|
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 KENDAL
Jl. Raya Soekarno Hatta
Brangsong (0294)5790761 FAX (0294)
3687377 Kode Pos : 51371 Kendal-1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat :
Bahasa Inggris
Program Keahlian :
NKPI
Kelas / Semester : XI / Gasal
A.
Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara Level Elementary
B.
Kompetensi
Dasar
2.1Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam
konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli.
C.
Indikator
? Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam
konteks kegiatan sehari-hari deperagakan dan dijawab dengan benar.
? Pertanyaan dengan pola question tags dalam
konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Pertanyaan dengan pola question words dalam
konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Berbagai kalimat dengan pola gerund dalam
konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Berbagai kalimat dengan menggunakan too and
enough dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar.
? Berbagai bentuk dari ungkapan digunakan dengan
tepat untuk membicarakan kegemaran / hobi dan minat.
? Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran,
travel agency, dll, diperagakan dengan benar.
D. Alokasi Waktu : 24 jam pelajaran x 45 menit
E.
Tujuan
Pembelajaran
? Peserta didik dapat mengungkapkan pertanyaan
dengan menggunakan pola yes-no question dalam konteks kegiatan sehari-hari
diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik dapat mengungkapkan pertanyaan
dengan menggunakan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari
diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik dapat mengumngkapkan pertanyaan
dengan menggunakan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari
diperagakan dan dijawab dengan benar.
? Peserta didik dapat mengungkapkan kalimat
dengan menggunakan pola gerund dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan
dengan benar.
? Peserta didik dapat mengumngkapkan kalimat
dengan menggunakan too and enough dalam konteks kegiatan sehari-hari
diperagakan dengan benar.
? Peserta didik dapat mendemonstrasikan
percakapan dengan ungkapan mengenai hobbies and interest dalam konteks kegiatan
sehari-hari dioperagakan dengan benar.
? Peserta didik dapat mendemonstrasikan
percakapan dengan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency,
dll, diperagakan dengan benar.
F.
Materi
Pembelajaran
1.Talking about Hobbies and
Interest.
2.Gerund
3. Quest Handling in hotel
4. Quest Handling in the
Restaurant
5. Quest Handling ib an office
6. Intensifier ‘Too’ and ‘enough’
7. Yes/No Question
8. Question Words
9. Question Tags
G.
Metode
Pembelajaran
? Pair work
? Tanya jawab
? Pemberian tugas
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
a.
Warming
Up
Siswa membentuk empat kelompok
kemudian masing-masing kelompok menunjuk salah satu temannya untuk menjadi
wakil kelompoknya untuk maju ke depan. Keempat
wakil kelompok tersebut maju ke depan dan berdialog secara spontan. Bagi
yang tidak bisa menjawab, maka kelompoknya akan mendapatkan hukuman dari
kelompok lain.
b.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan yang berhubungan dengan Hobbies and Interest
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
Penugasan
Pertemuan
ke dua :
a.
Apersepsi
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang
materi-materi yang sudah dibahas.
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat tentang
materi yang sudah pernah dibahas sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan kalimat yang berhubungan dengan penggunaan Gerund
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
Penugasan.
Pertemuan
ke tiga :
a.
Apersepsi
Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan beberapa
kalimat yang menggunakan ungkapan Gerund.
Kemudian mereka menuliskannya di papan tulis.
b.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan yang berhubungan dengan tema Quest Handling in hotel.
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.Penutup
Penugasan.
Pertemuan
ke empat :
a.
Apersepsi
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat
yang sudah di bahas pada pertemuan sebelumnya.
b.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan tentang kalimat yang berhubungan Quest Handling in the
Restaurant..
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
Siswa mengerjakan latihan-latihan secara tertulis tentang
gerund.
Pertemuan
ke lima :
a.
Apersepsi
Guru memberi pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang
sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya dan siswa menjawabnya.
b.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan kalimat yang berhubungan dengan penggunaan Quest Handling ib
an office.
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
Siswa mengerjakan latihan tertulis.
Pertemuan ke enam :
a. Pendahuluan
Apersepsi
Memotivasi
siswa untuk mampu merespons secara tepat materi yang disampaikan
Menyampaikan SK, KD, indicator serta tujuan pembelajaran.
Memberi informasi pentingnya pemahaman dalam mengenai
hobbies and interest.
Prasyarat :
Siswa telah mempelajari materi kelas
X dan materi-materi lain yang relevan
b. Kegiatan Inti (Eksplorasi,
Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan yang berhubungan dengan tema Intensifier ‘Too’ and ‘So’.
