAQ ; yaitu dokumen yang dikompilasi dari berbagai pertanyaan di newsgroup, mailing list, dan sebagainya.
Etiket Dalam Internet ?
Dalam internet, ada beberapa etiket yang digunakan antara lain :
1. Menggunakan bersama.
Prinsip “Conserve bandwidth” berlaku untuk semua aktifitas Net. Artinya jangan mengirin pesan panjang ketika pesan pendek sudah cukup, atau cukup mengirim program yang dikompres.
2. Perhatian terhadap sumber informasi.
“Netiquette”, artinya kerjakan bagian Anda dengan tidak menggunakan sumber informasi pada jam sibuk (memperlamban system ketika pemilik sumbar informasi memerlukan), atau jangan terlalu berlebihan menggunakan sumber informasi.
3. Bersikaplah mulia.
Budaya internet berlandaskan sikap luhur. Internet juga tak luput dari orang yang jahat dan baik. Ketentuan net dalam perilaku umum berkaitan dengan sikap hormat dan sopan kepada orang lain.
Misalnya jangan melakukan hal-hal berikut :
? Mengirim surat pribadi tanpa peduli, tanpa identitas penulis.
? Mengirim banyak surat. Artinya mengirim pesan yang sama ka banyak newsgroup/mailing list. Mengirim banyak informasi bisnis/komersial merupakan pemborosan.
? Menimbulkan keresahan di tempat umum.
? Mengirim surat berantai yang akan berputar terus di intenet.
Sarana Apasaja Yang Ada Di Internet ?
Salah satu sarana dalam internet yang sering digunakan remaja saat ini adalah elektronik mail (e-mail).
E-mail adalah fasilitas internet yang sangat terkenal dan digunakan oleh semua jasa internet, merupakan fasilitas internet yang memungkinkan kita menulis, mengirim, dan menerima surat dari manapun dan dimanapun di dunia dalam waktu yang sangat singkat, yaitu min 4 menit.
Terdapat banyak layanan internet yang dapat Anda gunakam lewat e-mail, termasuk layanan untuk pengiriman e-mail ke seseorang yang berada pada system surat elektronik lainnya, berpartisipasi pada diskusi dengan sejumlah besar topic, dan untuk mengambil informasi dari komputer-komputer di seluruh dunia.
Bagian berikut ini akan memberitahu apa yang dapat Anda lakukan bila menggunakan internet via e-mail.
1. Meraih informasi dengan e-mail.
E-mail merupakan bentuk komunikasi elektronik yang terdistribusi paling luas di dunia. Anda dapat mengirim e-mail ke internet, dan Anda juga dapat mengirim surat ke layanan e-mail lain lewat internet. Jumlah orang yang memiliki alamat e-mail di internet diperkirakan bertambah 15 juta. Dengan menggunakan alamat e-mail, Anda dapat menghubungi orang-orang tidak hanya pada layanan on-line Anda, tetapi orang-orang di seluruh dunia.
2. Berlangganan ke Mailing Lists
Mailing list merupakan mekanisme diskusi public lewat alamat e-mail sentral yang mengirim mail (surat/pesan) yang datang balik ke setiap orang pada daftar.
3. Berlangganan majalah elektronis.
Di internet terdapat pula majalah dan jurnal elektronis, seperti media cetak, bebagai topic dapat Anda tamui, tingkat formalitas dan jadwal penerbitannya juga bervariasi.
4. Newsgroups.
Newsgroup merupakan forum public untuk diskusi berbagai jenis topic. Sumber newsgroup paling besar adalah jaringan yang disebut USENET.
5. Mengambil file.
Salah satu manfaat internet adalah Anda dapat mengambil file-file yang disimpan computer yang jauh letaknya dengan menggunakan ftp-mail (file transfer protocol via e-mail)
File transfer protocol (ftp) adalah fasilitas yang memungkinkan kita mengirim dan menerima file dari dan ke server di seluruh dunia yang terhubung dengan internet.
6. Mencari file dan sumberdaya.
Archie merupakan software tool untuk mencari database dari file yang dapat diskses public yang tersedia lewat fasilitas ftp.
Bagaimana Cara E-Mail Bekerja ?
E-mail bekerja seperti pengiriman surat biasa. Surat yang dilengkapi dengan alamat e-mail secara elektronis dikirim ke computer dengan alamat e-mail yang dituju, dan dapat juga menuju ke computer lain dengan alamat yang berbeda.
Apa Manfaat Internet Bagi Remaja ?
Internet merupakan sarana komunikasi yang sangat diperlukan. Apalagi oleh para remaja yang sangat memerlukan informasi yang diperlukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan diri remaja. Misalnya informasi tentang mode, pengetahuan umum, dan sebagainya. Namun di dalam internet juga terdapat ha-hal yang dapat merusak diri dan pikiran remaja, yang tidak seharusnya diperlihatkan kepada remaja.
Adapun beberapa manfaat yang dapat diambil dari penggunaan internet bagi remaja antara lain :
1. Bertambah luasnya pengetahuan dan wawasan remaja tentang hal-hal- yang memang seharusnya mereka ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan kagiatan apapun.
2. Dapat menambah teman dan mempererat silaturahmi antar sesama.
3. Dapat saling bertukar pikiran atau berdiskusi dengan orang-orang yang ada di berbagai penjuru di dunia.
4. Mengenal berbagai technology dari berbagai bidang kehidupan, yang telah dan akan beredar dalam kehidupan masyarakat.
5. Dapat merasakan kemajuan yang ada di dunia dengan saling berhubungan dengan orang-orang dari berbagai Negara di dunia.
6. Mempercepat remaja dalam menerima informasi yang dapat memajukan pembangunan nasional bangsanya.
7. Mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing individu melalui informasi yang ada dalam internet.
8. Dan sebagainya.
B. MENGGUNAKAN E-MAIL SEBAGAI JENDELA INTERNET
Sebagian besar layanan internet memungkinkan Anda menggunakan e-mail untuk memformulasikan satu set perintah, kemudian Anda mengirimkannya ke computer diseberang yang terkoneksi ke internet. Computer tersebut mengambil surat Anda, melaksanakan perintah-perintah Anda, dan mengembalikan hasilnya ke Anda. Inilah yang disebut memiliki jendela internet.
Ada beberapa keuntungan menggunakan koneksi langsung dalam mengakses internet, antara lain :
1. Dapat berpartisipasi pada diskusi, melakukan riset, dan mengambil file dari internet tanpa melanggan ke layanan on-line lain.
2. Dapat menghemat biaya.
3. Mudah digunakan dan dipahami.
4. Memungkinkan pekerjaan terus diproses walaupun Anda sedang tidak terkoneksi.



BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dalam dunia remaja, informasi sangat diperlukan untuk pertimbangan dalam melakukan semua kegiatan. Salah satu sarana informasi dan komunikasi yang banyak digunakan oleh kalangan remaja adalah internet, yang merupakan fasilitas elektronik yang sangat bermanfaat.
Bagi remaja yang sudah kerap kali berhadapan dengan computer, khususnya internet, memang menganggap penggunaanya sangat mudah. Namun bagi para remaja yang awam, penggunaan internet merupakan hal yang asing. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui berbagai fasilitas yang diberikan internet.
Dengan mengetahui kegunaan yang ada setelah menggunakan internet, maka mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi dari dalam dan luar negeri, bahkan di seluruh penjuru di dunia.
B. SARAN
Untuk para pengguna yang masih belum mengetahui cara, fasilitas, dan manfaat dari penggunaan internet, harus mencari informasinya dari berbagai sumber. Salah satunya yaitu sumber bacaan yang juga sangat berguna untuk pengetahuan.
Di dalam internet banyak terdapat informasi yang tidak seharusnya diketahui oleh remaja, bahkan dapat merusak hidup mereka. Oleh karena itu, sebaiknya informasi yang seperti itu tidak diikuti, dan ambillah segi positif dari penggunaan internet yang sebenarnya.



