John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 Februari 1840 – meninggal di Dublin, 23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, beliau merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company. Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban yang berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop. Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921.

John Boyd Dunlop adalah seorang penemu Skotlandia. Dia adalah salah satu pendiri dari perusahaan karet yang melahirkan namanya, Dunlop Pneumatic Tyre Company. Ia lahir di sebuah peternakan di Dreghorn, North Ayrshire dan belajar untuk menjadi dokter hewan di Dick Vet, University of Edinburgh, profesi dia dikejar selama hampir sepuluh tahun di rumah, pindah ke Downpatrick, Irlandia, pada tahun 1867. Dia mendirikan Downe Klinik Hewan di Downpatrick dengan saudaranya James Dunlop sebelum pindah ke praktek di 38-42 May Street, Belfast. Dia adalah teman baik dari Ratu Victoria.

Pada 1887, ia mengembangkan praktis pertama pneumatik atau ban karet untuk sepeda roda tiga anaknya, diuji di Cherryvale olahraga tanah, Belfast Selatan, dan dipatenkan itu pada tanggal 7 Desember 1888. Willie Hume menunjukkan supremasi ban baru diciptakan Dunlop pneumatik pada tahun 1889, memenangkan balapan pertama ban yang pernah di Irlandia dan kemudian Inggris. Kapten 'Cruisers Bersepeda Belfast Club', ia menjadi anggota pertama dari masyarakat untuk membeli sebuah sepeda dilengkapi dengan ban pneumatik, sehingga Dunlop menyarankan ia harus menggunakannya dalam perlombaan. Pada tanggal 18 Mei 1889 Hume memenangkan semua peristiwa bersepeda empat di Universitas Queen di Belfast Sports, dan beberapa saat kemudian di Liverpool, memenangkan semua kecuali satu dari peristiwa bersepeda.

Dua tahun setelah ia dianugerahi Dunlop paten secara resmi diberitahu bahwa itu tidak sah sebagai penemu Skotlandia Robert William Thomson (1822-1873), telah mematenkan ide di Perancis pada tahun 1846 dan di Amerika Serikat pada tahun 1847. Paten Dunlop yang kemudian dinyatakan tidak berlaku berdasarkan prior art Thomson. Pengembangan Dunlop tentang ban pneumatik tiba pada saat penting dalam pengembangan transportasi jalanskot. Produksi komersial dimulai pada 1890-an di Belfast. Dunlop ditugaskan patennya kepada William Harvey Du Cros, dengan imbalan 1.500 saham di perusahaan yang dihasilkan dan pada akhirnya tidak membuat keberuntungan besar dengan penemuannya. Dunlop meninggal di Dublin dan dimakamkan di Pemakaman Deans Grange. Citra Dunlop muncul hari ini pada catatan 10 £ dikeluarkan oleh Northern Bank yang beredar di Irlandia Utara

Description: André CitroënAndré-Gustave Citroën (5 Februari 1878 - 3 Juli 1935) adalah seorang industrialis Perancis. Ia dikenang terutama untuk membuat mobil bernama setelah dia, tetapi juga untuk aplikasinya gigi heliks ganda. Lahir di Paris pada tahun 1878, André-Gustave adalah anak ke-5 dan terakhir dari Yahudi tua, diamond pedagang Levie Citroen dari Belanda dan Mazra Kleinmann (dari Warsawa, Polandia). Dia adalah sepupu dari filsuf Inggris Sir AJ Ayer. Keluarga Citroen pindah ke Paris dari Amsterdam pada tahun 1873. Setelah kedatangan, tanda titik dua di atas huruf suara telah
ditambahkan ke nama, mengubah Citroen Citroën (kakek telah menjual lemon, dan telah mengubah nama Limoenman konsekuen, harfiah "man kapur", untuk Citroen, Belanda untuk "lemon"). Ayahnya bunuh diri ketika André berusia enam tahun.

André adalah lulusan dari École Polytechnique pada tahun 1900. Selama Perang Dunia I, dia bertanggung jawab untuk produksi massal dari persenjataan. André mendirikan Citroën perusahaan mobil pada 1919, memimpin untuk menjadi terbesar keempat produsen mobil di dunia dengan awal 1930-an (khusus 1932). Dia meninggal di Paris, Perancis, dari kanker perut pada tahun 1935 dan dikebumikan di Cimetière du Montparnasse , pemakaman yang dipimpin oleh Rabbi Kepala Paris. Pada tahun 1992, Parc André Citroën publik taman di Paris bernama setelah dia. Pada tahun 1998 ia dilantik menjadi Automotive Hall of Fame di Dearborn, Michigan.