Murid :
? Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
? Menanyakan hal-hal yang belum jelas
? Siswa mendengarkan sebuah percakapan yg
dipraktekan oleh kedua temannya di depan kelas.
? Siswa mengidentifikasi kalimat yang
menunjukkan Intensifier ‘Too’
and ‘So’.
? Siswa menyebutkan berbagai macam kalimat Intensifier ‘Too’ and ‘So’.
? Guru menjelaskan fungsi dan contoh serta
penerapan kalimat Intensifier ‘Too’
and ‘So’sesuai dengan situasi dan
kondisi sebuah percakapan.
? Siswa membuat sebuah percakapan tentang Intensifier ‘Too’ and ‘So’dengan teman sebangkunya, kemudian
mendemonstrasikannya di depan kelas.
c. Penutup
? Membuat dialog
Pertemuan ke tujuh :
a.
Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk
menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan materi yang sudah dibahas di
pertemuan pertama.
b.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan yang berhubungan dengan tema Yes/No Question. .
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan
tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
I.
Alat /
Sumber Belajar
Alat :
Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
J.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian :
Tugas Individu
Tugas
Kelompok
Ulangan
Harian : Tertulis dan Lisan
b.
Bentuk
Instrumen : Essay dan pilihan ganda
c.
Pedoman
Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa
mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya adalah (50 / 60) x 100 = 83
d. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika
tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan program pengayaan untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
Pertemuan ke delapan :
d.
Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk
menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan materi yang sudah dibahas di
pertemuan pertama.
e.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan menyampaikan
penjelasan yang berhubungan dengan tema Question Words .
Murid :
Menyimak apa yang
diterangkan guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan
mengerjakan tugas yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
f.
Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
K.
Alat /
Sumber Belajar
Alat :
Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
L.
Penilaian
e.
Teknik Penilaian :
Tugas Individu
Tugas
Kelompok
Ulangan
Harian : Tertulis dan Lisan
f.
Bentuk
Instrumen : Essay dan pilihan ganda
g.
Pedoman
Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa
mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya adalah (50 / 60) x 100 = 83
h. Tindak lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika
tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan program pengayaan untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
Pertemuan ke sembilan :
g.
Apersepsi
Memberi pertanyaan kepada beberapa siswa untuk
menyebutkan kalimat – kalimat sesuai dengan materi yang sudah dibahas di
pertemuan pertama.
h.
Kegiatan
Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan yang berhubungan dengan tema Question Tags. .
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan
guru dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas
yang diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
i.
Penutup
? Membuat dialog
? Penugasan
M.
Alat /
Sumber Belajar
Alat :
Handout.
Sumber Belajar :
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
N.
Penilaian
i.
Teknik Penilaian :
Tugas Individu
Tugas
Kelompok
Ulangan
Harian : Tertulis dan Lisan
j.
Bentuk
Instrumen : Essay dan pilihan ganda
k.
Pedoman
Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 60. Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 60 dikalikan 100. Jika siswa
mendapat nilai peroleh 50, maka nilainya adalah (50 / 60) x 100 = 83
l.
Tindak
lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika
tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan program pengayaan untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
O.
Evaluasi :
b. Fill in the gaps with the
correct form of the verb in brackets.
II. Fill in the blank with the correct answer!
1. He's still sleeping, ……………?
2. You do go to school, ……………?
3. Let's go for a walk, ……………?
4. We won't be late, ……………?
5. Nobody called, ……………?
6. They will wash the car, ……………?
7. We must lock the doors, ……………?
8. I'm correct, ……………?
9. So you bought a car, …………?Congratulations!
10. You wouldn't want to invite my Dad, ……………?
III. Choose the correct question word.
1. A) "________ do you go to
school?"
B) "I go to school in California."
(where/who/what)
|
|
2. A) "________ does Jack work
?"
B) " He works every evening."
(who/where/when)
|
|
3. A) "_________ cars does your
family have ?"
B) "We have two cars."
(how much/how many/what)
|
|
4. A) "_______ does the dog want
?"
B) "She wants a big bone."
(how many/where/what)
|
|
5. A) "_________ do you eat for
lunch every
day?"
B) "I eat rice and vegetables for lunch."
(why/what/where)
|
|
6. A) ________ dog is hungry?
B) The black dog is hungry, but the white dog isn't
hungry.