DAFTAR PUSTAKA
Nogroho, Yanuar. 1998. Memilih Dan Menggunakan Komputer. Jakarta: Puspaswara.
Ryer, Jeanne C. 1996. Buku Saku Kesegaran Dan Kesehatan Dalam Internet. Jakarta: Gramedia.
Shirky, Clay. 1995. Teknologi Komputer. Jakarta. Gramedia.
Penemu computer       : charles babbage
Penemu internet          : Leonard kleinrock

0 komentar:

Post a Comment

HERO61.GA

Popular Posts

JALAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 27- NOPEMBER S/D 8 ESEMBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI SILAHKAN KLIK - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

KISI - KISI / MATERI UAS SMKN 4 KENDAL 2017

KISI KISI/ MATERI KELAS XI ATAU 2 KLIK DI SINI KELAS XII ATAU KELAS 3 KILIK DI SINI

Total Pageviews

pak toni

pak toni

hero61.ga

11. STIE SEMARANG KELAS KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1. log in mandiri : 2. LOG IN BNI ; 3. LOG IN BCA ; A.MAU KAYA (klik di sini ) B.REJEKI MELIMPAH (klik di sini ) C.BISNIS ISLAMI (KLIK DI SINI) 2.TUHAS PIDATO STIE SEMARANG ANG 8 (KLIK DI SINI) 3.BANK SOAL BAHASA INGGRIS (klik di sini) 4. NILAI BHS INGGRIS 2012 ANGK 8 (klik di sini) 5. REKAP TUGAS MSDM SM 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 6 NILAI MID MSDM 1 DAN 2 ANGK 7 2013 (klik di sini) 7. BANK SOAL MAN UKM KOERASI DAN KEWIRAUSAHAAN (klik di sini) 8 BANK SOAL MSDM 1 DAN 2 (KLIK DI SINI) 9. NILAI MSDM ANGK 7- 2013 (kLIK DI SINI) 10. TUGAS KOPERASI DAN KWU ANG 7 (kLIK DI SINI) 11.foto BEBERAPA MHSW ANGK 7 2013 (klik di sini ) 12.NILAI KWU ANGK 7 TA 2013( KLIK DI SINI) 13. NILAI KOPERASI ANGK 7 TA 2013 (KLIK DI SINI) 14. TUGAS HUKUM DAN ETIKA BISNIS SM 6 TH 2013 (klik di sini) 15. NILAI MID ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 16. NILAI HUKUM DAN ETIKA BISNIS 2013 (KLIK DI SINI) 17.REKAP TUGAS SEMINAR K 7 2014 (KLIK DISINI)
HERO SULTONI COMARA. Powered by Blogger.

7

9..TAUTAN BERKAIT TUGAS GURU

INPASING ANGKA KREDIT GURU (klik di sini )

cara mengajukan inpasing ANGKA KREDIT GURU (KLIK DI SINI)

berkas inpassing (klik di sini)

DIKDASMEN= SK INPASSING ( klik di sini)

5.TITANIC (KLIK DI SINI)


15. Arsip Blog


APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA ?


2. INFO GURU

A. SISKOHAT HAJI (KLIK DI SINI) bb FB JOHNSONJOY (KLIK DISINI) AAA FB MARTIN (KLIKDISINI) aa. FACE BOOK LILIANE INGGRIS (KLIK DI SINI) bb, FB MIRRIAM SITA(KLIK DI SINI) A.LOG INI PADAMU NEGERI ID NUPTK: 1557739641110063 PW NB39J6 NUPTK PADAMU MENDIKBUD(KLIK DI SINI) 1. CEK SERTIFIKASI GURU (klik di sini ) 2. Info SERTIFIKASI (KLIK DI SINI) 3.PENELITIAN TINDAKAN KELAS (klik di sini) 4. USULAN ANGKA KREDIT GURU (Klik di sini) 5. CEK DATA SERTIFIKASI DIKDAS/PTK (klik di sini) 6.CONTOH RPP BING KELAS X1 SMK (klik di sini) 7. CONTOH RPP BING KELAS XII SMK (klik di sini) 8.CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MAT KLS X (KLIK DI SINI) 9. KALKULATOR MMM (KLIK DI SINI) 10.PANDUAN MMM (KLIK DI SINI) 11. INFO CPNS (KLIK DI SINI) 12 comra61@gmail.com(klik di sini)