Sebuah gigi herringbone, juga dikenal sebagai gigi heliks ganda, adalah jenis khusus dari peralatan yang merupakan sisi ke sisi kombinasi dari dua roda gigi heliks dari tangan yang berlawanan. Dari atas heliks alur gigi ini terlihat seperti huruf V. Tidak seperti gigi heliks mereka tidak menghasilkan beban aksial tambahan. Seperti gigi heliks, mereka memiliki keuntungan dari mentransfer kekuatan lancar seperti gigi gigi beberapa terlibat dan melepaskan diri bersamaan. Keunggulan mereka atas roda gigi heliks adalah bahwa sisi-dorong dari satu setengah seimbang dengan bahwa dari setengah lainnya. Ini berarti bahwa gigi herringbone dapat digunakan dalam gearbox torsi tanpa memerlukan substansial bantalan dorong. Karena gigi herringbone adalah langkah penting dalam pengenalan turbin uap untuk penggerak kendaraan.

Presisi gigi herringbone lebih sulit untuk memproduksi daripada setara memacu atau gigi heliks dan akibatnya lebih mahal. Mereka digunakan dalam mesin berat. Dimana gigi miring malah bertemu di tengah-tengah gigi herringbone, keselarasan mungkin sedemikian rupa sehingga ujung gigi bertemu ujung gigi, atau pelurusan dapat terhuyung-huyung, sehingga ujungnya gigi memenuhi melalui gigi. Penyesuaian kedua adalah mendefinisikan karakteristik unik dari suatu peralatan jenis Wuest dinamai herringbone. - 234 Tokoh Ilmuwan Penemu
 
 
Description: Lord CarnarvonGeorge Edward Stanhope Molyneux Herbert, Earl ke-5 dari Carnarvon (lahir di Kastil Highclere, 26 Juni 1866 – meninggal di Kairo, 5 April 1923 pada umur 56 tahun) adalah bangsawan Inggris yang membiayai ekskavasi makam Tutankhamun di Lembah Para Raja, Mesir. George Herbert lahir di Kastil Highclere, Hampshire pada 26 Juni 1866. Ia bersekolah di Kolese Eton sebelum kuliah di Trinity College, Cambridge. Gelar Earl dari Carnarvon diperolehnya pada tahun 1890. Pada 26 Juni 1895, Carnarvon menikah dengan Almina Victoria Maria Alexandra Wombwell, putri dari pasangan Marie Boyer dan Frederick Charles Wombwell. Alfred de Rothschild dari keluarga bankir Rothschild kemungkinan adalah ayah kandung dari Lady Carnarvon karena menunjuknya sebagai ahli waris.

Lord Carnarvon kaya raya dan dikenal sebagai pemilik kuca pacuan dan penggemar otomotif di era awal industri mobil. Ia juga sekaligus pengemudi yang ceroboh, dan pernah mengalami kecelakaan lalu lintas serius pada tahun 1901 yang menyebabkan dirinya cacat. Pada tahun 1902, Lord Carnarvon mendirikan peternakan Highclere Stud untuk membiakkan kuda keturunan murni untuk pacuan. Pada 1905, ia ditunjuk sebagai organisator di Pacuan Kuda Newbury yang waktu itu baru dibangun. Sejak itu pula, keluarga Lord Carnarvon secara turun temurun bergerak di bidang kuda pacuan. Sejak 1969, cucunya yang bernama Henry George Reginald Molyneux Herbert, Earl ke-7 dari Carnarvon menjadi Manajer Pacuan untuk Ratu Elizabeth II sekaligus teman terdekatnya.

Lord Carnarvon tertarik pada ilmu mesir kuno dan menjadi sponsor ekskavasi makam raja-raja di Thebes yang dilakukan Howard Carter. Thebes (Θῆβαι, ThÄ“bai) adalah kota di Mesir Kuno yang terletak 800 km sebelah selatan Laut Tengah, di tepi timur sungai Nil (25.7°LU 32.645°BT). IKota ini adalah ibukota dari Waset, nome Mesir Hulu keempat. Kota ini juga merupakan ibukota Mesir selama dinasti kesebelas Mesir dan dinasti kedelapanbelas Mesir, ketika Hatshepsut membangun armada Laut Merah untuk memfasilitasi perdagangan antara pelabuhan Laut Merah Thebes di Elim dengan Elat di Teluk Aqaba.

Howard Carter (9 Mei, 1874 – 2 Maret, 1939) adalah seorang arkeolog serta Egyptolog (ahli masalah Mesir kuno) Inggris. Ia dilahirkan di Kensington, Inggris. Ia terkenal karena penemuan makam Tutankhamun yang berada di Lembah Para
Raja, Luxor, Mesir. Pada tahun 1922, mereka berdua membuka makam Tutankhamun di Lembah Para Raja. Lembah Para Raja (bahasa Arab: وادي الملوك Wadi el-Muluk) adalah sebuah lembah di Mesir di mana kuburan para Firaun dibangun. Lembah Para Raja terletak di tepi barat Sungai Nil di sekitar kota Thebe atau Luxor.
 

 
nama : akhmad faris
no : 28
nim : 12 0201 0372