(who/where/which)
|
|
7. A) ____ did you call last night?
B) I called Maria last night.
(whom/which/what)
|
|
8. A) "____ your brother swim in
winter ?"
B) "No. He doesn't swim in winter.
(do/does/is)
|
|
9. A) "________ is that
?"
B) "It costs 3 dollars."
(where/how much/how many)
|
|
10. A) " ___ you
thirsty?"
B) "Yes, I am. I'd like some tea please."
(Are/do/is)
|
1.
Do you mind __________ here?
A.
I sit
B.
my sitting
C.
my siting
D.
I sitting
2.
I can hardly imagine Mike __________ across the Atlantic Ocean
all by himself.
A.
sail
B.
to sail
C.
sailing
D.
sailling
3.
I would appreciate __________back this afternoon.
A.
you to call
B.
you call
C.
you're calling
D.
your calling
4.
No one enjoys __________ in public.
A.
to be made fun of
B.
making fun of
C.
being made fun of
D.
to make fun of
5.
If you keep _________ in English, your oral English will
improve.
A.
to talk
B.
talking
C.
talk
D.
having talked
6.
Don't you remember _________ before?
A.
to see him
B.
saw him
C.
to have seen him
D.
seeing him
7.
I don't feel like __________ out for a walk.
A.
going
B.
to go
C.
go
D.
to be going
8.
Would you mind __________ the window?
A.
to close
B.
close
C.
closing
D.
to be closing
9.
People couldn't help __________ the funny man.
A.
to laugh at
B.
laugh at
C.
laughing at
D.
laughing on
10.
This sentence needs __________ .
A.
to improve
B.
improving
C.
improve
D.
being improved
V. Choose the correct answer by crossing 1, 2, or 3!
1.
I'm not strong I can't lift it
1.
I'm too weak to lift it
2.
I'm too strong to lift it
3.
I'm not strong enough to lift it
2.
I'm not rich I can't afford one
I'm not_______________to afford one.
I'm not_______________to afford one.
1.
too rich
2.
rich enough
3.
enough rich
3.
I have a low salary. I don't think I can buy it.
I don't earn_________to buy that house
I don't earn_________to buy that house
1.
too much money
2.
enough money
3.
money enough
4.
She's over 1'80 metres. She can join the team.
She is_____________to join the team.
She is_____________to join the team.
1.
enough tall
2.
too tall
3.
tall enough
5.
I can't go, I'm very tired.
I'm______________
I'm______________
1.
tired enough
2.
enough tired
3.
too tired to go
6.
There are plenty of seats. Everybody can watch the slide show.
There are ____________for everybody to watch the slide show.
There are ____________for everybody to watch the slide show.
1.
seats enough
2.
too many seats
3.
enough seats
7.
The door is very narrow. The piano won't go in.
The door is___________the piano to go in
The door is___________the piano to go in
1.
too narrow for
2.
enough narrow for
3.
narrow enough for
8.
China is one of the largest countries in the world
Actually, it is_______________to see it in a week's holiday
Actually, it is_______________to see it in a week's holiday
1.
far enough big
2.
far too big
3.
a bit too big
9.
You will never reach the summit. Don't ever try !
It's______________to reach the summit.
It's______________to reach the summit.
1.
not high enough
2.
too far and too high
3.
far too high for you
10.
I didn't like him at all.
He wasn't__________________for me
He wasn't__________________for me
1.
to good
2.
good enough
3.
very good
Kendal, Juli
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Drs. SUROYO
NIP 196203101987031013
|
Guru Mata Pelajaran,
HERO SULTONI,SPd, MM
NIP. 196112251985091003
|
|
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 KENDAL
Jl. Raya Soekarno Hatta
Brangsong (0294)5790761 FAX (0294)
3687377 Kode Pos : 51371 Kendal 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Diklat :
Bahasa Inggris
Program Keahlian :
NKPI
Kelas / Semester : XI / Gasal
A.
Standar
Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara Level Elementary
B.
Kompetensi
Dasar
2.2Mencatat pesan-pesan sederhana baik
dalam interaksi langsung maupun melalui surat.
C.
Indikator
? Pesan (message) yang diterima lewat telepon
dicatat dengan benar.
? Pesan (message) yang diterima secara langsung
dicatat dengan benar..
D.
Alokasi Waktu : 22 jam pelajaran x 45 menit.
E.
Tujuan Pembelajaran
? Siswa mampu mendemonstrasikan percakapan dengan
ungkapan expressions dealing with telephone conversations dalam konteks
kegiatan sehari-hari dioperagakan dengan benar.