1. INFO BERGUNA

AAA KE BLOG SUKU DAN DINERO (KLIK DI SINI) AA KE BLOG HERO VIONIR (KLIK DI SINI) B KE BLOG SEJAHTERA BERSAMA (KLIK DI SINI) A. BLOG HERO MMM (KLIK DI SINI)A. MMM JALUR PENYELAMAT (KLIK DI SINI) A. MMM INDONESIA (KLIK DI SINI) B MAS MANDIRI (KLIK DI SINI ) B-2 MGMP BING SMK (KLIK DI SINI) B MEMBUAT G MAIL : (KLIK DI SINI) C. GMAIL LOG IN (kLIK DI SINI ) D REFFERAL MMM (KLIK DI SINI) E.PHOTO CLUB (KLIK DI SINI) 1. E-MAIL PAK TONI (klik di sini) 2. 3. CARA MEMBUAT BOG (KLIK DI SINI) 4. CARA MEMBUAT E mail (klik di sini) 5. 6. INFO HAJI 2012 (klik di sini) 7. BERITA KAGET (klik di sini) 8 CERGAM (klik di sini) 9. 10 DETIK KENDAL COM (klik di sini) 11. EMAS ANTAM (klik di sini) 12 DINAR/ DIRHAM (klik di sini) 13. dinar IRAK (klik di sini) 14. 15.TERJEMAHAN (klik di sini) 16. 17. EMAS HARI INI (klik di sini) 18 EMAS GADEAN (klik di sini) 19 emas 99 (klik di sini) 20. Berita Kendal (KLIK DI SINI) 21.KENDAL KAB (klik di sini) 22 FACE BOOK MMM (KLIK DI SINI) 23 KE HERO SULTONI MMM (KLIK DI SINI) 24. MENGIRIM PAJAK TAHUNAN (KLIK DI SINI) 25. FACE BOOK SAYA (KLIK DI SINI) 26.DASBOR BLOG SAYA (KLIK DI SINI) 27 web scanifo baru (KLIK DISINI) 28 DOWNLOAD BUKU BARU KUR 2013 (KLIK DI SINI) 29 penilaian (KLIKDISINI) 30 DESKRIPAI NILAI (KLIK DI SINI)

5.KONEKSI KE E MAIL ,FACE BOOK DAN TWEETERll

AA.PADAMUNEGERI id NUPTK pw 500077955(KLIK DISINI)1.KE EMAIL SAYA YAHOO http://http://id.yahoo.com/ FACE BOOK (KLIK DI SINI) 3. TWEETER (klik di sini) 4. email SMK4 bran560n6 (KLIK DI SINI) 5. DAFTAR EMAIL BARU (klik di sini) 6. email saya (KILK DI SINI) 7. EMAIL ATUN 15051965Toni(klik di sini) 8. DAFTAR PNS MAIL (KLIK DI SINI) 9. EMAIL PNS ATUN (KLIK DI SINI) 10 EMAIL PNS sultoni.comara@pnsmail.go.id(KLIK DI SINI) 11.MMM YOU TOBE (KLIK DI SINI) 12 EMAIL MMM (klik di sini) 13. BANK CODE (KLIK DI SINI) 14. LOG IN comra61@ GMAIL (KLIK DI SINI)