? Siswa mampu mengungkapkan kalimat dengan
penggunaan personal pronouns dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan
dengan benar.
? Siswa mampu mengumngkapkan kalimat dengan
penggunaan reported speech dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan
dengan benar.
? Siswa mampu mengumngkapkan kalimat dengan
penggunaan adjective clause dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan
dengan benar.
F.
Materi
Pembelajaran
1. Telephon Handling- Receiving
Calls
2. Personal Pronouns
3. Adjectives Clauses
4. Reported Speech
G.
Metode
Pembelajaran
? Tanya jawab
? Demonstrasi
H.
Langkah –
langkah
Pertemuan Pertama :
a.
Warming Up
Memotivasi siswa
untuk mampu merespons secara tepat materi yang disampaikan
Menyampaikan SK, KD, indicator serta tujuan pembelajaran.
Memberi informasi pentingnya pemahaman dalam mengenai
telephone handling.
b.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Siswa berpasangan membaca contoh dialog tentang telephone
handling.
Guru bertanya
tentang ungkapan-ungkapan yang ada dalam dialog.
Guru membahas jawaban siswa, serta menambahkan ungkapan
yang belum diketahui siswa.
c.
Penutup
Membuat kesimpulan tentang materi yang
telah dibahas dan diakhiri dengan penugasan.
Pertemuan
ke dua :
a.
Apersepsi
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi-materi
yang sudah dibahas.
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat tentang materi
yang sudah pernah dibahas sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Siswa membaca text tentang Personal Pronouns pada pesan
pendek.
Guru bertanya tentang ungkapan-ungkapan yang ada Personal Pronouns dan membahas serta menambahkan tentang ungkapan-ungkapan
yang belum diketahui oleh siswa.
c.
Penutup
Siswa diminta untuk memberikan contoh ungkapan-ungkapan yang
terdapat dalam pesan pendek. Siswa diminta untuk membuat tugas di rumah tentang
pesan pendek yang diterima lewat telepon.
Pertemuan
ke tiga :
a.
Apersepsi
Mereview materi yang telah dibahas di pertemuan
sebelumnya. Guru bertanya dan siswa menjawab tentang materi tersebut.
b.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan menyampaikan
penjelasan yang berhubungan Personal
Pronouns pada pesan yang diterima secara langsung.
Murid :
Membaca teks tentang pesan yang diterima
secara langsung.
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Penutup
Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
dan memberikan penugasan kepada siswa untuk mencari pesan secara langsung di
internet serta membuat pertanyaan dan jawaban yang sesuai dengan pesan
tersebut.
Pertemuan
ke empat :
d.
Apersepsi
Siswa mengucapkan ungkapan-ungkapan kalimat yang
sudah di bahas pada pertemuan sebelumnya.
e.
Kegiatan Inti
(Eksplorasi, Elaborasi, Konfrmasi).
Guru :
Memberikan informasi yang jelas kepada siswa dan
menyampaikan penjelasan tentang kalimat yang berhubungan dengan Reported Speech.
Murid :
Menyimak apa yang diterangkan guru
dengan baik, mempraktekkan apa yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas yang
diberikan guru
Menanyakan hal-hal yang belum jelas
f.
Penutup
Siswa mengerjakan latihan-latihan
secara tertulis tentang Reported Speech.
I.
Media /
Sumber Belajar
? Modul Star Teknologi
? Speak English, Please
? Bahasa Inggris Sistem 52M
? http://www.bbc.co.uk/skillswise/words/grammar/interestsentences/pronouns/worksheet.shtml
J. Penilaian
a.
Teknik Penilaian :
Tugas Individu
Tugas Kelompok
b.
Ulangan Harian : Tertulis dan Lisan
c.
Bentuk
Instrumen : Essay dan pilihan ganda
d.
Pedoman
Penilaian
Jumlah skor maksimal per siswa masing-masing 28. Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi nilai dengan 28 dikalikan 100. Jika siswa
mendapat nilai peroleh 20, maka nilainya adalah (20 / 28) x 100 = 71
e.
Tindak
lanjut:
? Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat
pencapaiannya 65% atau lebih
? Memberikan program remidi untuk siswa
yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
? Memberikan program pengayaan untuk siswa
yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
K. Evaluasi
:
I. Telephone Conversation
Instructions:
Listen to the part of a telephone conversation by listen to your teacher. Then
choose the best response for each.
0 komentar:
Post a Comment