6. STIK KENDAL makul BAHASA INGGRIS

1.STIK KENDAL 1. NILAI BHS INGGRIS 2 AKHIR SEMESTER 2011/2012 (JUNI 2012) klik di sini http://babat8penyakitmematikan.blogspot.com/2012/06/nilai-ujian-bahasa-inggris-2-stik.html 2.TUGAS MEMBUAT PIDATO STIK SM 3 (klik di sini) 3. WEB STIK KENDAL (Klik di sini ) 4. e mail STIK (klik di sini) 5. NILAI BAHASA INGGRIS 3 SEM 3 THN 2013 (KLIK DI SINI) 6. NILAI BING 1 SM I TAHUN 2013 (KLIK DI SINI) 7.NILAI BING 3 (TRANSFER) 2013 (kLIK DI SINI) 8. TUGAS SM 2 (ENVIRONTMENT) KLIK DI SINI 9.NILAI MID SM 2 -2013 (klik di sini) 10. NILAI UAS SM 2 2013 (klik di sini ) 11. TUGAS STUDY ENGLISH SM 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 12. TUGAS ARTIKEL HAJJ sm 1 TH 2013 (KLIK DI SINI) 13 TUGAS LINGKUNGAN SM 2 2014 (KLIK DI SINI)

MUSIK

BLANK

57

Hero61.ga

9

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

BERITA NASIONAL:(Klik di sini) OBAT TRADISIONAL (KLIK DI SINI)

Definition List

1.BANK SOAL BAHASA INGGRIS SATU (KLIK DI SINI) 2.CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 3. SIMPLE GRAMMAR =UKG(KLIK DI SINI) 4. DAFTAR KATA KERJA TDK BERATURAN (klik di sini) 5. TENSES (klik di sini) 6. LATIHAN SOAL DAN JAWABANNYA (Kik di sini) 7. SOAL CONDITIONAL SENTENCE (klik di sini) 8. MATERI TAMBAHAN KELAS XII SYNONYM DLL (klik di sini) 9. LATIHAN SOAL UJIAN 2011 ( klik di sini) 10. Kiat menjawab soal Ujian(klik di sini) 11.PRESENTASI (klik di sini) 12. MEMBUAT REPORT ( klik di sini) 13. PREDIKSI SOAL UN DAN PEMECAHANNYA (KLIK DI SINI) 14 contoh CURRICULUM FITAE (klik di sini) 15. CONTOH SURAT LAMARAN (klik di sini) 16 CONTOH INTERVIEW/WAWANCARA (klik di sini) 17. RINGKASAN GRAMMAR ALL (klik di sini) 18. CONTOH SOAL KLS 2 (KLIK DI SINI) 19. EXPRESSION RESPONSES (klik di sini) 20. BAHAN MENGAJAR BING (klik di sini ) 21 KISI-KISIS SOAL UN 2013 (KLIK DI SINI) 22. PREDIKSI UN SMK B INGG 2013 (Klik di sini) 23. BEDAH UN/SKL 2013 (KLIK DI SINI) 24. LATIHAN SOAL UN 2013 ( KLIK DI SINI) 25. JADWAL UJIAN NASIONAL 2012/2013 (klik di sibi) 26 FOKUS KISI UN 2013 (klik di sini) 27. GRAMMAR KOMPLIT MUDAH DIINGAT (klik di sini) 28. SILABUS BING SMK (klik di sini) 28. PRESENT LINGKUNGAN 3 RPL 3 TA 2013 (klik di sini) 29. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 2 TA 2013 (KLIK DI SINI) 30. BHN PRESENTASI LINGKUNGAN 3 RPL 1 TA 2013 (klik di sini) 31 DOA HUT PGRI 2013 (KLIK DI SINI) 32. SOAL UAS GANJIL KLS 3 2013 (klik di sini) 33.kunci UAS GANJIL 2013 (klik di sini) 34.ENGLISH LESSON (KLIK DI SINI)http://beasiswas1.com/ 2.KAMUS (klik di sini) 3.KAMUS TANAMAN LATIN (klik di sini ) 4.KAMUS INGGRIS (klik di sini) 5.kamus jawa (klik di sini) 6 Info Guru (Klikl di sioni ) 7.INFO KERJA SE INDONESIA (klik di sini) 8. INNOVASI BARU (klik di sini) 9. PASSIVE INCOME (klik di sini) 10.emas tweeter (KLIK DI SINI) 11. HOTEL MURAH DI SINGAPURA (KLIK DI SINI) 12. PESAN TIKET PESAWAT (KLIK DI SINI)

4